Modal Usaha Playground Indoor dan Keuntungan Menjalankannya

oleh | Apr 26, 2024

source envato.

Modal Usaha Playground Indoor dan Keuntungan Menjalankannya

Jika saat ini Anda sedang mencari peluang bisnis yang menjanjikan dengan modal yang terjangkau, maka usaha playground indoor bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Dengan perkembangan gaya hidup masyarakat kota dan semakin berkembangnya kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik bagi anak-anak, permintaan untuk tempat bermain indoor semakin meningkat.

Lalu, apa saja peluang bisnis yang mampu dihadirkan oleh usaha ini? Berapa perkiraan modal usaha playground indoor? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Mengenal Usaha Playground Indoor

Mengenal Usaha Playground Indoor

ilustrasi modal usaha playground indoor. source envato

Usaha playground indoor telah menjadi pilihan yang menarik bagi para pengusaha yang ingin memanfaatkan tren gaya hidup urban dan meningkatnya kesadaran akan pentingnya aktivitas fisik bagi anak-anak.

Dengan konsep yang menarik dan ruang lingkup yang fleksibel, bisnis ini mampu menawarkan potensi yang menarik untuk pertumbuhan dan kesuksesan.

Sebagai tempat bermain yang berada di dalam ruangan, playground indoor mampu menawarkan berbagai fasilitas dan aktivitas yang dirancang untuk menghibur dan merangsang perkembangan anak-anak.

Mulai dari perosotan, jaring laba-laba, trampolin, hingga lorong rintangan, setiap wahana di dalamnya dirancang dengan tujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang aman dan menyenangkan.

Namun, seperti halnya bisnis lain, usaha playground indoor juga memiliki tantangannya sendiri.

Dari perencanaan konsep yang tepat hingga manajemen keamanan dan kebersihan, ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan dengan cermat untuk menjaga kelangsungan bisnis dan memastikan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Untuk Pemula dan Tips Ampuh Menjalaninya

Keuntungan Memulai Usaha Playground Indoor

Keuntungan Memulai Usaha Playground Indoor

ilustrasi modal usaha playground indoor. source envato

1. Pasar yang Berkembang

Permintaan akan hiburan dalam ruangan bagi anak-anak terus mengalami peningkatan, terutama di kota-kota besar di mana ruang terbuka seringkali terbatas.

Dengan memulai usaha playground indoor, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas, termasuk orangtua yang sedang mencari tempat bermain yang aman dan nyaman bagi anak-anak mereka.

2. Potensi Keuntungan yang Tinggi

Meskipun memulai usaha playground indoor membutuhkan investasi awal yang cukup besar untuk fasilitas dan peralatannya, namun bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang tinggi.

Dengan menawarkan berbagai paket bermain, layanan pesta ulang tahun, dan program membership, Anda dapat menciptakan sumber pendapatan yang stabil dan berkelanjutan.

3. Fleksibilitas dalam Penyesuaian

Konsep playground indoor bisa disesuaikan dengan berbagai tema dan ukuran ruangan.

Mulai dari ruang bermain yang luas dengan berbagai permainan hingga ruang yang lebih kecil dengan fokus pada aktivitas tertentu,

Anda dapat menyesuaikan bisnis Anda sesuai dengan kebutuhan pasar dan anggaran modal Anda.

Dengan memanfaatkan pasar yang berkembang, potensi keuntungan yang tinggi, dan fleksibilitas dalam penyesuaian, memulai usaha playground indoor dapat menjadi langkah yang cerdas dalam dunia bisnis hiburan anak-anak.

Baca juga: 7 Ide Bisnis Cepat Kaya yang Bisa Anda Coba

Modal Usaha Playground Indoor

Modal Usaha Playground Indoor

ilustrasi modal usaha playground indoor. source envato

Modal untuk memulai usaha playground indoor sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, ukuran ruangan, fasilitas yang disediakan, dan konsep bisnis yang diinginkan.

Nah, berikut ini adalah gambaran tentang berbagai komponen modal yang perlu dipertimbangkan dalam memulai usaha playground indoor:

1. Sewa atau Pembelian Ruangan

Salah satu komponen modal terbesar adalah biaya sewa atau pembelian ruangan.

Harga sewa atau pembelian ruangan akan sangat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran, dan kondisi fisik ruangan.

