7 Hal yang Anda Perlukan Saat Anda Memilih Usaha Menjadi Penjahit

Jika Anda berencana memilih menjadi penjahit sebagai sumber penghasilan Anda, itu berarti Anda memilih pekerjaan yang memiliki dunia kerja yang sangat dinamis. Dan seperti profesi lainnya, menjadi penjahit juga memiliki saat-saat yang menyenangkan, serta risiko, dan situasi yang menyusahkan.

Tetapi jika Anda merancanakan dan mempersiapkan untuk menjadi penjahit yang benar dengan baik, Anda akan menurunkan risiko dengan sangat besar sambil meningkatkan peluang Anda untuk sukses.

Keterampilan menjahit dan pola pikir wirausaha bukan satu-satunya persyaratan untuk memulai bisnis menjahit Anda. Ada beberapa hal lain yang lebih penting yang perlu Anda tangani jika Anda ingin menjalankan operasi yang sukses. Jadi, mari kita periksa hal-hal ini yang Anda perlukan untuk memulai bisnis menjahit.

Baca juga : Bisnis Fesyen Besar Dimulai Dari Pembukuan Yang Benar

1. Buat rencana bisnis terlebih dahulu

Menjalankan bisnis tanpa membuat rencana yang matang adalah langkah yang gegabah, begitupun pada saat Anda memilih untuk menjadi penjahit. Sangat penting bahwa Anda membuat rencana bisnis yang tepat sebelum Anda menjelajah ke lautan kewirausahaan.

Mulailah dengan menganalisis pasar lokal Anda. Anda perlu tahu apa yang ditawarkan pesaing Anda kepada pelanggan mereka dan apa yang harus Anda lakukan untuk memposisikan diri selangkah lebih maju dari mereka. Pertimbangkan layanan atau produk apa yang mungkin dicari pelanggan potensial Anda. Kemudian fokuskan bisnis Anda pada penyediaan bagi mereka.

Bagian penting lain dari rencana bisnis yang tepat adalah manajemen keuangan. Hitung berapa banyak uang yang Anda butuhkan untuk membeli peralatan penting, membayar sewa untuk tempat kerja Anda, upah untuk karyawan Anda, dan iklan.

Cobalah untuk tidak membuat semuanya ketat, Anda mungkin mengalami kesulitan dengan menacari pelanggan dalam beberapa minggu pertama. Anda harus memiliki cukup uang untuk menutupi pengeluaran Anda selama dua atau tiga bulan pertama.

Finalisasi rencana bisnis Anda dengan membuat rencana pemasaran dan daftar tugas dan tanggung jawab untuk karyawan, tetapi juga diri Anda sebagai pemilik. Untuk leibh jauh mengetahui cara membuat rencana bisnis, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

2. Bisnis membutuhkan ruang

Jika Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis Anda dari rumah, tanyakan kepada kantor birokrasi setempat, apakah Anda bisa menggunakan rumah Anda untuk ruang usaha. Di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang memiliki peraturan dan aturan sendiri tentang hal ini, dan Anda harus mengikutinya.

Anda juga dapat menyewa ruang dan membangun bisnis Anda di sana. Periksa gedung terdekat Anda untuk kantor atau apartemen kecil dan Anda bisa menyewanya. Setelah bisnis Anda berkembang, pertimbangkan untuk menyewa kantor atau pabrik dan menjadikannya sebagai basis operasi Anda.

Baca juga : Perhitungan Pesangon yang Penting untuk Karyawan dan Pemilik Bisnis

3. Dapatkan alat untuk menjahit

Anda tidak akan bisa menjadi penjahit jika Anda tidak memiliki peralatan untuk menjahit. Berikut daftar alat penting yang harus Anda peroleh untuk bisnis menjahit Anda.

