Bisnis Afiliasi : Pengertian, Keuntungan, dan Tips Mengembangkannya

Saat ini, bisnis online berkembang dengan pesat. Bahkan, setiap orang berlomba menjadi bagian darinya. Tak peduli latar belakangnya, banyak orang mencoba peruntungan di dunia bisnis online. Salah satu yang menarik minat masyarakat adalah bisnis afiliasi. Keberadaan situs afiliasi memberikan ruang untuk para pebisnis online supaya bisa memasarkan produknya dengan lebih efisien.

Situs referensi afiliasi di Indonesia memang menjadi bagian dari bisnis online yang cukup diperhitungkan. Sehingga, dengan situs ini, sejumlah pebisnis online dapat menjalankan promosi serta penjualan produk baik barang maupun jasa dengan lebih efektif dan efisien. Hasil yang didapatkan pun menjadi lebih maksimal.

Istilah bisnis afiliasi memang sudah tidak asing lagi terdengar. Bisnis ini melibatkan orang ketiga untuk menjalankannya. Uniknya, bisnis ini tidak membutuhkan modal untuk mulai berjualan. Nah, tertarik untuk mendalami bisnis afiliasi? Mari membahasnya dalam ulasan di bawah ini:

Pengertian Bisnis Afiliasi

Bisnis afiliasi adalah sistem bisnis yang memakai internet sebagai media utama serta melibatkan pihak ketiga. Bisnis ini membayar jasa dari seseorang yang sudah berhasil menjual produk atau jasa dari perusahaan tertentu.

Posisi Anda dalam bisnis afiliasi adalah orang yang tidak mempunyai produk atau jasa untuk dijual. Sehingga, Anda membantu seorang merchant untuk memasarkan produknya. Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Apabila Anda berkeinginan menjadi affiliate marketer, sebaiknya segera mendaftar pada perusahaan tersebut. Lantas, promosikan link-nya pada website, blog, medsos, serta forum online. Anda akan mendapat komisi saat ada orang yang meng-klik link tersebut dan melakukan pembelian.Komisi yang didapatkan tergantung dari barang atau produk yang dijual. Model bisnis ini dapat memberikan Anda penghasilan pasif serta sangat mudah dijalankan oleh pemula.

Baca juga : Tips Membangun Usaha Agribisnis Yang Sukses dan Berkelanjutan

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Bisnis ini memiliki banyak keuntungan terlebih bagi pemula di bidang bisnis. Nah, apa sajakah? Sila simak ulasannya di bawah ini:

1. Bisa Menjual segala Produk

Jika Anda telah menjadi rekanan dari bisnis afiliasi, maka Anda adalah pemilik toko maupun pusat grosir. Hal ini dikarenakan Anda dapat mulai menjual ragam produk. Agar keuntungan lebih maksimal, maka sangat disarankan menjual produk yang sesuai dengan minat. Sehingga, promosi produk akan lebih  mudah dilakukan.

2.  Modal Kecil

Keuntungan menjalankan bisnis afiliasi yang selanjutnya adalah tidak membutuhkan terlalu banyak modal. Namun, bukan berarti tanpa modal sama sekali. Anda membutuhkan beberapa perangkat yang meliputi PC atau laptop, smartphone, serta jaringan internet yang akan mendukung bisnis supaya bisa berjalan dengan lancar.Untuk mendaftar menjadi anggota dari afiliasi, biasanya tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga : Peluang Bisnis Salon Kecantikan dan Tips Mengembangkannya

3. Tidak Perlu Menggaji Karyawan

Bisnis afiliasi adalah bisnis yang dapat Anda lakukan sendiri. Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan. Anda akan mendapatkan gaji penuh sesuai dengan keuntungan produk yang berhasil dijual.

4. Mendapatkan Pasar yang Lebih Luas

Jenis bisnis yang satu ini memang sangat terbuka lebar dan jangkauannya luas. Hal ini dikarenakan Anda menggunakan jejaring internet yang memungkinkan Anda menjangkau pasar dalam hingga luar negeri.

5. Keuntungan Jangka Panjang

Anda akan memeroleh keuntungan jangka panjang dan berulang-ulang. Sebab, saat memasang iklan di suatu website atau media sosial, maka calon konsumen akan mengklik dimana dan kapan saja. Setelah itu, orang lain akan meng-klik link dari calon konsumen, tertarik bergabung dan membeli. Lalu, menyebarkannya lagi. Sehingga, Anda akan mendapatkan keuntungan yang terus masuk ke dalam rekening berulang kali.

6. Mendapatkan Komisi yang Besar

Saat Anda sudah mulai menjalankan jenis bisnis ini, maka Anda juga akan mendapatkan komisi yang cukup besar. Umumnya, pembayaran dari komisi cukup praktis. Sistem kerjanya pun fleksibel dan memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk menggunakan situs. Anda pun bisa menjadikan bisnis ini sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan utama.

Baca juga : Mau Penghasilan Tambahan? Berikut 10 Jenis Kerja Sampingan yang Mudah Dilakukan

Tips Mengembangkan Bisnis Afiliasi

Pada dasarnya, sistem afiliasi merupakan bisnis online yang menjual produk maupun jasa tanpa syarat. Anda diwajibkan untuk mendaftar tanpa melakukan pembelian produk. Bisnis ini juga berbeda dengan sistem reseller dimana bisnis ini menjualkan produk atau jasa dengan syarat Anda harus membeli dan mempunyai produk tersebut.

Untuk menjadi seseorang yang sukses di dunia afiliasi ini harus memiliki strategi yang berbeda dengan jenis bisnis lain. Adapun beberapa tips untuk mengembangkan bisnis afiliasi meliputi:

  1. Pelajari terlebih dahulu mengenai informasi produk dan jasa yang akan dipromosikan. Anda harus melakukan hal ini sebelum memasuki bisnis afiliasi tersebut.
  2. Memilih produk yang lebih disukai oleh pasar. Sehingga, kemungkinan produk terjual akan menjadi lebih besar.
  3. Untuk menjalankan bisnis afiliasi, hal yang paling penting untuk dilakukan adalah dengan membuat blog dan website. Buat lah website serius dengan membeli hosting serta domain. Sebaiknya jangan menggunakan website serta domain gratis untuk bisnis ini.
  4. Saat ini, pelanggan sangat cerdas untuk menilai kebenaran suatu produk. Anda lebih baik mencoba terlebih dahulu produk tersebut. Setidaknya, Anda harus memiliki testimoni dari siri sendiri sesuai dengan manfaat yang dirasakan. Dengan berbagi pengalaman, pelanggan pun lebih memercayai produk afiliasi yang ditawarkan.
  5. Untuk mempromosikan produk melalui blog atau website, usahakan agar website Anda diimbangi dengan content bermanfaat. Sebaiknya, tidak hanya menjadi tempat untuk mengiklankan produk. Konten yang berharga akan memberikan edukasi pada konsumen terhadap produk. Pun, konsumen akan mempunyai loyalitas dan selalu mengunjungi website dan melakukan pembelian.
  6. Anda juga perlu mengatur keuangan secara lebih bijak. Hal ini akan menjadikan syarat menjalankan bisnis afiliasi dengan sukses. Pengelolaan keuangan secara efektif dan efisien akan meningkatkan diri Anda sebagai reseller yang mempunyai stok barang sehingga konsumen dapat direspon dengan lebih cepat tanpa menunggu kabar dari supplier.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis? Berikut Tips Perencanaan Bisnis yang Efektif

Tips Memilih Situs Bisnis Afiliasi yang Baik

Dewasa ini, banyak sekali situs afiliasi yang ada di Indonesia. Namun, tidak semuanya bisa memberikan keuntungan maksimal untuk Anda. Sehingga, penting kiranya dalam memilih situs agar bisnis afiliasi berjalan dengan lancar. Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan supaya menemukan situs terbaik untuk bisnis afiliasi:

Memastikan Kualitas, Pengalaman, dan Profesionalitasnya

Tiga komponen utama untuk memastikan bahwa situs afiliasi terpercaya adalah memiliki kualitas, pengalaman, dan profesionalitas.

Memastikan Pelayanan yang Diberikan Bagus

Sebelum menjalin kerjasama dengan situs afiliasi, maka pastikan ia memiliki pelayanan dan bagus dan fast respon. Pilih situs yang lebih mementingkan kepuasan rekanan.

Situs Memiliki Peraturan dan Persyaratan yang Mudah

Sebelum bergabung, sebaiknya pahami terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Situs yang baik memiliki syarat dan ketentuan yang mudah dan tidak menimbulkan kesalah pahaman. Sehingga, rekanan akan mudah memahami dan tidak kesulitan untuk bergabung.

Memiliki Citra yang Baik

Anda juga perlu memahami track record dari perusahaan afiliasi tersebut. Minta rekomendasi dari teman, saudara, atau sahabat yang sudah menjalankan bisnis ini.

Baca juga : 7 Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan dan Efektif

Kesimpulan

Bisnis afiliasi cukup menggiurkan dan mudah untuk dilakukan di era digital seperti saat ini. Sehingga, akan membuka peluang yang cukup lebar memeroleh keuntungan. Pahami tipsnya dan jangan sampai salah melangkah agar menjadi pengusaha yang lebih sukses. Meningkatnya penggunaan sosial media juga menjadi hal positif bagi kemudahan produk yang Anda jual.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Retail? Baca ini sebelum Memulainya

Hal yang perlu diperhatikan pada saat Anda membangun suatu bisnis adalah melakukan pembukuan yang benar, ternasuk pada bisnis afiliasi ini. Dengan pembukuan yang baik, tentunya perencanaan bisnis Anda akan menjadi lebih optimal dan efisien. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai solusi dalam kemudahan pembukuan bisnis Anda

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau yang cocok untuk bisnis apapun. Telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan telah meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi yang sangat cocok untuk bisnis Anda.

Tidak percaya? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan di bawah ini :

accurate fokus pengembangan