10 Pengusaha Muda Indonesia yang Sukses dengan Bisnisnya

Era globalisasi saat ini, banyak sekali pengusaha muda indonesia yang sukses dalam menjalankan bisnis dengan sukses. Umur tidak menentukan keberhasilan seseorang dalam membangun suatu usaha atau bisnis, namun dengan modal dan ketekunan, sesorang akan mampu menjadi seorang leader yang mampu membuat mereka menjadi seorang yang sukses.

Di Indonesia ada banyak pengusaha muda dan sukses yang mengawali karirnya dari nol. Dengan komitmen, keberanian,  kerja keras, ketekunan, keuletan dan tekadnya yang kuat mampu mengantarkan mereka menjadi seorang pengusaha muda yang sukses. 

Banyaknya pengusaha muda di Indonesia mampu menjadi penopang perekonomian dan menjadikan Indonesia memiliki bargaining power di mata dunia.

Bisnis yang dikembangkan para pengusaha muda ini beragam jenisnya, mulai dari bisnis properti, kuliner, simpan pinjam, hingga membangun startup digital.

Mengawali sebuah usaha tentu tidak mudah untuk dilakukan, apalagi dengan usia yang masih muda. Dengan meraih gelar unicorn di Indonesia membuktikan ketekunan mereka dalam berwirausaha. Berikut daftar pengusaha muda Indonesia.

1. James Prananto

James Prananto merupakan pengusaha muda asal Indonesia yang kini sukses dengan usahanya yaitu kopi susu kekinian yang bernama Kopi Kenangan. Pengusaha muda yang satu ini menjalankan usahanya dibantu oleh dua rekannya yang bernama Edward Tirtanata dan Cynthia Chaerunnisa. Usahanya pertama kali dibuka pada tahun 2017 yang berlokasi di Menara Standard Chartered, Jakarta Selatan.

Hal yang membuat usahanya sukses yaitu cita rasa khas kopi susu yang nikmat dan menyegarkan saat di minum.  Dengan cita rasa yang khas, Kopi Kenangan mulai digemari dan dikenal oleh para pecinta kopi. Di Tahun 2020, Kopi Kenangan sukses dalam membuka 83 cabang gerai kopi dan tersebar di beberapa kota di Indonesia. 

2. Dea Valencia

Dea Valencia merupakan salah satu  pengusaha muda Indonesia yang sukses dibidang fashion. Namanya mulai melambung saat  meluncurkan produk fashion Batik Kultur pada usianya yang masih muda.  Dea pertama kali memulai usahanya di kota Semarang pada usia 19 tahun. Ia membuat desain batik yang unik dan kekinian yang diminati banyak orang.

Dengan ide-ide yang unik dan menarik yang dituangkan dalam pembuatan batik kekinian mampu mengantarkan dia menjadi salah satu pengusaha sukses. Desain yang simple dan bergaya kekinian yang cocok digunakan segala usia menjadi daya tarik tersendiri. Hingga saat ini, Dea memiliki omzet ratusan juta perbulan dari usahanya yaitu Batik Kultur. 

Baca juga: Organisasi Nirlaba: Pengertian, Ciri-cirinya, dan Contohnya di Indonesia

3. Steven Wongsoredjo 

Steven Wongsoredjo merupakan anak bangsa yang sukses menjalankan usahanya yang bernama Nusantara Technology. Nusantara Tecnplogy ini terdiri dari beberapa cabang yaitu Yukepo.com, Keepo.me, dan Super App. Yukepo.com dan Keepo.me Usaha yang didirikan Steven Wongsoredjo merupakan usaha yang dikhususkan untuk para kaum milenial. Sedangkan super merupakan suatu aplikasi khusus. 

Super App merupakan platform aplikasi yang khusus dibuat dan digunakan oleh agen pengantar kebutuhan warung dan toko. Dengan menggunakan aplikasi Super ini, para pengusaha kecil bisa memesan barang dengan harga yang murah dan terjangkau. Stevan memulai usahanya pada tahun 2016, dan dalam kurun waktu yang singkat restart nya mendapat kunjungan 35 juta/bulan.

5. Hendy Setiono

Hendy Setiono merupakan pengusaha muda Indonesia yang sukses dibidang kuliner. Jenis bisnis kuliner yang dijalankan oleh Hendy adalah Kebab Baba Rafi.  Hendy memulai usahanya dengan istri pada tahun 2007 dengan hanya bermodalkan gerobak dan berjualan keliling. Perlahan namun pasti usahanya kini menjadi sukses dan memiliki 1.200 outlet di Asia Tenggara.

Baca juga: Ingin Mulai Bisnis Minuman Franchise? Ini Pertimbangannya!

6. Windy Natriavi

Awan Tunai adalah nama perusahaan yang didirikan oleh Windy Natriavi bersama dengan kedua rekannya yaitu Dino Setiawan dan Rama Notowidigdo. Awantunai merupakan perusahaan yang bergerak dibidang simpan pinjam khususnya cicilan handphone untuk remaja. Perusahaan ini menyediakan pinjaman dengan limit maksimal hingga Rp 5.000.000 dengan persyaratan KTP, KK dan SIM. 

7. Ali Muharam

Merupakan salah satu pengusaha muda Indonesia yang sukses dalam bisnis yang digeluti. Ali Muharam yang dulunya merupakan seorang office boy kini sukses menjalankan bisnisnya yang bergerak di bidang kuliner yaitu  Makaroni Ngehe. Makaroni Ngehe merupakan salah satu cemilan favorit bagi warga Jakarta karena rasanya yang gurih dan nikmat.

Dengan cita-cita menjadi seorang pengusaha sukses, Ali Muharam memulai usahanya dengan modal 20 juta. Ali meminjam modal tersebut dari temannya dan kemudian memulai usaha kulinernya dengan berjualan gerobak keliling. Perlahan namun pasti usah Makaroni Ngeheh milik Ali berkembang dengan pesat selama 8 bulan. Usahanya kini mampu meraih omzet hingga 3 miliar.

8. Reza Nurhilman 

Reza Nurhilman juga merupakan pengusaha yang sukses dibidang kuliner. Pengusaha muda Indonesia yang satu ini, memberi nama produk miliknya dengan Maicih. Maicih merupakan cemilan keripik yang dikreasikan oleh Reza Nurhilman menjadi cemilan yang pedas. Usaha kuliner Reza Nurhilman dimulai tahun 2010 melalui pemasaran produk. Hingga kini Maicih bisa didapatkan di minimarket. 

9. William Tanuwijaya

William Tanuwijaya adalah pengusaha muda yang sukses di bidang startup, merupakan pengusaha yang mendirikan Tokopedia yang hingga kini berkembang pesat di media digital. Pemuda satu ini mendirikan Tokopedia pada tahun 2007 yang berhasil menyandang startup unicorn di Indonesia. Namun kurangnya suntikan dana untuk usaha yang dikembangkan oleh William Tanuwijaya nadi terhenti.

Pada tahun 2009 Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya mendapatkan bantuan dana untuk membangun dan mengembangkan Tokopedia kembali. Berkat suntikan dana tersebut Tokopedia kini menjadi marketplace yang paling besar di Indonesia. Nilai valuasi yang didapatkan William Tanuwijaya dari berkembagnya usaha Tokopedia diperkirakan dapat mencapai nominal US$7 miliar.

10. Yasa Singgih

Yasa Singgih adalah pengusaha muda Indonesia yang sukses dengan usahanya yang bergerak di bidang online shop.  Pengusaha yang satu ini adalah putra bekasi yang lahir pada tanggal 23 April 1995 dan sukses dengan toko online yang dikembangkannya saat ini. Di usianya yang masih sangat muda dan dapat menginspirasi banyak orang dengan kesuksesan nya menjual kaos-kaos pria.

Yasa Singgih memiliki kemampuan berkomunikasi yang disukai oleh banyak orang. Tak heran apabila ia sering mendapat job mengisi acara training, workshop dan seminar .  kemampuannya inilah yang membuat usahanya semakin berkembang karena dibarengi dengan promosi face to face. Hingga saat ini, omset yang diraih Yasa Singgih mencapai 3o juta/bulan.

Baca juga: Cara Terbaik Dalam Memulai Usaha Kuliner yang Menguntungkan


Itulah daftar pengusaha yang sukses di usianya yang terbilang masih muda. Dalam memulai dan menjalankan usahanya tentu saja banyak kendala yang dilalui. Tetapi dengan sikap yang pantang menyerah membuat mereka menjadi seorang pengusaha yang sukses hingga sekarang.  Kunci kesuksesan para pengusaha ini terletak pada kemampuannya dalam mengambil peluang dan membaca kondisi.

Jangan ragu untuk memulai usaha, karena dengan ketekunan dan sikap pantang menyerah akan menciptakan usaha yang berhasil. Tidak ada usaha yang menghianati hasil, untuk itu jangan malu dan takut untuk memulai suatu usaha.  Demikianlah penjelasan mengenai daftar pengusaha muda Indonesia. Semoga kisahnya bisa menjadi motivasi untuk membangun usaha sendiri.

Perhatikan juga pencatatan biaya, pengeluaran dan pemasukan jika Anda ingin membangun sebuah usaha, karena hal ini adalah poin penting yang menentukan keberhasilan usaha Anda nantinya.

Download eBook Panduan dan Template Pembukuan Sederhana dengan Excel untuk Bisnis Kecil

Dengan melakukan pencatatan pada setiap transaksi keuangan pada bisnis, Anda bisa memproyeksikan rencana bisnis kedepannya, penghematan pada pengeluaran, dan juga merealiasasikan seluruh rencana sebelumnya.

Pencatatan transaksi pada pembukuan juga akan memudahkan Anda nantinya pada pertanggungjawaban pajak atau jika Anda ingin mengajukan pinjaman ke Bank untuk ekspansi usaha.

Kesulitan dengan pembukuan manual dan tidak ada waktu? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan, memiliki fitur terlengkap dan harga yang sesuai seperti Accurate Online.

Accurat Online adalah accounting software buatan Indonesia yang telah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Anda juga bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini: