7 Olahan Frozen Food yang Diminati Masyarakat Indonesia untuk Bisnis

Olahan frozen food adalah olahan makanan yang diproses dengan cara pembekuan. Olahan makanan ini sebenarnya telah ada sejak lama. Tapi, popularitasnya terus meningkat sejak masa pandemi melanda dunia beberapa tahun terakhir ini.

Salah satu yang menjadi alasan kenapa olahan frozen food banyak diminati adalah praktis. Selain itu, saat ini juga sudah ada banyak sekali olahan frozen food di pasar. Sehingga, masyarakat Indonesia sudah bisa memilih jenis frozen food yang sesuai dengan seleranya.

Mengenal 7 Olahan frozen food di Indonesia

Berikut ini adalah berbagai olahan frozen food di Indonesia yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai ide berbisnis frozen food.

1. Nugget

Olahan frozen food yang pertama adalah nugget. Nugget diolah dari daging yang digiling dan dicampur menggunakan tepung dan beragam bumbu lain. Adonan tersebut selanjutnya dikukus, dicetak dan dibalut menggunakan tepung roti sampai akhirnya telah siap untuk digoreng dan dibekukan untuk dijual.

Bahan dasar untuk membuat nugget adalah daging ayam atau daging sapi. Tapi, dewasa ini sudah banyak sekali variasi nugget di pasar, seperti nugget ikan, tempe, tahu, udang, kentang, sayuran, dan lain sebagainya. Selain itu, saat ini juga sudah banyak sekali merek nugget di Indonesia, sehingga variasinya sudah semakin banyak.

2. Sosis

Selain nugget, sosis juga termasuk ke dalam produk  frozen food yang cukup terkenal di Indonesia. Bahan pembuatannya pun hampir sama dengan nugget, yaitu olahan daging yang dibuat dengan bentuk bulat memanjang.

Proses penyajiannya pun beragam, mulai dari dibakar, digoreng, dipanggang, atau dicampur di dalam sayur atau tumisan tertentu.

Terdapat dua jenis pembuat produk frozen food yang satu ini, yaitu mesin pembuat sosis sekaligus pencetak, dan mesin pencetaknya saja. Sosis pun terbagi menjadi dua, yaitu sosis yang terdapat pada selongsong atau kulit yang bisa dimakan, serta sosis tanpa kulit sama sekali.

Baca juga: Apa itu Industri Garmen? Ini Pengertian dan Hal Penting di Dalamnya!

3. Bakso

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan bakso. Sebelumnya, bakso seringkali dijual dengan bentuk makanan langsung. Tapi, sekarang bakso menjadi salah satu frozen food. Hal tersebut membuat bakso bisa disimpan dalam kurun waktu yang lama di freezer dan bisa dimasak kapanpun sesuai keinginan.

Bakso tidak hanya bisa disajikan dengan kuah panas dan tambahan mie atau sayuran lain. Seiring dengan berkembangnya zaman, bakso kini bisa disajikan dengan cara digoreng, dibakar, atau menjadi bahan pelengkap di dalam tumisan dan lain sebagainya.

4. Fish stick

Saat ini, makanan olahan frozen food seperti fish stick juga tengah populer di Indonesia. Berdasarkan laman Wikipedia, fish stick adalah makanan olahan frozen food yang dibuat dari bahan baku ikan, khususnya ikan tenggiri dan ikan kakap. Daging ini dipotong kecil sesuai ukurannya tanpa ada campuran bahan lain.

Daging ikan tersebut juga tidak digiling. Proses pengolahannya bisa dikatakan hampir sama dengan produk nugget, yakni dengan dicelup bahan pelapis, dan digoreng. Selanjutnya tinggal dibekukan dan jadilah makanan olahan frozen food.

5. Tempura

Tempura adalah produk makanan yang berasal dari Jepang. Bahan dasar dari olahan frozen food ini adalah daging ikan, udang atau sayuran. Proses pengolahannya pun hampir sama dengan nugget.

Kenapa? Karena tempura tidak terlebih dahulu melewati proses pengukusan. Bahan dasarnya adalah udang atau ikan yang digulingkan pada tepung. Setelahnya, dicelupkan lagi pada adonan tepung yang basah dengan menggunakan air es. Terakhir, tempura pun digoreng dan dibekukan untuk dijual.

6. Siomay

Untuk masyarakat Jawa Barat, Siomay adalah jenis makanan yang kerap kali ditemukan pada baso tahu. Namun, makanan ini banyak dijual dalam bentuk olahan frozen food seperti saat ini. Siomay pun dibuat dengan menggunakan bahan dasar daging yang telah digiling.

Bila berbagai produk olahan frozen food lain disajikan dengan cara digoreng, maka siomay disajikan dengan cara dikukus. Proses pembuatannya pun bisa dicetak dengan menggunakan suatu alat khusus atau secara manual.

7. Katsu

Katsu atau yang banyak disebut juga dengan chicken katsu adalah salah satu produk  frozen food yang juga banyak diminati konsumen di Indonesia. Jenis makanan ini adalah makanan olahan dengan bahan dasar ayam fillet yang telah dipisahkan dengan bagian tulangnya.

Lalu, ayam fillet tersebut ditaburi bumbu seperti lada dan garam. Pada bagian luarnya pun dibalut dengan tepung panir dan telur.

Olahan frozen food ini bisa dijadikan sebagai makanan cadangan dan metode pengolahannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menggorengnya saja hingga kering dan renyah. Setelah itu, Anda bisa langsung menyantap hidangan ini secara langsung atau dikonsumsi seperti nasi yang masih hangat.

Baca juga: Apa itu Retail Apocalypse? Ini Pengertian dan Dampaknya di Indonesia!

Penutup

Demikianlah berbagai jenis frozen food yang banyak diminati oleh konsumen di Indonesia dan bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis. Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa saat ini olahan frozen food ini sudah berkembang secara pesat daripada sebelumnya.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis ini, maka Anda harus bisa mengelola bisnis di dalamnya dengan baik, termasuk mengelola keuangan. Untuk lebih memudahkan Anda dalam mengelola bisnis dan keuangannya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis lain yang akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis secara menyeluruh. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Ingin lebih dulu mencoba Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya secara gratis selama 30 hari.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.