Contoh Laporan Proyek Sederhana dan Mudah Untuk Dibuat

Dalam menjalankan proyek, baik itu proyek dari pemerintah atau proyek swasta, maka akan diperlukan suatu laporan proyek yang wajib untuk dipersiapkan. Untuk itu, dalam membuatnya kita memerlukan contoh laporan proyek yang sederhana.

Di dalamnya, terdapat laporan proyek mingguan dan bulanan yang wajib dibuat secara spesifik dan detail oleh setiap pelaksana lapangan.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan contoh laporan proyek yang mudah dan sederhana untuk bisa dibuat.

Apa Itu Laporan Proyek?

Pada dasarnya, laporan proyek adalah suatu laporan kegiatan yang dilakukan pada proyek jasa konstruksi, yang mana laporan ini sangat berguna sebagai bentuk pertanggungjawaban dari seorang kontraktor dalam melakukan setiap jenis kegiatannya.

Dalam setiap perkembangan dan juga kemajuan suatu proyek, tentu akan sangat membutuhkan evaluasi proyek dari awal hingga akhir, yang mana evaluasi ini berisi hal terkait pembangunan suatu proyek agar bisa membantu setiap pihak dalam mengendalikan dan juga memantau proyek secara rutin dan terus-menerus.

Dalam contoh laporan proyek, di dalamnya harus dipertanggungjawabkan oleh pihak kontraktor dan harus memperoleh persetujuan dari konsultasi pengawas. Hasil laporan tersebut nantinya akan dilaporkan pada pihak pemilik proyek.

Laporan proyek pun bisa dijadikan sebagai salah satu syarat dalam penarikan termin proyek. Jika suatu laporan proyek bisa dihasilkan dengan baik, maka akan membuat suatu perusahaan terlihat lebih profesional dan akan meningkatkan nilai tambah pada perusahaan tersebut.

Selain itu, kehadiran laporan proyek juga bisa membantu pemilik proyek mengetahui perkembangan proyek tersebut.

Baca juga: Cara dan Contoh Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM

Cara Membuat Laporan Proyek

Setiap laporan tentunya mempunyai tujuan dan fungsinya tersendiri. Di dalam laporan proyek akan termuat nilai indeks yang lebih detail dan juga sangat berguna untuk memantau perkembangan konstruksi. Sehingga, nantinya pihak pemilik proyek bisa melihat sesuatu apa saja yang menjadi kendala di dalam proyek pekerjaannya.

Tapi jika ingin membuat suatu contoh laporan proyek, maka Anda harus menyiapkan beberapa hal, yaitu:

  1. Hal pertama yang harus Anda siapkan dalam membuat contoh laporan proyek adalah mengumpulkan berbagai data dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, data tersebut bisa ditemukan dalam bentuk excel.
  2. Melakukan optimasi suatu proses dalam membuat laporan proyek dengan menggunakan template dari suatu laporan proyek.
  3. Bagian departemen atau analisa bisnis harus melakukan pelacakan atas suatu sumber masalah yang ada di dalam setiap data ataupun kondisi yang ada di lapangan.
  4. Mencetak semua laporan proyek agar nantinya bisa memudahkan dalam hal pemeriksaan dan pemantauan rutin.
  5. Membagikannya pada setiap tim terkait.

Baca juga: Pengertian Laporan Laba Rugi, Jenis, Fungsi, Pengguna, Komponen, Cara Buat dan Contohnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang laporan proyek dan contoh laporan proyek. Dalam laporan proyek, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam hal pemantauan berbagai perkembangan bahkan berbagai kendala yang terdapat di dalam proyek. Sehingga, Anda bisa mempercepat performa yang ada di dalam konstruksi.

Selain laporan kegiatan di dalam proyek, Anda juga tentunya harus memantau laporan keuangan yang terdapat di dalam proyek Anda. Memantau setiap laporan keuangan ini pastinya akan jauh lebih penting. Kenapa? karena keuangan adalah salah satu kunci keberhasilan dari suksesnya suatu bisnis.

Cara membuat laporan keuangan ini bisa dilakukan dengan cara membuat pembukuan yang sederhana dan manual. Namun, membuat laporan keuangan secara manual tentunya memerlukan waktu yang sangat lama, belum lagi risiko di dalamnya juga sangat banyak, seperti risiko salah hitung, salah input, hingga risiko terjadinya kecurangan.

Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing berbasis website. Sehingga, untuk menggunakannya Anda tidak perlu melakukan proses instalasi ataupun proses pembaruan yang memakan banyak waktu.

Terlebih lagi, tampilan dashboard dan antarmuka di dalamnya juga sangat sederhana. Sehingga, Anda yang masih awam tentang proses menjalankan bisnis ataupun akuntansi pun bisa sangat mudah dalam menggunakannya.

Accurate sendiri sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang sangat banyak dalam menyediakan aplikasi akuntansi, tercatat sudah lebih dari 20 tahun Accurate bergerak dalam bidang ini. Accurate Online pun saat ini sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia, mulai dari pebisnis UMKM hingga pebisnis berskala besar sekalipun.

Lebih menariknya lagi, Accurate Online sudah berhasil mendapatkan penghargaan TOP Brand Award dari tahun 2016 hingga tahun 2022. Pencapaian tersebut diperoleh karena Accurate Online konsisten dalam membantu setiap pebisnis di Indonesia dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Dengan menggunakan Accurate Online, sebagai pebisnis Anda bisa mendapatkan laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan lainnya secara otomatis, cepat dan akurat. Anda juga bisa menggunakannya kapan saja dan dimana saja Anda perlukan

Accurate Online pun sudah dilengkapi oleh berbagai modul dan fitur yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, manufaktur, multi cabang, cost and profit center, multi mata uang, dan masih banyak lagi.

Seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bagaimana, masih kurang tertarik? Tenang, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis hanya dengan klik banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.