Ingin Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang? Ini Caranya!

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya membuka dan menjalankan bisnis online itu tidak sesulit yang Anda bayangkan. Terdapat banyak sekali peluang yang bisa Anda dapatkan dengan terbukanya banyak inovasi. Anda juga bisa melakukan jualan online tanpa modal dan stok barang. Sehingga, Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa kesulitan untuk bisa memulai berjualan.

Walaupun memang menjadi lebih mudah, berbisnis tentu bukanlah suatu hal yang bisa langsung dilakukan tanpa rencana dan pikir pajang. Terdapat banyak sekali faktor yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari produk apa yang ingin dijual, modal, tempat menjalankan bisnis dan lain sebagainya.

Tapi, bila Anda sudah memiliki niat untuk mulai berjualan online tanpa modal dan stok barang, caranya ada banyak. Anda bisa mulai menjalankan bisnis online dengan menggunakan sumber daya yang tersedia di era digital seperti saat ini.

Lalu, bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkum jawabannya di pada artikel menarik di bawah ini.

Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Stok Barang

Terdapat setidaknya enam cara yang harus Anda lakukan agar bisa sukses berjualan online tanpa modal dan stok barang. Satu hal yang harus Anda persiapkan dengan matang adalah koneksi internet yang stabil dan perangkat untuk bekerja. Berikut ini adalah cara jualan online tanpa modal dan juga stok barang:

1. Memastikan Produk yang Ingin Dijual

Sebelum mulai jualan online tanpa modal dan stok barang, pastikanlah terlebih dulu tentang apa saja produk yang ingin Anda jual. Anda bisa memulainya dengan produk yang Anda suka dan memang sudah Anda kuasai. Dengan begitu, maka Anda bisa mengetahui berbagai hal tentang produk saat ada konsumen yang bertanya.

Anda pun harus melakukan riset terlebih dulu tentang produk apa yang sedang banyak diperlukan oleh pelanggan. Anda bisa meriset dengan cara bertanya pada kerabat, melihat-lihat media sosial, atau langsung melihat barang yang saat ini banyak dijual di marketplace.

2. Buat Akun Media Sosial 

Dengan adanya media sosial, seperti Instagram, Anda jadi bisa jualan online tanpa modal dan stok barang. Selain itu, Anda juga tidak harus membeli atau menyewa tempat untuk memasarkan produk Anda. Dengan membuat akun media sosial untuk bisnis, Anda sudah memiliki toko Anda sendiri.

Jangan lupa juga untuk mencantumkan seluruh informasi yang bisa membantu pelanggan Anda dalam melakukan transaksi, seperti cara dalam memesan produk, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan lain sebagainya.

Selain itu, rencanakan juga berbagai konten yang nantinya ingin Anda posting di media sosial. Buatlah berbagai konten yang tidak hanya bersifat promosional, tapi juga harus interaktif dan kreatif, agar audiens Anda menyukai akun Anda.

Baca juga: Cara Menaikan Omset Penjualan Bisnis Secara Efektif

3. Cari Supplier dan Terapkan Sistem Dropship 

Ada banyak sekali pedagang berskala besar di luar sana yang siap melayani permintaan untuk menjadi reseller berbagai produk mereka dengan menggunakan sistem dropship. Sehingga, Anda tidak harus mengeluarkan modal uang.

Sistem dropship ini akan memungkinkan Anda untuk menerima pesanan dari pembelian walaupun Anda tidak mempunyai produknya. Jadi, saat ada pesanan yang masuk, Anda tinggal meminta pihak supplier untuk mengirimkan produk ke alamat pembeli toko Anda. Lalu, supplier pun nantinya akan mengirim produk tersebut dengan nama toko Anda.

Metode dropship ini menjadi kunci utama untuk berjualan online tanpa modal dan stok barang.

4. Unggah Produk Secara Konsisten

Jika Anda ingin memaksimalkan keuntungan dalam jualan online tanpa modal dan stok barang, maka Anda meyakinkan pelanggan bahwa Anda menjalankan bisnis secara serius. Salah satu cara dalam melakukan hal tersebut adalah dengan mengunggah produk yang Anda tawarkan di marketplace atau di media sosial secara konsisten.

Selain mengunggah produk, Anda juga bisa mengunggah testimoni dari pembeli agar bisnis Anda bisa terlihat makin meyakinkan.

5. Buat Promo Untuk Menarik Pelanggan

Walaupun awalnya tidak mengeluarkan modal banyak, namun dengan bantuan pelanggan setia hal tersebut pasti akan berubah dengan kurun waktu yang terbilang singkat. Untuk itu, buatlah promo untuk berbagai produk awal Anda agar bisa memikat hati para pelanggan. Seperti dengan promo “ajaklah 5 teman Anda untuk follow akun ini dan nikmati diskon sebesar 5% untuk semua produk”

6. Memanfaatkan Koneksi 

Selain dengan melakukan promosi seperti poin sebelumnya, Anda pun bisa memanfaatkan kekuatan relasi dan kerabat Anda untuk memasarkan produk. Karena tidak harus mengeluarkan produk dengan modal yang banyak, tentunya Anda tidak harus mengeluarkan biaya iklan untuk produk Anda di platform berbayar.

Kabar baiknya, mereka yang Anda ajak untuk mempromosikan produk Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah menggunakan bantuan media sosial tanpa harus melakukan berbagai hal rumit. Cukup dengan memanfaatkan fitur share, repost, atau retweet, maka Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca juga: North Star Metrics: Pengertian dan Cara Menentukannya

Penutup

Demikianlah cara melakukan jualan online tanpa modal dan stok barang. Walaupun memang lebih mudah dalam membuat bisnis secara online, namun Anda tetap memerlukan banyak bantuan dari tools lain agar bisnis yang Anda jalankan bisa meraih keuntungan yang maksimal.

Nah, tools yang bisa Anda gunakan adalah tools POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS.

Dengan menggunakan Accurate POS, maka Anda bisa melakukan penjualan secara online secara mudah, mengelola penjualan dan pembelian, mengelola karyawan dan pelanggan, hingga mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, tools ini juga bisa meningkatkan penjualan offline Anda karena sistem ini akan membantu Anda dalam mempercepat proses transaksi dan setiap transaksi akan tercatat secara otomatis untuk membuat laporan keuangan.

Ayo coba dan gunakan Accurate POS sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.