Apa Itu Simulasi Bisnis? Ini Manfaatnya Untuk Anda!

Terdapat banyak sekali program atau pelatihan untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan kondisi dan lingkungan bisnis, nah salah satunya adalah program simulasi bisnis.

Dengan melakukan simulasi bisnis, maka Anda bisa memperoleh bekal pembelajaran yang lengkap terkait kondisi korporasi tanpa memberikan dampak secara langsung pada perusahaan bila nantinya terjadi kegagalan.

Untuk itu, terkadang perusahaan menggunakan cara ini untuk para karyawannya, terutama dalam program pelatihan pengembangan kepemimpinan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan yang singkat tentang program simulasi bisnis khusus untuk Anda.

Apa itu Simulasi Bisnis?

Dikutip dari laman Indeed, business simulation atau simulasi bisnis adalah suatu pembelajaran interaktif yang mana setiap pesertanya akan mempunyai kesempatan yang sama untuk langsung merasakan situasi bisnis. Sehingga, pembelajaran yang teraktif ini akan membuat mereka untuk bisa mengembangkan kemampuan yang berkaitan dengan industrinya.

Biasanya, para peserta di dalamnya adalah profesional dalam bidang bisnis yang ingin mengembangkan kemampuan profesional mereka.

Dalam program ini, setiap peserta tidak hanya akan fokus pada konsep bisnis secara teori saja. Mereka juga bisa meningkatkan pengetahuan dan melakukan tes pemahaman bisnisnya secara praktikal.

Program ini akan mereplika kondisi dan faktor pasar seperti aslinya dan akan mendorong peserta untuk bisa terlibat penuh di dalamnya. Hal tersebut dilakukan agar bisa memberikan keadaan ataupun situasi pada peserta yang bisa mereka temukan posisinya saat ini atau di masa depan sebagai seorang profesional.

Masih dilansir dari laman Indeed, para peserta yang sudah menyelesaikan program ini umumnya akan bisa mengembangkan kemampuan, seperti kemampuan pengambilan keputusan, manajemen waktu, networking, dan kolaborasi.

Baca juga: Aplikasi Toko: Jalankan Bisnis dengan Lebih Mudah

Manfaat Simulasi Bisnis

Berdasarkan laman Celemi, berbagai manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan mengikuti program simulasi bisnis adalah sebagai berikut:

1. Mengimitasi Dunia Nyata

Sebuah pembelajaran yang mampu mengimitasi dunia nyata akan membantu karyawan dalam mengetahui faktor dan juga tantangan yang harus dihadapi perusahaan. Sehingga, mereka bisa mengetahui gambaran besar dari kegiatan operasional perusahaan.

2. Lingkungan Bebas Risiko

Karyawan yang mengikuti program ini bisa belajar dari kesalahan yang telah mereka buat saat simulasi dan melihat adanya konsekuensi dari tindakan bisnisnya pada perusahaan. Tapi karena hal tersebut hanyalah simulasi, maka perusahaan tidak akan terkena dampak langsung dari kesalahan tersebut.

3. Mendorong Kooperasi

Karena di dalam simulasi bisnis ini mengimitasi kondisi yang ada di dalam dunia nyata, maka para peserta pun akan terdorong untuk melakukan kooperasi dengan orang lain yang akan tergabung menjadi tim. Kehadiran kooperasi ini akan mendukung terjadinya pembelajaran peer to peer dan akan membuat peserta untuk bisa memahami sudut pandang yang berbeda dalam perusahaan.

4. Mempercepat Pembelajaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, program ini akan memberikan gambaran yang besar pada para peserta terkait kegiatan operasional perusahaan. Sehingga, para peserta yang terlibat bisa mempelajari materi dan konsep bisnis secara lebih cepat.

Baca juga: Apa saja Jenis-jenis Gudang? Ini Penjelasan dan Fungsinya!

Mengapa Perusahaan Membutuhkannya?

Dikutip dari laman Forbes, beberapa faktor yang mampu mendorong kebutuhan perusahaan pada simulasi bisnis adalah sebagai berikut:

1. Perubahan dalam Permintaan Bisnis

Hadirnya perubahan dalam permintaan bisnis akan membuat kompleksitas pelatihan pengembangan kepemimpinan meningkat secara signifikan.

Hasil dari pelatihan pengembangan kepemimpinan akan mewajibkan para pesertanya untuk mempunyai beberapa hal, yang mencakup analytical thinking, strategic thinking, kepemimpinan efektif, ketajaman bisnis, dan resiliensi atas adanya perubahan. Tentunya diperlukan waktu yang lama untuk mengajarkan kemampuan tersebut.

Namun di sisi lain, saat ini perusahaan terus mendapatkan tekanan agar bisa mengembangkan pemimpin masa depan seefektif dan secepat mungkin karena faktor pensiun atau pindah di jajarannya.

Untuk itu, simulasi bisnis diberikan agar para pesertanya memiliki pengalaman dan menjadi pemimpin perusahaan. Jika pelatihan sudah selesai, maka para peserta artinya telah siap untuk menerapkan ilmu yang telah didapat dalam situasi bisnis yang nyata.

2. Kebutuhan untuk Melakukan Perubahan Strategis Secara Cepat

Alasan lain kenapa perusahaan memerlukan simulasi bisnis adalah kebutuhan untuk melakukan perubahan strategi secara cepat. Dengan adanya program ini, maka setiap komponen yang terdapat di dalam perusahaan akan mengetahui dampak dari adanya perubahan strategis yang akan dilakukan.

Di dalam program ini pun para pemimpin bisa mengetahui apa, kenapa, dan bagaimana perubahan bisa terjadi sebelum dilakukan. Sehingga, para pemimpin perusahaan bisa mengatur pola pikir dan sikapnya untuk bisa disesuaikan dengan tujuan yang ingin diraih oleh perusahaan.

Selain itu, para pemimpin perusahaan dan pihak manajer pun bisa memperoleh pengembangan pola pikir dan kemampuan yang diperlukan agar bisa sukses dan mempercepat proses perubahan strategis.

Baca juga: Apa yang Dimaksud KPBU? Ini Pengertian Lengkapnya!

Penutup

Demikianlah beberapa penjelasan tentang simulasi bisnis yang harus Anda ketahui. Pada intinya, program pembelajaran ini akan membantu perusahaan Anda dalam mempersiapkan karyawan agar bisa mengisi posisi kepemimpinan di masa depan.

Selain itu, para peserta juga akan bisa belajar berbagai hal baru secara cepat. Sehingga, perusahaan tidak lagi perlu khawatir jika nantinya ada orang yang duduk di posisi kepemimpinan meninggalkan kedudukannya.

Nah, hal lainnya yang harus Anda pertimbangkan adalah menggunakan suatu aplikasi yang bisa mendukung operasional bisnis Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan iSeller.

Dengan menggunakan iSeller, maka Anda akan lebih mudah dalam mengelola bisnis, apapun industri dan skala bisnis yang saat ini sedang Anda jalankan. Terlebih lagi, saat ini iSeller pun sudah terintegrasi dengan aplikasi bisnis Accurate Online. Sehingga, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat dan mudah.

Ingin tahu berbagai hal yang bisa Anda dapatkan dari integrasi Accurate Online dan iSeller, silahkan klik tautan gambar di bawah ini.

Accuratexiseller

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.