Mengenal 4 Perbedaan Bisnis dan Usaha yang Harus Anda Ketahui

oleh | Nov 20, 2023

source envato.

Mengenal 4 Perbedaan Bisnis dan Usaha yang Harus Anda Ketahui

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi seperti saat ini, istilah “bisnis” dan “usaha” sering digunakan secara bergantian dalam percakapan sehari-hari. Namun, apakah keduanya benar-benar sinonim, atau apakah terdapat perbedaan perbedaan bisnis dan usaha?

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara bisnis dan usaha dengan cermat dan mendalam, mengeksplorasi konsep serta implikasi hukum dan operasionalnya. Dengan memahami perbedaan yang sebenarnya antara keduanya, kita dapat mengembangkan wawasan yang lebih baik tentang dunia ekonomi yang kompleks ini dan mempertimbangkan implikasi strategis yang berpotensi besar.

Pengertian Bisnis

Pengertian Bisnis

ilustrasi perbedaan bisnis dan usaha. source envato

Dilansir dari Investopedia, bisnis merujuk pada kegiatan atau praktik ekonomi yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan melalui produksi, distribusi, dan pertukaran barang atau jasa. Dalam konteks bisnis, entitas atau individu terlibat dalam aktivitas ekonomi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan sambil menghasilkan pendapatan dan laba.

Bisnis dapat beragam dalam bentuk dan ukurannya, mulai dari usaha kecil milik individu hingga perusahaan multinasional yang besar.

Dalam kegiatan bisnis, terdapat beberapa elemen penting, termasuk produksi barang atau jasa, pemasaran, penjualan, manajemen sumber daya manusia, serta manajemen keuangan.

Tujuan utama dari bisnis adalah menciptakan nilai tambah, yaitu menghasilkan produk atau layanan yang memiliki nilai lebih tinggi daripada biaya produksi. Bisnis juga berkaitan dengan aspek-aspek seperti risiko, persaingan, dan inovasi.

Sifat bisnis dapat berbeda tergantung pada jenis usaha dan tujuan ekonomi yang ingin dicapai. Ada berbagai bentuk bisnis, termasuk perusahaan swasta, perusahaan publik, organisasi nirlaba, dan banyak lagi. Bisnis juga terpengaruh oleh berbagai faktor, termasuk peraturan pemerintah, pasar, teknologi, dan lingkungan ekonomi secara umum.

Baca juga: 10 Bisnis Modal Kecil untuk Pensiunan

Pengertian Usaha

Pengertian Usaha

ilustrasi perbedaan bisnis dan usaha. source envato

Usaha merujuk pada aktivitas atau upaya yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau entitas ekonomi dengan tujuan untuk mencapai tujuan tertentu, seperti memenuhi kebutuhan, mencari keuntungan, atau mencapai hasil yang diinginkan.

Usaha bisa mencakup berbagai jenis kegiatan, termasuk produksi barang, penyediaan jasa, perdagangan, atau aktivitas lain yang melayani kebutuhan pasar atau konsumen.

Sebuah usaha biasanya melibatkan aspek-aspek seperti perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan sumber daya, pemasaran, dan pengambilan keputusan. Tujuan dari usaha bisa bervariasi, mulai dari menciptakan laba atau keuntungan ekonomi hingga memberikan nilai sosial atau lingkungan.

Misalnya, sebuah usaha mungkin bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menyediakan produk atau jasa yang berkualitas, atau mungkin berfokus pada tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

Usaha dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti usaha kecil dan menengah (UKM), perusahaan besar, organisasi nirlaba, serta berbagai bentuk kemitraan atau kerja sama bisnis. Penting untuk dicatat bahwa usaha bisa beroperasi di berbagai sektor ekonomi, termasuk sektor manufaktur, jasa, pertanian, teknologi, dan lainnya.

Dalam konteks ekonomi, usaha seringkali digunakan sebagai salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi karena dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produktivitas, dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi sebuah negara atau wilayah.

Baca juga: Mengenal Potensi dan Tantangan Bisnis Ikan Hias di Indonesia

Perbedaan Bisnis dan Usaha

Perbedaan Bisnis dan Usaha

ilustrasi perbedaan bisnis dan usaha. source envato

Perbedaan bisnis dan usaha dapat dibahas melalui beberapa aspek utama, termasuk sifatnya, tujuan, skala, dan struktur. Berikut ini adalah perbedaan bisnis dan usaha:

1. Sifat

Perbedaan bisnis dan usaha yang pertama adalah sifatnya. Bisnis biasanya merujuk pada aktivitas ekonomi yang didasarkan pada produksi, distribusi, dan pertukaran barang atau jasa dengan tujuan utama untuk menghasilkan keuntungan.

