Twitter Spaces: Manfaat dan Contoh Penggunaannya pada Bisnis

Setiap pengguna iOS pasti sudah tidak asing lagi dengan Clubhouse. Platform audio sosial ini sempat populer dan mampu memaksimalkan promosi bisnis Anda. Namun, platform ini sifatnya eksklusif untuk pengguna iOS saja. Nah, untuk Anda yang ingin mencoba fitur yang sama secara bebas tanpa ada batasan, maka Anda bisa mencoba Twitter spaces.

Apa itu twitter spaces? bagaimana cara menggunakannya agar bisa memaksimalkan potensi penjualan? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang twitter spaces di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Twitter Spaces?

Twitter Spaces adalah suatu fitur baru yang dikeluarkan oleh aplikasi media sosial Twitter agar Anda bisa melakukan streaming obrolan suara dengan para pengguna Twitter lainnya. Nah, ruang obrolan suatu yang ada pada Twitter Spaces ini disebut dengan space.

Fitur Twitter Spaces ini resmi dirilis ke pasar pada bulan Mei 2021 lalu untuk setiap pengguna Android dan juga iOS. Walaupun demikian, pengguna yang bisa menjadi host di ruang obrolan tersebut hanya mereka yang sudah mencapai 600 follower ke atas saja.

Twitter space sebenarnya terinspirasi dari Clubhouse. Tapi bedanya adalah Twitter Spaces bersifat lebih terbuka agar bisa didengarkan oleh setiap penggunanya.  Sehingga, Twitter spaces mampu memberikan banyak manfaat untuk Bisnis Anda.

Baca juga: Cara Menghitung Customer Lifetime Value dan Pentingnya Bagi Bisnis

Manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda

1. Membuat Event Jadi Lebih Mudah

Anda tidak lagi harus repot-repot mengatur penyelenggaraan event secara offline. Twitter spaces memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan event secara online hanya dengan beberapa kali klik saja.

Selain itu, event online juga akan menghemat anggaran marketing Anda, karena event tersebut diselenggarakan secara gratis. Sisa dana tersebut bisa Anda gunakan untuk melakukan investasi pada pembicara yang berkualitas tinggi. Event dengan kualitas tinggi akan mampu menjaring banyak klien potensial untuk semakin teredukasi.

Terlebih lagi, saat ini persentase event online meningkat sangat signifikan, yakni 1000%. Artinya, akan semakin banyak kesempatan Anda untuk mendapatkan klien potensial melalui event tersebut.

2. Meningkatkan Reputasi Brand

Anda bisa menggelar acara diskusi panel terkait topik yang sedang banyak diperbincangkan dalam industri usaha Anda. tujuannya adalah agar bisa meningkatkan online presence atau citra brand bisnis Anda.

Online presence ini mampu memberikan kesempatan agar brand Anda bisa menciptakan narasi positif pada pelanggan potensial. Sehingga, mereka akan lebih yakin untuk membeli produk dari Anda.

Dilansir dari laman Forbes, sebanyak 97% pebisnis mengatakan manajemen online presence untuk meningkatkan reputasi brand memiliki peran yang sangat penting. Kenapa? karena sebelum pelanggan membuat keputusan untuk membeli, umumnya mereka akan mencari referensi melalui konten digital marketing.

Contohnya, Anda adalah seorang yang memiliki peran sebagai social media strategist. Dalam hal ini, Anda bisa mewakili brand Anda untuk berbagi ilmu dan juga pengalaman terkait social media marketing. Diskusi panel yang Anda selenggarakan akan membuat Anda dinilai sebagai seorang ahli dalam bidang yang Anda tekuni. Hasilnya, reputasi brand Anda akan semakin meningkat dimata audiens.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Edelman dan LinkedIn, reputasi brand yang semakin meningkat terjadi karena keahlian akan meningkatkan peluang dalam kerjasama bisnis. tentunya hal ini akan semakin menguntungkan bisnis Anda.

3. Menambah Insight Bisnis

Anda juga bisa mengikuti diskusi panel terkait bidang bisnis Anda yang diselenggarakan oleh brand pesaing. Sehingga, insight bisnis Anda nantinya akan semakin meningkat.

Hal ini dikarenakan Anda mengetahui pengalaman para pelanggan pesaing Anda dari berbagai macam aspek. Informasi tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk membuat suatu produk yang lebih baik.

Lantas, informasi apa saja yang harus Anda dapatkan? Informasi yang harus Anda dapatkan dari pesaing Anda adalah informasi produk, informasi penjualan, dan juga informasi pemasaran.

Tips terbaik agar insight bisnis Anda bisa maksimal dalam menggunakan Twitter Spaces adalah dengan menjadi seorang pendengar yang baik. Pembicaraan di dalam diskusi akan membantu Anda dalam memahami tren terkini yang ada pada industri Anda. Sehingga, Anda akan mempunyai inspirasi yang banyak untuk membuat strategi marketing ataupun konten marketing.

4. Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru

Untuk Anda yang baru saja mengeluarkan suatu produk baru, tentunya Anda akan sangat memerlukan feedback dari pelanggan yang potensial. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui fitur apa saja yang memang harus dikembangkan lebih lanjut.

Nah, dalam hal ini Anda bisa membuat suatu ruang obrolan dengan format tanya jawab agar bisa mengetahuinya. Berilah audiens Anda kesempatan yang baik agar bisa mengeksplor kekurangan dan juga kelebihan produk Anda daripada produk lainnya.

Cara ini dinilai lebih efektif daripada melakukan survey melalui email. Pasalnya, Anda akan memperoleh feedback secara realtime. Sehingga, Anda sudah tidak perlu lagi menunggu balasan email dari pelanggan Anda.

Contoh Penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis

1. Thought Leadership

Anda bisa memanfaatkan Twitter Spaces untuk membuat suatu konten bertemakan thought leadership. Event online yang dilakukan bersama para pakar ini dilakukan dengan membahas berbagai topik yang relevan dengan industri bisnis Anda.

Ada banyak sekali format acara yang bisa Anda gunakan, seperti webinar ataupun diskusi panel. Di dalam acara ini, Anda bisa menunjuk salah satu karyawan Anda untuk membagikan pengalaman dalam industri bisnis Anda saat ini.

2. Question and Answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)

Selain thought leadership, Anda juga bisa membuat sesi Q&A seperti yang banyak dilakukan di dalam instagram stories. Bedanya, dalam hal ini Twitter Spaces mampu menawarkan interaksi tanya jawab secara real time.

Sesi tanya jawab ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka kesempatan untuk para audiens agar bisa bertanya terkait fitur baru produk Anda. Selain itu, mereka juga bisa menanyakan berbagai hal tentang produk Anda.

Ketika para audiens saling bertanya, maka mereka akan langsung menerima jawabannya. Anda tidak perlu mengalami kondisi komentar yang saling bertumpuk ataupun tidak terbaca.

Selain itu, Anda juga bisa mengundang influencer yang memang relevan dengan bisnis Anda agar bisa melakukan sesi Ask Me Anything. Audiens memiliki kebebasan untuk bertanya seputar topik tertentu pada influencer, lalu brand Anda bisa bertindak sebagai moderatornya.

3. Kolom Komentar di Acara Live

Bila ada acara live yang sedang ramai ditonton, maka Anda bisa menyelenggarakan acara live komentar dengan menggunakan Twitter spaces. Contohnya, Anda bisa mengomentari pertandingan olahraga atau suatu tayangan televisi secara langsung. Anda bisa mengundang pelanggan yang tergabung di dalam komunitas untuk berpartisipasi di acara ini

4. Peluncuran Produk

Twitter Spaces juga bisa Anda gunakan sebagai media untuk peluncuran produk baru. Caranya, Anda hanya harus mengundang pelanggan setia Anda ke dalam event online dengan cara membahas berbagai fitur produk yang baru Anda rilis.

Di dalam event online yang Anda selenggarakan ini, biarkanlah para audiens menanyakan fitur produk Anda secara detail. Namun, Anda harus bisa memberikan jawaban secara realtime. Cara seperti ini mampu memberikan kesempatan pada para pelanggan untuk lebih mengekspor pengetahuan produk dan juga mempromosikan manfaat dari produk yang Anda tawarkan.

5. Giveaway

Contoh lain dari penggunaan twitter spaces selanjutnya adalah dengan menyelenggarakan acara giveaway dengan tema khusus. Contohnya, tema perilisan platform baru, perilisan hasil riset industri dalam mengatur strategi marketing, ataupun rencana memperluas pasar.

Ketika acara peluncuran berlangsung, Anda bisa mengajak audiens Anda untuk memainkan kuis ataupun mengikuti tantangan. Untuk setiap audiens yang menang, Anda bisa memberikan hadiah produk terbaru Anda.

Baca juga: 40 Contoh Baris Subjek Email Terbaik Untuk Penawaran Penjualan

Penutup

Twitter spaces adalah fitur terbaru dari Twitter yang bisa membantu Anda dalam membuat ruang obrolan audio bersama dengan pengguna twitter lain.

Jika dimanfaatkan dengan baik, maka fitur baru dari Twitter ini secara otomatis mampu memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan citra brand, meningkatkan insight bisnis, sampai memperoleh feedback dari para pelanggan secara cepat. Alhasil, keuntungan yang Anda raih pun akan meningkat.

Namun, jangan lupa untuk mencatat keuntungan tersebut dalam laporan laba rugi. Laporan tersebut sangat berguna untuk dijadikan bahan referensi dalam menentukan kebijakan keputusan di masa depan, sekaligus untuk memastikan posisi keuangan Anda saat ini.

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mencatat laporan keuangan tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah software bisnis yang tidak hanya mampu menyediakan lebih dari 200 laporan keuangan secara otomatis dan cepat saja, tapi juga mampu membantu bisnis Anda dengan berbagai fitur di dalamnya. Contohnya fitur persediaan, fitur pembelian, fitur penjualan, fitur persediaan, fitur pembukuan, fitur manufaktur, dan masih banyak lagi.

Accurate Online juga sangat cocok untuk digunakan oleh berbagai skala industri bisnis, mulai dari bisnis kecil seperti UMKM, hingga bisnis besar sekalipun. Uniknya, Anda bisa menikmati seluruh fitur dan keunggulan dari Accurate Online dengan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1