Kerajinan dari Barang Bekas ini Bisa Kamu Jadikan Ide Bisnis Menarik, Lho!

Saat memiliki waktu senggang, banyak dari kita yang bingung ingin melakukan kegiatan apa selain rebahan dan scroll sosial media. Namun, terlalu banyak pilihan kegiatan juga akan membuat pikiran semakin pusing. Sebaliknya, melakukan kegiatan yang sama akan membosankan. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba membuat kerajinan dari barang bekas.

Selain sangat ampuh untuk membunuh waktu luang Anda, kegiatan ini juga bisa membuat Anda menjadi lebih produktif, dan bahkan bisa Anda jadikan sebagai suatu bisnis yang menarik. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari barang bekas yang bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis yang menarik.

16 Contoh Kerajinan dari Barang Bekas

1. Membuat Lampu Sendok

Kerajinan dari Barang Bekas Lampu Sendok

Jika dirumah Anda banyak sendok plastik yang sudah tidak terpakai lagi, maka jangan langsung buang sendok plastik tersebut. Kenapa? Karena Anda masih bisa menggunakan sendok plastik tersebut untuk membuat lampu yang sangat estetik dan memiliki nilai seni yang lebih.

Jadi, daripada dibuang, lebih baik Anda jadikan sendok plastik itu menjadi kerajinan barang bekas berupa lampu sendok. Bahkan jika Ada yang tertarik, Anda bisa menjual lampu tersebut.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Minuman Kekinian dan Unik yang Bisa Anda Coba

2. Mengubah Sarung Tangan Menjadi Boneka

Kerajinan dari Barang Bekas Sarung Tangan Menjadi Boneka

Jika sarung tangan rajut Anda sudah mulai sedikit robek, disarankan untuk jangan langsung membuangnya. Karena sarung tangan tersebut masih bisa Anda manfaatkan menjadi boneka kecil yang menarik cara membuatnya pun cukup sederhana, karena Anda hanya memerlukan tambahan lain seperti kapuk agar bisa diisi menjadi sebuah boneka.

Bentuk dari boneka tersebut bisa Anda sesuaikan berdasarkan selera Anda, seperti boneka beruang ataupun boneka lain.

Jika Anda tidak bisa menemukan sarung tangan bekas, Anda juga bisa menggunakan kaos kaki bekas untuk dijadikan sebagai boneka yang menarik.

3. Kreasi Dari Roll Tisu Toilet

Kerajinan dari Barang Bekas Kreasi Dari Roll Tisu Toilet

Jika roll tisu toilet Anda sudah habis, jangan langsung buang roll tisu tersebut. Kenapa? Karena Anda bisa memanfaatkannya menjadi bahan kerajinan dari barang bekas yang memiliki nilai jual tinggi. Contoh Sederhanya, Anda bisa gunakan sebagai wall art untuk mempercantik dinding ruangan Anda, bungkus kado mini, tempat pensil, atau tempat menyimpan gelang atau jam tangan, atau bahkan bisa Anda jadikan sebagai phone stand.

4. Membuat Vas dari Bohlam

Kerajinan dari Barang Bekas Vas dari Bohlam

Manfaatkanlah bohlam kamar Anda yang sudah tidak terpakai menjadi barang bekas berharga yang memiliki nilai jual tinggi. Anda bisa membuat kerajinan dari barang bekas ini menjadi suatu vas bunga yang unik dan cantik. Nantinya, vas bunga tersebut bisa Anda jadikan sebagai pajangan yang menarik di kamar atau ruangan tamu Anda.

5. Mendaur Ulang Botol Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas Mendaur Ulang Botol Bekas

Saat ini, banyak sekali produk daur ulang botol bekas, baik itu botol bekas kaca ataupun botol bekas plastik. Anda bisa membuat bas bunga dengan menambahkan lukisan untuk menghias botol ataupun memanfaatkan botol plastik bekas Anda untuk membuat dompet koin yang lucu.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan botol bekas tersebut menjadi pot yang menarik. Anda bisa mengajak Anak Anda untuk membuatnya. Caranya pun cukup mudah, potonglah dua bagian botol secara horizontal, lalu ambil bagian bawahnya untuk dimanfaatkan sebagai pot.

