Poin Reward, Strategi Membangun Loyalitas Pelanggan

Pada mulanya, poin reward seringkali dianggap remeh oleh para pebisnis di dalam strategi marketing. Alasannya karena poin reward dianggap sebagai cara yang murah, berjangka pendek, dan tidak bisa menghasilkan apa-apa. Tapi, cara ini kenyataannya bisa bertahan lebih dari satu dekade.

Semakin hari, semakin banyak perusahaan yang menerapkan cara ini, khususnya di dalam sistem keanggotaan ataupun membership. Anda bisa melihat poin reward di beberapa perusahaan besar, seperti maskapai penerbangan melalui program frequent flyer, atau perusahaan perbankan dan perusahaan ritel.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang poin reward dan keuntungan dalam menjalankannya.

 Apa Itu Poin Reward?

Sederhananya, poin reward adalah sistem penghargaan yang berbentuk poin dan diberikan pada pelanggan atas tindakan pembelian yang sudah mereka lakukan.

Nantinya, poin tersebut bisa ditukar untuk mendapatkan potongan harga atau bonus transaksi di kegiatan pembelian selanjutnya. Beberapa perusahaan bahkan memberikan kesempatan untuk menukarkan poin dengan voucher agar bisa menjalankan transaksi di merchant yang sudah menjalin kerja sama.

Baca juga: Dept Store Adalah: Ini Pengertian dan Bedanya Dengan Supermarket

Manfaat Menerapkan Poin Reward 

Manfaat utama yang akan Anda rasakan dalam menjalankan poin reward adalah membangun kesetiaan pelanggan. Kesetiaan dan loyalitas pelanggan adalah hal yang paling menguntungkan bagi bisnis.

Seiring dengan terus meningkatnya kesetiaan pelanggan, biaya dalam melayani mereka pun akan terus mengalami penurunan. Sedangkan konsumen akan terus berkontribusi dalam perkembangan bisnis.

Para pelanggan yang setia pun akan mau untuk berbelanja lebih banyak, membayar harga yang lebih mahal, hingga merekomendasikan bisnis Anda pada orang-orang di sekitar mereka.

 Baca juga: Pain Point: Pengertian dan Cara Mengubahnya Jadi Peluang Bisnis

5 Inspirasi dalam Menjalankan Poin Reward

Beberapa inspirasi di bawah ini bisa Anda jalankan dalam menerapkan poin reward di dalam bisnis, yaitu:

1. Memberikan Poin Pada Pelanggan yang Mendaftar

Terdapat dua jenis pendaftaran yang bisa diberi dalam bentuk poin. Pertama, Anda bisa memberikan poin pada pelanggan yang sudah melakukan pendaftaran akun di situs resmi bisnis Anda.

Selanjutnya, Anda bisa memberikan poin saat konsumen mendaftarkan diri sebagai anggota. Momen hari raya seperti Idul Fitri atau Natal bisa Anda jadikan peluang emas demi meningkatkan loyalitas pelanggan. Contohnya, dengan memberikan tunjangan hari raya dalam wujud poin reward.

Jadi, Anda bisa memberikan poin khusus pada pelanggan yang sudah mendaftarkan dirinya menjadi anggota selama bulan Ramadhan.

Ketika mengunjungi website atau gerai, tidak semua konsumen mau berbagi informasi dengan cara mendaftarkan diri menjadi anggota. Untuk itu, memberikan insentif dalam bentuk poin bisa menjadi daya tarik khusus pada pelanggan.

Dengan mempunyai database pelanggan, maka Anda pun bisa lebih mudah dalam membuat strategi pemasaran yang personal pada para pelanggan. Sehingga, program pemasaran akan lebih mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi.

2. Memberikan Poin Pada Pelanggan Setiap Terjadi Transaksi

Sistem ini menjadi salah satu cara yang umum digunakan di setiap perusahaan. Kenapa? Karena sistem ini bisa dilakukan secara mudah, pelanggan hanya harus melakukan transaksi yang lebih banyak agar bisa mendapatkan poin yang tinggi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Untuk itu, manfaatkanlah momen tersebut untuk membangun loyalitas pelanggan yang lebih solid.

Anda bisa memberikan poin yang relatif lebih besar daripada biasanya pada para anggota yang sudah melakukan transaksi dalam nominal tertentu menjelang hari raya Lebaran nanti. Buatlah judul kampanye yang mampu menyita perhatian dan juga mendorong pelanggan untuk bisa bertindak.

Misalnya, Anda bisa menamai kampanye poin reward selama bulan Ramadhan dengan “gebyar poin tunjangan hari raya”. Kita semua tentu tahu bahwa THR menjadi seperti euforia tertentu, karena sudah menjadi tradisi yang sangat kekar sekali di tengah-tengah masyarakat.

 Baca juga: 3 Jenis Transaksi yang Harus Anda Ketahui dalam Berbisnis

3. Memberikan Poin dalam Bentuk Hadiah Kejutan

Untuk memanfaatkan momen Idul Fitri, Anda bisa juga memberikan poin reward sebagai suatu hadiah kejutan. Contohnya, kualifikasi untuk mendapatkan THR dalam bentuk poin reward adalah menjadi member selama maksimal dua tahun.

Nah, Anda bisa langsung memberikan poin dengan cara mengirim email pemberitahuan, terlepas dari ada ataupun tidaknya kegiatan transaksi yang dilakukan pelanggan menjelang hari raya Lebaran.

Sehingga, pelanggan pun akan merasa diberikan apresiasi dan akan semakin terhubung dalam emosi khusus dengan bisnis Anda.

4. Memberikan Poin Pada Pelanggan yang Memberikan Ulasan Terbaik

Ide lainnya yang bisa Anda pertimbangkan dalam menerapkan poin reward adalah dengan memberikan kesempatan pada para pelanggan untuk bisa mendapatkan poin dengan cara memberikan ulasan terbaik.

Sebagian besar pelanggan tidak merasa harus meluangkan waktunya dalam memberikan ulasan. Oleh karena itu, Anda bisa memotivasi mereka untuk memberikan ulasan di website dengan memberikan hadiah poin. Sehingga, Anda bisa mendapatkan konten yang berasal dari pelanggan dan juga menjalin relasi yang baik dengan mereka.

 Baca juga: Hampers Lebaran, Ini Peluang Bisnis dan Bedanya Dengan Parsel!

5. Memberikan Poin Pada Pelanggan yang Share Ke Media Sosial

Sebagian besar dari kita tentu sudah tahu bahwa media sosial adalah perangkat pemasaran yang sangat kuat. Setiap brand bisa membangun awareness di sana, melakukan kampanye iklan, sampai menciptakan penjualan.

Berkaitan dengan hal tersebut, buatlah pelanggan Anda melakukan share atau berbagi di akun media sosial mereka. Berikanlah poin pada pelanggan yang membagikan pengalamannya dalam melakukan transaksi produk barang atau jasa di perusahaan Anda.

Dengan cara ini, maka pelanggan akan mau menceritakan produk atau layanan favorit mereka. Sehingga, follower atau pengikut mereka pun akan mau melihat ulasan tersebut yang pada akhirnya Anda akan mendapatkan peluang yang besar untuk mengubah traffic media sosial menjadi penjualan.

Di sisi lain, pelanggan yang sudah mendapatkan poin yang banyak bisa ditukarkan dengan diskon. Sehingga akan sama-sama menguntungkan, baik itu untuk Anda ataupun pelanggan. Nah, saat ini Anda bisa menggunakan Accurate POS untuk mengelola sistem loyalitas pelanggan yang Anda buat.

Accurate POS adalah aplikasi kasir atau sistem POS yang sudah terintegrasi dengan ekosistem Accurate Online yang akan membantu Anda dalam mengelola pelanggan, karyawan, melakukan penjualan, pembelian, hingga menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Ayo rasakan sendiri manfaat dari Accurate POS secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.