7 Tips Mudah Membangun Bisnis Event Organizer 

oleh | Okt 5, 2023

source envato.

7 Tips Mudah Membangun Bisnis Event Organizer

Bisnis event organizer (EO) merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Apalagi di jaman ini, ketika desain pesta dikenal meriah dan megah. Sehingga kebutuhan akan penyedia layanan EO sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebelum memulai bisnis ini, Anda perlu mengetahui event organizer (EO) merupakan individu/kelompok yang bekerja sama dalam menyusun dan melaksanakan sebuah event management. Menurut Wikipedia, event management merupakan kegiatan pembuatan dari sebuah acara seperti nikahan, konser, dan sebagainya.

Akan tetapi, untuk membuka bisnis event organizer ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan tips-tips tertentu, agar bisnis event organizer bisa berjalan dengan baik. Ini dia tips yang dimaksud:

Langkah Tepat Memulai Bisnis Event Organizer

7 Langkah Mudah Membangun Bisnis Event Organizer 

ilustrasi bisnis event organizer. source envato

Dalam dunia yang semakin dinamis dan penuh dengan perayaan, acara-acara khusus, dan peristiwa penting, bisnis event organizer menjadi salah satu sektor yang terus berkembang.

Meskipun persaingan mungkin ketat, ada beberapa keunggulan yang dapat ditemukan dalam membangun dan menjalankan bisnis event organizer.

Artikel ini akan menggali sejumlah keunggulan penting yang dapat memotivasi Anda untuk mengejar karier dalam bisnis event organizer.

1. Tambah Pengalaman dengan Bekerja pada Bisnis Event Organizer terlebih Dahulu

Tips yang pertama ialah, pebisnis harus belajar dan mencari pengalaman dengan bekerja pada bisnis event organizer lain terlebih dahulu.

Jika sudah mengetahui ilmunya, baru membuka Anda bisa membuka bisnis event organizer secara mandiri.Artinya, untuk membuka bisnis ini, Anda harus memiliki pengalaman kerja yang mumpuni.

Karena kegiatan yang akan digarap sangat banyak, tentu tanpa pengalaman, bisnis tidak akan berjalan. Maka dari itu, belajar terlebih dahulu baru jalankan usaha.

Baca juga : 7 Cara Memulai Bisnis Yang Bisa Anda Terapkan Secara Bertahap

2. Bentuk Tim Yang Kompak

Membuat bisnis event organizer atau EO memang terbilang sulit karena bidang usaha yang harus dikerjakan cukup banyak orang. Maka dari itu, untuk membangun bisnis ini, dibutuhkan tim yang bisa bekerja sama dengan baik.

Kekompakan inilah yang nantinya bisa menghasilkan satu desain layanan EO yang memuaskan pelanggan.Akan tetapi, pastikan tidak asal memilih rekan untuk menjalankan bisnis. Tetapi memang memiliki keahlian sesuai bidangnya masing-masing.

Maka dari itu, pastikan dalam perekrutan, ada training yang harus dilakukan. Baru jika lulus, terjunkan mereka pada bisnis event organizer.

Jika kualifikasi tim sudah seperti ini, pebisnis tinggal memanajemen sesuai misi yang dicanangkan. Di antaranya ialah melakukan briefing, pengawasan, serta evaluasi siapa tahu ada masalah dengan tim yang sedang bekerja.

3. Lakukan Promosi Secara Intensif

Jika bisnis event organizer sudah berjalan, apalagi sudah mendapatkan pelanggan sekalipun hanya 1-2 orang, maka ini bisa dijadikan ajang promosi yang bagus. Caranya dengan memasang nama EO di lokasi acara. Pastikan, tamu yang hadir membaca tulisan tersebut.

Jika pelayanan bagus, tentu tamu akan melihat nama yang terpampang di depan dengan serius. Bukan tidak mungkin, mereka akan menghubungi Anda untuk menjadi pelanggan berikutnya.

Promosi intensif selanjutnya ialah dengan menggunakan media. Baik dengan cara meletakkan nama di surat undangan, pasang review di website atau dengan memasang pamflet di pinggir jalan.

Anda juga bisa memasang  iklan melalui facebook ads atau google ads. Tujuan promo ini ialah untuk mengenalkan bisnis kepada khalayak ramai melalui dunia maya dan membangun branding.

Baca juga : Tips Usaha Warung Kopi dan 5 Keunggulannya

4. Menyediakan Modal Bisnis yang Cukup

Tips yang keempat adalah menyediakan modal bisnis yang cukup. Tidak dimungkiri, semua pembiayaan pesta ditanggung penyedia jasa bisnis event organizer. Sedangkan pelanggan akan merampungkan pembayaran ketika acara sudah selesai.

Oleh karena itu, untuk memulai bisnis event organizer, pengusaha harus memiliki modal awal pembiayaan. Baik biaya untuk gedung, sound system, konsumsi dan kebutuhan yang lainnya.

5. Tidak Berhenti Berkreasi

Bisnis event organizer adalah pekerjaan kreatif. Maka dari itu, desain kegiatan harus selalu di-update agar pelanggan lebih tertarik. Jika kreativitas hilang, desain monoton, tentu pelanggan akan berpindah ke jasa event organizer yang lain.

Tentu ini kerugian yang besar, apalagi ketika perkembangan bisnis event organizer Anda sudah bagus dan harus menurun hanya karena kurangnya kreativitas yang dilakukan pada bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan influencer dari bisnis event organizer sekelas internasional agar Anda mendapatkan ide yang lebih segar.

6. Lakukan Evaluasi Dengan Baik

Evaluasi Bisnis Event Organizer 

ilustrasi bisnis event organizer. source envato

Tidak ada bisnis yang lancar dari awal berdiri hingga akhir, termasuk bisnis event organizer. Maka dari itu, diperlukan evaluasi untuk melihat akar masalah sekaligus memotivasi agar tidak terjadi di kegiatan selanjutnya.

Jika evaluasi ini dilakukan secara berkala, tentu bisnis event organizer yang dijalankan akan sukses. Karena sekali berkegiatan, pelanggan akan puas atas layanan yang minim kesalahan.

7. Update Informasi Seputar Event Organizer

Tips yang ke delapan ialah semua tim tidak boleh buta informasi. Pastikan mereka selalu update tentang desain bisnis event organizer terbaru. Jika ini tidak dilakukan, tentu desain kegiatan yang dipersembahkan kuno dan tradisional.

Sedangkan, jika terus update informasi, tim bisa menyesuaikan layanan dengan permintaan pelanggan. Bahkan, promotor bisa menyodorkan banyak pilihan desain kontemporer kepada calon pengundang.

Baca juga : 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Kesimpulan

Membangun sebuah bisnis event organizer memang bukan sesuatu yang mudah, namun dengan mengikuti tips diatas Anda bisa membentuk sebuah event organizer yang lebih baik.

Lakukan juga pembukuan dalam bisnis event organizer Anda. Hal ini sangat penting untuk mengetahui untung rugi dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

Jika Anda baru memulai bisnis, Anda bisa melakukan pembukuan secara manual, namun saat perputaran biaya dan transaksi semakin kompleks, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi cloud yang mempunyai fitur terlengkap dan dengan harga terjangkau. Gunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

438 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

bisnisukmbanner
Natalia

Artikel Terkait