Selanjutnya, bentuklah botol sesuai selera dan kreativitas Anda, lalu warnailah  botol tersebut dengan cat agar 6. terlihat indah.

6. Membuat Bunga Dari Kertas atau Sedotan

Kerajinan dari Barang Bekas Membuat Bunga Dari Kertas atau Sedotan

Sedotan kering atau kertas kering ternyata bisa Anda bentuk menjadi suatu kerajinan dari barang bekas berupa bunga yang cantik. Selain karena proses pembuatannya yang sangat sederhana, bahan yang diperlukan pun ternyata sangat mudah untuk didapatkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kertas bekas sebagai paper quilling.

7. Mengubah Kaleng Menjadi Tempat Sendok

Kerajinan dari Barang Bekas Mengubah Kaleng Menjadi Tempat Sendok

Dengan kaleng yang sudah tidak terpakai, Anda bisa membuat tempat sendok ataupun tempat pensil yang menarik. Caranya sangat mudah, Anda cukup  menghias kaleng tersebut dengan menggunakan kaleng atau hiasan lain sesuai selera. Jika Anda butuh inspirasi, Anda bisa lihat-lihat sosial media atau browsing di internet.

8. Mendaur Ulang Tutup Botol

Kerajinan dari Barang Bekas Mendaur Ulang Tutup Botol

Jika Anda sudah mendaur ulang botol tidak terpakai menjadi kerajinan dari barang bekas yang memiliki nilai jual tinggi. Maka saat ini Anda bisa menggunakan tutup botol nya. Jika Anda pandai mengolahnya, tutup botol tersebut bisa Anda ubah menjadi jam dinding, tong sampah, atau hiasan cermin yang menarik.

9. Mendaur Ulang Styrofoam untuk Papan Memo

Kerajinan dari Barang Bekas Mendaur Ulang Styrofoam untuk Papan Memo

Jika umumnya Anda menggunakan styrofoam sebagai papan pesan atau untuk memajang foto, memo atau berbagai kenang-kenangan lainnya, maka saat ini Anda bisa membuatnya menjadi bentuk yang lebih keren lagi.

Anda cukup memanfaatkan kain bekas yang memiliki motif unik untuk dijadikan sebagai pelapis styrofoam.  Anda juga bisa menggunakan styrofoam bekas pembelian barang-barang elektronik Anda.

10. Mendaur ulang CD Bekas

Kerajinan dari Barang Bekas Mendaur ulang CD bekas

Saat ini, CD sudah tidak lagi zaman, karena saat ini adalah eranya streaming film. Namun tenang saja, Anda masih bisa menggunakan CD bekas Anda menjadi kerajinan yang menarik. Bahkan, saat ini Anda bisa menemukan contoh kerajinan dari barang bekas CD yang hasilnya pasti Akan membuat Anda kagum.

CD bekas ini bisa Anda manfaatkan untuk menghias barang-barang Anda di kamar atau sebagai suatu hiasan dinding yang cantik.

11. Membuat Wadah Penyimpanan

Membuat Wadah Penyimpanan

Beberapa bahan yang paling banyak dijadikan sebagai alat kerajinan dari barang bekas adalah majalah dan kardus. Kedua bahan ini bisa Anda jadikan sebagai suatu wadah penyimpanan yang ternyata cukup unik.

Salah satu contoh sederhananya adalah desk catch all organizer. Dengan barang ini, maka meja Anda akan terlihat lebih rapi dari biasanya. Bukankan meja yang rapi mampu meningkatkan produktivitas kerja setiap orang?

12. Kerajinan dari Stik Es Krim

Kerajinan dari Stik Es Krim

Saat ini, ada banyak sekali kerajinan dari barang bekas yang bisa Anda kreasikan dari stik es krim yang sudah tidak lagi terpakai. Biasanya, banyak orang kreatif diluar sana yang memanfaatkan stik es krim yang sudah tidak terpakai ini menjadi suatu wadah serba guna.

Jika menurut Anda itu kurang bagus atau terlalu mudah untuk dibuat, maka Anda bisa menyulap tumpukan stik es krim yang sudah tidak terpakai menjadi lampu tidur ataupun miniatur tertentu.

13. Mengubah Gantungan Pakaian Menjadi Lampu Etnik

Mengubah Gantungan Pakaian Menjadi Lampu Etnik

Jika hanger atau gantungan baju berbahan kayu Anda sudah rusak, jangan dibuang dulu. Kenapa? Karena Anda masih bisa membuat kerajinan dari barang bekas tersebut menjadi sebuah lampu etnik yang cantik. Bahkan, saat ini sudah banyak orang yang menjual model lampu dari bahan ini.

Hasil kerajinan dari hanger kayu ini juga bisa Anda jual di toko furniture dengan nilai jual yang mahal, lho.

14. Mengubah Talenan Menjadi Tablet Stand

Mengubah Talenan Menjadi Tablet Stand

Beberapa dari kita pasti sudah sering mendengar gadget tablet yang bentuknya seperti talenan. Nah, saat ini Anda bisa membalik keadaan tersebut dengan mengubah talenan yang sudah rusak sebagai tablet stand.

Selain bisa dijadikan sebagai tablet stand, Anda juga bisa menggunakan talenan ini sebagai book stand, dll. yang dipajang di atas talenan ini.

Kerajinan dari barang bekas ini sangat sesuai dan cocok untuk Anda hadiahkan pada mereka yang sangat hobi masak, dengan adanya talenan tersebut, maka mereka bisa dengan mudah melihat resep menu yang akan dibuatnya.

15. Membuat Tas Dari Bungkus Kopi

Membuat Tas Dari Bungkus Kopi

Kerajinan dari barang bekas bungkus kopi pasti sudah sering Anda temukan di beberapa tempat. Bungkus kopi atau deterjen memang sangat sering dijadikan sebagai produk daur ulang berupa tas ataupun produk lain. Anda juga bahkan bisa menjual tas tersebut dan sekaligus mengurangi penggunakan jumlah sampah plastik yang memerlukan waktu lama untuk bisa terurai.

16. Kreasi Rak Buku dari Kardus

Kreasi Rak Buku dari Kardus

Anda juga masih bisa memanfaatkan kardus bekas Anda menjadi rak buku yang cantik. Untuk Anda para pecinta buku, tidak ada salahnya untuk membuat rak buku tambahan dari kardus.

Cara pembuatannya pun tergolong mudah, Anda hanya perlu melapisi kardus dengan kado untuk mempercantik tampilan. Namun, lapisi beberapa lapisan kardus tersebut secara sekaligus sebelum Anda membungkusnya dengan kado.

Baca juga: 10 Tips Membangun Warung Makan yang Sukses dan Menguntungkan

Penutup

Itulah 16 contoh kerajinan barang bekas yang bisa Anda jadikan ide bisnis yang menarik. Dengan menggunakan barang bekas tersebut, Anda tidak hanya bisa mengurangi produk limbah, tapi Anda juga bisa meningkatkan kreativitas dan mendapatkan keuntungan ketika Anda menjualnya. Sehingga, penghasilan Anda pun bisa meningkat.

Namun, dalam proses penjualan tersebut, Anda tetap harus mencatat setiap laporan arus kas yang masuk atau keluar, dan laporan lainnya secara baik dan tepat. Untuk itu, Anda bisa lebih mudah melakukannya jika Anda menggunakan aplikasi akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terbaik seperti otomasi pembukuan, manajemen aset, pembuatan laporan keuangan, penghitungan dan pelaporan pajak, multi gudang, proses rekonsiliasi otomatis dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate1