Mengenal Prinsip dan Manfaat Etika Bisnis Bagi Perusahaan

Etika bisnis diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk membentuk suatu nilai, norma, dan perilaku karyawan serta pimpinan. Namun, manfaat etika bisnis ini tidak hanya bermanfaat untuk membangun suasana hubungan yang adil dan sehat antar sesama rekan kerja, melainkan juga dengan konsumen atau pelanggan.

Lantas, apa saja manfaat etika bisnis bagi perusahaan yang menerapkannya? Artikel berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut sekaligus membahas mengenai pengertian dari etika bisnis dan prinsip penerapannya.

Pengertian Etika Bisnis

Saat menjalankan sebuah bisnis, diperlukan rasa tanggung jawab dan sebuah aturan yang mengatur segala tindakan yang akan dilakukan. Aturan inilah yang kemudian disebut dengan etika bisnis.

Etika bisnis adalah aturan tidak tertulis mengenai cara menjalankan sebuah bisnis secara adil yang sesuai dengan hukum yang berlaku dan tidak tergantung pada kedudukan individu ataupun organisasi di masyarakat. Etika bisnis juga bisa diartikan sebagai suatu pengetahuan tentang tata cara ideal danlam pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memerhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal.

Manfaat etika bisnis pada dasarnya adalah membuat segala aktivitas bisnis berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut dikarenakan telah tercipta sebuah suasana hubungan yang adil dan sehat di antara rekan kerja maupun dengan konsumen.

Baca juga: IKM Adalah: Ini Pengertian Dan Bedanya Dengan UKM

Prinsip Etika Bisnis

Dalam praktiknya, etika bisnis memiliki dasar prinsip yang cukup kuat dan bertujuan logis untuk mengarahkan bisnis ke tujuan mulia. Beberapa prinsip etika bisnis tersebut adalah sebagai berikut.

1. Prinsip Hati Nurani dan Kemanusiaan

Prinsip hati nurani dan kemanusiaan memiliki arti bahwa setiap usaha komersial harus didasarkan pada perasaan seseorang dalam penentuan peran dan perilaku tertentu serta tidak mementingkan keuntungan pribadi. Prinsip ini dilakukan agar setiap orang menjalankan bisnisnya sembari tetap mendapatkan kehormatannya sebagai manusia di mata manusia lain.

2. Prinsip Rasionalitas dan Komitmen

Prinsip rasionalitas merupakan prinsip etika bisnis yang didasarkan oleh kode etik bisnis yang diikuti oleh pengusaha untuk menganalisis dan mengevaluasi aspek baik/buruk atau benar/salah dalam tindakan bisnisnya.

Aspek rasionalitas juga didukung oleh komitmen yang dilakukan oleh setiap pelaku bisnis dalam memenuhi komitmen bisnisnya terhadap perusahaan, orang lain, dan dirinya sendiri. Adapun komitmen ini dapat berupa tindakan jujur dan rasa tanggung jawab dalam setiap aktivitas bisnis yang dijalani.

3. Prinsip Kerja Sama dan Komunikasi

Dalam sebuah usaha, terdapat kesempatan atau kebutuhan untuk membangun relasi untuk berbagai kebutuhan. Hal ini perlu dilakukan secara etis dengan kaidah etika bisnis tertentu sesuai dengan yang disepakati secara hukum.

Oleh karena itu, setiap komunikasi harus dilakukan secara jelas, terbuka, dan legal secara hukum. Begitu pula kerja sama bisnis yang harus mengacu pada norma dan etika yang disepakati kedua belah pihak secara terbuka dan terbebas dari tekanan apapun.

4. Prinsip Kemajemukan dan Transparansi

Prinsip ini memiliki arti bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini yang memiliki kapasitas atau kemampuan yang sama. Hal ini perlu diperhatikan dan dipertimbangkan agar pelaku bisnis tidak memukul rata semua hal, baik dalam praktik bisnis maupun pengambilan keputusan.

Praktik bisnis juga harus menjunjung tinggi prinsip transparansi sehingga kegiatan bisnis dan informasinya dapat diakses oleh para pemangku kepentingan untuk keperluan pengelolaan dan sebagainya.

Baca juga: Label Produk: engertian dan Label Produk yang Bisa Ditampilkan

Manfaat Etika Bisnis

Setidaknya, terdapat empat manfaat etika bisnis yang bisa didapat oleh perusahaan yang menerapkannya. Keempat manfaat tersebut meliputi:

1. Memiliki Citra Baik di Mata Pelanggan

Membangun sebuah citra yang baik di mata pelanggan bukanlah hal mudah. Dibutuhkan sebuah konsistensi dan etika berbisnis dalam menjalin hubungan dengan konsumen maupun antar rekan kerja di dalamnya.

Apabila perusahaan berhasil menerapkan etika bisnis, citra atau gambaran yang baik akan melekat pada perusahaan sebagai sebuah prestasi. Prestasi ini akan dikenal oleh masyarakat umum dan calon pelanggan lainnya sebagai pertimbangan yang menguntungkan.

Pada akhirnya, perusahaan akan mendapat lebih banyak pelanggan dan terus berkembang hingga mencapai target yang diinginkan.

2. Menciptakan Kepercayaan Konsumen

Dengan menerapkan etika bisnis, akan timbul suatu kepercayaan dari konsumen kepada perusahaan karena adanya rasa kejujuran. Kepercayaan pelanggan memang suatu hal yang harus dijaga oleh perusahaan. Semakin loyal pelanggan terhadap produk suatu perusahaan, maka akan semakin besar pula peluang perusahaan tersebut dalam menguasai pasar.

Lebih lanjut, pelanggan pun akan merekomendasikan produk perusahaan tersebut kepada orang lain agar memercayakan juga pemenuhan kebutuhannya pada perusahaan tersebut.

3. Memaksimalkan Keuntungan

Manfaat etika bisnis selanjutnya yaitu memaksimalkan keuntungan yang didapat perusahan karena pelanggan telah menaruh kepercayaan penuh pada kinerja perusahaan. Masalah-masalah yang sebelumnya menguras keuangan perusahaan kini dapat teratasi, sehingga keuntungan pun dapat dirasakan secara maksimal.

4. Membentuk Karyawan yang Loyal

Penerapan etika bisnis juga akan membuat karyawan semakin loyal dan betah. Dengan begitu, roda perusahaan dapat terus berjalan sebagaimana mestinya. Begitu pun ketika suatu perusahaan dikatakan memiliki manajemen yang buruk, di mana akan terlihat siklus keluar masuk karyawan di dalamnya.

Baca juga: Komponen Biaya Produksi yang Umum Digunakan Perusahaan

Penutup

Etika bisnis merupakan suatu aturan tidak tertulis yang bertujuan membentuk nilai, norma, dan perilaku karyawan serta pimpinan perusahaan dalam rangka membangun hubungan yang adil dan sehat, baik antar karyawan maupun dengan konsumen.

Perusahaan yang menerapkan aturan tidak tertulis ini akan mendapatkan sejumlah manfaat etika bisnis yang berdampak langsung terhadap keberlangsungan dan kesuksesan perusahaan. Oleh karena itu, penting adanya bagi perusahaan untuk selalu menerapkan etika bisnis di setiap aktivitas bisnis yang dijalaninya.

Selain itu, perusahaan juga perlu mengelola keuangannya dengan baik agar dapat membangun bisnis yang sukses. Dalam hal ini, laporan keuangan dapat dibuat dengan cepat, akurat, dan otomatis mengguankan software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang bisa diakses kapan pun serta di mana pun. Berbagai fitur juga tersedia secara lengkap dan mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula.

Jika tertarik mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.