Sedangkan usaha akan lebih umum dan mencakup berbagai jenis aktivitas ekonomi, termasuk bisnis. Usaha dapat mencakup aktivitas sosial, budaya, atau nirlaba yang tidak selalu memiliki tujuan utama untuk mencari keuntungan.

2. Tujuan

Perbedaan bisnis dan usaha yang kedua adalah tujuannya. Tujuan utama bisnis adalah menghasilkan keuntungan ekonomi. Bisnis diarahkan pada menciptakan produk atau layanan yang dapat dijual kepada pasar dengan harapan mendapatkan laba.

Di sisi lain, tujuan usaha dapat lebih beragam. Meskipun banyak usaha memiliki tujuan mencari keuntungan, beberapa usaha dapat berfokus pada tujuan sosial, lingkungan, atau budaya, tanpa penekanan utama pada laba.

3. Skala

Perbedaan bisnis dan usaha yang ketiga adalah skalanya. Bisnis dapat beroperasi dalam skala kecil, seperti usaha kecil milik individu, hingga skala besar, termasuk perusahaan multinasional yang memiliki operasi global yang kompleks.

Sedangkan usaha tidak selalu terkait dengan skala bisnis yang besar. Usaha bisa mencakup segala jenis aktivitas ekonomi, termasuk usaha kecil atau mikro yang dijalankan oleh individu atau kelompok kecil.

4. Struktur

Perbedaan bisnis dan usaha yang terakhir adalah strukturnya. Bisnis cenderung memiliki struktur formal dan organisasi yang lebih kompleks. Ini mungkin melibatkan manajemen, pemegang saham, dan proses bisnis yang terdefinisi dengan jelas.

Di sisi lain, usaha dapat memiliki berbagai struktur, termasuk organisasi informal, kelompok sukarelawan, atau entitas nirlaba. Strukturnya mungkin lebih fleksibel dan tergantung pada tujuan dan sifat usaha tersebut.

Perlu digaris bawahi bahwa perbedaan antara bisnis dan usaha tidak selalu tegas terdefinisi, dan beberapa usaha dapat memiliki elemen bisnis, terutama jika tujuan utamanya adalah mencari keuntungan.

Di sisi lain, bisnis juga dapat memiliki elemen nirlaba atau tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) jika mereka mengintegrasikannya ke dalam praktik bisnis mereka.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, perbedaan antara bisnis dan usaha terletak pada sifat, tujuan, skala, dan strukturnya:

  • Sifat

Bisnis adalah aktivitas ekonomi yang berfokus pada produksi, distribusi, dan pertukaran barang atau jasa dengan tujuan utama untuk mencari keuntungan.

Usaha lebih umum dan mencakup berbagai jenis aktivitas ekonomi, termasuk yang tidak selalu berorientasi pada mencari keuntungan, seperti aktivitas sosial, budaya, atau nirlaba.

  • Tujuan

Bisnis memiliki tujuan utama untuk menghasilkan keuntungan ekonomi. Tujuan usaha dapat lebih beragam, mencakup tujuan sosial, lingkungan, atau budaya, selain mencari keuntungan.

  • Skala

Bisnis dapat beroperasi dalam skala kecil hingga besar, termasuk perusahaan multinasional. Usaha dapat mencakup segala jenis skala, dari usaha kecil milik individu hingga yang lebih besar.

  • Struktur

Bisnis cenderung memiliki struktur formal dan organisasi yang lebih kompleks, termasuk manajemen dan pemegang saham.

Struktur usaha lebih bervariasi, termasuk organisasi informal, kelompok sukarelawan, atau entitas nirlaba dengan fleksibilitas yang lebih besar.

Nah, untuk bisa memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis atau usaha, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Aplikasi ini lebih dari sekedar aplikasi kasir biasa. Kenapa? Karena selain mampu mempercepat transaksi di konter kasir, Accurate POS juga akan mencatat setiap transaksi secara otomatis, membuat laporan keuangan, mengelola persediaan, mengelola karyawan, hingga melakukan strategi pemasaran terbaik.

Dengan Accurate POS, Anda bisa terus melacak perkembangan bisnis Anda di mana saja dan kapan saja secara real-time. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Tertarik dengan Accurate POS? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencobanya selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Daftar konsultasi accurate lite
Ayunda

Artikel Terkait