Bisnis Eco-Friendly: Solusi Jualan Untung dan Ramah Lingkungan

Meningkatnya tingkat kepedulian masyarakat pada lingkungan membuat mereka terlibat langsung dalam menjaga keberlangsungan di bumi. Sebagai pebisnis, maka kita pun harus ikut serta mengambil bagian dalam hal menjaga kebersihan dan juga keberlangsungan lingkungan.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengembangkan bisnis ke arah yang lebih ramah lingkungan atau yang akrab disebut dengan eco-friendly.

Mengembangkan bisnis eco-friendly tidak bisa dilakukan secara asal. Anda memerlukan perencanaan yang matang, baik itu dari sisi bahan baku, pengemasan, hingga pengolahan sisi produksi harus Anda pertimbangkan secara baik.

Lantas, apa saja tahapan yang harus dilakukan agar bisnis Anda bisa jadi lebih ramah terhadap lingkungan? Tenang saja, Anda bisa memulainya dengan berbagai tahapan mudah di bawah ini.

3 Cara Menghadirkan Bisnis Eco-Friendly

1. Mengurangi Penggunaan Kertas

Anda tidak perlu melakukan berbagai langkah besar untuk turut serta menyelamatkan lingkungan sekitar. Niat baik Anda tersebut masih bisa tersalurkan lewat berbagai hal kecil, seperti dengan mengurangi penggunaan kertas di toko Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa mencoba pindah menggunakan alat yang berbasis digital yang mampu mengurangi penggunaan kertas struk yang memang mampu menyumbang sampah lingkungan.

Selain dengan menggunakan menu digital, Anda juga menggunakan aplikasi kasir online yang mempunyai berbagai fitur lengkap yang mampu menghemat konsumsi kertas dan membuat pekerjaan Anda jadi lebih efisien. Selain itu, Anda juga bisa mengoptimalkan pengemasan produk dengan menggunakan berbagai bahan yang ramah lingkungan.

2. Kelola Bahan Baku 

Selain menghemat konsumsi kertas dengan menerapkan konsep paperless, bisnis eco-friendly juga bisa Anda mulai dengan mengelola bahan baku yang baik di toko. Bukan hanya melulu tentang menghitung stok persediaan di toko, tapi Anda juga harus mampu memperhatikan alur sisa makanan yang terdapat di toko Anda.

Ini adalah hal penting, karena sisa makanan bisa membusuk dan mengeluarkan gas metana yang mampu menambah emisi udara, atau carbon footprint. Agar bisa mencegah hal tersebut, maka Anda memerlukan pengelolaan stok bahan baku yang baik dan efisien dengan memanfaatkan aplikasi kasir online.

3. Lakukan Daur Ulang

Rasanya, daur ulang adalah cara yang paling tepat untuk berpartisipasi langsung menjaga keberlangsungan lingkungan sekitar. Anda bisa mulai melakukan daur ulang pada bahan baku ataupun produk yang memang sudah tidak digunakan, hingga bekas sisa kemasan produk lewat berbagai metode.

Salah satunya adalah dengan memberikannya ke bank sampah ataupun melakukan budidaya pupuk kompos lewat bahan sisa makanan yang tersedia di toko.

Penutup 

Terdapat berbagai macam cara untuk memulai langkah baik dalam menjaga keberlangsungan lingkungan. Salah satunya adalah dengan membuat sistem kerja di toko Anda jadi lebih efisien dengan menggunakan software POS dari Pawoon POS.

Terlebih lagi, saat ini Pawoon POS sudah terintegrasi langsung dengan Accurate Online, sehingga akan mendukung konsep transaksi paperless melalui fitur menu digital dan kirim struk via email dan whatsapp.

Selain itu, lewat adanya integrasi ini, kegiatan manajemen bisnis, toko, atau gerai fisik Anda bisa dilakukan dengan mudah dan tepat.

Penasaran? Ayo cari tahu selengkapnya dengan klik tautan gambar di bawah ini.