Pengertian Wiraswasta dan Bedanya Dengan Wirausaha

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah wiraswasta. Pada dasarnya, pengertian wiraswasta lebih sering diidentikan dengan suatu kegiatan berbisnis atau berdagang. Sederhananya, pengertian wiraswasta lebih cenderung mengacu pada kemampuan atau karakter yang dimiliki oleh seseorang.

Pengertian wiraswasta yang mendalam ini harus dipahami oleh seluruh elemen masyarakat, khususnya untuk mereka yang tertarik untuk turun ke dunia bisnis atau ingin mempunyai bisnis sendiri. Kenapa? Karena kebanyakan masyarakat masih banyak yang menganggap bahwa wiraswasta sama dengan wirausahawan.

Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap seluruh hal yang berkaitan dengan wiraswasta dan perbedaannya dengan wirausahawan.

Pengertian Wiraswasta

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pengertian wiraswasta adalah kemampuan atau karakter yang dipunyai oleh mereka yang sadar untuk merintis beragam jenis peluang usaha. Peluang usaha tersebut bisa diperoleh oleh wiraswasta lewat suatu kejadian atau analisa tertentu. Jadi, pengertian wiraswasta bukanlah bentuk aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang.

Unggulnya seorang wiraswasta bisa dilihat ketika dirinya mampu memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada serta informasi yang dimilikinya untuk membangun suatu jaringan tertentu. Selain itu, seorang wiraswasta juga harus bisa mendapatkan keuntungan finansial dalam kurun waktu yang lama.

Tapi, jika kita melihat pendapat para ahli, maka pengertian wiraswasta itu sendiri akan memiliki arti yang berbeda. Contohnya seperti pengertian wiraswasta yang dikemukakan oleh Sumahamijaya, dirinya berpendapat bahwa wiraswasta adalah orang yang memiliki keberanian, keteladanan, keutamaan, dan semangat dari dalam dirinya sendiri.

Disisi lain, Suhadi berpendapat bahwa pengertian wiraswasta adalah mereka yang memiliki karakteristik tertentu, seperti memiliki pandangan yang luas, ulet dari segi mental, percaya diri, dan lincah dalam berbisnis. Sedangkan Djatmiko menjelaskan bahwa pengertian wiraswasta adalah suatu kegiatan atau keahlian seseorang yang mampu mengkoordinasikan sumber daya yang ada menjadi produk barang atau jasa yang memiliki nilai ekonomi.

Nah, berdasarkan penjelasan yang dikemukakan para ahli diatas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa pengertian wiraswasta adalah mereka yang bisa berinovasi, berani mengambil resiko, dan juga mampu mengelola bentuk usahanya agar bisa mencapai suatu keuntungan.

Jadi, wiraswasta bukan hanya sekedar aktivitas berdagang atau berbisnis yang selama ini dipikirkan oleh kebanyakan orang.

Baca juga: Kartel Adalah: Pengertian, Jenis, Karakteristik, dan Dampak dalam Perekonomian

Ciri Seseorang Mempunyai Jiwa Wiraswasta

  • Memiliki dan Paham dengan Passion Dirinya

Hampir semua orang hidup dengan passion nya sendiri. Tapi, wiraswasta berbeda dengan kebanyakan orang pada umumnya, mereka akan paham betul akan passion yang dimilikinya, sehingga mereka mampu memanfaatkan passion tersebut menjadi suatu sumber profit.

Disis lain, bentuk usaha yang dilakukan dengan passion yang tinggi akan lebih mudah untuk dikembangkan dan juga mempunyai potensi yang lebih besar untuk sukses. Jadi, wiraswasta yang melakukan bisnis dengan didasari passion mempunyai potensi untuk bertahan lebih lama.

  • Percaya Diri Tinggi

Selanjutnya, ciri-ciri seorang wiraswasta yang sukses adalah yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Dalam hal ini, percaya diri diartikan sebagai suatu hal yang tidak akan mampu membuat mereka gentar walaupun usahanya banyak dicemooh atau bahkan diremehkan oleh orang lain atau orang terdekatnya.

Kenapa? Karena wiraswasta yang sukses adalah mereka yang yakin bahwa usaha yang dikerjakan sesuai passionnya mampu memberikan kesuksesan besar.

  • Disiplin dan Berdedikasi Tinggi

Kegiatan apapun apabila dilakukan dengan tanpa dedikasi dan kedisiplinan yang tinggi, maka potensi keberhasilannya tentu akan menjadi sangat rendah. Untuk itu, disiplin dan dedikasi yang tinggi adalah ciri-ciri yang harus dimiliki oleh wiraswasta sukses.

  • Berani Mengambil Resiko

Hal apapun yang dilakukan dan dipilih pasti mempunyai tantangan dan resiko nya masing-masing. Tapi untuk wiraswasta yang sukses, hal tersebut bukanlah penghalang untuk mencapai kesuksesan.

Setiap kegagalan yang dialaminya akan dijadikan sebagai pelajaran dan pengalaman untuk bekal bisnisnya di masa yang akan datang. Untuk itu, wiraswasta yang sukses adalah mereka yang tidak pernah takut untuk mengambil risiko dan mampu bertanggung jawab atas setiap pilihan yang dipilihnya.

  • Selalu Menyiapkan Rencana dari Usaha yang Ditekuni

Selain tidak takut untuk mengambil segala resiko yang ada, wiraswasta yang unggul juga akan selalu mempunyai pertimbangan yang matang sebelum mengambil suatu keputusan. Sehingga, mereka bisa menghindari kegagalan yang sebelumnya pernah dialami.

Unsur Penting dalam Berwiraswasta

Pada dasarnya, unsur utama dalam berwirausaha ada tiga, yaitu unsur pengetahuan, keterampilan, dan kewaspadaan.

Unsur pengetahuan dalam berwiraswasta berarti wiraswasta tersebut harus memiliki pengetahuan ataupun pengalaman dengan usaha yang dikerjakannya. Mereka juga tidak boleh berhenti mempelajari hal baru yang mampu meningkatkan keberhasilan bisnisnya. Sehingga, unsur pengetahuan tersebut akan menjadi pondasi dasar untuk mengambil tindakan yang tepat untuk bisnisnya.

Sedangkan unsur keterampilan adalah suatu kemampuan untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Unsur tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber, seperti pengalaman ataupun pelatihan kerja. Untuk itu, setiap seorang wiraswasta harus selalu terampil agar peluang keberhasilan bisnisnya menjadi lebih besar.

Terakhir, unsur kewaspadaan sendiri adalah suatu karakter waspada yang wajib dimiliki oleh wiraswasta. Unsur kewaspadaan ini adalah kombinasi dari sikap mental serta pengambilan sikap dalam menghadapi masalah yang ada.

Unsur penting ini harus dimiliki agar mampu melihat seluruh risiko pada bisnis dan juga memastikannya agar tidak terjadi ataupun mencari jalan keluar yang paling tepat.

Jenis Wiraswasta Berdasarkan Tindakan

Wiraswasta bisa dikelompokan menjadi dua jenis utama, yaitu wiraswasta berdasarkan keahlian dan berdasarkan tindakan. Nah, untuk wiraswasta berdasarkan tindakan, bisa dikelompokkan lagi menjadi empat jenis, yaitu:

  • Innovating Entrepreneur 

Innovating entrepreneur adalah jenis usaha yang melibatkan orang lain secara agresif ketika melakukan uji cobanya. Wiraswasta jenis ini pun lebih tertarik untuk menggunakan segala jenis peluang yang ada dalam berbisnis yang mungkin untuk bisa dilakukan.

  • Initiative Entrepreneur

Initiative entrepreneur adalah wiraswasta yang memiliki sikap inisiatif dalam hal menggunakan seluruh inovasi yang ditemukannya.

  • Fabian Entrepreneur

Fabian entrepreneur adalah jenis usaha yang memiliki sikap seperti fobia. Artinya, mereka akan cenderung lebih hati-hati atau bahkan ragu ketika melakukan usahanya. Mereka akan cenderung untuk menyontek bisnis lain yang sudah terbukti sukses.

  • Done Entrepreneur

Sedangkan Done entrepreneur merupakan jenis wiraswasta yang mampu menggunakan berbagai potensi yang dimilikinya agar selanjutnya bisa diubang menjadi inovasi. Inovasi tersebutlah yang nantinya akan memberikan keuntungan.

Jenis Wiraswasta Berdasarkan Keahlian serta Sumber Penghasilan

Sedangkan jenis wiraswasta berdasarkan keahlian atau sumber penghasilannya terbagi menjadi empat jenis wiraswasta, yaitu:

  • Intrapreneur

Intrapreneur merupakan mereka yang memiliki kemampuan untuk mengajak, mempengaruhi, serta memimpin orang lain.

  • Extrapreneur

Extrapreneur merupakan wiraswasta yang mampu menghibur dan juga lebih ahli pada suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan kreativitas.

  • Infopreneur

Infopreneur adalah seorang wiraswasta yang ahli dalam hal mengajar, mengorganisasi, menata, atau menyederhanakan sesuatu.

  • Autopreneur

Sedangkan autopreneur adalah mereka yang mampu menanamkan modalnya, menganalisa, serta mengetahui nilai tersembunyi yang ada di dalamnya.

Tips Menjadi Seorang Wiraswastawan Sukses

Diperlukan kerja keras dan komitmen kuat untuk menjadi wiraswasta yang sukses. Tapi, masih ada banyak tips lain yang bisa dilakukan untuk menjadi wiraswasta yang sukses, yaitu:

  • Memastikan usaha yang baru dijalankan dikenal oleh orang terdekat.
  • Hindari penggunaan promosi dari pihak ketiga yang mampu meningkatkan pengeluaran.
  • Ciptakanlah skala prioritas
  • Rajin mengevaluasi diri dan seluruh keputusan
  • Buat diri menjadi lebih proaktif
  • Sisihkan waktu yang tepat untuk bisa berpikir lebih kreatif.
  • Belajarlah dari keberhasilan orang lain.
  • Buatlah target dan tujuan bisnis dan lakukan evaluasi secara berkala.
  • Lakukan bisnis yang sesuai dengan passion, bukan demi memperoleh banyak keuntungan
  • Selaraskanlah kehidupan wiraswasta Anda dengan kehidupan pribadi.

Baca juga: Tertarik Membangun Bisnis Parfum yang Sukses? Baca Dulu Artikel Ini

Penutup

Berdasarkan uraian lengkap di atas, maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa wiraswasta adalah mereka yang bisa menyadari adanya peluang usaha dengan cara memanfaatkan produk unggulannya di pasar agar bisa mendapatkan keuntungan finansial.

Hal yang membedakannya dengan wirausaha adalah bahwa wirausaha lebih cenderung memperkenalkan produk atau jasanya dengan dasar kreativitas dan hasil data risetnya. Untuk itu, kedua hal tersebut tidak bisa kita samakan.

Terdapat banyak sekali tips untuk menjadi wiraswasta yang sukses, namun hal tersebut tidak akan berguna jika Anda tidak mampu mengelola manajemen keuangan Anda secara lebih rapi dan tepat. Sehingga kondisi keuangan bisnis bisa terjaga dengan baik.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen keuangan atau membuat laporan keuangan, maka Anda bisa coba menggunakan software akuntansi dari Accurate online.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi ini, maka Anda akan lebih mudah dalam melakukan berbagai proses akuntansi, mulai dari laporan arus kas hingga laporan keuangan.

Accurate Online juga akan memudahkan Anda dalam melakukan berbagai proses akuntansi yang rumit. Jadi, Anda bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan Anda dengan cepat. Selain itu, Anda juga bisa mengelola stok barang, aset perusahaan, sampai dengan mengelola utang-piutang perusahaan secara instan.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1