Rekomendasi Software Minimarket Terbaik di Indonesia

Selain pasar, masyarakat pasti sudah mengenal minimarket sebagai salah satu tempat penyedia berbagai kebutuhan sehari-hari, kehadirannya sangat penting, sehingga penggunaan software minimarket yang berteknologi canggih mulai banyak diperlukan agar bisa mengelola minimarket secara lebih mudah.

Minimarket termasuk ke dalam bisnis retail yang menjual berbagai produk kebutuhan pokok. Beragam proses pembayaran tagihan juga bisa Anda lakukan di sini, seperti tagihan listrik, air, internet, bahkan Anda bisa membeli tiket perjalanan transportasi di sini.

Namun, hal tersebut hanya bisa dilakukan bila minimarket sudah menggunakan software minimarket yang tepat. Lantas, apa saja rekomendasi software minimarket yang tepat? Ini jawabannya!

Peran Penting Penggunaan Software Minimarket pada Bisnis Retail

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengenal tentang minimarket dan perannya dalam kehidupan. Umumnya, toko ini bisa ditemukan secara mudah di berbagai kota besar. Minimarket adalah suatu tempat ataupun toko yang menjual berbagai kelengkapan sehari-hari, yang mana toko ini didesain secara modern agar bisa menarik minat belanja masyarakat.

Kehadirannya diawali sejak kementerian koperasi atau departemen koperasi mengadakan program pelatihan keminmartetan dalam zaman orde baru lalu. Sampai saat ini, angka perkembangannya terus mengalami peningkatan yang pesat.

Berdasarkan laman Euromonitor International, di tahun 2020, jumlah gerai minimarket yang ada di Indonesia sudah sebanyak 36, 146. Jumlah tersebut selalu mengalami peningkatan per tahun, yang mana artinya adalah masyarakat memiliki minat dan juga permintaan yang tinggi atas berbagai produk yang disediakan di minimarket.

Tapi, bagaimana cara mengelola ribuan cabang bisnis minimarket yang tersebar di berbagai penjuru kota? Pasalnya, kunci keberhasilan dari bisnis retail ini tergantung dari sistem pengelolaanya. Untuk itu, sangat penting sekali untuk menggunakan software minimarket yang terintegrasi, agar manajemen bisnis bisa dikontrol secara lebih mudah dan juga terpusat.

Dengan menggunakan sistem tersebut, maka peluang terjadinya kekurangan stok akan sangat kecil, sehingga pelanggan pun akan selalu memperoleh rasa puas saat berbelanja di minimarket.

Baca juga: Apa itu Sistem Membership? Ini Manfaat dan Fungsinya untuk Bisnis Anda

Rekomendasi Software Minimarket Terbaik

Bila sebelumnya Anda sudah mengetahui peran penting penerapan sistem atau software minimarket untuk bisnis minimarket. Maka selanjutnya Anda harus bisa menentukan software minimarket terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Nah, berikut ini adalah rekomendasi software minimarket terbaik yang harus Anda pertimbangkan.

1. Odoo

Saat ini, software minimarket seperti Odoo memiliki keunggulan dari berbagai sisi, bai kit dari fitur, integrasi, kustomisasi ataupun kapasitas. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah dan nyaman.

2. ERPNext

Selain Odoo, software minimarket lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah ERPNext. Walaupun dari sisi fitur aplikasi ini tidak selengkap Odoo, tapi aplikasi ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan yang menarik, khususnya untuk Anda yang baru pertama kali membuka minimarket atau Anda para pemula dalam bisnis minimarket.

3. Flectra

Software Flcetra memiliki kode sumber yang sama seperti Odoo. Secara fitur, aplikasi ini cukup baik walaupun perkembangannya tidak terlalu cepat. Harganya yang sangat terjangkau membuat aplikasi ini memiliki banyak peminat.

Baca juga: Apa Saja yang Termasuk Aset? Ini Daftar Lengkapnya!

4. Floreant

Floreant adalah aplikasi minimarket yang bisa Anda gunakan untuk beragam bisnis, baik itu bisnis minimarket ataupun bisnis restoran. Aplikasi ini mempunyai fitur agar pesanan grup bisa dibayarkan secara perorangan atau pesanan yang berbeda bisa dibayarkan oleh satu orang saja. Floreant juga bisa memantau tip yang akan diterima oleh setiap karyawan.

5 .VendHQ

Aplikasi yang satu ini ditujukan untuk berbagai bisnis kecil. Karena, penggunanya hanya bisa melakukan registrasi sepuluh produk yang aktif saja. Sehingga, VendHQ sangat sesuai untuk kios kecil, seperti produk pertanian dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, VendHQ berbasis web bisa digunakan secara offline dan online. Jika digunakan secara offline, tidak semua fitur bisa Anda nikmati.

Baca juga: Ingin Membangun Website untuk Bisnis? Ini Tipsnya!

6. Vend

Aplikasi kasir ini dibuat secara khusus untuk digunakan dengan menggunakan iPad. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk bisnis ritel dalam mengelola persediaan, penjualan, dan juga pelanggan. Biaya berlangganannya pun sangat terjangkau.

Aplikasi ini diklaim sangat fleksibel dan bisa disesuaikan untuk bisa mendukung entri data menggunakan layar sentuh, keyboard, dan juga mose. Layar POS ini pun bisa ditingkatkan, sehingga akan memungkinkan untuk diakses pada item populer. VEND juga bisa diakses secara offline untuk pengguna iPad.

Baca juga: Apa saja Perbedaan Perusahaan Dagang dan Manufaktur?

7. Accurate POS

Rekomendasi software minimarket terakhir yang wajib dan harus Anda pertimbangkan adalah Accurate POS. Aplikasi kasir ini akan membantu Anda dalam melakukan penjualan, mengelola pelanggan, mengelola karyawan, dan Anda pun bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa diakses secara cepat dan mudah.

Aplikasi ini pun sudah terintegrasi langsung dengan ekosistem Accurate Online. Sehingga, seluruh kegiatan transaksi, persediaan, pelanggan, karyawan, dan laporan akan terhubung secara langsung dengan Accurate Online.

Sistem keamanannya pun cukup tinggi, dengan dilengkapi hak akses dengan menggunakan fitur tertentu. Tim Support dari Accurate POS pun akan membantu Anda untuk bisa mengembangkan bisnis.

Dengan menggunakan Accurate POS, Anda bisa melihat seluruh transaksi antar cabang agar bisa membuat keputusan bisnis yang baik. Kegiatan transaksi di konter kasir pun akan bisa diselesaikan secara lebih cepat dan Anda bisa memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda juga bisa selalu terhubung dengan setiap pelanggan Anda karena Accurate POS akan membantu Anda untuk membuat program diskon untuk pelanggan yang sudah terdaftar sebagai member demi menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan.

Jadi, tertarik menggunakan Accurate POS? Tenang, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.