Algoritma Youtube: Pengertian dan Cara Memaksimalkannya untuk Bisnis

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa algoritma YouTube mampu memberikan dampak yang sangat signifikan pada performa suatu video. Seperti jumlah subscriber, views, sampai pada peningkatan bisnis. tapi untuk sebagian orang, algoritma YouTube masih menjadi suatu misteri yang sangat sulit untuk diselesaikan.

Untuk Anda yang berprofesi sebagai content creator atau YouTube marketing, maka Anda harus memahami algoritma YouTube. Kenapa? karena Google sendiri menyatakan bahwa sebanyak 70% konsumen akan merasa yakin untuk membeli produk setelah melihat reviewnya di YouTube.

Lantas, apa itu algoritma YouTube? Apa fungsi dan dampak algoritma YouTube untuk bisnis? Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membeberkan secara lengkap tentang algoritma YouTube dan cara memaksimalkannya untuk bisnis Anda.

Apa itu Algoritma YouTube?

Jadi, algoritma YouTube adalah suatu sistem penyajian video yang dilakukan dengan menyesuaikan minat setiap penonton secara real time. Dalam setiap menitnya, minimal ada 500 jam video yang sudah diupload di kanal YouTube. Nah, lalu algoritma inilah yang nantinya akan membantu kita untuk bisa menemukan video yang tepat dari banyaknya video yang tersedia di YouTube.

Untuk itu, dibuatlah sistem algoritma agar bisa menyaring video yang kontennya bisa sesuai dengan minat dan pencarian para penontonnya.

Baca juga: Twitter Spaces: Manfaat dan Cara Menggunakannya untuk Bisnis Anda

Fungsi Algoritma YouTube

Fungsi yang paling paling utama dari algoritma YouTube adalah agar bisa membantu video Anda ditemukan dan juga ditonton oleh target audiens yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Tapi, masih ada banyak sekali content creator yang bertanya-tanya, seperti video apa saja yang paling disukai oleh algoritma YouTube?

Pertanyaan seperti ini harus Anda singkirkan jauh-jauh, kenapa? karena algoritma YouTube itu sendiri dibuat dengan dua tujuan utama. Pertama, untuk membantu setiap penonton dalam menemukan video yang mereka inginkan, dan memaksimalkan engagement serta kepuasan setiap penonton dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi, sasaran pertama yang harus Anda perhatikan bukanlah kanal YouTube, tapi viewers Anda. Untuk itu, pastikanlah konten Anda berkualitas baik dan juga disukai oleh setiap penonton.

Dalam hal ini, maka Anda bisa memanfaatkan algoritma YouTube agar bisa memaksimalkan video ataupun promosi bisnis yang akan Anda upload. Lalu, bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Efektif Meningkatkan Viewers Sesuai dengan Algoritma YouTube

Karena dalam sistem algoritma YouTube selalu mengalami perubahan, maka dalam pelaksanaanya kita memerlukan trial-error. Sampai artikel ini dibuat pun YouTube tidak pernah mau membocorkan secara detail sistem algoritmanya sendiri.

Jadi, mereka hanya memberikan gambaran umum saja dan memberikan saran kepada setiap kreator untuk bisa membuat suatu konten yang berfokus pada viewers, bukan pada algoritma. Tapi, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk membuat konten yang ramah bagi algoritma YouTube. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Gunakan SEO YouTube

Konten Anda akan lebih mudah diakses banyak orang dengan mengoptimasi SEO YouTube. Karena YouTube itu sendiri pada dasarnya adalah sama seperti mesin pencari konten layaknya Google Search, maka kita bisa melakukan optimasi dengan beberapa cara ampuh, seperti dengan melakukan riset keyword terlebih dahulu, mengisi tag, deskripsi, dan masih banyak lagi.

2. Konsisten Pada Niche Konten

Salah satu cara ampuh untuk branding di YouTube adalah dengan konsisten melakukan upload video yang sesuai dengan niche konten Anda. Hal ini jauh lebih efektif daripada mengupload seluruh jenis konten yang sama. Terlebih lagi, jika Anda memanfaatkan YouTube sebagai sarana promosi, maka akan lebih baik untuk mengupload video sesuai dengan bidang bisnis Anda secara teratur.

Jika Anda melakukan ini ini dengan maksimal, maka channel YouTube Anda akan terlihat lebih terpercaya, channel Anda akan dijadikan sebagai referensi untuk suatu topik tertentu dan Youtube akan mengirim sinyal bahwa channel Anda adalah channel yang tepat untuk kata kunci tertentu.

Selain itu, viewers Anda juga akan lebih mudah untuk menjelajahi channel Anda lebih dalam karena topik video yang saling berkaitan,  channel Anda juga berpeluang masuk dalam bagian Best of YouTube dan bisa mendapatkan viewers yang lebih banyak lagi.

Anda juga bisa secara bebas membahas tema channel dengan format yang lebih variatif, seperti animasi, tutorial, vlog, podcast, dll. Agar bisa menjaga tingkat konsistensi ini, maka usahakanlah untuk terus membuat jadwal khusus dalam mengupload YouTube.

3. Tingkatkan CTR dan Durasi View

Sekali-kali, cobalah cek YouTube analytics dalam channel Anda, dalam jumlah klik dan juga durasi views, apakah perbedaan antara keduanya berbeda jauh?

Selain itu, perhatikanlah data lainnya seperti:

  • Impressions : Adalah jumlah video yang direkomendasikan pada halaman homepage, video rekomendasi dan juga mesin pencarian YouTube.
  • Click Through Rate (CTR) : Jumlah klik dari seluruh impression
  • Views from Impressions : Jumlah viewers yang berasal dari data impressions
  • Average View Duration : Durasi rata-rata video Anda ditonton oleh setiap viewers.
  • Watch Time from Impressions : seluruh menit yang sudah ditonton dari video Anda.

Beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dari CTR dan juga Average view duration adalah bila CTR tinggi namun durasi view nya rendah, maka itu artinya ada yang salah.

Agar bisa meningkatkan durasi view, maka Anda harus cepat-cepat membenahi konten Anda, judul Anda, thumbnail Anda, dan hindarilah teknik clickbait.

Konten dengan rata-rata durasi view yang tinggi akan selalu selaras dengan jumlah CTR. Untuk itu, kemungkinan konten Anda akan memperoleh lebih banyak Impression lagi.

4. Lakukanlah Interaksi dengan Viewers

Harus selalu Anda ingat bahwa setiap viewers Anda adalah manusia. Anda harus melakukan komunikasi dengan mereka, seperti dengan memberikan like atau membalas komentar mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak viewers Anda untuk memberikan komentarnya di sela-sela video Anda atau membagikan video Anda di media sosial mereka. Hal ini dilakukan agar bisa menjaga hubungan baik dengan para subscriber dan secara tidak langsung akan meningkatkan citra channel Anda. Sehingga, engagement Anda akan meningkat.

5. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Thumbnail tidak hanya bisa Anda gunakan sebagai cover video saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai pemikat konten. Terlebih lagi, visualnya juga akan lebih menonjol untuk para penonton YouTube.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat thumbnail yang menarik adalah sebagai berikut:

  • Menambahkan teks menarik di dalam thumbnail
  • Membuat konsep, warna dan logo pada setiap thumbnail agar branding yang Anda lakukan lebih otentik.
  • Memasang foto dengan ekspresi wajah yang sesuai dengan video.
  • Pasanglah foto objek yang mampu menyentuh emosional penonton bila konten Anda tidak memiliki host.
  • Manfaatkanlah rule of third dengan cara menempatkan poin menarik di setiap bagian sepertiga pertama ataupun akhir thumbnail Anda.
  • Gunakanlah format thumbnail yang tepat, yakni 1280 x 720 piksel dengan tingkat rasio 16:9 dan berukuran tidak lebih dari 2 mb.
  • Hindarilah teks clickbait atau menggunakan thumbnail dari channel lain.

6. Ajak Viewer Anda untuk Menonton Hingga Akhir

Cara selanjutnya untuk meningkatkan viewers yang sesuai dengan algoritma YouTube adalah mengajak seluruh viewers Anda untuk menonton video hingga akhir.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Memberikan kesan opening yang to the point, jangan sampai viewers Anda kabut karena opening yang lama dan berputar-putar.
  • Tingkat durasi yang tepat dan sesuaikan dengan YouTube Analytic Anda. cobalah untuk membuat durasi yang tidak terlalu lama atau tidak terlalu singkat.
  • Sisipkanlah dengan ilustrasi, video, backsound, voice over, dll. agar video Anda tidak terlalu membosankan, khususnya jika format video Anda adalah interview, storytelling, presentasi, dll.
  • Tulislah subtitle Anda, karena hal ini mampu menarik views dari penyandang tuna netra atau viewer umum yang juga bisa menonton video tanpa suara.

Jika hal tersebut sudah dilakukan, maka video Anda nantinya akan terlihat lebih profesional.

7. Ajak Viewer untuk Tetap di Channel Anda

Jika Anda konsisten membahas satu topik di dalam channel YouTube Anda, maka Anda akan lebih mudah untuk mengajak viewer menonton video yang lainnya. Caranya adalah dengan menambahkan kartu ataupun link box pada bagian akhir video. Hubungan pada setiap video baru dan video lama harus saling berkaitan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat playlist atau daftar putar video Anda. sehingga, saat ada viewer yang mengatur pemutaran otomatis, maka vidoe Anda akan muncul ke mereka.

Selain itu, gunakan juga call to action yang tepat agar bisa mengajak viewer ke berbagai video Anda yang lainnya. Hal ini pun berlaku untuk konten yang masih berhubungan dengan video yang lainnya.

8. Ajak Viewer Menjadi Subscriber Anda

Terakhir, cobalah untuk sering-sering mengajak viewers untuk menjadi subscriber baru Anda. Hal ini harus dilakukan dengan ajakan yang sifatnya persuasif secara lisan agar mereka mau like, comment, subscribe dan membagikan video Anda. Cara lainnya adalah dengan menggunakan tombol call to action di akhir video.

Jumlah subscriber akan sangat berdampak pada jumlah klik dan juga durasi views, yang akan berdampak juga pada performa channel YouTube Anda secara langsung. Semakin positif channel Anda, maka algoritma YouTube pun akan semakin menyukainya.

Baca juga: Cara Menghitung Customer Lifetime Value dan Pentingnya Bagi Bisnis

Penutup

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa algoritma YouTube adalah suatu sistem penyajian video yang menyesuaikan minat setiap viewer. Jadi, Anda harus membuat video yang lebih fokus pada viewers dan diiringi dengan memahami cara kerja algoritma YouTube, yakni search result dan juga discovery.

Tapi, Anda harus selalu memantau performa channel YouTube Anda dengan baik, karena sistem algoritma YouTube ini bisa berubah kapan saja.

Jika semua tips di atas sudah Anda lakukan, maka bersiaplah untuk mendapatkan banyak viewers dan menciptakan branding yang kuat. Pada akhirnya, hal ini akan membuat tingkat keuntungan bisnis Anda meningkat secara signifikan.

Tapi, jangan lupa untuk rajin mencatat keuntungan bisnis Anda dalam laporan keuangan secara rapi dan akurat. Namun, bila Anda kesulitan untuk mencatatnya, maka gunakanlah software akuntansi Accurate Online.

Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan juga akurat. Selain itu, Anda bisa mengakses laporan keuangan ini dimana saja dan kapan saja secara real time.

Accurate Online lebih dari software akuntansi biasa, di dalamnya Anda bisa menikmati fitur yang akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis, seperti fitur penjualan, persediaan, perpajakan, pembelian, dan masih banyak lagi.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate 2 banner bawah