Apa itu Facebook Pixel? Ini Serangkaian Kode yang Berguna untuk Marketer!
Facebook Pixel adalah salah satu alat paling baik agar iklan yang dipasang secara online bisa tepat pada target yang tepat. Dewasa ini, Facebook Pixel adalah tools yang juga banyak digunakan oleh para marketer.
Nah, jika Anda ingin mengetahui apa itu Facebook Pixel, fungsi, dan cara membuatnya, ayo baca artikel ini hingga selesai.
Daftar Isi
Apa itu Facebook Pixel?
Jadi, Facebook Pixel adalah kumpulan kode yang bisa dipasang di dalam situs website Anda. Dengan adanya kode pixel ini, Anda bisa melacak konversi yang berasal dari Facebook Ads, melakukan optimasi iklan digital, dan menciptakan audiens secara tepat.
Selain itu, Anda juga bisa menargetkan ulang mereka yang sudah pernah melakukan interaksi dengan situs website Anda. Kode yang digunakan oleh Facebook Pixel adalah cookie. Cookie bisa melacak setiap pengunjung situs, sehingga setiap pengiklanan bisa lebih sesuai.
Kode pixel ini juga sangat berguna untuk melacak setiap perilaku pengguna atau audiens saat kembali mengunjungi situs website Anda.
Dilansir dari laman Shopify, Facebook Pixel adalah kode yang mampu melacak pageview, penambahan barang ke keranjang, sroll depth, pembelian, durasi waktu yang dihabiskan oleh audiens di situs website Anda, dan masih banyak lagi.
Dengan menggunakan tools ini, pemasangan iklan secara online yang Anda lakukan akan lebih efektif dan juga relevan, sehingga iklan produk Anda akan tampil pada mereka yang tepat berdasarkan data yang diperoleh.
Baca juga: Google Display Network (GDN): Cara Melipat Gandakan Keuntungan Bisnis
Manfaat Menggunakan Facebook Pixel
Setelah kita mengetahui bersama tentang Facebook Pixel, maka kita juga harus mengetahui manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh Facebook Pixel.
Terdapat banyak sekali alasan kenapa Anda harus sesegera mungkin menggunakan tools, terutama bila Anda memang ingin meningkatkan awareness dan juga konversi yang sangat banyak.
Fungsi utama Facebook Pixel adalah menghimpun informasi penting yang bisa Anda maksimalkan untuk keperluan iklan Anda. Berbagai informasi tersebut akan membuat Anda mengetahui siapa saja pengunjung website yang memang benar-benar tertarik dengan brand yang Anda iklankan.
Nah hasilnya, iklan Anda di Facebook Ads akan menjadi lebih efisien dan juga lebih efektif. ROI Anda di website tentunya juga akan lebih memuaskan.
Berbagai manfaat lainnya dari Facebook Pixel adalah sebagai berikut ini:
1. Untuk Melakukan Retargeting
Anda akan lebih mudah untuk melakukan retargeting ataupun target ulang dengan mendaftar dan juga memasang tools ini di website. Secara khusus, pengguna atau audiens yang sebelumnya sudah pernah melakukan interaksi di website juga akan kembali melihat iklan yang akan Anda tawarkan.
Selain itu, iklan Anda juga nantinya akan bisa ditampilkan ke pengguna lainnya dengan melakukan berbagai hal di bawah ini.
- Add to Cart : adalah ketika audiens menambahkan barang atau produk yang Anda tawarkan di website Anda ke keranjang belanjaan mereka.
- Purchase : suatu proses pembelian barang dan produk yang Anda tawarkan
- Sign Up : adalah ketikan pengguna melakukan pendaftaran dan memasukan data diri mereka ke website Anda.
- Add to wishlist: Adalah ketika pengguna melakukan penambahan barang ke keranjang ataupun wishlist mereka
- Mengakses ataupun membuka halaman yang Anda tentukan di website
- Melakukan subscribe newsletter di website Anda
- Complete registration
- Menambahkan info pembayaran produk
- Menggunakan fitur pencarian di website Anda.
Jadi pada intinya, seluruh perilaku yang dihasilkan pengguna akan bisa selalu direkam dan dikumpulkan agar bisa memperoleh informasi penting untuk kebutuhan retargeting.
2. Membuat Lookalike Audience
Facebook Pixel akan membantu Anda untuk bisa membuat Lookalike Audience dari para pengguna yang pernah melakukan interaksi di website, seperti melakukan sign up, subscribe, dan juga perilaku lainnya.
Dengan adanya lookalike audience ini, maka Anda bisa menemukan target baru yang memang mirip dengan target audiens Anda. Contohnya Anda ingin membuat lookalike dengan berdasarkan pengunjung website yang sebelumnya sudah berlangganan email ataupun newsletter.
Nah, dengan menggunakan tools ini, maka Anda akan lebih mudah lagi untuk melakukan pelacakan dan juga pencarian audience dengan kriteria ataupun perilaku yang sesuai dengan pengguna tersebut.
3. Mengoptimasi Konversi yang Spesifik
Facebook Pixel juga akan membantu Anda untuk melakukan konversi pada audiens di website secara lebih spesifik. Contohnya saja seperti melalui sign up, email subscription, lead magnet, dan juga newsletter subscription. Dengan adanya tool ini, maka Anda bisa menghitung biaya cost per lead, cost per conversion, cost per landing page views, dan masih banyak lagi.
