15 Usaha yang Cocok Untuk Pemula dan Menguntungkan

Pada umumnya, usaha yang cocok untuk pemula bisa dilakukan oleh para anak muda ataupun Anda yang sudah berusia tidak lagi muda. Memulai bisnis di zaman sekarang bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk Anda yang sudah bertahun-tahun menjadi karyawan.

Meski demikian, memulai bisnis bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Yang paling penting adalah Anda jangan pesimis dulu karena ada 15 usaha yang cocok untuk pemula yang paling menguntungkan yang bisa dikelola oleh semua usia.

Usaha yang Cocok Untuk Pemula

1. Berjualan Aneka Camilan

Sepertinya, hampir semua orang menyukai jenis makanan ringan ini termasuk camilan. Anda bisa memulai bisnis ini dengan meluangkan waktu dan membeli berbagai varian camilan dalam kantong besar di pasar dengan harga yang miring atau murah.

Kemudian, kemas camilan tersebut di dalam kantong yang lebih kecil. Tentu saja, Anda perlu naikkan harga yang dibandingkan dengan harga modal. Selain itu, Anda dapat mencoba menjual camilan buatan sendiri.

Baca juga: Berbagai Jenis Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

2. Layanan Titip Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang menyukai hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan lainnya, Anda bisa mempertimbangkan usaha ini. Jenis usaha yang satu ini adalah usaha yang cocok untuk pemula.

Sebagai langkah awal, Anda dapat memanfaatkan tetangga atau relasi yang sedang bepergian yang perlu menitipkan hewan peliharaan mereka.

Namun, pastikan juga Anda memiliki kemampuan yang baik untuk menjaga serta merawat hewan peliharaan yang dititipkan. Kemungkinan, beberapa jenis hewan peliharaan membutuhkan perlakuan khusus yang memiliki standar tertentu.

3. Jastip Barang Bermerk atau Branded

Untuk mengelola usaha yang cocok untuk pemula ini, Anda memerlukan kamera dan ketekunan untuk mempromosikan barang branded tersebut.

Anda dapat berjalan di sekitar mal-mal terdekat, lalu memotret barang-barang yang sekiranya menarik untuk di jastip.

Tidak hanya itu, Anda dapat juga memposting di social media atau membuat sebuah grup tersendiri dengan minat yang sama. Harga jastip yang dikenakan mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu dari tiap barang.

4. Perencana Perjalanan (Travel Planner)

Pada umumnya, melakukan perjalanan atau traveling saat ini semakin banyak diminati, termasuk di Indonesia. Nah, bagi Anda yang terbiasa melakukan perjalan, jadikan hal ini sebagai ide usaha yang cocok untuk pemula

Anda bisa menjadi perencana perjalanan bagi calon wisatawan, termasuk memesan pesawat, transportasi, hotel, restoran ataupun aktivitas lain.

Untuk mempromosikannya, Anda tidak perlu khawatir, berbagai platform online bisa Anda jadikan andalan untuk membantu menjalankan bagi usaha yang cocok untuk pemula ini.

5. Usaha Jasa Fotografi

Usaha ini sangat cocok untuk pemula. Dengan bermodalkan kemampuan fotografi yang baik dan perlengkapan fotografi, Anda bisa membuka jasa event organizer (EO). Sebagai tahap awal, Anda bisa terlebih dahulu bergabung dengan EO sebagai penyedia jasa fotografi.

Ada banyak berbagai event yang dapat Anda abadikan, mulai dari pernikahan, wisuda, acara kantor ataupun ulang tahun. Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil foto tersebut di situs web tertentu.

6. Event Organizer

Merencanakan dan melaksanakan acara memerlukan persiapan dan tenaga yang tidak sedikit. Itu sebabnya usaha bidang event organizer (EO) tidak pernah sepi. Jangan segan memulai usaha EO ini dengan menangani acara kecil. Jika Anda dipercaya oleh klien, tidak mustahil mereka akan kembali memakai jasa EO Anda untuk acara yang lebih besar.

7. Buka Kedai Kopi

Sudah tak asing lagi jika Anda mendengar kedai kopi. Usaha yang cocok untuk pemula ini belakangan memang sedang naik daun, dimana-mana pasti ada saja warung kedai kopi. Bahkan, Anda bisa melihat gerai kopi hampir di setiap sudut kota.

Mulai dari pusat keramaian seperti perbelanjaan, perkantoran, ataupun di sekitar perumahan. Walaupun ada banyak saingan, namun penikmat kopi akan selalu ada. Bahkan, Anda juga dapat menyesuaikan kopi yang Anda jual dengan minat target pembeli, harga kopi yang dijual, serta lokasi yang strategis.

8. Rental Motor

Untuk memulai usaha rental motor, Anda bisa menggunakan motor pribadi Anda terlebih dahulu. Anda bisa mulai menyewakan pada orang-orang yang ada di sekitar rumah atau kantor Anda.

Tidak hanya itu, ada pula potensi menyewakan pada wisatawan yang sedang berkunjung. Pembayaran rental motor ini bisanya per hari atau per jam. Selain itu, di era saat ini ada pula rental motor listrik yang umumnya disewakan per jam.

9. Warung Kelontong

Tidak membutuhkan modal yang banyak bisa menjadi alasan kenapa Anda bisa mencoba usaha warung kelontong. Apalagi kalau lokasi tempat berjualan Anda berada di pinggir jalan raya atau jalan umum.

Kemungkinan besar akan ada banyak pelanggan yang datang mulai dari tukang ojek online hingga supir taksi yang sejenak beristirahat di warung kelontong Anda untuk membeli minuman bahkan camilan.

10. Counter Pulsa

Sepanjang jalan saat pergi dan disaat pulang dari kantor pasti Anda sudah sering melihat pedagang yang membuka counter pulsa. Kali ini, Anda bisa mencobanya sebagai langkah awal untuk membuka usaha.

Anda tidak perlu punya sewa tempat, Anda hanya membutuhkan modal handphone serta pulsa tentunya. Untuk meningkatkan pasar yang lebih luas lagi, Anda sangat bisa menjajakan paket kuota internet di waktu yang bersamaan.

11. Dropshipper

Usaha yang cocok untuk pemula yang bisa dicoba adalah dengan menjadi dropshipper. Di sini Anda tidak perlu lagi menyetok barang yang menguras kantong, Anda hanya butuh modal jari jempol saja untuk memasarkan suatu produk di platform social media.

Keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari margin harga yang Anda dapatkan dengan distributor yang akan mengirimkan produk tersebut kepada penjual.

12. Laundry Kiloan

Selanjutnya ada laundry kiloan yang belakangan ini sudah banyak sekali muncul, bahkan laundry kiloan saat ini bisa melakukan cuci dalam 5 menit saja.

Untuk memulainya membuka usaha laundry kiloan ini, Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli peralatan laundry seperti alat setrika, mesin pengering, sabun-sabun dan juga mesin cuci. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah pegawai yang sangat terampil dalam mengerjakan tugasnya.

13. Rental Playstation

Perangkat keras yang satu ini masih menawarkan keuntungan yang lumayan besar bagi pemilik rentalnya. Tapi Anda harus mempersiapkan kocek yang cukup banyak untuk membeli TV LED, konsol Playstation, aksesoris serta biaya listrik bulanannya.

14. Warung Makan

Tidak hanya rental Playstation, Anda juga bisa membuka warung makanan atau biasa dikenal dengan warteg. Usaha yang satu ini cocok buat Anda yang suka masak dan memiliki resep kuliner yang lezat.

15. Barbershop

Usaha yang cocok untuk pemula terakhir adalah membuka tempat pangkas rambut atau barbershop. Sebelum memulai usaha ini, Anda setidaknya harus mempunyai keahlian memotong rambut agar lebih menguasai operasional bisnisnya

Jika mau lebih gampang lagi, Anda bisa mempekerjakan pegawai Anda yang sudah terampil dalam urusan memangkas rambut.

Baca juga: Kerajinan Rotan: Peluang dan Tips Memulai Usahanya

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang usaha yang cocok untuk pemula yang bisa Anda Coba. Ada banyak sekali usaha yang bisa Anda jalankan. Namun, tidak semua orang mengetahui peluang itu dan mau mencoba memulainya, apalagi tantangannya cukup berat. Salah satunya yaitu persaingan yang ketat.

Jika Anda ingin memulai usaha di tengah kondisi sulit seperti sekarang, tidak ada kata menyerah dengan rasa takut. Meski masih pemula, jenis usaha bisa Anda dapatkan melalui promosi online.

Saat ini, banyak pemilik bisnis mengandalkan software manajemen persediaan atau software akuntansi yang memiliki fitur manajemen persediaan yang optimal seperti Accurate Online untuk mengurangi kemungkinan memiliki terlalu banyak atau kehabisan persediaan dalam bisnisnya.

Selain itu, Accurate Online juga sudah digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah membantu mereka untuk proses pembukuan dan manajemen persediaan yang lebih baik, mudah, dan praktis.

Anda juga bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.