Pengertian Stakeholders dalam Bisnis dan Siapa Saja Contohnya
Stakeholder atau pemangku kepentingan adalah pihak yang diinvestasikan dalam keberhasilan bisnis atau organisasi. Banyak keputusan dan hasil yang perlu dipertimbangkan dari perspektif berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan semua investasi berjalan baik. Ada banyak peran yang dapat Anda layani yang mengharuskan Anda memahami kebutuhan dan keinginan stakeholders yang berbeda.
Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu stakeholders dan mengeksplorasi berbagai contoh stakeholders yang mungkin Anda temui di organisasi bisnis Anda.
Daftar Isi
Apa yang Dimaksud dengan Stakeholders dalam Bisnis?
Stakeholder aatau pemangku kepentingan adalah pihak-pihak yang tertarik pada perusahaan tertentu, seringkali untuk investasi finansial. Mereka dapat secara langsung mempengaruhi keputusan atau keberhasilan organisasi melalui:
- Berbagi feedback mereka tentang keputusan atau proses perusahaan
- Memberikan loyalitas atau partisipasi yang berkelanjutan
- Menambah atau mengurangi investasi keuangan
- Mengambil posisi atau membuat keputusan yang bertentangan dengan tujuan dan strategi perusahaan
Ada dua jenis stakeholders: stakeholders internal dan stakeholders eksternal. Penting untuk mempertimbangkan bagaimana keputusan organisasi dapat mempengaruhi pemangku kepentingan karena mereka sering memiliki potensi untuk mengubah prioritas fungsi bisnis. Memahami siapa pemangku kepentingan organisasi Anda dan apa yang mereka butuhkan dapat membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.
Baca juga: Pitching Adalah Metode Ampuh Untuk Mengubah Audiens Menjadi Pelanggan
Siapa itu Stakeholders Internal?
Pemangku kepentingan atau stakeholders internal adalah pihak individu yang secara langsung atau bagian dari operasi organisasi bisnis. Jika perusahaan berhasil, maka mereka memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan moneter sebagai hasilnya. Berikut adalah beberapa pemangku kepentingan internal umum yang mungkin Anda temui:
Karyawan
Karyawan dipekerjakan oleh perusahaan sebagai aset instrumental dalam menyelesaikan tugas yang menghasilkan produk atau layanan yang diberikan kepada klien atau konsumen. Pemangku kepentingan ini berkontribusi dalam pertukaran untuk kompensasi, manfaat, pelatihan dan pengembangan profesional. Waktu dan usaha mereka adalah investasi yang dilakukan untuk organisasi, dan mereka bergantung pada keberhasilan organisasi untuk memastikan kelangsungan pekerjaan mereka.
Feedback karyawan dapat dipertimbangkan untuk menentukan apakah mereka puas dengan lingkungan mereka, peran dan keseimbangan kehidupan kerja dan faktor lainnya. Kepuasan mereka dapat berdampak langsung pada produktivitas mereka, yang kemudian dapat memengaruhi hasil dan kesuksesan secara keseluruhan serta kepuasan pemangku kepentingan lainnya.
Pemilik
Pemilik memiliki hak eksklusif atas properti atau bisnis. Mereka biasanya memiliki kepemilikan penuh dalam hal produk dan layanan yang berdampak pada pelanggan yang akhirnya membelinya dari perusahaan, dan mereka menetapkan strategi untuk memenuhi dan melampaui tujuan penjualan untuk produk tersebut. Mereka sering secara langsung bertanggung jawab atas keberhasilan perusahaan dan pengusaha yang menghasilkan hasil yang diatur oleh pemiliknya. Keberhasilan tergantung pada tindakan pemilik.
Baca juga: Elevator Pitch, Konsep Presentasi Singkat dan Memikat
Manajer
Manajer secara langsung mengawasi karyawan di dalam departemen mereka dan menjalankan taktik yang dikomunikasikan kepada mereka oleh pemilik dalam strategi selain mendelegasikan tugas dan memastikan karyawan memiliki arahan yang benar dalam melakukan tugas tertentu. Secara keseluruhan, manajer memegang tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas mereka dan membuat karyawan mereka memenuhi tujuan mereka dalam proses mencapai tujuan bisnis dengan sukses.