4. Mengoptimalkan Value Facebook Ads
Facebook Pixel juga akan membantu Anda untuk bisa memaksimalkan value dari Facebook Ads itu sendiri dan juga memperoleh audiens yang memiliki potensi besar untuk menjadi buyer.
Jadi, nantinya tools ini juga akan menghimpun berbagai data dari pembeli dan juga jumlah yang akan para pembeli tersebut belanjakan. Artinya, Anda bisa mengetahui konsumen mana saja yang memang sudah melakukan pembelian dalam jumlah yang besar, dan Anda bisa menampilkan iklan Anda hanya pada mereka.
Cara Membuat dan Menggunakan Facebook Pixel
1. Buat Pixel
Tahap awal yang harus Anda lakukan dalam membuat Facebook Pixel adalah dengan membuka Facebook Events Manager. Lalu, silahkan klik ikon hamburger (≡) yang terletak di bagian pojok kiri atas, lalu pilihlah pixels.
Setelah itu, maka Anda akan ditampilkan oleh pop-up window yang akan menampilkan keuntungan atau benefit dalam menggunakan Facebook Pixel. Klik tombol berwarna hijau yang memiliki tulisan Create a Pixel atau buat pixel.
Setelah berhasil klik tombol tersebut, silahkan masukan data untuk membuat Facebook Pixel Anda. Nantinya, Facebook akan meminta Anda untuk melakukan input nama pixel dan juga URL situs Anda.
Isi setiap kolom yang disediakan sesuai dengan keinginan Anda, lalu klik tombol create atau buat yang berada di pojok kanan berwarna biru.
Nama pixel yang Anda masukan harus bisa menggambarkan bisnis Anda secara baik. Bila Anda memang ingin membuat lebih dari satu pixel untuk satu iklan, maka hal ini bisa Anda atur dengan menggunakan Facebook Business Manager.
2. Tambahkan Kode Pixel Ke Situs
Jika pixel sudah Anda buat, maka saatnya bagi Anda untuk menambahkannya ke situs Anda agar bisa segera bekerja dalam menghimpun berbagai informasi. dalam hal ini, Anda harus menginstal beberapa kode di halaman website Anda, tergantung pada situs platform yang Anda gunakan.
Tools ini akan menyediakan tiga pilihan utama, yakni menggunakan integration atau tag manager, instalasi dengan kode secara manual, atau mengirim email instruksi instalasi ke tim developer.
Opsi kedua adalah opsi yang paling rumit. Bila Anda ingin menginstalnya sendiri, maka setidaknya Anda harus memahami kode HTML.
Setelah berhasil menambahkan kode di situs web, maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan automatic advanced matching.
Automatic advanced matching adalah suatu cara yang dilakukan oleh Facebook Pixel dalam melacak setiap konversi secara lebih akurat, dan menghimpun audiens yang lebih banyak sesuai dengan produk ataupun bisnis Anda.
Agar bisa mengecek apakah kode yang Anda instal sudah aktif, maka Anda bisa memasukan situs URL Anda dan klik send test traffic. Jika Facebook Pixel memang sudah melacak kegiatannya, maka klik continue agar bisa melanjutkan.
3. Lacak Event yang Tepat
Event adalah suatu elemen ataupun mereka yang ingin Anda lacak dengan menggunakan fitur Facebook Pixel. Terdapat setidaknya 17 event standar yang bisa Anda pilih, yakni lead, registrasi, penambahan informasi pembayaran, penambahan barang ke keranjang, dan penambahan barang ke wishlist.
Selain itu ada juga checkout, pencarian, melihat konten, mengontak bisnis, kustomisasi produk, donasi, mencari lokasi, membuat jadwal, mencoba trial, melakukan aplikasi, dan berlangganan.
4. Pastikan Facebook Pixel aktif
Walaupun Anda sudah memastikan test traffic terlacak oleh Facebook Pixel Anda, namun Anda harus memastikan lagi bahwa tools ini mampu melacak pengguna secara tepat. Hal ini bisa Anda lakukan dengan menginstal plugin Facebook Pixel helper di browser Google Chrome Anda.
5. Buat Pemberitahuan di Website
Peraturan yang terdapat di Facebook dan hukum akan mewajibkan Anda untuk memberitahu pengunjung situs bahwa penghimpunan data akan dilakukan. Hal ini tentunya hanya bisa Anda lakukan bila pengunjung sudah menyetujuinya.
Baca juga: 6 Instagram Analytic Terbaik Tahun 2021 yang Harus Anda Coba
Penutup
Demikianlah penjelasan dari kami tentang Facebook Pixel yang sangat bermanfaat untuk digital marketing bisnis Anda. Fungsinya pun sudah kita jabarkan secara lengkap di atas.
Namun, Anda harus bisa membuat anggaran pemasaran Anda dengan baik agar periklanan yang Anda lakukan di Facebook Ads bisa semakin maksimal. Jangan lupa juga untuk mencatat setiap pengeluaran Anda di laporan arus kas.
Bila Anda tidak memiliki waktu untuk mencatat laporan arus kas, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.
Software akuntansi ini mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan akuntansi secara otomatis, cepat dan tepat. Selain itu, software akuntansi ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan bisnis dengan adanya fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, pembukuan, dan masih banyak lagi.
Penasaran? Silahkan coba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.