Tugas Admin Toko yang Wajib Diketahui Pebisnis

Setiap posisi di dalam bisnis, baik itu besar ataupun kecil, mempunyai peran yang penting dalam menjalankan bisnis. Bila Anda sudah sangat akrab dengan berbagai istilah bisnis, maka Anda pasti sudah mendengar kata admin. Tapi, apa saja tugas admin toko?

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas berbagai tugas admin yang harus Anda ketahui sebagai seorang pebisnis.

10 Tugas Admin Toko dalam Usaha

1. Merekap Data 

Setiap bisnis pasti mempunyai berbagai data penting yang berjumlah sangat banyak. Sebagai admin, maka mereka harus bisa menyimpan seluruh data tersebut secara rapi agar nantinya bisa diolah sebagai laporan kerja, dan data pun bisa ditemukan dengan mudah bila diperlukan.

2. Mengurus Penjadwalan

Berbagai hal akan memerlukan penjadwalan, terlebih lagi kegiatan dalam suatu bisnis. Membuat jadwal adalah suatu hal yang umum untuk dilakukan seorang admin. Bila kerjaannya dilakukan secara benar, maka kegiatan perusahaan pun akan berjalan lebih terorganisir dan lebih efektif.

3. Menyimpan Arsip 

Menyimpan berbagai arsip, mulai dari arsip tulisan sampai arsip foto, yang menjadi dokumentasi proses perusahaan adalah tugas admin toko.

Baca juga: Inventory Record: Pengertian & Manfaatnya Pada Bisnis

4. Mencatat Daftar Peralatan Toko

Tugas admin toko yang lainnya adalah melakukan pengawasan dan pengecekan pada setiap peralatan yang diperlukan di toko.

Seluruh halnya harus dilakukan penvendakan dan pendokumentasian secara berkala oleh admin toko, mulai dari kertas hingga tinta printer. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui kelengkapan dan juga ketersediaan dari berbagai peralatan tersebut.

5. Mendokumentasikan Kebutuhan Administratif Pekerjaan

Admin toko harus memastikan operasional toko bisa berjalan dengan baik dan lancar. Mereka harus bisa melakukan input data, membuat rekapan biaya operasional yang diperlukan toko, membuat format dan isi surat jalan, membuat data presensi karyawan di toko, membuat absensi, dan juga membuat laporan bulanan toko.

Baca juga: Inventory Card Agar Lebih Mempermudah Mengelola Persedian, Pentingkah?

6. Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Jika Anda mempunyai bisnis dan berjualan di berbagai platform, maka tentunya Anda harus menugaskan pegawai Anda untuk menjalankan tugas dari admin toko, yaitu dengan menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan.

Umumnya, pelanggan akan mengajukan pertanyaan ketersediaan barang, jenis barang, dan lain sebagainya.

7. Memberi Solusi atas Keluhan Pelanggan

Seringkali keluhan dari pelanggan menjadi sesuatu yang sulit untuk bisa dihindari. Oleh karena itu, tugas admin toko adalah harus mampu memberikan solusi atas berbagai kesulitan dan permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

Seorang admin toko harus mampu merespon permasalahan atau keluhan secara cepat, memiliki rasa simpati, dan memberikan solusi yang paling tepat agar masalah mereka bisa teratasi sesegera mungkin.

8. Menerima dan Memproses Pesanan

Umumnya, seorang admin toko juga akan bertugas untuk menerima dan memproses orderan yang masuk, baik itu di toko online ataupun di toko offline. Anda harus membuat suatu panduan untuk para admin agar penerimaan pesanan menjadi lebih praktis, efisien, dan lebih cepat.

9. Menginput Inventaris

Agar seluruh inventaris dan barang di dalam gudang bisa diketahui jumlah dan juga keberadaanya, maka admin mempunyai tugas untuk menginput data, membuat laporan barang secara rutin, melakukan rekap data pesanan barang, melakukan sortir dan mengemas barang, memesan barang, serta mengatur pembayaran barang.

10. Mengurus Keperluan Toko Lainnya

Lain halnya dengan admin toko perusahaan, tugas admin toko secara umum lebih ringan. Tugas admin toko adalah memasukkan data penjualan, melakukan penagihan dan juga menerima tagihan, membuat laporan persediaan yang ada di toko, memeriksa absensi karyawan dan gaji mereka, serta mengurus keuangan toko tersebut.

Baca juga: Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang? Ini Caranya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang berbagai tugas admin toko. Selama menjalankan kegiatan bisnis, tentunya Anda ingin agar setiap pekerjaan administrasi menjadi lebih cepat dan tidak mengganggu berbagai hal penting lainnya.

Nah, terdapat solusi yang akan bisa membantu Anda. Solusinya adalah dengan menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka setiap transaksi yang terjadi di konter kasir toko Anda akan bisa diproses secara lebih cepat dan melalui berbagai jenis metode pembayaran, baik itu metode pembayaran online seperti dompet digital atau metode pembayaran offline secara tunai.

Selain itu, seluruh transaksi tersebut akan tercatat secara otomatis dan terintegrasi dengan fungsi luar biasa lainnya, seperti terintegrasi dengan laporan keuangan yang nantinya akan menyediakan laporan keuangan yang lebih akurat, serta fungsi persediaan yang akan memperbarui persediaan barang Anda secara riil.

Lebih dari itu, Accurate POS pun bisa membantu Anda untuk melakukan program loyalitas pelanggan dengan memberikan penawaran harga khusus untuk pelanggan yang sudah terdaftar sebagai member. Sehingga, hubungan Anda dengan para pelanggan bisa berjalan lebih baik.

Selain mampu mengelola pelanggan, Accurate POS pun mampu mengelola karyawan Anda dengan memberikan hak akses tertentu pada karyawan terpercaya Anda.

Masih ada banyak sekali keunggulan dan fitur yang ada di dalam Accurate POS yang tidak mungkin bisa dijelaskan secara mendetail di artikel ini.

Untuk itu, ada baiknya bila Anda mencoba seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate POS selama 30 hari gratis dengan cara klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.