Kerajinan Tangan: Ini Peluang Bisnis dan Cara Memulainya

Bila Anda sedang mencari tahu peluang bisnis yang bisa dikerjakan hanya dari rumah, maka bisnis kerajinan tangan patut Anda pertimbangkan. Bisnis ini akan sangat menyenangkan untuk Anda yang memiliki hobi kreatif.

Tergantung pada jenis kerajinannya, namun bisnis ini biasanya tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Di tahap awal, usaha ini pun sangat mungkin untuk dilakukan sendiri, sehingga tidak akan mengeluarkan biaya operasional yang besar.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ide bisnis kerajinan tangan dan cara untuk memulainya khusus pada Anda.

4 Ide Bisnis Kerajinan Tangan yang Bisa Anda Coba

1. Bisnis Lilin Hias Atau Lilin Aromaterapi

Untuk Anda yang hobi dalam membuat lilin di rumah, maka kegiatan kreatif yang satu ini bisa Anda jadikan peluang bisnis. Anda bisa menjual berbagai lilin hias berwarna-warni ataupun lilin aromaterapi.

Lilin hias banyak dicari oleh pelanggan untuk dijadikan sebagai dekorasi meja makan, ruang tamu, atau sebagai souvenir di hari-hari tertentu.

Sedangkan lilin aromaterapi banyak digunakan untuk membuat suasana yang lebih nyaman. Oleh karena itu, lilin ini banyak ditempatkan di kamar tidur.

Proses pembuatannya pun tergolong mudah, Anda hanya memerlukan sumbu, lilin bubuk, cetakan, dan pengaduk. Lalu untuk membuat lilin hias berwarna, Anda memerlukan tambahan crayon. Sedangkan untuk membuat lilin aromaterapi, Anda memerlukan minyak esensial.

2. Bisnis Aksesoris Perhiasan

Walaupun pebisnis perhiasan memang sudah banyak, namun peluang bisnis ini masih terbuka lebar bila Anda berhasil menemukan ciri khas dari aksesoris perhiasan yang akan Anda ciptakan.

Anda bisa membuat perhiasan dengan model yang sederhana dan tidak memerlukan teknologi tinggi, seperti manik-manik kalung. Namun jika fasilitas Anda cukup, maka Anda bisa menjual perhiasan yang dibuat dengan teknologi tinggi, seperti perhiasan dari mutiara atau perak.

Namun, bagian terpenting yang harus Anda perhatikan adalah Anda harus mempunyai nilai lebih pada produk yang Anda tawarkan. Desain unik yang Anda buat akan menjadi ciri khas dan membuat produk Anda bisa diterima di pasar.

3. Bisnis Gerabah

Bisnis kerajinan dari tanah liat atau gerabah adalah suatu peluang yang sangat menjanjikan. Di setiap masanya, bisnis ini mampu bertahan dengan baik.

Saat ini, produk gerabah yang banyak ditawarkan adalah produk gerabah dengan tanah liat yang sudah diberikan warna dan diberikan berbagi motif menarik. Bahkan, banyak juga orang yang mencari cangkir, mug, atau piring dari artisan pottery.

Produk dari artisan pottery umumnya banyak dicari karena mempunyai bentuk dan juga motif yang tergolong unik. Untuk itu, bila Anda sudah bisa membuat kerajinan gerabah, Anda bisa mulai menjualnya di marketplace terkenal atau di media sosial.

Namun bila Anda baru tertarik untuk belajar membuat gerabah, ada banyak kursus kerajinan gerabah. Bila Anda sudah mahir, Anda bisa mulai merancang bisnis gerabah.

4. Bisnis Tote Bag dan Tas Rajut

Keterampilan dalam menjahit dan merajut tas bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Tote bag hampir selalu mempunyai penggemar di setiap masa. Anda bisa membuat tote bag dengan bahan kanvas, katun, ataupun bahan lainnya.

Pun sama halnya dengan tas rajut. Anda bisa menjual tas rajut dengan menyediakan produk yang selalu ready stock atau pre-order.

Baca juga: Mengenal Bidang Profesi Makelar Mobil dan Tips Sukses Memulainya

Cara Memulai Bisnis Kerajinan Tangan 

Keempat ide bisnis kerajinan tangan di atas bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis, namun ide tersebut mungkin tidak sesuai untuk setiap orang. Nah untuk Anda yang sedang berusaha keras dalam menemukan ide bisnis kerajinan kreatif yang sesuai, maka beberapa poin dibawah ini harus Anda pertimbangkan dengan baik.

1. Ketahui Hobi Anda

Menjalankan bisnis kerajinan tangan akan lebih mudah jika Anda sudah mengetahui hal yang Anda sukai. Dengan mengubah hobi menjadi bisnis, maka Anda bisa bekerja secara lebih optimal dan lebih senang dalam menjalankannya.

2. Tentukanlah Produknya

Dari satu hobi atau keterampilan, terdapat berbagai produk yang nantinya mungkin bisa Anda buat. Agar Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan bisnis, tentukanlah terlebih dahulu produk yang ingin Anda jual.

Akan lebih baik lagi bila Anda melakukan survei terlebih dulu dan sudah mengetahui produk yang ingin Anda rilis mempunyai permintaan banyak di pasar.

3. Promosi yang Optimal

Promosi adalah kegiatan yang sangat penting di dalam bisnis. Saat ini, proses promosi bisa dilakukan secara lebih mudah dengan menggunakan media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan iklan di media sosial atau marketplace tertentu. Manfaatkan juga fitur feed dan story yang tersedia di marketplace.

4. Tentukan Target Pasar dengan Tepat

Tidak semua kalangan akan sesuai dengan karakteristik produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, Anda harus menentukan target pasar dari awal. Misalnya, bila produk yang Anda buat memiliki motif kekinian dan bernuansa ceria, maka akan lebih tepat bila menargetkannya pada para remaja.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda juga harus memastikan promosi yang Anda lakukan mengarah pada audiens yang tepat. Sehingga, keuntungan yang akan Anda raih bisa lebih maksimal.

5. Belajar dari Kompetitor

Dalam setiap sektor bisnis pasti akan selalu ada persaingan. Nah agar bisnis Anda bisa lebih berkembang, pastikanlah Anda belajar banyak dari kompetitor.

Anda bisa mulai dengan menganalisa produk yang tidak disediakan oleh kompetitor dan menyediakan produk tersebut. Atau Anda bisa membuat produk dengan kualitas yang jauh lebih baik daripada yang disediakan oleh kompetitor.

Anda juga bisa mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing Anda dan membuat inovasi terbaru agar hasilnya bisa lebih optimal.

Baca juga: Ingin Mencoba Jualan Sepatu? Ini Cara dan Modal yang Harus Dipersiapkan

Penutup

Demikianlah ide dan cara memulai bisnis kerajinan tangan yang bisa kami bagikan. Nah, agar lebih sukses lagi, Anda bisa menerapkan teknologi digital dalam operasional bisnis Anda. Salah satu teknologi atau sistem yang patut Anda pertimbangkan adalah aplikasi kasir atau sistem POS dari Accurate POS.

Accurate POS lebih dari sekedar aplikasi kasir atau sistem POS biasa. Dengan menggunakan Accurate POS, Anda bisa lebih mudah dalam menjalankan bisnis, mengelola pelanggan dan karyawan, menjangkau karyawan secara lebih luas, mempercepat proses transaksi, dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Nah, Anda bisa lebih dulu mencoba kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate POS dengan klik banner di bawah ini.