Bisnis Jajanan Anak SD yang Menjanjikan, Lengkap dengan Idenya

Bisnis jajanan anak SD adalah pilihan ide bisnis yang praktis dan tentunya menguntungkan. Bisnis inipun cenderung hanya memerlukan modal yang kecil dan mudah untuk dilakukan. Anda hanya memerlukan kreatifitas yang unik dalam menjualnya saja.

Kita tentu tahu bahwa setiap jenis usaha pasti mempunyai pangsa pasarnya sendiri. Ada suatu model bisnis yang hanya mengincar kaum wanita, karyawan, atau anak-anak sekolah dan pelajar, khususnya para siswa SD.

Bisnis yang mengincar pangsa pasar pada anak sekolah adalah jenis bisnis yang memiliki masa depan bagus. Selain lebih jelas dan tertarget, jumlah mereka juga sangat banyak. Setiap murid dalam suatu sekolah juga pada umumnya memiliki jumlah anak murid dari ratusan hingga ribuan anak.

Selain itu, kebutuhan anak kecil dalam mengonsumsi jajanan makanan juga biasanya jauh lebih banyak dan lebih sering daripada anak remaja. Apapun jenis makanan yang Anda jual, mereka pasti akan membelinya.

Potensi pasar yang ada pada anak sekolah juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena mereka biasanya akan terus melakukan kegiatan dari pagi hingga sore hari. Bahkan Anda juga bisa menargetkan orang tua atau saudara dari anak sekolah ketika bubar.

Keutamaan Bisnis Jajanan Anak SD

Melakukan bisnis jajanan untuk anak-anak adalah salah satu ide bisnis yang sangat menguntungkan. Beberapa kelebihan dan keutamaan menjalankan bisnis jajanan anak SD adalah sebagai berikut.

  • Bisnis Jajanan Anak SD Memiliki Keuntungan Setiap Hari

Anda bisa mendapatkan laba atau keuntungan bersih setiap hari jika Anda menjual jajanan anak SD. Keuntungan tersebut bisa terus Anda dapatkan selama anak sekolah terus masuk dan tidak libur

  • Bisnis Jajanan Anak SD Memiliki Potensi Omset yang Besar

Kesempatan dalam meraih omset yang besar dari melakukan penjualan jajanan anak SD sangatlah besar. Anda bisa meningkatkan lagi omset penjualan Anda dengan melakukan ekspansi atau membuka cabang baru di sekolah lain. Atau Anda juga bisa menitipkannya pada beberapa kantin di sekolah lain.

  • Bisnis Jajanan Anak SD Membutuhkan Modal Kecil

Bisnis jajanan anak sd adalah salah satu jenis usaha yang memerlukan modal kecil. Anda tidak harus menyediakan banyak dana untuk melakukan bisnis ini. Anda bahkan bisa saja menjalankan bisnis ini dengan modal 1 juta rupiah.

  •  Tak Pernah Sepi Konsumen

Bisnis jajanan anak SD adalah salah satu jenis bisnis yang sangat tahan banting. Dalam kondisi krisis ekonomi sekalipun, bisnis jajanan anak SD ini akan terus laris manis, kenapa? Karena jajan adalah salah satu kebiasaan anak-anak yang tidak bisa diubah.

Terlebih lagi jika jajanan tersebut memiliki sifat yang menyenangkan, sehingga nantinya akan ada banyak pelajar yang membelinya beberapa kali  ketika sedang di sekolah.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Agribisnis yang Sukses dan Menguntungkan

Strategi Sukses Bisnis Jajanan Anak SD

Setelah kita mengetahui bersama apa saja keutamaan bisnis jajanan anak SD, berikut ini ada beberapa faktor yang ada baiknya untuk selalu Anda perhatikan dalam menjualnya.

  • Rasanya Harus Enak

Dalam melakukan bisnis jajanan anak SD, Anda harus memastikan bahwa kualitas rasa jajanan tersebut memiliki rasa yang enak dan lezat. Walaupun dijual dengan harga murah, namun tetap saja Anda harus menjamin rasa dari jajanan tersebut.

  • Harus Unik

Umumnya, sifat utama anak SD adalah menyukai makanan atau jajanan yang baru dan juga unik. Untuk itu, Anda harus menawarkan jajanan yang berbeda dari kompetitor Anda agar jualan Anda laris. Keunikan tersebut tidak harus menciptakan jajanan baru, Anda bisa memperhatikan kompetitor Anda lalu bisa Anda modifikasi sedikit dengan kreativitas yang Anda miliki.

  • Selalu Inovatif

Anda juga harus menjual jajanan yang inovatif dalam melakukan bisnis jajanan anak sd. Kenapa? Karena umumnya anak-anak akan cepat merasa bosan dengan jajanan yang sama. Mereka umumnya akan selalu mencari dan juga mencoba produk jajanan yang baru.

Untuk itu, jangan heran jika pada awal mula melakukan bisnis jajanan anak SD Anda mengalami laris manis, tapi pada beberapa bulan setelahnya menurun. Untuk itu, Anda harus mengubah tampilan produk ataupun mengembangkan produk Anda ketika penjualan sedang menurun.

  • Harga yang Terjangkau

Anda juga harus menjual jajanan dengan harga yang sangat terjangkau. Bila perlu, batas jajanan dengan harga maksimal 5 ribu rupiah saja. Hal ini sangat penting mengingat uang jajan anak SD biasanya tidak lebih dari 10 ribu rupiah.

Untuk itu, Anda tidak bisa asal dalam memberikan harga jual pada jajanan anak SD. Anda bisa melakukan survey untuk memastikan berapa uang jajan mereka. Namun, besarnya uang jajan mereka umumnya tergantung dari latar belakang keluarga sendiri.

7 Ide Bisnis Jajanan Anak SD

1. Cilok

Cilok atau aci dicolok adalah jajanan anak SD yang terbuat dari aci atau tepung sagu. Aci adalah sebutan bahasa sunda untuk sagu. Cilok juga bisa dikatakan sebagai versi murah dari bakso. Selain memiliki bentuk yang sama, komposisi yang dibutuhkan seperti tepung sagu, telur dan daging juga hampir sama dengan cara membuat bakso. Namun bedanya, cilok lebih banyak menggunakan tepung, sehingga teksturnya akan lebih tebal daripada bakso.

Pada mulanya, camilan yang ditujukan untuk anak-anak SD ini ditemukan di Bandung dan kali itu dibandrol dengan harga seribu rupiah saja per bungkusnya.

2. Telur Gulung

Komposisi yang dibutuhkan untuk membuat telur gulung terbilang sangat mudah dan ekonomis. Agar bisa menghasilkan telur gulung dengan tekstur yang lebih, Anda bisa mencampur telur dengan sedikit air. Cara ini juga akan mampu menghasilkan telur yang lebih banyak.  Anda juga bisa menambahkan bahan dasar lain seperti mie, bakso, atau sosis sebagai variasi.

3. Rambut Nenek

Jajanan anak SD pasti akan selalu melekat dengan makanan manis. Salah satu makanan atau jajanan manis yang sangat terkenal dari dulu adalah rambut nenek. Tekstur dan bentuknya adalah berupa serat berwarna putih pucat, untuk itu jajanan ini disebut dengan rambut nenek.

Agar lebih inovasi dan memberikan kesan yang berbeda, biasanya pengusaha yang kreatif akan menambahkan varian rasa, warna dan kemasan yang menarik untuk menarik minat anak sekolah.

4. Mie Lidi

Mie lidi adalah salah satu jenis jajanan tahan lama, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila belum laku pada saat pertama kali Anda menjualnya. Anda bisa memperluas target pasar Anda dengan menjual jajanan ini secara online. Modal yang diperlukan pun tidak lebih dari 500 ribu rupiah saja.

5. Telur Mini

Jika Anda bisa memperhatikan sekitar Anda, saat ini ada banyak sekali jajanan anak-anak yang menggunakan bahan baku utama telur. Salah satunya adalah jajanan telur mini. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit dan hanya seperti menggoreng telur biasa saja. Tapi, para pedagang pada umumnya akan menggunakan cetakan telur kecil, dan telur yang digunakan pun adalah telur burung puyuh, bukan telur ayam biasa.

6. Kue Lekker

Kue leker adalah versi atau bentuk sederhana dari crepes. Kue ini banyak diminati oleh banyak penggemar karena teksturnya yang renyah dan juga manis. Selain itu, harga jualnya pun lebih murah dari crepes, yakni seharga dua ribu rupiah saja. Pangsa pasar yang bisa Anda raih pun bukan cuma anak-anak, tapi juga orang dewasa.

7. Es Gabus

Ketika cuaca sedang panas, maka biasanya anak-anak sd akan lebih suka menikmati jajanan atau minuman yang segar serta manis untuk melepaskan rasa dahaganya, seperti es. Saat ini, salah satu es yang tengah populer adalah ice cork cake.

Jajanan anak sd yang terbuat dari bahan utama tepung hunkwe ini mempunyai tekstur yang lembut dan harus, berbeda dengan es pada umumnya. Biasanya pun pihak pabrik hanya membutuhkan tiga bahan yang paling mudah dan paling murah ditemukan saja, seperti kelapa, gula pasir, dan hunkwe.

Baca juga: Tips Sukses Ternak Lele yang Menguntungkan dan Wajib Dicoba

Penutup

Demikianlah artikel tentang bisnis jajanan anak SD yang menjanjikan, lengkap dengan ide bisnisnya yang menguntungkan dan bisa Anda pilih sesuai dengan minat Anda.  Walaupun bisnis ini adalah bisnis jajanan anak SD, tapi Anda tidak harus membatasi diri Anda untuk menjualnya di lingkungan sekolah. Anda bisa menjual jajanan tersebut di lingkungan kantor, lingkungan rumah, maupun tempat umum lainnya.

Anda bisa menggunakan kreativitas Anda untuk menjangkau konsumen yang lebih banyak dan agar tidak terkesan membosankan.

Namun, Anda juga harus tetap menerapkan manajemen keuangan dan akuntansi yang baik pula dalam menjalankan bisnis ini, sehingga bisnis jajanan anak SD Anda bisa terus bertahan walau anak SD sedang libur. Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen keuangan dan akuntansi yang baik, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1