Apa itu Direct Mail Marketing? Berikut Pembahasan dan Tips Melakukannya

Setiap bisnis menggunakan strategi pemasaran untuk memperluas audiens dan basis pelanggannya. Direct mail marketing atau pemasaran langsung adalah metode pemasaran yang serbaguna dan terjangkau. Jika Anda dalam pemasaran atau penjualan, mempelajari tentang kampanye pemasaran langsung dapat membantu Anda menentukan apakah itu strategi yang baik untuk bisnis Anda.

Pada artikel ini, kami menjelaskan apa itu direct mail marketing, manfaatnya bagi bisnis dan cara membuat direct mail marketing yang berhasil.

Apa itu Direct Mail Marketing?

Direct mail marketing atau pemasaran langsung adalah ketika bisnis mengirim materi promosi melalui layanan pos atau kurir lain ke rumah atau kantor. Mereka biasanya memiliki daftar orang atau bisnis yang memenuhi demografi basis klien mereka.

Bergantung pada apa yang Anda kirim, Anda mungkin menyertakan pelanggan saat ini dan basis klien target dalam daftar email Anda. Berikut adalah beberapa contoh materi yang mungkin disertakan dalam kampanye surat langsung:

  • Brosur
  • Katalog
  • Pamflet
  • Surat
  • Kupon
  • Paket
  • Kartu pos

Manfaat Direct Mail Marketing

Meskipun pemasaran langsung lebih mahal daripada kampanye pemasaran email biasa, ia menawarkan keuntungan yang signifikan. Berikut adalah manfaat pemasaran surat langsung:

Anda dapat fokus pada audiens target Anda

Meskipun kampanye pemasaran digital sering menjangkau pasar yang luas, Anda dapat mempersempit perhatian Anda ke audiens yang sangat spesifik yang akan menerima komunikasi Anda secara langsung. Ini dapat membantu Anda membuat materi pemasaran yang lebih bertarget yang bisa lebih efektif.

Ini sangat serbaguna

Anda dapat mengirim email yang disesuaikan ke audiens tertentu, mempertahankan kontak dengan pelanggan yang sudah ada, menawarkan penawaran kepada pelanggan baru, dan membuat audiens Anda selalu mengetahui produk atau layanan baru. Karena ada banyak jenis materi pemasaran yang dapat Anda kirim, Anda dapat memilih konten yang paling sesuai dengan audiens target Anda.

Pemasaran langsung dapat menghasilkan tingkat respons yang baik

Saat Anda mengirim email pemasaran, ada kemungkinan penerima tidak akan membuka atau membacanya. Direct email marketing adalah pengingat fisik bisnis Anda dan apa yang Anda tawarkan, yang berarti terkadang memiliki tingkat respons yang lebih tinggi daripada email pemasaran.

Baca juga: 11 Cara Dalam Membuat Email yang Baik dan Profesional

Cara Membuat Direct Email Marketing yang Optimal

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuat kampanye surat langsung yang sukses:

1. Tentukan audiens target Anda

Langkah pertama adalah mencari tahu siapa yang Anda inginkan untuk menerima surat langsung Anda. Temukan demografi yang ingin Anda jangkau, termasuk usia, lokasi, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan apakah mereka memiliki anak.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah Anda ingin menjangkau pelanggan yang kembali atau audiens baru. Anda harus sespesifik mungkin saat merancang kampanye surat langsung. Semua elemen ini akan memengaruhi cara Anda mengembangkan milis dan apa yang akan Anda kirim.

2. Kembangkan milis Anda

Setelah Anda tahu siapa yang ingin Anda jangkau, Anda dapat mulai membangun milis Anda. Jika Anda mencoba menjangkau pelanggan saat ini, Anda dapat menggunakan alamat yang sudah Anda miliki.

Jika Anda ingin mengirim surat langsung ke audiens baru, Anda dapat menyewa daftar berdasarkan kriteria Anda dari pialang daftar surat. Anda juga dapat menyewa milis dari perusahaan telepon, universitas, perusahaan kartu kredit atau majalah.

Anda harus memilih di mana Anda mendapatkan daftar berdasarkan audiens yang ingin Anda jangkau.

3. Teliti desain apa yang ditanggapi audiens Anda

Anda harus memahami apa yang ingin dilihat audiens target Anda dalam kampanye direct email marketing. Setiap audiens target mencari kata kunci, skema warna, dan jenis surat yang berbeda.

Anda juga harus mempertimbangkan produk atau layanan yang Anda ingin mereka beli karena ini dapat mempengaruhi warna dan gaya yang ingin Anda gunakan.

Misalnya, Anda dapat menggunakan font yang lebih formal jika Anda menawarkan layanan hukum, tetapi Anda mungkin ingin menggunakan warna primer dan huruf besar jika Anda menjual mainan anak-anak.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Customer Journey Map yang Efektif?

4. Rancang direct email marketing yang mudah diingat dan menarik

Pemasaran langsung sangat dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat mengirim surat yang akan terhubung secara emosional dengan audiens Anda. Anda dapat menggunakan metode tradisional mengirim surat dan kupon surat untuk mengundang pelanggan Anda ke toko Anda.

Anda juga dapat memilih opsi yang lebih tidak biasa, seperti bentuk origami atau kode teka-teki. Semakin banyak audiens Anda berinteraksi dengan surat langsung Anda, semakin sukses kampanye Anda.

5. Kirim direct email marketing Anda

Anda dapat mengirim pemasaran langsung melalui kantor pos, dan ada banyak layanan yang membantu Anda mengatur surat. Layanan ini akan membantu mengotomatiskan kampanye surat Anda sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan Anda seefisien mungkin.

Layanan ekspedisi dengan harga murah juga membantu Anda menghemat ongkos kirim dengan menemukan diskon dan memastikan label surat Anda memenuhi standar untuk setiap opsi.

Anda bisa mendapatkan diskon ongkos kirim ketika Anda mengatur materi Anda untuk kantor pos. Anda dapat mengurutkan surat Anda sebelumnya, mengatur perangko Anda dengan kode ZIP dan mengatur label surat untuk memenuhi standar otomatisasi kantor pos.

Pertanyaan Terkait Direct Mail Marketing

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang kampanye pemasaran direct mail marketing:

Bagaimana cara menentukan biaya direct mail marketing?

Kampanye pengiriman pesan secara langsung mencakup biaya untuk menyewa milis, merancang surat, mencetak surat langsung dan perangko. Anda dapat menentukan harga setiap segmen secara individual atau Anda dapat menyewa perusahaan direct mail yang bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi untuk mengelola kampanye Anda dengan satu tagihan.

Perusahaan direct mail akan memberi Anda daftar terperinci tentang tarif mereka dan akan membantu Anda menentukan jenis kampanye apa yang terbaik untuk sasaran dan anggaran Anda.

Baca juga: 8 Cara dalam Membuat Strategi Social Media Marketing yang Sukses

Apakah semua kampanye pemasaran langsung berfokus pada audiens yang sempit?

Anda tidak perlu memfokuskan kampanye email Anda pada audiens yang sempit. Anda dapat menggunakan daftar saturasi, yang akan menjangkau semua orang dalam kode pos atau rute surat tertentu.

Jenis kampanye ini baik untuk bisnis yang menawarkan barang dan jasa yang dibutuhkan banyak orang, seperti jasa keuangan, bahan makanan, atau restoran. Anda akan menggunakan demografi luas untuk memutuskan kode pos mana yang paling cocok untuk kampanye Anda.

Bagaimana saya bisa menjaga agar biaya direct mail marketing saya tetap rendah?

Ada beberapa opsi untuk menjaga agar biaya pemasaran direct mail Anda tetap rendah. Anda dapat menggunakan milis saturasi, yang dikirimkan ke seluruh kode pos atau rute pos daripada demografis yang sangat bertarget. Anda dapat menyertakan surat langsung Anda dalam format surat bersama, seperti selebaran kupon.

Ini tidak akan dapat disesuaikan seperti surat yang berdiri sendiri, dan Anda akan berbagi surat dengan bisnis lain. Anda juga dapat menyelesaikan sebagian besar pekerjaan pos persiapan saat Anda menyiapkan label surat sehingga Anda bisa mendapatkan diskon dari kantor pos.

Kesimpulan

Itulah pembahaasan lengkap mengenai direct email marketing dan tips dalam mengembangkan direct email marketing yang optimal. Jika proses pemasaran Anda sudah berjalan mulus, pastikan Anda juga mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda dengan benar, baik itu penjualan atau pembelian.

Hindari proses manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan yang akan mengakibatkan kerugian pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan digunakan oleh lebih dari 370 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 2 banner bawah