Bisnis Ide Makanan Unik dan Kreatif Tahun 2022

Bisnis makanan yang unik dan juga kreatif tidak akan pernah ada habisnya. Akan selalu ada yang baru dan memberikan banyak sekali keuntungan. Menjalani bisnis makanan unik terbukti sukses bikin banyak orang yang ketagihan dan penasaran.

Ada banyak sekali orang yang berhasil menjalankan bisnis makanan unik dan kreatif. Nah, bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, maka Anda harus melakukan banyak riset terlebih dahulu.

Lalu, apa saja bisnis makanan unik yang ada di tahun 2022 ini? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang makanan unik di bawah ini hingga selesai.

10 Ide Bisnis Makanan Unik Tahun 2022

1. Tahu Kribo

Dilihat dari namanya, makanan ini sudah dibilang sangat unik. Menjalankan bisnis tahu kribo bisa Anda jadikan pilihan untuk menjalankan usaha makanan unik di tahun 2022 ini.

Yang membedakan tahu kribo dengan tahun lainnya adalah proses pembuatannya. Tahu kribo dibuat dengan cara menghancurkan tahu terlebih dulu, lalu mencampurnya dengan tepung kanji, tepung beras, dan berbagai bahan lainnya yang diperlukan. Kemudian digoreng dengan minyak yang panas.

Modal yang harus dipersiapkan pun tidak terlalu besar. Anda bisa membuat tahu kribo dengan modal yang tidak sampai 100 ribu rupiah.

2. Belalang Goreng

Selain unik, makanan ini memang sedikit ekstrim. Tapi, bukan berarti makanan unik ini tidak ada peminatnya. Mereka yang ingin mengetahui rasa belalang goreng cukup banyak.

Selain bisa dijadikan peluang bisnis, mengonsumsi belalang goreng konon mampu mempercantik kulit, mencerdaskan otak, sampai mampu menjaga kesehatan tulang.

Bahkan, berjualan belalang goreng ini kabarnya bisa menghasilkan keuntungan mulai dari 400 ribu sampai 1 juta rupiah perhari.

3. Burger Hitam

Burger hitam adalah bisnis makanan unik selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Warnanya yang hitam membuat banyak orang yang penasaran dengan cita rasa dari burger ini. Untuk resepnya sendiri, Anda bisa mencari tahunya dari internet.

Modal yang harus disiapkan agar bisa menjalankan bisnis ini diperkirakan bisa mencapai 5 jutaan rupiah. Tapi, omset yang bisa Anda dapatkan bisa menyentuh angka 10 juta rupiah perbulan.

Baca juga: Kerajinan Tangan: Ini Peluang Bisnis dan Cara Memulainya

4. Asinan Rambutan Kiamboy

Buah rambutan yang dijadikan sebagai asinan berhasil menarik minat banyak orang. Makan unik dan kreatif ini tentunya bisa Anda jadikan sebagai bisnis.

Proses pembuatannya pun sangat mudah dan modal yang harus Anda siapkanpun tergolong sedikit. Intinya, sangat pas untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis tanpa modal yang besar.

Tapi karena rambutan adalah salah satu buah musiman, Anda akan lebih mudah dalam membuka bisnis ini saat musim rambutan saja. Karena, bahan bakunya akan lebih mudah untuk didapatkan dan juga lebih murah.

5. Semangka Goreng

Umumnya, buah semangka dikonsumsi sebagai hidangan pencuci mulut. Tapi berbeda dengan makanan unik yang satu ini. Buah semangka justru harus digoreng dulu sebelum dimakan.

Proses pembuatannya sebenarnya hampir sama dengan proses pembuatan pisang goreng. Artinya, pembuatannya sangat sederhana dan dana yang dihabiskan pun sangat sedikit.

6. Es Krim Goreng

Selanjutnya, bisnis makanan unik dan kreatif selanjutnya adalah es krim goreng. Bahkan, usaha ini kabarnya mampu mencetak penghasilan hingga 20 juta rupiah perbulan.

Selain itu, memulai bisnis ini pun tidak terlalu sulit. Hanya dengan menyediakan modal 7 juta rupiah, Anda bisa mulai menjalin kemitraan dengan beberapa franchise es krim goreng. Dengan modal tersebut, Anda bisa mendapatkan booth, perlengkapan jualan, bahan baku, dan proses pelatihan.

7. Dadar Gulung Coklat

Dadar gulung yang berwarna hijau mungkin terlihat biasa. Namun dadar gulung berwarna coklat pasti akan membuat Anda penasaran untuk mencicipi rasanya.

Dengan modal 3 jutaan rupiah, Anda bisa mencetak penghasilan hingga 9 juta rupiah perbulan dari usaha dadar gulung coklat. Proses pembuatannya pun sangat mudah dan Anda bisa memperoleh info tersebut secara mudah di Internet.

Baca Juga: Mengenal Bidang Profesi Makelar Mobil dan Tips Sukses Memulainya

8. Keripik Tempe

Usaha makanan yang unik lainnya adalah jualan keripik tempe. Anda bisa membuat dan menjualnya dengan mudah. Omset yang bisa Anda cetak dari bisnis ini bisa mencapai 10 juta rupiah perbulannya.

Salah satu orang yang menjalankan bisnis ini adalah Widiatmoko. Dirinya menamai keripik tempe buatannya dengan nama Tempe king dengan modal awal sebesar 5 juta rupiah. Saat ini, dia mengaku bisa mendapatkan keuntungan sebesar 10 juta rupiah perbulan.

9. Ramen Burger

Kreativitas di bidang kuliner terus-menerus hadir. Salah satunya adalah membuat burger yang mana rotinya terbuat dari mie ramen. Bisnis makanan unik yang satu ini kabarnya mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Anda hanya memerlukan modal awal sebanyak 5 juta rupiah perbulan.

10. Coklat Dodol

Makanan unik lain yang bisa memberikan keuntungan besar adalah coklat dodol. Terdapat beberapa cara yang bisa Anda jalankan dalam mendapatkan keuntungan dari bisnis makanan yang unik dan kreatif ini, yakni menjualnya saja atau membuat dan menjualnya sekaligus.

Baca juga: Ingin Mencoba Jualan Sepatu? Ini Cara dan Modal yang Harus Dipersiapkan

Penutup

Demikianlah 10 ide makanan unik dan kreatif yang bisa Anda coba jalankan di tahun 2022 ini. Namun, hal terpenting yang harus Anda ingat dalam menjalankan bisnis adalah strategi pemasaran yang baik, dan mengelola keuangan secara tepat.

Dalam mengelola keuangan, Anda harus rajin dalam mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang terjadi. Namun, melakukan kegiatan tersebut secara manual sangat memakan banyak waktu dan rentan sekali terjadi kesalahan.

Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online akan menyajikan laporan arus kas, laporan laba rugi, neraca, dan lebih dari 200 laporan keuangan lainnya pada Anda secara otomatis, cepat serta akurat. Selain itu, fitur dan modul di dalamnya pun akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.