Apa Itu Cc dalam E-mail? Ini Pengertian, Fungsi dan Penggunaanya!

Ketika Anda ingin mengirimkan email pada kolom penerima, di sebelah kanan atas terdapat fitur Cc dan Bc. Cc pada umumnya merupakan singkatan dari “carbon copy” sementara BCc singkatan dari “blind carbon copy”. Tapi, apa itu CC?

Bayangkan ketika Anda kembali ke masa sebelum era komputer, untuk menulis surat saja warga di penjuru dunia harus menggunakan mesin tik. Ketika akan mengopi surat, maka surat harus diletakkan kertas karbon agar apa yang diketik langsung tersalin di kertas lain di belakang surat.

Misalnya, ketika Anda mengetik di lembar atas, jejak apa yang Anda ketik akan muncul di kertas karbon, tulisan yang muncul di kertas karbon menjadi salinan dokumen sedang diketik.

Seperti dilansir oleh How to Geek, pada dasarnya, baik Cc dan BCc memungkinkan Anda untuk mengirimkan email ke orang lain selain penerima utama. Meski demikian Anda juga bisa memasukkan alamat email penerima lain ke bagian “to“.

Jadi apa itu Cc dalam email? seperti apa fungsi dan cara penggunaanya? kami akan menjelaskannya secara lengkap untuk Anda pada artikel tentang apa itu Cc dalam email di bawah ini.

Apa itu Cc Dalam Email?

Jadi, Cc adalah cara mengirimkan email ke orang lain selain ke penerima utama. Penamaan Cc ini diambil untuk menyesuaikan dari konsep karbon kertas yang digunakan untuk menyalin tulisan di kertas lain. Seperti pada kertas nota kwitansi contohnya.

Pada kolom Cc biasanya digunakan saat ingin mengirim pesan email kepada pihak lain selain penerima email utama. Umumnya, email ini digunakan saat ingin mengirim pesan ke banyak pihak atau tim di kantor yang sudah saling mengenal. Pada kolom ini penerima utama bisa melihat siapa saja yang meneria Cc email.

Sama seperti halnya penggunaan kertas karbon, Cc dalam pengiriman email sebagai salah satu cara yang mudah untuk mengirimkan salinan email ke orang lain. Cc pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan kolom “to” saat mengirimkan email.

Kemudian, penerima utama yang dimasukkan pada kolom “to” akan berpengaruh langsung oleh email dan diharapkan untuk menanggapi email tersebut.

Biasanya kolom Cc digunakan untuk memasukkan penerima tambahan dengan maksud untuk membuat orang tersebut tetap terhubung dengan rangkaian email tersebut tanpa ada kewajiban untuk merespon atau memberikan tanggapan terkait email. Cc juga kerap disebut sebagai “courtesy copy”.

Baca juga: Email Adalah Surat Elektronik Terkini dengan Perantara Internet

Fungsi Cc

Jika kita sudah mengetahui apa itu Cc dalam email, pastinya kita perlu tahu fungsi dari Cc tersebut. Cc berfungsi untuk mengirimkan email ke beberapa penerima lain sekaligus secara bersamaan. Namun semua penerima dapat melihat bahwa yang lain juga memiliki salinannya, kemudian mereka dapat melihat alamat email satu sama lain.

Hal tersebut biasanya digunakan jika Anda mengirim email ke rekan kerja, tetapi Anda juga ingin agar atasan Anda tetap mengetahui perihal yang dibicarakan dalam email tersebut.

Biasanya Cc juga digunakan untuk mengirimkan email salinan sebuah email ke orang lain. Bagian “to” dan “Cc” memiliki fungsi yang sama. Hampir setiap orang yang alamat emailnya dimasukkan ke dua bagian ini akan menerima email yang dikirimkan dan mengetahui bahwa orang lain juga mendapatkan email tersebut.

Cara Menggunakan Cc Email

Sebagian besar dari kita tentunya sudah pernah menggunakan email untuk mengirim pesan. Namun tidak semua tahu penggunaan apa itu Cc dalam email. Baik gmail, yahoo mail, hotmail maupun fasilitas email yang lainnya, pasti sudah memiliki fasilitas Cc dan Bc ini, sayangnya tidak semua tahu cara penggunaan Cc ini.

Dalam email, ada tiga 3 kolom yang disediakan, yaitu ‘to’, ‘Cc’, ‘Bcc’. Kita akan bahas satu persatu:

1. Kolom ‘to’

Kolom ini biasanya diisi dengan alamat penerima utama email kita. Kolom ini bisa diisi hanya 1 alamat email atau lebih. Anda dapat mengisinya lebih dari satu alamat email dengan menggunakan tanda koma sebagai pemisah antar alamat email.

Contoh: abcd@gmail.com, efgh@gmail.com, ijkl@yahoo.com. Perlu Anda perhatikan bahwa masing-masing penerima email biasanya akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.

2. Kolom ‘Cc

Jika Anda sering menulis laporan nota kwintansi, Anda pasti tahu fungsi Cc. Fungsinya sama seperti kopi karbon pada nota kwitansi. Jadi kolom Cc berfungsi membuat kopi dari email yang dibuat. Umumnya, Cc dapat diisi dengan alamat email pihak ketiga sebagai bukti bahwa Anda telah mengirimkan email tersebut, misalnya alamat email kantor.

Alamat email yang baik pada ‘Cc’ maupun ‘to’ dapat saling melihat alamat email masing-masing, dikirimkan kemana saja email tersebut, termasuk copy-nya.

3. Kolom ‘Bcc

Kolom Bcc ini memiliki tujuan untuk menutupi semua alamat email yang ada sehingga penerima email tidak mengetahui email tersebut ditujukan kemana aja.

Pada email tersebut seakan-akan ditujukan hanya kepada penerima email. Biasanya kolom Bcc ini difungsikan untuk menghindari email spam, dan dipakai pada mailing list yang mengirimkan email pada banyak orang sekaligus.

Cara menggunakannya yaitu mengisikan alamat email pada kolom ‘to’, kemudian semua alamat email penerima pada ‘Bcc’.

Baca juga: 11 Cara Dalam Membuat Email yang Baik dan Profesional

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang apa itu Cc dalam email, fungsi, dan cara penggunaanya pada email. Berdasarkan penjelasan lengkap di atas, bisa kita simpulkan bahwa Cc adalah cara mengirimkan email ke orang lain selain ke penerima utama.

Hal yang paling umum terkait apa itu Cc dalam email yaitu printer yang mengirimkan salinan sebuah email ke orang lain.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, serta diiringi dengan penggunaan teknologi yang canggih sudah semakin menjamur. Dimulai dari kegiatan sehari-hari hingga tugas-tugas dalam industri tertentu, seperti kesehatan dan informasi teknologi, Cc juga dapat digunakan oleh pihak kedua untuk mencatat email yang dikirim ke penerima utama,

Email Cc saat ini sudah ada di berbagai lini pekerjaan, termasuk dalam lini laporan keuangan. Ketika atasan ingin mengetahui laporan keuangan bulanan, maka Anda dapat Cc kan saja laporannya.

Namun, saat ini banyak pengusaha yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate-200 ribu per bulan