Dalam kota-kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, biaya sewa ruangan biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan kota-kota kecil lain.

Biaya sewa ruangan di kota besar bisa berkisar mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta per bulan tergantung pada lokasi dan ukuran ruangan.

Untuk pembelian ruangan, harga bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah tergantung pada lokasi dan kondisi bangunan.

2. Peralatan Playground

Investasi terbesar selanjutnya adalah peralatan playground, seperti perosotan, jaring laba-laba, trampolin, lorong rintangan, dan berbagai permainan lainnya.

Harga peralatan playground dapat bervariasi tergantung pada merek, ukuran, dan kompleksitasnya.

Biaya peralatan playground bisa berkisar mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah tergantung pada kebutuhan dan konsep bisnis yang diinginkan.

3. Desain dan Dekorasi

Untuk menciptakan atmosfer yang menarik dan ramah anak, Anda perlu menginvestasikan sejumlah uang dalam desain interior dan dekorasi, seperti cat, mural, furnitur, dan elemen dekoratif lainnya.

Biaya desain dan dekorasi dapat berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada kompleksitas dan ukuran ruangan.

4. Biaya Lisensi dan Perizinan

Untuk menjalankan usaha playground indoor, Anda perlu memperoleh lisensi dan perizinan dari otoritas setempat.

Biaya untuk mendapatkan lisensi dan perizinan ini dapat bervariasi tergantung pada regulasi yang berlaku di daerah Anda.

Biaya lisensi dan perizinan bisa berkisar mulai dari beberapa juta hingga puluhan juta rupiah.

5. Biaya Operasional Awal

Selain itu, Anda juga perlu mengalokasikan dana untuk biaya operasional awal seperti pembelian peralatan kantor, biaya promosi dan pemasaran awal, serta persediaan awal seperti peralatan kebersihan dan perlengkapan kantor.

Biaya operasional awal ini bisa mencapai beberapa puluh juta hingga ratusan juta rupiah, tergantung pada skala bisnis yang Anda rencanakan.

Total modal awal untuk memulai usaha playground indoor bisa berkisar mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah, tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas.

Jadi, penting sekali untuk melakukan perencanaan keuangan yang matang dan menghitung dengan cermat semua biaya yang terkait sebelum memulai bisnis ini.

Baca juga: 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Penutup

Dengan demikian, memulai usaha playground indoor merupakan langkah yang menarik dengan potensi keuntungan yang tinggi. Namun, hal ini juga membutuhkan investasi modal yang cukup besar.

Berbagai komponen modal, seperti biaya sewa atau pembelian ruangan, peralatan playground, desain dan dekorasi, lisensi dan perizinan, serta biaya operasional awal, perlu dipertimbangkan dengan cermat dalam perencanaan bisnis.

Meskipun memulai usaha playground indoor membutuhkan investasi modal yang signifikan, potensi pasar yang berkembang dan fleksibilitas dalam penyesuaian konsep bisnis dapat menjadi faktor penentu kesuksesan.

Dengan perencanaan yang matang, manajemen yang efisien, dan pemasaran yang tepat, usaha playground indoor dapat menjadi sumber pendapatan yang stabil dan berkelanjutan.

Nah, untuk membantu Anda dalam hal manajemen yang efisien dan perencanaan yang matang, Anda bisa memercayakannya pada aplikasi akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena di dalamnya terdapat berbagai fitur bisnis luar biasa, seperti membuat lebih dari 200 jenis laporan keuangan, mengelola utang-piutang, membuat invoicing dan mengirimkannya ke pelanggan secara mudah, melakukan proses penjualan dan pembelian, mengelola persediaan, membaut anggaran bisnsi, dan masih banyak lagi.

Sehingga, cukup dengan satu aplikasi bisnis luar biasa ini, bisnis Anda akan berjalan lebih efektif dan efisien. Andapun bisa lebih tenang dan fokus dalam mengembangkan bisnis atau membuka cabang bisnis playground indoor di daerah lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis atau konsultasikan bisnis Anda pada expertise kami.

bisnisukmbanner

Efisiensi Bisnis dengan Satu Aplikasi Praktis!

konsultasikan kebutuhan bisnismu dengan tim kami.

Jadwalkan Konsultasi

artikel-sidebar

Natalia
Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait