Mengenal Lebih Jauh Pengertian UKM, Contohnya, dan Tips Mengembangkannya

Perekonomian suatu negara sangat bergantung dengan usaha yang dilakukan oleh warganya. Beberapa pengusaha mulai dengan modal kecil atau menengah. Dengan bantuan Pemerintah, usaha UKM dapat berkembang pesat. Usaha mandiri yang bisa diupayakan pengusaha UKM, adalah memilih jenis usaha yang populer dan strategi pengembangan yang jitu. Ketahui lebih jauh pengertian UKM dengan  membca artikel ini

Pengertian UKM

UKM adalah jenis bisnis yang dijalankan dengan skala kecil dan menengah dan bukan anak perusahaan atau cabang perusahaan mana pun. Jadi secara tidak langsung pengertian UKM adalah usaha kecil memiliki pemasukan di bawah 300 juta dengan jumlah pekerja di bawah 20 orang. Sedangkan usaha menengah dengan pemasukan di bawah 500 juta dengan jumlah karyawan di bawah 30 orang.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kontraktor? Berikut Adalah Tipsnya

Contoh UKM (Usaha Kecil Menengah)

Dari mulai usaha rumahan sampai usaha kulakan, UKM dapat berkembang dengan melihat potensi dari sebuah produk, walau dimulai dengan modal kecil. Simak beberapa contoh usaha yang ada dimasyarakat sesuai dengan pengertian UKM di atas.

Apa saja jenisnya? Jika diperhatikan dengan teliti, penentuan jenis usaha melupakan langkah awal yang menentukan.

UKM Kuliner

Bidang kuliner memiliki pasar yang besar dan dapat dimulai dengan modal kecil. Pilihan menjalani UKM makanan memiliki peluang besar karena variasinya yang beragam dan penyajian yang variatif. Usaha bisa dimulai dengan menitipkan produk pada toko lain, angkringan, kafe atau berjualan secara online. Semua bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki dan kemampuan SDM.

UKM Fashion

UKM adalah usaha yang dapat dilakukan secara perorangan atau segelintir orang saja.  Menjalankan usaha fashion dapat dimulai bahkan tanpa memiliki modal sama sekali. Caranya adalah dengan menjual produk atau menjadi reseller. Ini adalah jenis UKM yang dapat dilakukan dengan benar-benar beranjak dari nol.

UKM Kerajinan Tangan

Pernahkah Anda datang ke suatu daerah dan terdapat banyak toko yang menjual produk kerajinan yang sama? Seperti penjual jaket kulit di Garut, sepatu di Cibaduyut atau ukiran patung di Bali. Mengembangkan kerajinan khas daerah memiliki potensi untuk ekspor hingga mancanegara.  Selain itu, manfaatkan berbagai program pemerintah daerah yang mendukung usaha para warganya.

Baca juga : Bisnis Afiliasi : Pengertian, Keuntungan, dan Tips Mengembangkannya

Tips Pengembangan UKM

Berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk memperbesar UKM adalah sebagai berikut:

1. Promosi

Kesuksesan usaha UKM bergantung dari keefektifan promosi. Biaya yang dikeluarkan untuk mengenalkan produk diharapkan mendatangkan calon pembeli.  Manfaatkan jalur promosi secara online dan offline untuk semakin dikenal luas.

2. Kenali Kompetitor

Pengertian UKM menurut Kepres. No 99 tahun 1998 adalah usaha kecil yang perlu dilindungi untuk mencegah persaingan tidak sehat. Mengetahui siapa kompetitor dan kelebihan mereka dapat menjadi informasi penting. Anda perlu melakukan sesuatu yang unik, alih-alih menyontek ciri khas orang lain.

Baca juga : Tips Membangun Usaha Agribisnis Yang Sukses dan Berkelanjutan

3. Perluas Jaringan

Usaha UKM bisa semakin membesar dengan membuka peluang cabang atau franchise. Pengusaha bisa menggandeng investor dan para peminat yang ingin melakukan kolaborasi dan kerja sama.

4. Peningkatan Sumber Daya

Pada dasarnya pengertian UKM adalah Usaha Kecil Menengah yang berawal dari usaha kecil. Bila ingin berkembang, maka perlu ada mindset terbuka untuk melakukan inovasi. Pengembangan produk, diversifikasi usaha, dan perekrutan SDM ahli adalah salah satu caranya.

5. Layanan Konsumen Yang Optimal

Selain selalu berusaha memperluas pasar, mempertahankan pembeli loyal juga penting. Mempertahankan hubungan baik adalah layanan konsumen yang akan mengembangkan UKM Anda jadi besar dan berkelanjutan.

Baca juga : 15 Jenis Bisnis Modal Kecil yang Mudah Anda Kembangkan

Kesimpulan

Memulai usaha diawali dengan memahami pengertian UKM, untuk dapat mengembangkannya dengan peluang dan dukungan Pemerintah. Tiap usaha perlu menyiapkan modal, produk, dan strategi pemasaran yang detail. Hal-hal tersebut  memastikan keberhasilan usaha yang sukses dan berkelanjutan.

Lakukan juga proses pembukuan pada usaha yang tengah Anda bangun. Dengan pembukuan yang baik, Anda bisa dengan mudah memantau keseluruhan arus keuangan dan transaksi yang telah terjadi.

Baca juga : Solusi Pembukuan Usaha Laundry Dengan Accurate Online

Untuk memudahkan proses pembukuan dan memudahkan Anda dalam membuat perancanaan bisnis yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi berbasis cloud agar bisa Anda gunakan kapan pun dan dimanapun.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah kemudahan dalam penggunaan dan fitur esensial yang bisa memudahkan pembukuan sekaligus pengembangan bisnis.

Anda bisa menggunakan Accurate Online sebagai pilihan software akuntansi untuk bisnis Anda. Accurate Online sendiri sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis, baik itu perusahaan manufaktur besar maupun UMKM.

Tertarik menggunakan Accurate Online? Anda bisa mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui link ini.