Ingin Membangun Bisnis? Berikut Beberapa Tips Membangun Bisnis Plan

Kenapa Membutuhkan Bisnis Plan?

Anda bisa saja memiliki gambaran jelas tentang hal yang ingin dicapai dalam bisnis. Anda juga sangat mengenal pasar dan memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan. Lalu, untuk apa harus menyiapkan rencana bisnis atau bisnis plan?

Ada banyak alasan kenapa rencana bisnis sangat dibutuhkan, seperti:

Membuat Ide-Ide Bisnis Lebih Jelas

Daripada hanya membayangkan dan mengingat semua ide, menuliskan ide di atas kertas akan membuat semua ide Anda lebih jelas. Anda juga lebih mudah menghubungkan dan menempatkan ide yang baru muncul ke ide yang sudah ada.

Menemukan dan Memecahkan Masalah

Ide yang baru muncul biasanya memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan itu akan mudah ditemukan jika terpampang di atas kertas.

Mendapatkan Masukan

Rencana bisnis yang tertulis akan lebih mudah dibagikan pada orang yang berpengalaman untuk mendapatkan masukan perbaikan.

Sebagai Pengarah

Rencana bisnis dapat membantu Anda fokus terhadap tujuan dan target harian.

Baca juga : Mengenal Laporan Arus Kas Lebih Jauh Beserta Contohnya

Tips-Tips dalam Membangun Bisnis Plan

Membuat rencana bisnis hendaknya dilakukan untuk setahun ke depan. Selain untuk bersiap-siap, Anda juga memiliki waktu untuk meminta pendapat orang yang lebih berpengalaman.

Berikut tip-tip yang bisa Anda lakukan dalam membangun Bisnis Plan.

Kelola Pembukuan Anda

Anda tidak bisa mengetahui apakah bisnis Anda berkembang atau tidak tanpa mengetahui berapa banyak uang yang diperoleh dan dikeluarkan dalam satu tahun; dan untuk mengetahuinya Anda membutuhkan pembukuan. Jika Anda tidak mempekerjakan akuntan, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online memudahkan sistem pembukuan Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun yang lalu dan telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang untuk software akuntansi terbaik di Indonesia. Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Tinjau Lagi Harga yang Ditetapkan

Setelah mendapatkan gambaran tentang keuangan Anda, saatnya jujur pada diri sendiri. Semua pengusaha pasti ingin mendapatkan banyak pelanggan dan usahanya maju. Namun terkadang mereka melakukan itu dengan cara memberikan harga yang terlalu rendah.

Memang, semua orang suka harga murah, tetapi hal itu tidak baik bagi kelangsungan bisnis Anda. Lagi pula, banyak orang yang bersedia membayar mahal setara dengan kualitas yang mereka dapatkan.

Untuk mengetahui apakah harga yang ditetapkan terlalu murah atau tidak, tanyakan hal berikut: apakah harga tersebut sudah sesuai dengan waktu, pengalaman, dan biaya (pajak, rencana pensiun, asuransi kesehatan, dan sebagainya) yang harus Anda keluarkan?

Atur Pajak dengan Baik

Hanya karena pajak sudah diatur pemerintah, banyak orang tidak memanfaatkan hal itu untuk mengelola keuangannya. Ada baiknya Anda membicarakan keuangan dengan akuntan Anda sebelum akhir tahun untuk mendapatkan saran.

Baca juga : Mengenal Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi

Misalnya, jika nilai dalam pembukuan mengatakan bahwa keuntungan yang akan diperoleh lebih besar daripada perkiraan, Anda bisa memutar sebagian keuntungan itu untuk membeli komputer atau pengeluaran lain demi berkembangnya usaha.

Ubah Bentuk Usaha Anda

Jika berencana mengubah bentuk usaha Anda dari CV menjadi PT, inilah saatnya. Pencatatan kas dan pajak akan lebih mudah jika dilakukan di awal tahun. Jika terlalu mendadak, Anda bisa menggunakan jasa perusahaan pengisian dokumen untuk menyelesaikannya sekarang.

Perbarui Profil Usaha Anda di Situs Web dan Media Sosial

Walaupun usaha yang baik adalah yang banyak membantu orang lain, jangan lupa bahwa Anda memiliki usaha yang perlu dikembangkan. Semakin banyak orang yang dibantu, usaha Anda akan semakin berkembang. Hal ini dapat dilakukan dengan terus memperbarui tampilan usaha Anda di situs web dan media sosial.

Baca juga : Tips Terbaik bagi Anda yang Berencana Membangun Bisnis Konveksi 

Sisihkan sehari dalam sebulan untuk mengubah, memperbaiki, atau merombak tampilan digital usaha Anda. Jika Anda terlalu sibuk, sisihkan dua jam dalam seminggu selama sebulan. Jika masih tidak mampu, Anda bisa mempekerjakan orang yang ahli di bidangnya. Pastikan usaha Anda tidak layu karena terlalu sibuk memikirkan klien. Pasalnya, banyak orang di luar sana yang membutuhkan bantuan.

Kesimpulan

Bisnis plan yang baik adalah yang mampu menyeimbangkan kebutuhan sumber daya manusia dan klien. Terus-menerus memenuhi kebutuhan klien tanpa memedulikan perkembangan usaha dapat menurunkan tingkat keberlangsungannya. Pengeluaran dan pemasukan juga perlu diatur agar target laba bersih tetap tercapai.