Tertarik Berbisnis Franchise Makanan? Berikut 10 Rekomendasinya

Bisnis franchise makanan adalah peluang usaha yang sangat bagus. Hal ini dikarenakan dengan modal yang sedikit, Anda sudah memiliki merek yang dipercaya banyak orang dan tidak perlu melakukan branding. Maka dari itu, wajar jika bisnis begitu disukai baik oleh profesional maupun pemula.

Akan tetapi tidak semua jenis makanan bisa dibisniskan dengan sistem ini. Bahkan pebisnis perlu meriset terlebih dahulu kuliner semacam apa yang untung jika dijual dengan sistem franchise. Nah, untuk Anda yang tidak mengetahui franchise makanan yang  populer, kami memiliki list-nya. Berikut adalah macam-macam franchise makanan yang sedang popular saat ini:

1. Donat Bakar

Donat Bakar adalah franchise penganan yang keuntungannya banyak. Pasalnya donat masih disukai oleh masyarakat. Selain karena cita rasa yang memang enak, harganya juga terjangkau. Bahkan per-kue ada yang dijual tidak sampai Rp10.000 rupiah.

Bagi pedagang sendiri keuntungan yang paling mengesankan adalah untuk membangun bisnis tidak membutuhkan modal besar. Bahkan untuk memulai usaha, modal Rp 7.500.000 rupiah sudah bisa digunakan.

Itu sudah termasuk modal untuk pengadaan alat memasak, bahan baku donat serta gaji untuk pegawai selama satu bulan. Tentu modal selanjutnya disesuaikan dengan profit dan seberapa besar usaha. Tertarik? Anda bisa mengunjungi websitenya disini.

Baca juga : Tertarik Membangun Usaha Digital Printing? Berikut 10 Tipsnya

2. Bakso Benhill

Bakso adalah makanan yang masih digemari oleh masyarakat. Tidak hanya di perkotaan, di pedesaan makanan semacam ini juga diburu oleh pelanggan. Maka dari itu lahirlah Bakso Benhill yang menjadi wadah bagi pebisnis bakso. Keuntungan di bisnis ini sangat besar serta bisnis bisa dikembangkan dengan membuka cabang di tempat yang lain.

Selain itu modal untuk usaha tidak terlalu besar. Untuk memulainya, modal yang dibutuhkan tidak sampai Rp 5 juta. Itu sudah cukup untuk membangun gerai sederhana atau menyewa tempat untuk berdagang. Jka Anda tertarik dengan franchise makanan ini, silahkan kunjungi website ini.

3. Roti Mr John Singapore

Bisnis franchise makanan yang berikutnya adalah Roti Mr John Singapore. Ini adalah bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan kuliner jenis roti. Ada banyak roti yang dijual di sini. Termasuk roti dengan berbagai rasa dan topping menarik.

Kuliner unggulan yang dijual adalah Roti John. Penganan asal Singapura yang mulai disukai di Indonesia. Ini disebabkan oleh rasanya yang enak serta bergizi.

Selain mengandung protein dari daging, juga ada sayuran yang menjadi toping roti. Jadi yang ada di dalam makanan ini tidak hanya lemak dan karbohidrat. Ini pula yang menjadi alasan mengapa roti ini begitu disukai.

Baca juga : 10 Tips Cara Berjualan Online Agar Laris Manis Di Tengah Pandemi

4. KuchKuchHotahu

KuchkuchHotahu adalah franchise makanan yang bergerak dalam bidang makanan berbahan dasar tahu. Ini juga franchise yang menguntungkan. Bahkan outlet-nya menyebar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

Menurut kabar terbaru, di Indonesia sendiri terdapat kurang lebih 500 outlet Kuch2Hotahu. Bahkan pihak perusahaan masih merekrut agen baru untuk membangun outlet di daerah yang masih belum tersedia.

Modal untuk membangun usaha juga murah. Bahkan pihak perusahaan ada yang menyediakan paket franchise dengan modal tidak sampai Rp10.000.000 rupiah. Dengan modal sekecil ini, tentu tidak sebanding dengan keuntungan yang bisa berkali-kali lipat.

5. Magu Magu Chicken

Usaha franchise makanan yang juga populer di Indonesia adalah Magu-Magu Chicken. Ini merupakan bisnis waralaba makanan yang menjual sebagai macam kuliner berbahan ayam. Ada banyak jenis kuliner ayam yang dijual di waralaba ini. Diantaranya adalah ayam bakar, ayam panggang, ayam gerepek dan banyak yang lainnya.

Maka dari itu, outlet-nya tidak pernah sepi karena pengunjung tertarik untuk berlangganan. Selain itu, dengan banyaknya pilihan pelanggan bisa membeli kuliner yang memang disukainya. Tentunya ini bisa menjadi prospek usaha yang sangat bagus. Jika Anda tertarik, Anda bisa melihat paket kemitraannya disini.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang Berencana Membangun Bisnis Konveksi

6. Popchick Chicken

Popchick Chicken merupakan franchise makanan yang khusus menjual chicken jenis popcorn. Sekalipun demikian, mitranya sudah mencapai 500 agen yang tersebar di seluruh Indonesia terutama di kota-kota besar.

Ini terbilang bisnis franchise makanan yang ekonomis. Karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Untuk makanannya sendiri dijual dengan harga yang sangat terjangka. Per-porsi hanya Rp10.000 rupiah saja.

Sekalipun bisnis yang remeh, tetapi keuntungan yang didapatkan sangat luar biasa. Apalagi margin modal tidak sampai Rp3.000 rupiah. Tentu keuntungan bagi pebisnis sangat memuaskan. Apalagi jika omzet penjualan harian begitu tinggi.

7. Pisang Nugget Kece

Pisang nugget adalah makanan yang tergolong baru di Indonesia. Sekalipun demikian, penggemarnya banyak terutama dari kalangan pemuda dan anak-anak. Karena hal inilah, mulai bermunculan bisnis nugget pisang. Di antaranya yang populer adalah Pisang Nugget Kece. 

Bisnis Pisang Nugget Kece sangat menguntungkan bagi agen. Karena pihak perusahaan membuka paket franchise dengan modal tidak sampai Rp6.000.000 rupiah. Maka dari itu, banyak mitra yang berminat terutama di daerah perdesaan yang persaingannya masih sangat minim.

Jika melihat survey penjualan, biasanya perhari bisa menjual 120 pack pisang nugget. Jika ini berlangsung terus menerus, maka modal usaha bisa kembali dalam waktu satu bulan saja. Di bulan-bulan berikutnya penghasilan akan menjadi profit atau laba. Sangat menguntungkan bukan!

Baca juga : Berencana Membangun Bisnis? Berikut Ide Bisnis Modal Kecil

8. Taw-Taw Tahu

Usaha franchise makanan yang juga populer selanjutnya adalah Taw-Taw Tahu. Ini dianggap sebagai pesaing terkuat KuchkuchHotahu.

Bisnis ini juga bergerak di bidang penjualan kuliner berbahan dasar tahu goreng yang gurih dan renyah. Kurang lebih ada 12 varian kuliner tahu berbagai rasa dan toping yang disediakan.

Uniknya, usaha ini tidak hanya dijalankan dengan sistem agen atau reseller saja. Tetapi juga ada beberapa outlet yang membuka jasa dropship.

Artinya, penjual tidak perlu membeli makanan tetapi cukup menawarkan saja. Jika ada yang tertarik baru menghubungi outlet. Jika deal maka Anda akan mendapatkan komisi dari agen si pemilik outlet. Anda bisa mempelajari kemitraan usaha ini melalui tautan ini.

Baca juga : 6 Cara Memulai Bisnis Yang Bisa Anda Terapkan Secara Bertahap

9. Candy Crepes

Usaha franchise makanan yang selanjutnya adalah Candy Crepes. Makanan yang disediakan adalah kuliner jenis camilan yang memang disukai oleh banyak orang. Bahkan sebagian menjadi favorit dan terlaris. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini.

Uniknya outlet yang berdiri pada tahun 2013 ini benar-benar memanja semua agen-nya. Termasuk menyediakan alat memasak serta memberikan tips cara membuat makanan secara lengkap.

Itu artinya agen tinggal menempati booth yang sudah disediakan. Sedangkan modal yang dikeluarkan adalah untuk membeli bahan mentah serta perawatan alat operasional usaha seperti alat memasak dan selainnya. Jika tertarik dengan bisnis ini, persiapkan saja modal awal Rp9.000.000. Dengan modal tersebut, usaha sudah bisa dijalankan.

10. Shizuka Takoyaki

Shizuka Takoyaki adalah bisnis franchise makanan yang modalnya paling murah. Agen cukup menyediakan uang sebesar Rp3.000.000 rupiah saja, bisnis sudah bisa dijalankan. Modal usaha murah, karena agen tidak perlu membuka gerai dan membeli perlengkapan memasak. Semuanya sudah ditanggung oleh pihak perusahan maupun agen outlet besar. Jadi agen tinggal menjalaninya saja. Setelah itu, hasil penjualan bisa diambil tentunya jika sebagiannya sudah dimasukkan ke perusahan seusai perjanjian dan kesepakatan.

Baca juga : Berencana Berbisnis? Berikut 7 Ide Bisnis yang Cocok Untuk Pemula


Itulah beberapa franchise makanan yang populer di Indonesia. Silakan dicoba jika Anda memiliki keinginan berbisnis yang menguntungkan.

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran, pemasukan, dan stok barang Anda dalam menjalani bisnis franchise makanan ini dengan proses pembukuan yang benar.

jika Anda kesulitan melakukan pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud yang mudah digunakan, murah, dan sesuai kebutuhan bisnis Anda seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan Indonesia yang telah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, termasuk bisnis franchise Anda.

Tertarik Menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan