Budidaya Ikan Mas Adalah Bisnis yang Menguntungkan, Ini Buktinya!

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini budidaya ikan mas masih menjadi ide bisnis yang memiliki peluang menguntungkan di Indonesia. Cara pemeliharaannya yang tergolong mudah dan kompetisi bisnis di dalamnya yang tidak terlalu ketat menjadi alasan kuat kenapa bisnis ini banyak dipilih oleh pengusaha awal, terlebih lagi untuk mereka yang gemar memelihara ikan.

Namun, sebelum Anda mulai merintis usaha ini, ada baiknya Anda memahami dengan jelas tentang peluang bisnis yang ada di dalamnya dan juga memahami cara perawatannya terlebih dahulu. Nah, berikut ini adalah berbagai keunggulan yang terdapat dalam budidaya ikan mas serta cara memeliharanya.

Keunggulan Berbisnis Budidaya Ikan Mas 

Seluruh penduduk Indonesia umumnya sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan ini. kenapa? Karena ikan mas sudah bisa ditemui di banyak tempat di Indonesia, sehingga mereka akan lebih mudah untuk dijumpai. Ikan yang satu ini selain cocok untuk dikonsumsi, ternyata cocok juga untuk dijadikan sebagai ikan hias yang cantik.

Ikan mas dikenal sebagai salah satu ikan air tawar yang komoditasnya paling banyak di Indonesia, dilansir dari laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, ikan mas rutin diproduksi hingga ratusan ribu ton per tahunnya. Hal tersebut dikarenakan banyak permintaan pasar serta cara budidaya ikan mas yang tergolong mudah.

Namun, kebanyakan orang berpikir bahwa bisnis budidaya ikan mas ini sulit untuk dilakukan karena hanya bisa dilakukan oleh mereka yang ulet saja. Kenyataannya, setiap pebisnis yang melakukan budidaya ikan mas hanya perlu mengembangbiakannya saja, baik itu secara alami atau pun dengan bantuan tangan pebisnis itu sendiri.

Dalam menjaga kualitas lingkungan ikan pun tergolong sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kenapa? Karena ikan mas adalah satu ikan air tawar yang memiliki tingkat adaptasi yang kuat terhadap lingkungannya.

Dalam hal pemberian pakan pun tidak terlalu rumit, mereka adalah jenis ikan pemakan segala macam makanan alami dan makanan buatan. Kandungan gizi yang ada di dalam ikan mas pun sangat luar biasa, sehingga ikan ini sangat layak untuk dikonsumsi oleh manusia.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, bisnis ikan mas ini sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan ide bisnis karena bisnis budidaya ikan mas bisa dilakukan oleh pengusaha awam sekalipun.

Baca Juga:  Pengertian Wiraswasta dan Bedanya Dengan Wirausaha

Cara Terbaik dalam Membudidayakan Ikan Mas

1. Pilihlan Benih Ikan yang Berkualitas

Sama seperti budidaya hewan lainnya, salah satu penentu keberhasilan bisnis budidaya ikan mas adalah pemilihan benih atau bibit ikan mas. Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam memantau kualitas benih serta mampu menentukan jumlah ikan yang akan Anda budidayakan.

Agar Anda bisa mendapatkan benih ikan yang bagus, Anda bisa melihatnya dari ciri kedewasaan ikan mas tersebut. Ikan mas jantan dan betina cenderung memiliki ciri yang relatif sama untuk bisa dijadikan sebagai ikan indukan.

2. Ciri-Ciri Ikan yang Siap Dijadikan Indukan

Ikan mas yang cocok dijadikan sebagai indukan adalah ikan yang memiliki bentuk tubuh yang mulus dan tidak ada sedikitpun cacat pada tubuhnya. Ikan indukan yang berkualitas juga memiliki ukuran kepala yang umumnya lebih kecil daripada badannya. Sisiknya pun tergolong lebih cerah dan tersusun secara rapi.

Selain itu, pastikanlah ikan mas indukan tersebut memang berasal dari induk atau keturunan yang berbeda agar tidak ada resiko inbreeding. Terakhir, pilihlah ikan mas yang sudah berumur 1,5 hingga 2 tahun untuk betina, dan untuk yang jantan berumur 8 bulan. Sehingga, Anda akan memiliki potensi yang besar dalam mendapatkan benih ikan berkualitas.

3. Pemeliharaan Indukan Ikan Mas Harus Dipisah

Setelah Anda berhasil memilih indukan ikan mas, maka Anda harus memisahkan ikan mas yang jantan dan yang betina. Pembudidayaan ikan mas ini bisa Anda lakukan pada kolam ikan yang memiliki kedalaman 60 hingga 80 cm dengan sistem pengairan berbentuk paralel. Pemisahan induk ini dilakukan agar meminimalisir proses perkawinan yang disengaja.

Kandungan pakan pada ikan mas juga harus dijaga dengan baik. Pastikanlah gizi dan mineral yang ada pada pakan ikan mas terjaga dan dicukupi dengan baik. Anda bisa menggunakan pakan pelet dengan kandungan protein sebanyak 30% sampai 35%, dan Anda juga bisa mencoba menggunakan dedak jagung.

Untuk porsi makannya sendiri, ikan mas umumnya hanya akan mengonsumsi makanan seberat 2% hingga 4% dari total berat badannya setiap hari. Anda bisa memberi pakan ikan mas sebanyak dua kali dalam sehari agar ikan mas Anda tidak kelaparan atau kekenyangan. Sehingga, kualitas ikan mas Anda bisa tetap terjaga.

4. Perhatikan Ikan Mas yang Siap Dipijah

Proses pemijahan adalah suatu aktivitas pengembangbiakan ikan mas agar ikan mas mampu melahirkan bibit baru yang lebih unggul. Namun sebelum kita membahas tentang bagaimana cara memijah ikan mas, Anda harus mengetahui ciri ikan mas yang sudah siap untuk dikembangbiakan terlebih dahulu.

Ikan mas betina yang siap kawin adalah ikan yang memiliki gerakan yang lambat dan mereka cenderung lebih senang melompat ketika malam hari. Keadaan perutnya juga cenderung lebih buncit dari ikan lainnya. Jika Anda perhatikan lagi lebih dekat, maka anus dari ikan mas betina tersebut akan lebih bengkak dan juga memiliki warna yang kemerahan.

Sedangkan ikan mas jantan yang siap kawin adalah ikan mas yang memiliki gerakan lebih lincah daripada biasanya. Ketika lubang kelamin mereka dipijat, maka ikan mas jantan cenderung akan mengeluarkan sperma berwarna putih.

Saat kedua kondisi tersebut sudah bisa terlihat dengan jelas, maka mereka akan siap untuk dipijah dan dipindahkan ke kolam khusus.

Dalam melakukan proses pemijahan ini, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu cara alami dan cara buatan. Untuk cara alami, proses pemijahan hanya harus mencampur indukan ikan mas betina dan jantan pada satu kolam khusus.

Sedangkan untuk cara buatan, ikan mas tersebut akan dikembangbiakan dengan cara menyuntik hormon, hipofisa ataupun pembuahan in vitro. Tujuannya adalah demi menjaga kualitas ikan dan memperoleh jumlah benih yang lebih banyak secara kontinyu.

Setelah selesai melakukan pemijahan buatan, maka Anda bisa melakukan pembuahan buatan agar benih ikan yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi.

5. Tumbuhkan Benih Ikan dengan Melakukan Pendederan

Budidaya ikan mas juga harus dilakukan dengan proses menumbuhkan benih atau pendederan. Pada langkah ini, sebagai pembudidaya, Anda harus memindahkan ikan yang memiliki ukuran 10 hingga 12 cm dengan bobot 80 hingga 100 gr pada kolam yang memiliki aliran air.

Proses tersebut harus dilakukan selama 2 hingga 3 bulan. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam teknik pendederan adalah dengan air deras, air tenang dan tumpang sari.

Media kolamnya juga bisa saja terbuat dari tanah, tembok, terpal, sawah, jaring apung atau keramba. Namun, yang pasti Anda harus siap mengawasi ikan mas Anda ketika proses pendederan berlangsung agar risiko gagal panen bisa Anda hindari dengan baik.

6. Jagalah Kesehatan Ikan Mas Anda 

Melakukan budidaya ikan mas sama seperti budidaya hewan lainnya yang terkena hama atau penyakit lainnya. Dalam budidaya ikan mas, kendala yang biasa terjadi adalah masalah produktivitas yang menurun hingga terjadinya gagal panen. Untuk itu, Anda harus bisa menekan risiko ikan mas yang terkena hama atau penyakit tertentu.

Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan terus memantau kolam ikan dan selalu membersihkan kotoran yang ada di kolam. Pemantauan tersebut juga harus dilakukan secara rutin agar kesehatan ikan mas tetap terjaga dan risiko gagal panen tidak terjadi.

7. Panenlah Ikan Mas dengan Waktu dan Proses yang Tepat

Dalam melakukan budidaya ikan mas, Anda harus bisa menentukan waktu panen yang tepat. Biasanya, ikan mas yang siap dipanen adalah ikan yang sudah memiliki berat 300 hingga 400 gr. Berat tersebut adalah berat ideal untuk dipanen dan dijual dipasar.

Dari mulai benih ikan mas memiliki berat 100 gr, Anda harus bisa menunggu minimal 2 hingga bulan agar berat ikan mas ideal. Untuk itu, dalam kurun waktu tiga bulan tersebut, Anda harus mampu memanen ikan mas dan memperoleh keuntungan yang banyak.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Parfum yang Sukses? Baca Dulu Artikel Ini

Penutup

Setiap bisnis yang digeluti pasti mempunyai hambatan dan kesulitannya sendiri, termasuk dalam bisnis budidaya ikan mas. Tapi, tingkat kesulitan yang ada pada bisnis tersebut harus sebanding dengan tingkat keuntungan.

Nah, untuk Anda yang baru ingin menjadi wirausahawan, maka tidak ada salahnya Anda melakukan bisnis budidaya ikan mas yang mudah untuk dipelihara dan mampu mendatangkan keuntungan yang sangat banyak.

Nantinya, untuk menghitung keuntungan atau laporan laba rugi dari bisnis Anda tersebut, nantinya Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas, laporan laba rugi, hingga laporan keuangan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan