3 Cara Mudah Memperoleh Suntikan Modal Bisnis di Tahun 2021

Saat ini, banyak orang yang berlomba-lomba dalam membuka bisnis baru yang mampu memberikan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang dan mampu menggantikan penghasilan yang bisa didapatkannya bila bekerja di kantor. Namun, seringkali keinginan ini harus kandas karena adanya keterbatasan modal.

Dalam membuka bisnis baru, kita tentu memerlukan modal yang tidak sedikit. Tapi, tenang saja, karena saat ini sudah banyak cara dalam memperoleh modal usaha. Bagaimana caranya? Baca artikel ini hingga selesai, yah!

Cara Mendapatkan Modal Usaha

1. Menggadaikan Aset Untuk Mendapatkan Pinjaman Modal

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal bisnis adalah dengan menjaminkan aset pribadi atau dengan melakukan penggadaian. Dengan menggunakan cara ini, umumnya Anda akan memperoleh uang tunai.

Beberapa aset pribadi tersebut adalah barang elektronik, surat tanah, emas, BPKB Kendaraan, dll. Pinjaman  yang bisa Anda peroleh mulai dari 1 juta hingga 400 juta dengan tenor atau jangka waktu 48 bulan.

2. Mendapatkan Modal dari Pinjaman Bank

Cara memperoleh suntikan modal untuk bisnis selanjutnya adalah melakukan pinjaman bank. Berbeda dari penggadaian aset, umumnya jarang ada bank yang mau meminjamkan dananya pada bisnis baru.

Kenapa? karena untuk meminjam dari bank, Anda harus memberikan bukti kesehatan finansial bisnis, agar pihak bank bisa percaya dan memastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan pinjaman bank.

Beberapa bank ada yang mampu memberikan kredit mikro tanpa agunan atau kredit tanpa agunan (KTA). Tapi, bunga yang mereka tawarkan umumnya sangat besar. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan pinjaman dari fintech peer to peer lending. Kenapa? karena platform ini mampu memberikan KTA dan bunga yang lebih rendah, serta pencairan yang juga lebih cepat.

3. Mengajukan Pinjaman Modal ke Fintech Peer to Peer Lending

Peer-to-peer lending atau P2P lending adalah suatu cara dalam memberikan pinjaman uang pada individu atau bisnis dan juga bisa sebaliknya. Intinya, P2P Lending adalah platform yang mampu menghubungkan pihak peminjam dan pemberi pinjaman secara online.

Dengan P2P lending, Anda bisa lebih mudah dalam memberikan pinjaman ataupun mengajukan pinjaman, apapun itu kepentingannya, tanpa menggunakan jasa lembaga keuangan, seperti bank.

Kelebihan Mengajukan Pinjaman Melalui P2P Lending

  • Suku Bunga Lebih Rendah

Saat mengajukan pinjaman tanpa agunan dari bank, umumnya bunga yang akan diberikan oleh mereka berkisar antara 12 hingga 20%, sedangkan P2P lending mempunyai suku bunga yang lebih minim.

  • Proses Lebih Cepat dan Mudah

Proses pengajuan pinjaman di platform ini tidak seformal saat Anda mengajukan pinjaman di Bank. Anda juga tidak memerlukan berbagai syarat berlebihan yang wajib dipenuhi agar bisa memperoleh persetujuan. Apalagi, umumnya Anda mengajukannya hanya dengan menggunakan handphone.

Namun, proses penilaian tetap dilakukan. Untuk itu, umumnya Anda akan diminta untuk memberikan persyaratan seperti identitas pemilik bisnis agar legalitas usaha Anda terlihat lebih formal.

  • Besaran Pinjaman yang Tinggi

Umumnya, bila Anda mengajukan pinjaman di bank, Anda akan sulit untuk memperoleh dana pinjaman yang besar. Tapi dengan P2P Lending, Anda akan lebih mudah dalam memperoleh pinjaman dengan jumlah yang besar. Tapi, tentunya hal tersebut harus diraih dengan hasil penilaian kredit yang positif.

Penutup

Berdasarkan kelebihan dan manfaat yang bisa diberikan oleh P2P Lending, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman modal dari P2P Lending, salah satunya adalah KoinWorks. Terlebih lagi, saat ini KoinWorks sudah melakukan kolaborasi strategis dengan Accurate Online.

Saat kemudahan pencatatan transaksi dipadukan dengan layanan pinjaman online terbaik, tentunya akan membuat rencana pengembangan bisnis Anda bekerja secara optimal. Hal ini berlaku untuk bisnis apapun, sekalipun untuk usaha kecil menengah atau usaha rintisan.

Software akuntansi Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu lebih pebisnis di Indonesia dan mampu menyediakan 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat. Terlebih lagi, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mampu mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Accurate dan KoinWorks berkomitmen untuk bersama – sama memudahkan pengembangan bisnis bagi para pelaku  usaha, baik usaha berskala besar maupun UKM. Dengan pemlilihan keputusan yang baik dan rencana keuangan yang tepat, semua bisnis memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang..

Dengan adanya Kolaborasi ini, Anda bisa menikmati paket satu tahun Accurate Online seharga Rp 1.980.000 dan mengajukan tambahan modal usaha dengan suku bunga 1% per bulan serta diskon biaya originasi sebesar 30%.

Penasaran? Cari tahu selengkapnya dengan klik tautan gambar di bawah ini.