Semua manajer memengaruhi strategi komprehensif yang sama yang diputuskan oleh pemilik untuk diterapkan dan diukur keberhasilannya. Berikut adalah beberapa tingkatan manajemen dalam sebuah perusahaan besar yang dapat berdampak pada keberhasilan organisasi:
- Manajer senior: Pemimpin tingkat tinggi ini termasuk Dewan Direksi, Chief Executive Officer atau Presiden dan eksekutif tingkat C lainnya yang mendelegasikan tugas pengawasan langsung kepada manajer menengah dan bawah.
- Manajer menengah: Ini termasuk Manajer Regional, Manajer Departemen atau Manajer Bagian yang biasanya bekerja di wilayah tertentu dan mewakili perusahaan yang lebih besar. Mereka melakukan taktik untuk memastikan keberhasilan di wilayah mereka dengan mempekerjakan manajer tingkat bawah untuk mencapai tujuan kinerja mereka.
- Manajer bawah: Penyelia langsung atau Manajer Lini Depan lainnya menjalankan rencana dan mendistribusikan tugas kepada karyawan lini depan yang melapor kepada mereka.
Siapa itu Stakeholders Eksternal?
Pemangku kepentingan atau stakeholders eksternal adalah seseorang yang diakui bisnis yang membuat keputusan mengenai operasi. Pemangku kepentingan eksternal memiliki dampak langsung jika mereka membeli suatu produk dan hubungan yang mereka miliki dengan perusahaan.
Berikut adalah daftar beberapa pemangku kepentingan eksternal paling umum yang mungkin bekerja dengan organisasi Anda:
Pelanggan
Pelanggan membeli produk atau jasa perusahaan. Penjualan, pemasaran, hubungan masyarakat dan strategi keseluruhan berpusat di sekitar pelanggan, dan minat mereka pada strategi ini menentukan apakah mereka membeli produk.
Pelanggan membeli produk sangat mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi, dan pelanggan dapat diberikan akses ke produk baru jika perusahaan memiliki keuntungan untuk memperluas lini produk mereka. Secara keseluruhan, pelanggan sangat penting bagi keberhasilan perusahaan, dan kepuasan mereka dapat secara langsung mempengaruhi apakah pemangku kepentingan internal juga puas.
Masyarakat
Masyarakat terdiri dari orang-orang yang tinggal di dekat lokasi fisik organisasi. Pendapat orang-orang yang tinggal di komunitas tersebut memengaruhi organisasi karena pendapat mereka tentang fasilitas perusahaan dan kepatuhan terhadap lingkungan dan peraturan lokal, peraturan daerah, dan peraturan negara yang dapat memengaruhi reputasi perusahaan.
Hubungan positif dengan masyarakat dapat memastikan pemangku kepentingan internal dan pemangku kepentingan eksternal lainnya, seperti pelanggan, pemegang saham, dan investor tetap puas.
Hubungan perusahaan dengan komunitas di sekitar mereka juga dapat memengaruhi apakah mereka membeli produk dan layanan dan berkontribusi pada kesuksesan finansial perusahaan.
Saat ini, perusahaan memberlakukan inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang bermanfaat bagi komunitas lokal atau global. Program seperti relawan membangun hubungan dengan komunitas lokal perusahaan untuk menciptakan citra yang meyakinkan mereka untuk berinteraksi dengan bisnis. Perusahaan harus fokus pada komunitas yang dapat mengkompilasi penjualan paling banyak dengan bisnis mereka dan membangun hubungan inti untuk meningkatkan prospek penjualan di masa depan.
Baca juga: Apa itu Scarcity dan Mengapa itu Penting dalam Bisnis?
Pemegang saham
Pemegang saham memiliki satu atau lebih saham dalam suatu organisasi. Banyak pemegang saham adalah pihak eksternal, seperti pelanggan dan orang-orang dalam masyarakat yang memiliki saham perusahaan. Jika pemegang saham memiliki lebih banyak saham, atau kepemilikan bisnis, kemungkinan besar mereka memiliki lebih banyak kekuatan untuk membuat pilihan atas nama pemberi kerja. Keputusan ini dapat melibatkan keuangan, kepegawaian, strategi dan lain-lain. Dengan demikian, opini pemegang saham memengaruhi cara pemilik menentukan strategi perusahaan dan audiens mana yang mereka jual.
Mengembangkan hubungan yang kuat dengan semua pemegang saham dapat meningkatkan keinginan mereka untuk berinvestasi di perusahaan sambil memberikan umpan balik tentang keputusan untuk menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan semua orang.
Kreditur
Kreditur dapat berupa orang, perusahaan, atau pemerintah yang meminjamkan properti, layanan, atau modal kepada suatu organisasi. Ada dua jenis kreditur:
- Kreditur terjamin memiliki manfaat hukum agunan atas beberapa dari semua aset yang berkaitan dengan bisnis.
- Kreditur tanpa jaminan dapat berupa pemasok, pelanggan atau kontraktor yang dapat meminjamkan modal tanpa memiliki jaminan yang dapat mereka peroleh sebagai imbalannya.
Kreditur dapat membebankan agunan setelah organisasi membeli atau memperoleh produk, layanan, properti, atau faktor lain. Melakukan pembayaran kepada kreditur sangat penting dalam membangun hubungan positif dengan mereka sambil memiliki modal untuk skala bisnis. Jika sebuah perusahaan berjalan dengan baik, maka kemungkinan besar akan melakukan pembayaran tepat waktu kepada kreditur dan menjalin hubungan yang kuat.
Pemerintah
Pemerintah adalah badan yang berkuasa di negara tempat bisnis beroperasi. Pemerintah mengambil pajak dari pendapatan perusahaan maupun dari pendapatan karyawan. Ini juga memberlakukan undang-undang perburuhan yang harus dipatuhi oleh organisasi untuk memastikan kondisi kerja yang aman bagi karyawan. selain itu, ia menetapkan peraturan tentang sistem keuangan untuk melindungi konsumen.
Sebuah bisnis harus mengikuti peraturan federal, negara bagian dan lokal dan peraturan untuk melanjutkan dan mengembangkan operasinya, membuat pemangku kepentingan eksternal ini sangat penting bagi keberhasilan organisasi. Mengikuti peraturan ini, tetap transparan sebagaimana diperlukan dan mencari peluang untuk bermitra dengan lembaga pemerintah untuk memberikan layanan yang saling menguntungkan dapat membantu perusahaan membangun hubungan positif dengan pemerintah.
Serikat buruh
Banyak industri dan organisasi bekerja dengan serikat pekerja yang secara hukum mewakili karyawan suatu organisasi dan bekerja dengan semua tingkat manajemen untuk mengamankan gaji, tunjangan, dan kondisi kerja yang memadai bagi semua staf.
Karyawan membayar biaya atau iuran serikat pekerja untuk mendapatkan perwakilan ini dan menegosiasikan kontrak untuk menjamin atau meningkatkan kondisi kerja. Jika ada perubahan kebijakan perusahaan yang mempengaruhi karyawan, maka serikat pekerja turun tangan untuk memastikan bahwa persyaratan tersebut disetujui atas nama karyawan.
Karena serikat pekerja bekerja erat dengan karyawan, kepuasan mereka secara langsung berkaitan dengan bagaimana perasaan karyawan organisasi. Kepuasan pemangku kepentingan eksternal ini sangat penting bagi produktivitas perusahaan serta kesuksesan finansial dan budaya.
Baca juga: Tanggung Jawab Sosial: Pengertian dan Contohnya pada Bisnis
Pesaing
Pesaing adalah entitas yang memiliki tujuan yang bertentangan dengan bisnis lain yang menawarkan produk dan layanan serupa. Pemangku kepentingan eksternal ini bersaing untuk mendapatkan peluang yang sama untuk mendapatkan keuntungan dalam pasar yang sama.
Memiliki pesaing yang kuat dapat memotivasi organisasi untuk berinovasi produk dan layanan yang lebih baik, meningkatkan pemasaran kepada audiens mereka dan meningkatkan keuntungannya atas perusahaan lain dalam industrinya.
Kesimpulan
Itulah pembahasan lengkap stakholders pada bisnis dan jenisnya yang harus Anda ketahui jika Anda adalah seorang pemilik bisnis. Sebagaian stakeholders dalam bisnis memerlukan data, termasuk data keuangan untuk pengambilan keputusan penting yang berdampak pada bisnis Anda.
Untuk membuat laporan keuangan dan pengelolaan data keuangan yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi dalam bisnis Anda.
Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah melakukan rekonsiliasi transaksi secara otomatis, pembuatan laporan keuangan dan kemudahan lainnya yang akan membuat stakeholders dalam bisnis Anda menjadi lebih mudah dalam membuat keputusan.
Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini: