Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Saat Anda ingin membuka bisnis baru, terutama bisnis retail atau pertokoan, maka Anda akan sangat memerlukan aplikasi yang mampu membantu Anda untuk mencatat transaksi penjualan serta keuangan. Nah, aplikasi toko adalah suatu aplikasi komputer yang dibuat untuk membantu memenuhi keperluan toko melalui menu atau fitur sederhana dengan beberapa fasilitas pokok yang telah disediakan.

Bisa dibilang, aplikasi ini sama seperti aplikasi kasir online, atau manfaatnya sama seperti aplikasi bisnis yang memiliki berbagai manfaat sebagai alat bantu untuk menginput data semua pembelian dan penjualan barang secara otomatis.

Selain bisa digunakan sebagai alat hitung, aplikasi ini pun bisa digunakan untuk memeriksa keluar masuknya barang, mendata pemasok, pemasokan barang, sampai pelanggan.

Apa Manfaat Aplikasi Toko?

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi toko yang tersedia di internet, beberapa diantaranya menawarkan harga yang cukup tinggi.

Berbagai fitur yang umumnya terdapat di dalam aplikasi toko adalah print nota atau kwitansi, membaca barcode, sampai menyediakan laporan persediaan di gudang.

Namun, aplikasi toko juga masih mempunyai beberapa manfaat lain, yaitu:

1. Proses Transaksi Lebih Mudah dan Akan Terekam Secara Baik

Salah satu poin penting saat membuka bisnis baru adalah pencatatan keuangan yang harus lebih jelas. Beberapa pebisnis kerap kali meremehkan hal tersebut, sehingga mengakibatkan tidak tercatatnya pengeluaran dan pemasukan bisnis. Nah, pencatatan keuangan tersebut bisa berdampak langsung untuk jangka pendek dan jangka panjang perusahaan.

Namun dengan menggunakan aplikasi toko, maka berbagai jenis transaksi akan tercatat secara aman dan lebih sistematis.

2. Hasil Laporan Laba Rugi yang Akurat

Saat awal menjalankan atau membangun bisnis, mungkin Anda belum bisa menentukan laba rugi toko Anda secara akurat. Namun saat bisnis Anda sudah berjalan selama 3 hingga 6 bulan, maka Anda bisa menentukan hasil laporan laba rugi toko Anda secara mudah dan hasilnya akan lebih akurat bila Anda menggunakan aplikasi toko.

3. Memiliki Laporan Arus Kas Toko

Aplikasi toko akan membantu Anda untuk memperoleh semua laporan keuangan yang ada. Di dalamnya termasuk membantu Anda untuk mencegah terjadinya kebocoran keuangan. Dengan menggunakan laporan kas toko yang lebih akurat dan detail, maka Anda bisa melihat semua pemasukan dan pengeluaran, sekecil apapun itu.

4. Nilai Plus Untuk Branding Bisnis Baru

Aplikasi toko bisa dijadikan sebagai nilai lebih untuk kegiatan branding suatu bisnis. Dalam menjalankan bisnis, kegiatan branding adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan.

Para pelanggan tentunya akan lebih memilih bisnis dengan branding yang bagus, misalnya dari sisi toko yang menarik ataupun layanan yang lebih ramah.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentunya para pelanggan akan melihatnya sebagai nilai yang lebih. Aplikasi ini mampu membuat sistem pelayanan menjadi lebih baik karena seluruhnya akan tercatat dan terlihat secara lebih profesional.

5. Pilihlah Aplikasi Toko yang Tepat

Umumnya, aplikasi toko akan menerapkan beberapa sistem pos atau aplikasi kasir yang telah terintegrasi dengan layanan lain. Hal tersebut tentunya mampu memberikan solusi terkait kebutuhan toko.

Hal tersebut biasanya digunakan oleh para manajer toko untuk mengelola berbagai hal terkait toko, seperti dengan membuat menu, melihat kegiatan transaksi, sampai memeriksa persediaan barang.

Untuk bisa segera memulainya, cobalah untuk membuat suatu sistem dengan daftar persediaan barang jualan sebelum Anda mendatanya secara fisik. Ada baiknya pendataan tersebut mencakup kode barang, jumlah persediaan yang terdapat di dalam catatan, biaya per barang, termasuk di dalamnya jumlah nyata barang dan jumlah persediaan total dari barang tersebut.

Bila sudah dihitung dengan baik, maka silahkan nilainya dikalkulasi dengan mengalikan biaya dan jumlah barang yang sudah ada. Sediakan juga kolom tertentu agar bisa memperoleh nilai total barang jualan.

Bila Anda masih menggunakan sistem yang manual, maka Anda harus melakukan hal di atas secara bertahap, satu per-satu.

Beberapa aplikasi toko mempunyai prinsip yang sama dan biaya mempunyai fitur yang lengkap. Suatu aplikasi bisa melakukan perhitungan secara lebih cepat dan instan. Sehingga, hal tersebut bisa membantu Anda untuk mengelola barang jualan toko secara lebih baik dan bisa terhindar dari berbagai kerugian yang tidak diinginkan.

Selain menggunakan aplikasi toko, menjalankan bisnis pun bisa menjadi lebih mudah dengan melakukan berbagai proses akuntansi. Dengan melakukan proses akuntansi, maka Anda bisa mengetahui semua laporan keuangan perusahaan yang Anda perlukan.

Nah, untuk membuat laporan keuangan secara lebih mudah, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi buatan anak bangsa ini dikembangkan menggunakan teknologi cloud computing berbasis website yang telah dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi. Tampilan dashboard di dalamnya pun didesain secara sederhana, sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah, aman dan nyaman.

Saat ini, Accurate Online telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di seluruh Indonesia dan telah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Award untuk kategori software akuntansi sejak tahun 2016 lalu.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa mendapatkan lebih laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan neraca, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara akurat.

Di dalamnya pun telah dibekali dengan berbagai fitur dan modul bisnis yang sangat lengkap untuk membantu Anda mengelola serta menembangkan bisnis, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur yang luar biasa dari Accurate Online di atas bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Masih ragu? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik banner di bawah ini.