Tips Ampuh Mengelola Beberapa Platform Online Shop

Dengan adanya perkembangan teknologi seperti saat ini, menggunakan platform online guna meraih banyak keuntungan bukanlah suatu hal yang aneh. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, seringkali pelaku usaha menggunakan lebih dari satu platform dalam pengelolaan toko onlinenya.

Namun, upaya dan juga tenaga yang harus dikeluarkan pun akan bertambah. Setiap toko online yang terdapat pada setiap platform harus dikelola secara terpisah. Namun, kenapa banyak pebisnis yang justru memilih menggunakan lebih dari satu platform digital? Apakah mereka tidak kerepotan?

Sebenarnya ada cara ampuh untuk mengelola banyak platform online shop. Apa saja tipsnya ? temukan jawabannya dengan membaca artikel dari kami hingga tuntas.

Tips Ampuh dalam Mengelola banyak Platform Online Shop

1. Perhatikan Target Pasar

Target pasar adalah hal pertama dan paling utama yang harus Anda perhatikan. Kenapa? karena pasar yang potensial menjadi kesempatan emas dalam mendulang banyak keuntungan.

Untuk itu, jawablah pertanyaan ini:

  • Pasar seperti apakah yang memerlukan produk atau layanan jasa Anda?
  • Platform apa yang paling sesuai dengan pasar yang ingin Anda targetkan?

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa jenis produk dan jasa mempunyai sifat penggunaan yang lebih spesifik, sehingga pasar yang ditarget pun secara otomatis akan sama spesifikasinya.

Bisa jadi, suatu produk atau jasa tidak harus ditawarkan pada berbagai platform digital tertentu karena pasar yang ditarget tidak secara spesifik ada di dalam platform tersebut, sehingga bisa meminimalisir beban biaya yang harus dikeluarkan oleh Anda.

Pun begitu juga sebaliknya, ada beberapa produk dan layanan jasa yang tidak secara spesifik memerlukan pasar khusus dan bisa digunakan oleh berbagai segmen konsumen.

Pada kasus ini, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan banyak platform digital secara bersamaan agar bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas.

Baca juga: Melakukan Implementasi Rencana Bisnis dengan Aplikasi POS

2. Selektif Dalam Memilih Platform Digital

Efektivitas dan juga efisiensi bisnis adalah kunci sukses paling utama pada suatu usaha. Salah satu caranya adalah dengan memilih platform digital secara efisien untuk mengelola toko online yang efektif.

3. Perhatikan Performa Penjualan Pada Setiap Platform

Jika Anda sudah memastikan semua platform digital yang Anda pilih sangat tepat untuk meningkatkan penjualan, maka selanjutnya Anda hanya harus memperhatikan dengan baik penjualan yang dilakukan di setiap platform.

Harus selalu Anda ingat bahwa suatu platform digital adalah pesaing dari platform digital yang lainnya. Untuk itu, pebisnis yang menggunakan lebih dari satu platform digital tidak akan mengharapkan adanya integrasi data di setiap platform digital tersebut.

Contohnya, saat suatu produk berhasil di jual pada platform X, maka tingkat ketersediaan yang ada pada platform Y tidak akan secara otomatis berubah mengikuti jumlah persediaan yang ada di gudang.

Jika hal ini tidak diperhatikan dengan tepat, maka kesalahan bisa aja terjadi saat pelanggan mencoba untuk melakukan pembelian di platform pilihannya, namun secara riil ketersediaan produk tersebut sebenarnya sudah habis terjual di platform lainnya.

Meskipun berbagai kesalahan ini dinilai sangat remeh, tapi bisa menjadi fatal karena bisa menurunkan tingkat kepuasan pelanggan. Agar bisa menghindarinya, maka Anda harus bisa mencermati hal ini secara baik dan melakukan integrasi data yang akurat.

Tapi tenang saja, saat ini sudah ada Accurate POS yang sudah terintegrasi atau terhubung secara menyeluruh dengan ekosistem Accurate Online. karena adanya integrasi ini, maka Anda bisa menikmati fitur integrasi dengan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee.

Jadi, bagaimana pengalaman Anda selama menggunakan Accurate POS Beta? Ayo ceritakan pengalaman Anda kepada kami via email yang sebelumnya sudah kami kirim.