Raih Keuntungan Maksimal Dengan Bisnis Go Digital

Perlu Anda ketahui bahwa jumlah UMKM yang baru menggunakan teknologi digital saat ini baru menyentuh 12 juta pebisnis atau baru mencakup 13% dari total 64 juta Pebisnis di Indonesia. Hal ini sesuai dengan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi UKM per bulan Februari 2021 lalu.

Padahal, pemanfaatan ruang digital atau go digital diklaim menjadi kunci untuk para pebisnis UMKM dalam memperoleh untung. Terlebih lagi di masa PPKM Darurat yang banyak menyebabkan kegiatan di luar rumah dihentikan.

Apa itu Bisnis GO Digital?

Bisnis go digital pada dasarnya adalah proses yang mengubah cara komunikasi, interaksi dan seluruh manfaat bisnis ke dalam bentuk digital. Dengan adanya penerapan ini, maka banyak pebisnis yang beralih dari sistem konvensional menjadi sistem virtual.

Proses ini mencakup banyak hal, mulai dari transaksi hingga cara mereka dalam mengelola bisnis agar performanya lebih efisien. Setidaknya ada tujuh manfaat yang bisa pebisnis rasakan jika mereka menerapkan bisnis go digital, yaitu:

1. Mampu Menjangkau Pasar yang Sangat Luas

Dengan memanfaatkan ekosistem digital maka para pebisnis UMKM mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Adanya keterbatasan sistem distribusi dan juga pemasaran dari dulu memang menjadi masalah yang krusial untuk pebisnis kecil.

Tapi, masalah tersebut saat ini sudah bisa ditekan dengan adanya media sosial dan website yang tingkat jangkauan pemasarannya bisa menembus batasan pemasaran konvensional.

2. Menghindari Hilangnya Target Pasar

Sebagian dari kita tentu tahu kecenderungan pengguna saat ini mulai nyaman dengan menggunakan ekosistem digital. Seluruhnya bisa mereka lakukan secara online, mulai dari jasa transportasi, pesan makanan, transaksi, hingga berbelanja berbagai kebutuhan.

Dengan menerapkan bisnis go digital, maka kehilangan potensi pendapatan dari konsumen pun bisa ditekan, karena Anda bisa memanjakan mereka dengan kemudahan akses online.

3. Pertumbuhan Pengguna Internet yang Kian Pesat. 

Pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia, selalu meningkat dari tahun ke tahun secara signifikan. Khususnya setelah dicetuskannya proyek satelit Palapa Ring yang mampu menjangkau seluruh daerah perbatasan di Indonesia.

Dengan adanya data tersebut, maka akan sangat masuk akal bagi para pebisnis UMKM untuk mulai memasuki pasar digital bila bisnisnya ingin terus bertahan.

4. Pebisnis Akan Terlihat Lebih Profesional

Dengan menerapkan go digital, maka setiap pebisnis UMKM tidak hanya memiliki potensi dalam mendapatkan lebih banyak pelanggan, tapi juga bisa memasuki babak persaingan baru dalam ranah industri modern.

Meskipun masih memiliki status UMKM, namun mereka bisa mendapatkan nilai yang lebih besar dari para audiens karena sudah mempunyai media sosial dan website sebagai salah satu media pemasarannya.

5. Biaya Operasional Lebih Rendah

Salah satu manfaat dari menerapkan bisnis go digital adalah mampu menekan biaya operasional. Untuk para pebisnis UMKM, biaya operasional seperti sewa kios, bengkel kerja, dan pemasaran yang dilakukan secara offline tentu sangat memberatkan mereka.

Nah, dengan menerapkan bisnis go digital, maka para pebisnis UMKM bisa lebih menghemat modalnya karena mereka tidak lagi harus mempunyai toko fisik agar produknya dikenal audiens. Kenapa? Karena saat ini, website bisa dijadikan sebagai etalase agar audiens bisa melihat-lihat barang sekaligus melakukan transaksi pembelian.

Selain itu, biaya operasional dan harga untuk membuat website pun sudah sangat terjangkau untuk para UMKM.

6. Budget Pemasaran Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan. 

Pada prinsipnya, pemasaran yang dilakukan secara digital lebih transparan dan mudah dihitung daripada pemasaran offline yang memerlukan lebih banyak waktu dan tenaga.

Untuk memperkenalkan bisnis, para pelaku UMKM bisa menggunakan platform email yang mampu mengirimkan pesan pada ribuan orang dengan beberapa kali klik saja. Selain itu, mereka juga bisa melihat tingkat keefektifitasan kampanye yang mereka lakukan karena adanya fitur analytic.

Baca juga: Bagaimana BizSmart Menjadi Solusi Total untuk Bisnis yang Lebih Optimal?

UOB Bizsmart, Solusi Untuk Mendukung Bisnis Go Digital

Berangkat dari penjelasan dan keuntungan yang mampu ditawarkan dalam bisnis go digital diatas, maka UOB Bizsmart berupaya untuk mendukung setiap pebisnis di Indonesia untuk melakukan berbagai proses bisnis secara digital, seperti penjualan, membuat faktur, melakukan penggajian, akuntansi, dll.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka UOB Bizsmart melakukan kerjasama strategis dengan Accurate Online. Dengan adanya kerjasama ini, maka para pebisnis dapat merasakan berbagai manfaat seperti berikut ini:

1. Persetujuan (Approval)

Adanya integrasi dengan Accurate Online ini akan membuat setiap pebisnis mampu melakukan otorisasi atas setiap transaksi yang diajukan oleh user kepada user lain yang mempunyai tingkat kewenangan lebih tinggi, seperti seorang staf pembelian yang meminta persetujuan pada kepala pembelian untuk melakukan transaksi pesanan pembelian.

2. Mendukung Perhitungan Pajak di Indonesia

Fitur ini akan memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan perhitungan perpajakan, mulai dari PPh 21, PPh 23, PPh 4 ayat 2, PPh 22, PPh 15, dan PPN secara otomatis dan bisa diintegrasikan dengan aplikasi e-Faktur dari Dirjen Pajak secara langsung.

3. Cabang Perusahaan

Fitur ini akan menguntungkan pebisnis yang mempunyai unit bisnis pada lokasi yang berbeda namun ingin tetap memantau bisnisnya dalam satu database. Pemantauan ini mencakup pembatasan pada pengguna yang melakukan akses, penomoran kegiatan transaksi, sampai laporan keuangan di setiap cabang.

4. Transfer Uang Antar Kas/Bank

Fitur ini memiliki fungsi dalam mencatat perpindahan uang atau dana dari satu akun kas atau bank ke akun kas atau bank lainnya milik perusahaan.

5. Stok Opname Persediaan Barang

Fitur ini akan memungkinkan pebisnis untuk melakukan proses stock opname atau menyesuaikan stok fisik dengan catatan yang ada di sistem, sehingga akan memudahkan mereka dalam mencatat proses stock opname tersebut.

6. Aset Per Lokasi

Kehadiran fitur ini akan memudahkan pebisnis untuk mengetahui aset tetap yang dimiliki oleh pebisnis, khususnya bila pebisnis tersebut memiliki aset di beberapa lokasi.

Misalnya aset tetap kendaraan milik perusahaan saat ini berada di lokasi tertentu, atau histori sebelum yang dipindahkan berasal dari lokasi tertentu. Nah dengan fitur ini, maka setiap pebisnis bisa mengetahui informasi tersebut.

Baca juga: Integrasi Menyeluruh Untuk Menghindari Risiko Kerugian Pada Bisnis

7. Pencatatan Beban

Fitur ini mampu memberikan kemudahan pada staf akuntansi untuk melakukan pencatatan beban yang sifatnya lebih aktual, seperti biaya telepon ataupun biaya listrik, agar selanjutnya dilakukan pencatatan pelunasan yang sudah terjadi.

8. Dashboard

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh pengguna adalah mereka bisa mengetahui kondisi perusahaannya saat ini secara realtime dengan menggunakan berbagai widget yang sudah disiapkan, seperti widget laporan laba rugi, produk yang paling laris, dan berbagai widget lainnya.

9. Kalender

Setiap pebisnisnya juga bisa melakukan kolaborasi antar setiap bagian dengan adanya fitur kalender. Mereka bisa langsung melihat kegiatan apa saja yang akan dilakukan oleh bagian lainnya.

10. Target Penjualan

Fitur ini berguna untuk menentukan target penjualan dari produk yang dijual. Target penjualan ini bisa dibuat dengan berdasarkan kuantitas, kategori barang, penjual, atau periode waktu. Target penjualan pun bisa ditentukan oleh seluruh cabang atau untuk cabang tertentu saja sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain beberapa manfaat di atas, sebagai pengguna, Anda juga bisa melakukan transaksi mata uang yang berbeda dan laporan keuangan akan tetap tercatat dalam mata uang rupiah. Lebih dari itu, Anda pun bisa melakukan transaksi secara berulang dan memantau jumlah piutang dari seluruh transaksi pembelian pelanggan secara lebih mudah.

Manfaat Lain dari UOB Bizsmart

UOB Bizsmart ternyata mampu memberikan manfaat lain untuk membantu para pebisnis dalam melakukan bisnis go digital karena sudah melakukan kerjasama dengan HR Easily dan Cashlez. Kini setiap pebisnis bisa dengan mudah mengelola penggajian dan juga administrasi karyawan.

Selain itu, untuk usaha retail dan bidang usaha restoran, kafe hingga barbershop, mereka juga jadi lebih mudah dalam melayani konsumen dalam melakukan berbagai jenis metode pembayaran non tunai.

Wujudkan digitalisasi bisnis Anda dengan UOB Bizsmart dan rasakan manfaatnya melalui gambar di bawah ini:

bisnis go digital