Company Profile Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Tips Membuatnya Agar disukai Audiens!

Bagi setiap perusahaan atau bisnis yang memiliki sebuah website, company profile adalah komponen yang wajib ditampilkan sebagai profil singkat perusahaan tersebut.

Company profile adalah hal yang bersifat esensi bagi beberapa perusahaan besar hingga perusahaan start-up sekalipun.

Melalui company profile, suatu perusahaan dapat menggambarkan kegiatan bisnis mereka, serta menargetkan audiens yang cocok dengan perusahaanya.

Lalu bagaimana cara membuat company profile yang baik, agar perusahaan kita lebih mudah dikenal oleh target pasar kita? Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Company Profile Adalah?

Company profile merupakan istilah kata dalam Bahasa Inggris yang artinya profil perusahaan. Bagian ini umumnya ditemukan pada situs-situs resmi sebuah perusahaan.

Isi profil perusahaan biasanya memberikan informasi tentang sejarah berdirinya perusahaan, produk yang dihasilkan, hingga posisinya dalam pasar.

Meskipun hanya penggambaran singkat, namun company profile adalah cara untuk mempengaruhi audiens, calon investor, hingga klien yang berhubungan dengan perusahaan itu sendiri.

Jika company profile dibuat dengan sebaik mungkin, maka perusahaan akan lebih menonjol dan unik dibandingkan para kompetitornya.

Baca juga: Holding Company: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya di Indonesia

Fungsi Company Profile

Setelah mengetahui pengertian company profile di atas, maka bisa disimpulkan bahwa fungsi dari dibuatnya company profile adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan sebuah brand, perusahaan yang menjelaskan tentang sejarah berdiri perusahaan, hingga menjelaskan apa yang ingin ditawarkan kepada audiens, dapat menjadi brand story untuk menjalin koneksi dengan para mitra yang potensial
  • Gambaran umum bisnis perusahaan, penjelasan company profile adalah penjelasan tentang apa yang ditawarkan kepada audiens untuk bisa memenuhi kebutuhan target pasar
  • Promosi sebuah brand, profil perusahaan juga sangat membantu dalam proses promosi suatu brand dari perusahaan itu sendiri.
  • Menginformasikan keunikan karakter perusahaan, selain memberikan gambaran pada calon klien potensial, informasi tersebut juga bisa menunjukan keunikan perusahaan di mata investor, bahkan di mata para pencari kerja.

Baca juga: Perusahaan Multinasional: Pengertian, Karakteristik, dan Contohnya   

Informasi yang Harus Ada dalam Company Profile

Tujuan dari pembuatan company profile adalah untuk memberikan informasi tentang suatu perusahaan kepada pengunjung website atau audiens.

Maka, coba perhatikan dengan detail, informasi apa saja yang dituliskan dalam company profile dan informasi apa juga yang tidak perlu ditampilkan. Berikut penjelasannya:

  • Detail bisnis, informasi ini merupakan tinjauan singkat dari perusahaan terkait, seperti, apa nama perusahaan, alamatnya dimana, nomor kontak telepon dan email perusahaan. Semua hal tersebut wajib ditulis dalam company profile
  • Detail perusahaan, informasi yang harus dituliskan selain detail bisnis adalah rincian tentang perusahaan, seperti visi dan misi, tanggal berdiri perusahaan, deskripsi layanan atau produk yang dijual sejarah perusahaan, hingga portfolio klien.
  • Pengakuan industri, company profile adalah informasi yang juga harus menjelaskan bagaimana pencapaian yang sebelumnya pernah diraih dan meningkatkan nilai perusahaan. Jika memang ada sertifikat, testimoni, penghargaan, semua bisa dilampirkan

Baca juga: Modal Ventura Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Referensi Company Profile Terbaik

Sebelum mengetahui tips membuat company profile yang baik, Simak beberapa contoh company profile terbaik dari perusahaan-perusahaan ternama berikut ini:

  • Google

Google yang disebut sebagai raksasa mesin pencarian di dunia ini juga memiliki website dan sudah menggunakan company profile yang baik.

Google mendeskripsikan perusahaan dengan kalimat singkat dan jelas. Padahal, Sebagai raksasa mesin pencari, Google sudah memiliki banyak pencapaian. Rasanya 1 halaman saja tidak cukup menjelaskannya.

  • Starbucks

Perusahaan yang menjual minuman kopi ini juga bisa memberikan contoh company profile yang bagus. Sekilas, Starbucks membuka kalimat awal tentang bagaimana awal mula perusahaan tersebut berdiri dan perkembangannya dari awal hingga kini.

  • Nike

Perusahaan yang memproduksi sepatu olahraga ini merupakan brand yang berhasil dikenal di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Jika kita membuka website Nike, maka satu kalimat singkat dengan pemutaran video dari para pelanggan pengguna produknya. Sangat sederhana, tapi company profile brand Nike telah berhasil membawa produknya lebih dikenal di hampir seluruh dunia.

  • Philips

Philips juga memiliki company profile yang unik, dengan banyak menyisipkan gambar-gambar dan cerita untuk memperkuat keunggulan perusahaan. Audiens yang melihat foto dan deskripsinya, sudah pasti tahu bahwa itu adalah produk Philips.

Philips juga sering melakukan pembaruan untuk situs websitenya sebanyak 4 kali per tahun. Hal seperti ini cukup jarang dilakukan oleh perusahaan lainnya.  Philips ingin agar websitenya tetap dinamis dan selalu menampilkan informasi terbaru.

  • Bloomberg

Hampir senada dengan perusahaan Nike, bloomberg juga lebih memilih tampilan company profile dengan kekuatan video di dalam websitenya. Dengan begitu, informasi penting mengenai profil perusahaan, bisa sampai ke audiens dengan tampilan yang menarik.

Company profile Bloomberg juga menggambarkan bahwa para audiens sudah mengenal perusahaanya. Terbukti, dengan pemaparan mengenai statistik singkat dari berbagai kategorinya.

Baca juga: Pengertian Kemasan Produk: Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya untuk Bisnis

Tips Membuat Company Profile

Jika perusahaan atau bisnis Anda sedang ingin membuat company profile, sebaiknya mulai melakukan perancangan dari sekarang. Adapun beberapa tips membuat company profile yang baik, sebagai berikut:

  • Mengetahui Tujuan, memilih tulisan atau akan menyisipkan gambar dan video
  • Menentukan Gaya dan Format, ingin membuat company profile yang tradisional atau berinovasi, serta tetap menggunakan penulisan yang jelas
  • Menceritakan Kisah, ceritakan tentang kisah sukses perusahaan
  • Menguraikan Misi dan Visi
  • Menyertakan Sejarah Perusahaan dengan Urutan logis
  • Menyertakan berbagai testimonial
  • Melengkapi Informasi Kontak
  • Mengoreksi tulisan dan Melakukan Pembaruan berkala

Baca juga: Mengenal Perusahaan Manufaktur, Karakter, Contoh, Dan Proses Bisnisnya

Kesimpulan

Sebagai sebuah perusahaan besar atau perusahaan rintisan yang ingin dikenal public, sebaiknya menyisipkan company profile yang baik dalam situs website pribadinya.

Tujuannya, agar bukan hanya dikenal dengan produk-produk terbaiknya, tetapi juga menginformasikan ke public, bagaimana kinerja perusahaan untuk memproduksi produk terbaik tersebut dalam kurun waktu yang lama.

Kesuksesan yang ditulis dalam company profile tentunya juga berdasarkan pengambilan keputusan dari berbagai sektor di perusahaan tersebut. Termasuk di dalamnya, sektor keuangan.

Salah satu Indikator perusahaan yang sukses dan sehat adalah yang memiliki profit tinggi. Hal ini tentu bisa diketahui dari laporan keuangan perusahaan tersebut.

Untuk itu, sudah seharusnya perusahaan membuat laporan keuangan dengan tepat, akurat, dan cepat, menggunakan suatu software akuntansi dan bisnis seperti Accurate online.

Accurate online menjadi solusi bagi setiap perusahaan, dengan menyediakan software akuntansi dan bisnis agar memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan, laporan laba rugi, hingga perhitungan pajak perusahaan.

Dengan tambahan fitur yang lengkap, proses pencatatan keuangan kini tidak lagi memakan banyak waktu, sehingga perusahaan bisa fokus pada hal lainnya.

Segera beralih ke Accurate online, dan Anda bisa mencoba software akuntansi ini secara gratis selama 30 hari, melalui tautan ini.Accurate-

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.