Langkah Awal Usaha Daycare Demi Untung Berlimpah

Bagi sebagian orang tua yang sibuk bekerja, mereka dengan terpaksa harus menitipkan anaknya di suatu tempat penitipan anak yang kerap kali dikenal dengan daycare. Tempat ini dipilih sebagai tempat penitipan dan tempat belajar untuk anak-anak. Peluang usahanya pun cenderung baik. Lantas, apa saja langkah awal usaha daycare yang harus dilakukan demi memperoleh untung yang berlimpah?

Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, berikut adalah berbagai langkah awal usaha daycare yang bisa Anda lakukan demi mendapatkan untung yang berlimpah.

7 Langkah Awal Usaha Daycare Demi untung Berlimpah

1. Melakukan Riset Bisnis Usaha Daycare

Langkah awal yang usaha daycare yang pertama adalah melakukan riset pasar. Pelajarilah target bisnis Anda dan lokasi membuka usaha daycare. Contohnya seperti, berapa banyak anak yang bisa Anda terima, berapa usia anak yang bisa dititipkan pada usaha daycare Anda, berapa besar gaji orang tua perbulannya, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan kegiatan riset pasar, maka Anda bisa lebih menentukan beberapa hal, seperti mengetahui nominal gaji bulanan orang tua agar lebih mudah dalam menentukan harga.

2. Tentukanlah Lokasi Daycare yang Terbaik

Lokasi merupakan salah satu faktor penentu dalam kelancaran bisnis usaha daycare. Untuk itu, langkah awal usaha daycare yang lainnya adalah memastikan lokasi usaha yang Anda pilih tidak terlalu jauh dari jalan dan mempunyai akses yang mudah untuk dijangkau.

Dalam memilih lokasi usaha daycare, Anda pun harus memastikan bahwa tempat atau usaha daycare Anda berada dalam kondisi yang bersih, baik, aman, nyaman, dan juga layak untuk anak-anak.

Perhatikan juga keamanan anak dalam menentukan lokasi usaha daycare Anda. Pastikanlah lokasinya jauh dari keramaian kendaraan, kolam renangnya tidak terlalu dalam, atau hal lainnya yang berbahaya bagi anak-anak.

Baca juga: Berapa Modal Usaha Toko Olahraga? Ini Jawabannya!

3. Sediakan Perlengkapan Bermain

Menjalankan bisnis usaha daycare bukan hanya tentang tempat penitipan anak, namun juga sebagai media atau tempat pembelajaran anak. Dengan membuka usaha daycare, maka Anda harus memerhatikan berbagai kegiatan dan fasilitas anak, seperti bermain.

Terdapat banyak sekali permainan yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Jadi, pastikanlah perlengkapan bermain mereka lengkap dan juga aman untuk bisa digunakan. Anda bisa memilih permainan yang edukatif, seperti balok kayu, puzzle, permainan mencocokkan warna dan bentuk, atau permainan edukatif lainnya.

4. Pilihlah Pengasuh yang Berkompeten

Langkah awal usaha daycare yang lainnya adalah harus lebih pandai dalam memilih pengasuh yang ahli dan juga kompeten. Pasalnya, sebagai pemilik daycare, Anda harus memiliki tanggung jawab atas anak yang sudah dititipkan oleh orang tuanya.

Pilihlah pengasuh ataupun karyawan yang memang menyayangi anak-anak dan mampu mendidik mereka dengan aman, benar, dan juga profesional. Jangan sampai orang tua merasa kecewa dan meninggalkan daycare Anda karena pengasuh yang salah dan juga tidak profesional.

5. Menentukan Harga yang Tepat

Dalam menentukan harga penitipan anak, Anda harus bisa melihat kembali target pasar sudah Anda tentukan di awal. Apakah memang mereka berasal dari kalangan bawah, atau dari kalangan menengah ke atas.

Bila target Anda adalah mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, maka Anda harus bisa memberikan harga yang terjangkau.

Tapi bila target Anda berasal dari kalangan menengah ke atas, maka Anda bisa meningkatkan harga sedikit lebih tinggi dengan menyediakan fasilitas lain yang mampu meningkatkan nilai jual usaha daycare Anda. Contohnya seperti memberikan fasilitas laporan perkembangan anak, melakukan kesehatan secara berkala, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Rice bowl Rumahan? Ini Tipsnya!

6. Membuat Surat Izin Usaha Daycare

Tidak ada satupun pebisnis yang ingin mengalami masalah bisnis di kemudian hari, terutama masalah perizinan. Untuk itu, langkah awal usaha daycare lainnya adalah dengan membuat dan telah memiliki izin usaha. Dengan begitu, bisnis Anda telah sah di mata hukum dan bisa mengurangi adanya resiko penggugatan di masa depan.

Dalam masalah perizinan ini, Anda bisa mengurusnya pada pihak terkait, seperti pada dinas pendidikan anak usia dini, dinas usaha kecil dan menengah, dan dinas lainnya.

7. Lakukan Promosi Bisnis Daycare Secara Rutin

Bila semua langkah awal usaha daycare di atas sudah Anda persiapkan secara matang, Anda bisa mulai melakukan kegiatan promosi. Untuk promosi awal usaha daycare, Anda bisa memperkenalkan bisnis daycare Anda ke publik melalui brosur, pamflet, spanduk, atau lewat media lainnya.

Anda pun bisa melakukan promosi usaha daycare di berbagai sekolah TK atau mempromosikannya di media online. Saat melakukan kegiatan promosi, cobalah untuk bisa menarik target pasar Anda dengan menyediakan layanan dan fasilitas daycare yang menarik.

Baca juga: Berbagai Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Anda Jadikan Inspirasi

Penutup

Demikianlah beberapa langkah awal usaha daycare yang harus Anda lakukan. Seluruh langkah awal di atas bisa Anda lakukan dengan mudah, sehingga bisnis Anda bisa berjalan dengan baik.

Namun, Anda juga harus bisa mengelola keuangan Anda dengan baik., jangan sampai seluruh pendapatan dan pengeluaran Anda tidak tercatat dengan tepat. Kenapa? Karena hal tersebut sama saja dengan membiarkan bisnis Anda merugi dan bisa berakibat menjadi kegagalan untuk bisnis.

Nah agar lebih mudah dalam mengelola keuangan, Anda bisa menggunakan sistem POS atau aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Karena selain mampu mempercepat proses transaksi di konter kasir, aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam mengelola keuangan secara lebih mudah dengan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengelola dan mengembangkan bisnis usaha daycare Anda.

Tertarik menggunakan Accurate POS? Anda bisa klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, gratis!

footer image blog Accurate POS

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?