Apa Itu Cryptoart? Ini Cara Kerja dan Prinsipnya

Seperti yang kita ketahui bersama, pembajakan suatu karya seni terus merajalela, tidak diketahui penyebab pastinya, mulai dari penanganan yang kurang serius, hingga pemberlakuan hukum yang terlalu ringan. Seakan-akan tidak ada perlindungan hak cipta untuk para seniman atas karyanya, hingga hadirlah cryptoart. Lantas, apa itu cryptoart?

Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang cryptoart, Anda bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Cryptoart?

Dilansir dari laman theguardian, apa itu cryptoart bisa diartikan sebagai seni digital yang dihargai secara fisik dan mempunyai bukti kepemilikan. Sebagai suatu karya seni yang bersifat digital, cryptoart didukung dengan kemampuannya dalam memberikan verifikasi kepemilikan dan juga keaslian dari hasil karya seni tersebut.

Keaslian dari karya seni ini ditandai dengan dangan tangan dari penciptanya. Contohnya, lukisan Picasso yang mempunyai tanda tangan dari pelukis aslinya, yang mana keaslian dan juga kepemilikannya sudah diverifikasi oleh kritikus seni dan juga keahlian ilmiah.

Sama seperti hasil karya seni fisik, hasil karya seni kripto pun keaslian bisa diverifikasi dengan menggunakan bantuan teknologi Non-Fungible Token (NFT) atau token yang tidak bisa ditukarkan.

NFT itu sendiri adalah suatu token tertentu yang mampu menggambarkan identitas unik yang ditautkan pada hasil karya seni kripto yang bisa direplikasi dan juga digunakan untuk bisa memverifikasi kepemilikan karya. Token tersebut bisa dilampirkan pada lukisan dan berbagai karya seni digital dalam berbagai format, seperti GIF, JPEG, hingga MP4.

Kehadiran token ini bisa menjadi bukti bahwa kepemilikan file asli atas suatu hasil karya seni yang disimpan di dalam blockchain adalah buku besar permanen yang bisa diakses dari berbagai komputer mana saja di dunia.

Baca juga: Berapa Modal Usaha Toko Olahraga? Ini Jawabannya!

Cara Kerja Cryptoart

Cara kerja dari cryptoart ini didukung penuh dengan NFT. Setiap hasil karya seni kripto yang disimpan di dalam blockchain bisa dilampirkan dengan NFT.

NFT adalah kode unik yang mana bisa melacak pemilik awal, penerbit token dan juga pemilik akhir dari suatu karya yang lebih bersifat collectible. Saat NFT sudah dienkripsi pada blockchain, maka tidak akan mungkin bisa diduplikasi ataupun direplikasi.

Blockchain nantinya mampu melakukan verifikasi bukti kepemilikan aset digital dengan memeriksanya melalui spreadsheet yang mana didalamnya berisi informasi terkait identitas unik dari NFT yang terlampir di dalam aset digital tersebut. Seluruh seniman di dunia bisa menambahkan berbagai informasi tersebut di dalam spreadsheet dalam blockchain

Pemalsuan data ataupun informasi identitas yang ada di dalam spreadsheet hampir tidak mungkin terjadi. Karena, seluruh komputer yang terkoneksi di dalam jaringan mamu memeriksa satu sama lain untuk melakukan kegiatan verifikasi keaslian aset digital yang terdapat di dalam blockchain.

Baca juga: Berbagai Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Prinsip-prinsip Cryptoart

Pada dasarnya, cryptoart tidak mempunyai konsep yang bisa diterima secara umum yang mampu menjelaskan karakteristik dari seni kripto tersebut. Walaupun begitu, cryptoart bisa dijelaskan melalui berbagai prinsip di bawah ini.

  • Bersifat Digital

Prinsip digital ini merujuk pada proses penciptaan, penerbitan, serta jual beli karya seni kripto yang sepenuhnya dilakukan secara elektronik.

  • Independensi Geografis

Dalam hal ini, prinsip independensi geografis merujuk pada kepesertaan tanpa batas. Itu artinya, seniman dari semua negara bisa mengambil bagian dalam penciptaan karya seni kripto yang nantinya disimpan di dalam blockchain.

  • Demokrasi

Dalam hal ini, prinsip demokrasi merujuk pada dorongan untuk semua orang dalam membuat karya seni kripto tanpa memandang latar belakang pendidikan, kelas, ras, keahlian, jenis kelamin, agama, usia, dan lain sebagainya.

Itu artinya, siapa saja, selama mempunyai kemampuan dan kemauan dalam menciptakan karya seni digital, maka bisa turut serta dalam perkembangan dunia cryptoart.

  • Desentralisasi

Prinsip ini merujuk pada sistem yang bisa mengurangi dampak makelar seni dan juga meningkatkan kekuatan dari seniman itu sendiri.

Itu artinya, seniman bisa menciptakan dan juga menjual sendiri hasil karya seninya secara digital di dalam jaringan blockchain, tanpa melalui makelar atau perantara.

  • Anonimitas

Sama seperti namanya, prinsip ini merujuk pada penggunaan nama samaran, yang mana seniman dimungkinkan untuk bisa membuat dan juga menjual karya seninya dengan menggunakan nama samaran.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Rice bowl Rumahan? Ini Tipsnya!

Manfaat Cryptoart

Kehadiran NFT di dalam cryptoart adalah suatu terobosan unik yang mampu memberikan keuntungan pada seniman. Salah satu keuntungan yang bisa didapat seniman dengan menjual karya seni kripto adalah bisa tetap memiliki hak cipta dan memperoleh royalti dari setiap penjualannya.

Setiap aliran seni pun tentu mempunyai peminatnya masing-masing. Kehadiran cryptoart membantu seniman untuk bisa menjaga keaslian hasil karyanya dari tindakan pembajakan. Sehingga, cryptoart diklaim bisa dijadikan solusi untuk meminimalisir tindakan pembajakan karya seni.

Cryptoart pun mempunyai ruang lingkup yang luas, tidak hanya sekedar lukisan, gambar atau foto saja, namun juga dalam bentuk karya seni lain yang lebih interaktif, seperti animasi, motion grafis, dan masih banyak lagi.

Dalam segi penjualan, seniman bisa menjual karya seni kripto-nya sendiri, mereka hanya perlu menetapkan harga yang sesuai lalu menawarkannya melalui suatu website. Setiap seniman tidak perlu bergabung dalam suatu event organizer atau membuat lembaga tertentu untuk menjual hasil karya seninya.

Baca juga: Ingin Jualan Bunga? Ini Tips Memaksimalkannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang cryptoart. Jadi, sebagai seniman, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari sistem cryptoart ini. Namun, hasil keuntungan tersebut tentu harus Anda catat dan Anda buat laporan keuangannya agar Anda bisa memastikan nominal keuntungan Anda.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan tersebut, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka seluruh kegiatan akuntansi dan pencatatan keuangan Anda akan tercatat secara otomatis. Anda pun akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Ayo klik tautan gambar di bawah ini untuk bisa menikmati free trial selama 30 hari.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.