Mengenal Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Barang di Indonesia

Selama beberapa tahun kebelakang, sistem jual beli mengalami perubahan yang siginfikan. Masyarakat dapat dengan mudah melakukan kegiatan jual beli secara online, baik melalui media sosial maupun e-commerce. Dari kondisi itu, lahir berbagai macam perusahaan jasa pengiriman barang dengan layanannya masing-masing.

Di Indonesia sendiri, jasa pengiriman barang dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan estimasi pengiriman hingga ukuran barang. Artikel berikut ini akan membahas beberapa jenis jasa pengiriman tersebut, beserta tujuh perusahaan ekspedisi yang paling umum digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Jenis Jasa Pengiriman Barang

Beberapa jenis jasa pengiriman barang yang umumnya disediakan oleh perusahaan-perusahaan ekspedisi di Indonesia meliputi paket regular, paket ekspres, paket ekonomi, paket kargo khusus, paket kargo ekonomi, dan paket dokumen penting.

1. Paket Reguler

Paket reguler adalah jenis pengiriman paket yang bersifat reguler dengan estimasi atau lama pengiriman standar untuk sampai di alamat tujuan. Lama standar pengiriman antar kota dalam satu pulau biasanya sekitar 2-3 hari, sementara untuk antar pulau sekitar 5-7 hari.

2. Paket Ekspres

Pengiriman paket jenis ekspres biasanya dipilih untuk mengirimkan paket dalam jangka waktu cepat. Estimasi pengiriman paket sampai di alamat tujuan ini berbeda-beda, mulai dari satu malam hingga esok harinya.

Jenis barang yang biasanya dikirim menggunakan paket ini adalah bahan makanan yang mudah rusak atau cepat basi jika tidak segera disimpan dengan baik dan benar.

Baca juga: Mengenal Prinsip dan Manfaat Etika Bisnis

3. Paket Ekonomi

Jenis jasa pengiriman barang ini digunakan untuk mengirim paket dengan tarif terjangkau, di mana jangka waktu pengirimannya lebih lama dari pengiriman paket reguler.  Umumnya, standar pengiriman untuk paket ekonomi berkisar di waktu 4-6 hari untuk pengiriman antar kota dalam satu pulau.

4. Paket Kargo Khusus

Paket kargo khusus adalah jenis pengiriman paket antar kota, pulau, hingga negara, yang berisi barang elektronik atau kendaraan bermotor dengan bobot yang berat serta memiliki resiko rusak jika tidak dikemas dengan benar.

Paket jenis ini terhitung lebih hemat jika dibandingkan dengan mengirimkannya sendiri melalui jasa sewa mobil.

5. Paket Kargo Ekonomi

Paket kargo ekonomi banyak dipilih oleh para pelaku bisnis, baik untuk penjualan maupun penyediaan stok barang. Paket ini melayani pengiriman barang dengan jumlah di atas 5 atau 10 kilogram dengan tarif pengiriman yang sangat murah dan terjangkau.

6. Paket Dokumen Penting

Layanan pengiriman dokumen juga banyak digunakan oleh para pelaku usaha. Pengiriman ini harus dilakukan oleh jasa pengiriman yang terpercaya mengingat sifat dokumen yang rahasia dan penting.

Baca juga: IKM Adalah: Ini Pengertian Dan Bedanya Dengan UKM

Perusahaan Jasa Pengiriman Barang Paling Populer di Indonesia

Hingga kini, telah hadir banyak perusahaan ekspedisi di Indonesia dengan beragam layanan yang ditawarkan. Tujuh perusahaan ekspedisi di bawah ini adalah yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

1. POS Indonesia

POS Indonesia adalah perusahaan pertama yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang di Indonesia. POS Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara berdiri pada tahun 1746 dan melayani banyak pengiriman paket, mulai dari paket barang, kargo, hingga dokumen.

Hingga saat ini, POS Indonesia masih digunakan oleh masyarakat terlebih karena memiliki titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. TIKI

TIKI adalah perusahaan jasa ekpedisi tertua kedua yang telah berdiri sejak tahun 1970. TIKI merupakan salah satu perusahaan dari PT Citra Van Titipan Kilat yang didirikan oleh Soeprapto Suparno.

TIKI masuk dalam jajaran perusahaan ekspediri terbaik yang menawarkan banyak layanan menarik dengan tarif terjangkau, seperti Same Day Services, Over Night Services, Holiday Delivery Services, Trucking Service, hingga Jemputan Online

3. JNE

Saat ini, JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terbesar yang telah mengalami banyak perkembangan. JNE juga awalnya adalah salah satu divisi dari PT Citra Van Titipan Kilat.

Di awal pendiriannya, JNE hanya memiliki 8 orang karyawan dengan modal Rp100 juta. Kegiatannya juga masih terpusat untuk urusan kegiatan kepabeanan dan impor kirim barang.

Namun kini, JNE telah memiliki banyak agen yang tersebar di berbagai daerah, termasuk kota-kota kecil. Layanan yang ditawarkan pun semakin beragam, mulai dari jemput-antar barang, pengiriman uang, hingga pengiriman dokumen penting.

4. SiCepat

SiCepat merupakan perusahaan ekspedisi yang berdiri pada tahun 2014. SiCepat telah mengklaim bahwa layanannya selalu bisa mencapai target yakni di angka 95%, dengan layanan yang cepat dan tarif reguler terutama di wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar.

5. J&T Express

Di awal kehadirannya, J&T Express telah menciptakan persaingan ketat di antara perusahaan ekspedisi. Sejak berdiri di tahun 2015, J&T berhasil mendapatkan respon positif dari konsumen hingga dapat berkembang seperti sekarang dan tergolong sebagai perusahaan jasa pengiriman barang yang paling banyak digunakan.

J&T dikatakan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai dasar sistemnya sehingga mampu mengeksekusi pengiriman dengan cepat.

6. Ninja Xpress

Ninja Express didirikan oleh tiga orang yakni Chang Wen sebagai sebagai CEO sekaligus CO-Founder, Shaun Chong sebagai Chief Technology Officer, dan Tan Boxian sebagai Chief Operating Officer.

Layanan unggulan dari Ninja Xpress adalah Ninja Fast, di mana layanan ini menjanjikan bahwa paket kiriman akan tiba keesokan harinya. Selain itu, ada juga layanan Ninja Super, di mana pengiriman paket dapat diterima di hari yang sama.

7. Indah Logistik

Indah Logistik menjadi perusahaan ekspedisi yang banyak digunakan untuk mengirim paket barang dalam jumlah banyak dan besar. Ada cerita menarik di balik pendirian Indah Logistik ini.

Awalnya, pada tahun 2002, Arizal Aziz mendirikan CV Indah Travel yang terus mendapat permintaan titipan barang hingga akhirnya ditegur oleh Dinas Perhubungan setempat.

Karena sebab itu, Indah Travel tidak bisa lagi membawa barang karena telah melebihi kapasitas. Akhirnya, Indah Travel disarankan untuk membukan perusahaan logistik yang berbeda. Lahirlah Indah Logistik pada tahun 2007 dengan nama resmi PT Indah Cargo.

Baca juga: Apa itu Prospek Kerja? Ini Pengertian dan Cara Melakukannya dengan Maksimal

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai jasa pengiriman barang, termasuk penjelasan terkait ragam jenis dan perusahaan ekspedisi yang melayani jasa tersebut. Beragamnya perusahaan ekspedisi yang ada kini mempermudah masyarakat, terutama pelaku bisnis dalam mengirimkan produknya maupun menyetok persediaan barangnya. Terlebih karena telah tersedia banyak layanan dengan harga yang murah.

Memilih ekspedisi yang tepat adalah hal penting bagi perusahaan sebab berkaitan langsung dengan kondisi keuangan perusahaan. Penting pula bagi perusahaan untuk mencatat segala pengeluaran ke dalam pembukuan keuangannya. Untuk mempermudah proses pembukuan ini, bisa digunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang dilengkapi dengan berbagai fitur serta keunggulan. Karena berbasis cloud, Accurate Online juga bisa diakses kapan saja serta dimana saja sehingga Anda dapat memantau pekerjaan maupun keuangan perusahaan.

Jika tertarik menggunakan Accurate Online, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati secara gratis selama 30 hari.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.