  • Mesin jahit berkualitas akan memungkinkan Anda untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda dan memberi mereka apa yang mereka butuhkan.
  • Mesin obras atau serger akan membantu Anda menambahkan sentuhan akhir pada proyek Anda dan membuatnya terlihat profesional. Tapi apa itu mesin obras dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Inilah artikel yang menjelaskan perbedaan antara mesin obras dan mesin jahit untuk memutuskan apakah Anda perlu menambahkan serger ke peralatan menjahit Anda.
  • Setrika dan papan setrika penting untuk menjaga agar jahitan rata pada apa pun yang Anda jahit.
  • Berbagai alat pemotong seperti gunting jahit dan semua jenis gunting akan membiarkan Anda memotong kain dengan rapi dan tepat.
  • Perangkat pengukur seperti penggaris, pita, dan pengukur akan memastikan bahwa pelanggan Anda mendapatkan pakaian yang cocok untuk mereka.
  • Pin dan jarum sangat penting untuk setiap bisnis menjahit. Tanpa mereka Anda tidak akan bisa membuat atau memperbaiki banyak hal.
  • Persediaan bisnis seperti kain, benang, dan barang-barang lainnya yang dapat dibuang tidak boleh pernah habis. Anda juga harus mendapatkan beberapa pena dan kertas, kartu nama, dan mungkin minuman untuk pelanggan.

4. Persiapkan portofolio Anda sendiri

Sama seperti model fashion. Ambil foto karya terbaik Anda dan buat beberapa materi iklan dengannya. Tunjukkan kepada pelanggan potensial Anda apa yang dapat mereka harapkan dari Anda dengan membiarkan mereka menyentuh atau mencoba kreasi Anda di kantor Anda. Butuh inspirasi? Pergilah ke Pinterest atau Etsy dan lihat apa yang dilakukan toko-toko lain. Amati, tiru, dan modifikasi.

5. Iklankan bisnis Anda

Dengan adanya internet, periklanan sekarang lebih mudah dari sebelumnya. Buat halaman untuk toko Anda di media sosial dan bagikan dengan teman-teman Anda. Jika mereka semua membagikannya sekali saja, Anda akan menjangkau banyak orang dalam waktu singkat.

Tapi jangan hanya berpegang pada iklan online. Buat selebaran dan bagikan di sekitar kota Anda. Menggunakan beberapa ruang iklan di koran lokal juga dianjurkan.

Baca juga : Membahas Teori Struktur Modal dan Berbagai Macam Faktor Penentunya

6. Nikmati pekerjaan Anda

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi ini juga merupakan bagian yang sangat penting dalam menjalankan bisnis yang sukses. Jika Anda menikmati melakukan apa yang Anda lakukan, produktivitas Anda akan tumbuh dan Anda akan dapat memuaskan lebih banyak lagi pelanggan dengan layanan Anda. Dan begitu mereka melihat antusiasme Anda, mereka akan tahu bahwa Anda membuat produk berkualitas tinggi.

7. Jangan mengabaikan pembukuan

Anda tidak ingin bisnis Anda tidak berkembang dengan cepat hanya karena Anda lupa melakukan pembukuan pada setiap transaksi baik itu pembelian atau pembayaran, mencatat pengeluaran rutin tiap bulan dan sewa gedung, atau menghitung depresiasi pada setiap aset Anda.

Pembukuan adalah hal yang harus Anda pikirkan sebelum Anda mengambil pilihan menjadi penjahit. Cepat atau lambat Anda akan menerima banyak transaksi dan itu akan berimbas pada proses keuangan bisnis Anda. Jika Anda mengabaikan pembukuan, apakah Anda bisa menilai seberapa sehatnya bisnis Anda?

Baca juga : Mengetahui lebih Jauh Tentang Pengertian Kas Kecil dalam Akuntansi

Jika Anda kesulitan dalam melakukan pembukuan secara manual atau Anda tidak mengetahui apapun mengenai akutnansi, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk memudahkan pencatatan pembukuan Anda.

Berpikir bahwa software akuntansi mahal? Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online dengan harga terjangkau dan fitur terlengkap yang mudah digunakan sekalipun Anda seorang penjahit.

Accurate Online adalah software akuntansi buatan anak bangsa yang sudah dikembangkan selama 20 tahun. Memiliki fitur terlengkap dan cocok digunakan oleh semua jenis dan skala bisnis. Anda pun bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.