Apa itu Konsep Bisnis? Ini Pengertian dan Fungsinya!

Dalam menjalankan kegiatan usaha, konsep bisnis atau konsep usaha menjadi salah satu hal yang sangat penting yang harus Anda siapkan dan tidak boleh Anda tinggalkan. Peran dari konsep usaha ini memang sangat penting, karena didalamnya mencakup beragam hal inti, mulai dari nilai bisnis, sampai strategi bisnis yang akan digunakan.

Dengan adanya konsep bisnis yang tepat, maka Anda akan terbantu dalam mencapai tujuan utama dalam berbisnis. Namun, apa itu konsep bisnis? apa saja fungsinya untuk perusahaan? Dapatkan jawaban lengkapnya dengan membaca artikel tentang konsep bisnis di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Konsep Bisnis?

Berdasarkan laman Myaccountingcourse, Konsep bisnis atau konsep usaha adalah berbagai ide konkret yang mempunyai komponen utama dalam bentuk strategi inti, sumber daya strategi, nilai jaringan, dan juga perantara pelanggan. Anda sebagai pebisnis harus bisa membuat dan merancang konsep bisnis agar bisa menciptakan usaha yang fokus pada nilai, tujuan, dan juga pencapaian target pasar.

Konsep usaha ini juga terbagi menjadi beberapa kategori, yakni online to online atau O2O, business to business atau B2B, business to customer atau B2C, dan customer to customer atau C2C. Sebagai pebisnis pemula atau pebisnis profesional, Anda harus bisa memahami konsep usaha tersebut. Karena, hal tersebut sangat penting agar Anda bisa lebih mudah dalam memperkirakan peluang dan mengembangkan bisnis.

Baca juga: Apa Itu Industri Manufaktur? Ini Penjelasannya!

Fungsi Konsep Bisnis

Setiap pebisnis tentu akan menghadapi berbagai masalah di dalam bisnisnya, dan permasalahan tersebut akan muncul di luar rencana. Hal tersebut sudah sangat umum sekali terjadi, untuk itu diperlukan perencanaan konsep agar bisa menekan risikonya.

Lantas, apa saja fungsi dari konsep usaha itu? Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Merancang Strategi Bisnis Secara Lebih Jelas

Fungsi pertama dari membuat konsep bisnis adalah agar bisa membuat strategi bisnis yang lebih jelas. Anda sebagai pebisnis tentu akan memerlukan strategi agar bisa mencapai tujuan utama. Strategi bisnis adalah suatu kegiatan atau rencana yang akan membantu Anda dalam mencapai tujuan dan memenangkan persaingan bisnis yang sangat ketat di pasar.

Tanpa adanya strategi bisnis yang baik dan matang, maka bisnis Anda akan sangat sulit untuk berkembang dan menghadapi persaingan.

Nah, strategi bisnis bisa Anda jadikan sebagai dasar atau acuan dalam menentukan arah dan mengembangkan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan arah agar bisa menjadi pemenang di pasar.

2. Membuat Bisnis Menjadi Lebih Terarah

Konsep usaha yang baik akan mampu membantu Anda dalam mengambil keputusan secara tepat. Ketika Anda berada di dalam persaingan bisnis yang ketat, maka pengambilan keputusan yang tepat akan sangat Anda perlukan.

Tanpa kehadiran konsep usaha yang matang, maka bisnis Anda akan kehilangan arah dan akan berjalan secara tidak menentu. Alhasil, Anda hanya bisa mundur dari persaingan bisnis yang ketat.

Nah, salah satu fungsi dari membuat konsep bisnis adalah menentukan arah yang tepat agar bisnis bisa terus berkembang. Biasanya, para pebisnis akan menggunakan konsep usaha sebagai dasar dalam mencapai target yang sebelumnya telah ditentukan.

Selain itu, konsep usaha juga akan diperlukan untuk menarik investor atau untuk mengajukan pinjaman ke bank.

3. Mengestimasi Perkiraan Modal

Dalam menjalankan bisnis, modal menjadi salah satu aspek yang sangat penting dan tidak boleh untuk Anda lewatkan. Modal ini bisa Anda dapatkan dari dua hal, yaitu tenaga dan uang. Uang digunakan agar bisa membiayai semua kebutuhan bisnis, dari mulai membeli barang mentah, sampai aset penting dalam bisnis.

Sedangkan tenaga kerja dalam bentuk keterampilan akan digunakan dalam proses produksi. Konsep bisnis bisa Anda jadikan sebagai dasar dalam membuat perkiraan atau estimasi modal yang Anda butuhkan dalam melancarkan operasional bisnis.

4. Meningkatkan Kredibilitas Usaha

Pada dasarnya, kredibilitas adalah suatu tingkat kepercayaan pelanggan pada suatu produk. Untuk perusahaan, kredibilitas berhubungan erat dengan tingkat kepercayaan klien, sumber daya keuangan, mitra bisnis, dan lain sebagainya.

Membangun kredibilitas yang tinggi bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan oleh suatu perusahaan. Nah, salah satu cara yang bisa digunakan agar bisa meningkatkan kredibilitas perusahaan adalah dengan menggunakan konsep usaha yang sedari awal sudah disusun. Dengan menggunakan konsep usaha sebagai pedoman, maka Anda bisa mengerahkan bisnis untuk mengambil berbagai langkah dalam meningkatkan kredibilitas.

Baca juga: Apa itu Revolusi Industri? Ini Perkembangannya dari 1.0 Sampai 4.0

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang konsep usaha. Jadi, konsep bisnis adalah berbagai ide konkret yang mempunyai komponen utama dalam bentuk strategi inti, sumber daya strategi, nilai jaringan, dan juga perantara pelanggan.

Terdapat setidaknya empat fungsi dari konsep usaha, yaitu merancang strategi bisnis secara lebih jelas, membuat bisnis menjadi lebih terarah, mengestimasi perkiraan modal, dan meningkatkan kredibilitas usaha.

Selain konsep usaha, hal lainnya yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis adalah mengelola keuangan dengan baik. Hal ini juga tidak bisa dilakukan dengan mudah. Untuk itu, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Bahkan melalui laporan tersebut, Anda juga bisa lebih mudah dalam membuat konsep usaha.

Selain itu, Accurate Online juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan bisnis, dan masih banyak lagi.

Ayo segera coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.