Escrow Account, Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya bagi Bisnis.

Jika satu dekade yang lalu banyak orang yang masih segan dan khawatir untuk melakukan kegiatan jual beli online, maka sekarang mereka sudah tidak perlu segan ataupun khawatir lagi untuk melakukan kegiatan jual beli online, kenapa? karena sekarang sudah ada sistem khusus yang disebut dengan escrow account.

Escrow account bisa dijadikan solusi untuk mereka yang ingin melakukan kegiatan jual beli online secara lebih aman dan nyaman, namun apa itu escrow account? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

Apa itu Escrow Account?

Dalam bahasa Indonesia, escrow account lebih dikenal dengan istilah rekber atau rekening bersama. Sedangkan pengertian dari escrow account adalah suatu akun yang digunakan untuk bisa menampung dana khusus yang kehadirannya dilakukan dengan menggunakan persyaratan tertentu yang sesuai dengan perjanjian antar pihak penyetor dengan mereka yang berkepentingan atas dana tersebut.

Sederhananya, escrow account adalah suatu akun yang disediakan oleh pihak ketiga untuk bisa menampung serta menyalurkan uang pada pihak yang terlibat kegiatan jual beli online.

Pihak ketiga ini disebut sebagai pihak escrow. Tugas mereka tidak hanya mengelola dana saja, namun juga memastikan bahwa mereka yang terlibat dalam kegiatan transaksi mau melakukan kewajiban dan memperoleh haknya.

Contoh dari kegiatan ini adalah agen escrow menerima dana yang dibayar oleh pihak pembeli atas barang yang sudah dibelinya dan juga ditambah dengan biaya pengiriman. Dana tersebut lantas ditampung sementara oleh di dalam escrow account sampai penjual mengirimkan barangnya pada pihak pembeli.

Bila pihak pembeli sudah menerima barang yang sudah dibelinya dari penjual, maka selanjutnya pihak agen escrow akan menyalurkan dana tersebut kepada penjual.

Dalam pengadaan escrow account, agen escrow akan menggunakan layanan escrow yang terdapat pada seluruh bank konvensional. Jadi, escrow account  dalam menampung dan menyimpan dana dari dua pihak yang berkepentingan tetap melibatkan peran penting bank.

Saat ini bahkan escrow account tidak hanya bisa digunakan untuk kegiatan jual beli online saja, tapi juga untuk layanan pembiayaan peer to peer dan properti serta saham.

Baca juga: Social Commerce, Cara Baru Menjual Produk Secara Langsung dari Media Sosial

Manfaat EscrowAaccount

Pada prinsipnya, escrow account disediakan agar bisa meningkatkan sistem keamanan dalam melakukan transaksi online, yang mana mereka yang terlibat dalam kegiatan transaksi tidak langsung berhadapan. Sistem layanan ini pun disambut hangat oleh publik karena dinilai mampu menekan kasus penipuan yang banyak terjadi karena kegiatan transaksi jual beli online.

Seperti yang sebelumnya sudah kita jelaskan secara singkat, agen escrow memiliki peran dalam mengamankan aset uang yang sudah disetorkan pada pihak pembeli agar nantinya diserahkan pada pihak penjual. Penyerahan dana tersebut bisa dilakukan oleh agen escrow jika pihak penjual sudah mengirimkan baran dan sudah diterima oleh pihak pembeli secara tepat.

Bila tidak demikian, maka agen escrow tidak akan menyerahkan uang pada pihak penjual dan tetap akan dikembalikan pada pihak pembeli.

Pada prinsipnya, penggunaan escrow account ini mampu menjamin keamanan transaksi untuk kedua belah pihak. Selain itu, escrow account juga akan memberikan keuntungan pada pihak yang melakukan transaksi, kenapa? karena sejatinya escrow account mampu memberikan manfaat untuk kedua belah pihak yang melakukan transaksi.

  • Melindungi Pembeli

Dalam melakukan kegiatan jual beli online, sering kali pembeli menjadi orang yang dirugikan karena menjadi korban penipuan. Mekanisme dalam kegiatan jual beli online pada dasarnya adalah penjual baru akan memberikan atau mengirimkan barang pada pembeli bila pembeli sudah melakukan pembayaran dengan transfer bank.

Dari sekian banyaknya kasus penipuan yang terjadi, penjual tidak mengirimkan barangnya pada pembeli walaupun pihak pembeli sudah melakukan pembayaran secara lunas.

Dengan menggunakan escrow account, maka hak pembeli dalam memperoleh barangnya akan bisa dilindungi. Karena, pembayaran atas barang yang sudah dibelinya tidak akan langsung dikirim ke rekening penjual, namun ke rekening bersama yang sudah disediakan oleh agen escrow.

Jika penjual tidak langsung mengirimkan barang pesanan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, maka pembeli memiliki hak untuk mendapatkan kembali dananya. Sehingga, pembeli pun tidak mengalami kerugian kehilangan aset berupa uang yang sudah dibayarkannya.

  • Melindungi Penjual

Penipuan dalam kasus jual beli online bukan hanya mengorbankan pembeli saja, tapi juga dari penjual. Dari berbagai kasus yang sudah ada, pembeli mengaku sudah melakukan pembayaran via transfer bank pada penjual. Lalu, pembeli mendesak penjual untuk segera mengirimkan barang yang sudah dipesannya.

Namun, penjual menjadi lalai dan tidak mengecek rekeningnya terlebih dahulu, lalu mereka langsung mengirimkan barang yang sudah diminta oleh pembeli.

Untuk menghindari kasus penipuan seperti itu, maka menggunakan rekening bersama akan menjadi sangat bermanfaat untuk penjual. Karena mereka akan mengirimkan barang pada pembeli jika pembeli sudah benar-benar melakukan pembayaran. Hal tersebut tentunya harus dikonfirmasi terlebih dahulu oleh agen escrow yang bertindak sebagai pihak perantara dalam melakukan kegiatan jual beli online.

Setelah pembeli menerima barang pesanannya, maka penjual memiliki hak untuk memperoleh dana yang sudah ditransfer oleh pihak pembeli.

Walaupun memang aman dan seluruh hak dari pihak yang melakukan transaksi bisa terlindung, tapi menggunakan layanan escrow account ini mempunyai kelemahan, yaitu waktu untuk bisa memperoleh pembayaran pada barang penjual cenderung menjadi lebih lama.

Pembeli yang sudah melakukan pembayaran tidak serta merta harus diberikan pada penjual. Agen escrow wajib memastikan terlebih dahulu bahwa penjual sudah mengirimkan barang pada pembeli dan pembeli sudah menerimanya dengan baik.

Untuk itu, pihak penjual harus menunggu waktu lama agar bisa menarik pembayaran dari pihak agen escrow.

Cara Kerja Escrow Account

Saat ini, sudah banyak agen escrow yang bekerja sama dengan e-commerce, seperti shopee, tokopedia, lazada, dll. kehadiran e-commerce ini semakin memudahkan setiap pengguna untuk melakukan transaksi.

Namun, jika toko online tersebut menjual barangnya sendiri secara independen dengan memanfaatkan website pribadinya, maka pembeli bisa membuat kesepakatan tertentu dengan penjual untuk bisa melakukan kegiatan layanan rekening bersama dalam metode pembayarannya.

Untuk cara kerja escrow account yang pertama, pihak yang ingin melakukan transaksi harus sepakat untuk menggunakan layanan rekening bersama agar bisa menjamin keamanan transaksinya. Pastikanlah bahwa setiap pihak yang terlibat memahami cara kerja escrow account.

Setelah pembeli memilih barang yang hendak dibeli, lalu mereka harus memilih cara pembayaran. Biasanya, agen escrow akan menyediakan beberapa cara pembayaran yang bisa dipilih oleh pihak pembeli. Selanjutnya, pembeli pun membayar sejumlah uang yang sesuai dengan harga barang dan juga ongkos kirim ke alamat tujuan sesuai melalui rekening ataupun akun yang diberikan oleh agen escrow.

Lantas, agen escrow akan menampung dan juga menyimpan uang yang sudah dibayarkan oleh pihak pembeli untuk sementara. Lalu pihak agen akan memberikan pemberitahuan pada pihak penjual bahwa pihak pembeli sudah melakukan pembayaran dan meminta pihak penjual untuk segera mengirimkan barang pesanan pembeli.

Pemberitahuan yang diberikan oleh agen escrow lantas harus ditindaklanjuti oleh pihak penjual dengan mengirimkan barang yang dipesan pada alamat dengan tujuan yang sebelumnya sudah diinformasikan. Penjual lalu mengkonfirmasi pada pihak agen bahwa barang sudah dikirim pada pihak pembeli dan juga memberikan nomor resi pengirimannya.

Agen escrow harus memberikan nomor resi ini pada pihak pembeli agar mereka bisa memantau barang yang sudah dibelinya. Jika barang sudah dikirim pada alamat tujuan, maka pihak pembeli harus memberitahukan pada pihak agen bahwa barangnya sudah diterima.

Terakhir, pihak agen akan mengirimkan uang hasil penjualan barang pada rekening penjual

Apakah Rekening Bersama Aman?

Secara prinsip, menggunakan escrow account memang mampu menjamin keamanan pada pihak penjual dan pembeli. Walaupun begitu, setiap pihak harus tetap jeli dan juga waspada dalam menggunakan layanan ini. kenapa? karena tidak ada yang bisa menjamin keamanan rekening bersama secara 100%.

Masih ada beberapa oknum lain yang tidak bertanggung jawab dan malah melarikan dana transaksi jual beli yang sudah diamanahkan kepadanya. Jika hal seperti ini terjadi, maka pihak penjual dan pembeli sama-sama dirugikan.

Untuk itu, gunakanlah jasa rekening bersama yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi. Cara menemukannya adalah dengan mencari agen escrow berdasarkan testimoni yang kredibel. Selain itu, Anda bisa juga menanyakan pada teman atau pebisnis online yang memang sudah berpengalaman.

Baca juga: Modal Ventura Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Mendapatkannya

Penutup

Penjelasan lengkap ini harus dipahami oleh penjual dan juga pembeli agar tidak mengalami kerugian dan pihak penjual pun mampu memaksimalkan keuntungannya.

Untuk pihak penjual yang sudah mampu memaksimalkan keuntungannya tersebut, jangan lupa untuk tetap mencatat keuntungan bisnisnya pada laporan laba rugi perusahaan agar bisa mengetahui dengan pasti berapa keuntungan perusahaan yang sudah diperolehnya.

Agar lebih mudah untuk mencatatnya, Anda sebagai pebisnis bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi ini mampu memberikan kemudahan dalam mencatat berbagai laporan keuangan dengan dukungan cloud system dan juga tampilan dashboard yang sederhana. Selain itu, berbagai fitur lainnya yang lengkap juga akan semakin memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan bisnis online.

Seluruh fitur dari Accurate Online di atas bisa Anda nikmati secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah