8 Cara Meningkatkan Pertumbuhan Organik pada Bisnis

Pertumbuhan organik atau organic growth merupakan faktor keberhasilan penting untuk setiap organisasi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan melalui upaya internal, sehingga mengurangi biaya overhead dan kompleksitas manajemen.

Memahami pertumbuhan organik dapat membantu organisasi Anda mencapai target pendapatan dan kinerjanya tanpa bantuan eksternal.

Pada artikel ini, kita membahas apa itu pertumbuhan organik, pentingnya dan bagaimana meningkatkannya untuk mencapai tujuan bisnis.

Apa itu Pertumbuhan Organik?

Pertumbuhan organik adalah strategi bisnis yang berupaya meningkatkan pertumbuhan dari upaya internal perusahaan. Ini adalah metrik kinerja penting yang membuktikan bahwa organisasi dapat meningkatkan pendapatan, pendapatan, basis pelanggan, dan pangsa pasarnya melalui manajemen yang efisien dan praktik terbaik industri.

Pertumbuhan organik membutuhkan penggunaan keahlian, kemampuan, keterampilan, pengalaman, dan visibilitas merek yang efektif dan efisien. Itu tergantung pada kemampuan organisasi untuk memperluas bisnisnya dengan pelanggan yang sudah ada dan menambah klien baru. Pertumbuhan organik mencerminkan kualitas kepemimpinan dan komitmen perusahaan terhadap tujuan pembangunan jangka panjang.

Pertumbuhan organik berbeda dari pertumbuhan anorganik, yang bergantung pada merger dan akuisisi, pengambilalihan, dan strategi lain yang meningkatkan aset, likuiditas, dan kewajiban perusahaan. Agar pertumbuhan organik terjadi, ekspansi harus datang dari dalam bisnis perusahaan yang sudah ada. Perusahaan yang sukses mengejar pertumbuhan organik dengan berbagai strategi dan memiliki kemampuan yang luas untuk mencapai tujuan strategis.

Mengapa Pertumbuhan Organik Penting?

Pertumbuhan organik merupakan faktor penentu keberhasilan karena memotivasi organisasi untuk memperoleh keterampilan dan keahlian yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnisnya dari dalam. Ini dapat diterjemahkan ke dalam berbagai manfaat, termasuk:

Peningkatan output

Karena pertumbuhan organik memerlukan penggunaan sumber daya yang tersedia untuk menumbuhkan bisnis, perusahaan yang menggunakan strategi ini harus meningkatkan output untuk memenuhi beragam permintaan pelanggan mereka. Untuk meningkatkan output, organisasi perlu mengidentifikasi pasar sasaran yang bersedia membayar untuk produk dan layanan mereka.

Perluasan basis pelanggan

Organic growth membutuhkan perluasan basis pelanggan perusahaan. Organisasi yang mengejar strategi ini akan meningkatkan bisnisnya dengan pelanggan yang sudah ada. Ini juga akan menciptakan taktik promosi dan pemasaran yang lebih baik untuk menjangkau lebih banyak prospek dan mengubahnya menjadi klien yang membeli. Hal ini meningkatkan visibilitas merek perusahaan dan meningkatkan kemampuannya untuk memenuhi dan melampaui target pendapatan dan laba.

Pengembangan produk dan layanan baru

Basis pelanggan yang berkembang berarti pengembangan produk dan layanan yang lebih gesit untuk melayani kebutuhan unik segmen pasar tertentu dengan lebih baik. Tujuan pertumbuhan organik membantu organisasi meningkatkan upaya penelitian dan pengembangan mereka, memahami kebutuhan pelanggan mereka dan menciptakan produk dan layanan yang memecahkan masalah pasar.

Meningkatkan kepercayaan investor

Pertumbuhan organik yang berkelanjutan dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap kemampuan perusahaan untuk memberikan pertumbuhan dan memenuhi harapan pemegang saham. Organisasi yang dapat menggunakan sumber daya untuk memenuhi tujuan bisnis sering kali menarik investor dan menikmati nilai pasar saham yang lebih tinggi.

Baca juga: Marketing Campaign: Pengertian, Cara Membuat dan Contohnya

Cara Meningkatkan Pertumbuhan Organik

Menghasilkan pertumbuhan organik memerlukan penggunaan sumber daya dan modal produktif yang tersedia secara efisien, manajemen yang baik, dan pemahaman mendalam tentang pelanggan dan industri Anda. Berikut adalah delapan strategi yang telah terbukti untuk meningkatkan pertumbuhan organik perusahaan Anda:

1. Kenali pelanggan Anda

Strategi penting untuk meningkatkan pertumbuhan organik adalah dengan meneliti dan memahami klien ideal Anda. Memiliki pemahaman yang jelas tentang pasar Anda membuatnya lebih mudah untuk membuat keputusan yang tepat selama pengembangan produk dan layanan. Upaya pemasaran Anda juga akan lebih efektif karena Anda dapat memfokuskan kampanye Anda pada preferensi dan kebutuhan pelanggan sasaran.

Informasi yang Anda hasilkan dari riset klien dapat membantu Anda menyusun pesan merek yang relevan dan meningkatkan posisi pasar Anda. Ini dapat membantu Anda memanfaatkan celah dalam upaya pemasaran pesaing Anda, mengembangkan penawaran produk dan layanan bernilai tinggi, dan menciptakan rencana penjualan yang kuat yang mengatasi masalah utama pasar yang tersedia.

2. Tentukan target pasar Anda

Meningkatkan pertumbuhan secara organik membutuhkan identifikasi target pasar dan fokus pada ceruk yang paling mungkin untuk membeli bisnis Anda. Menjual produk dan layanan Anda ke setiap pasar dapat membuang sumber daya pemasaran dan penjualan.

Pendekatan yang lebih efektif adalah memfokuskan upaya pemasaran Anda pada segmen target pasar di mana bisnis Anda memiliki catatan keberhasilan. Menargetkan orang-orang dalam kelompok demografis atau minat yang sama dengan klien yang ada dapat meningkatkan basis pelanggan dan pendapatan Anda.

Mengarahkan upaya pemasaran di ceruk pasar dapat membantu Anda menciptakan produk dan layanan berbeda yang paling baik melayani preferensi pelanggan yang berbeda. Anda juga akan dapat merancang kampanye pemasaran yang lebih spesifik dan melibatkan setiap segmen pembeli pada platform yang tepat untuk meningkatkan komunikasi dan mendapatkan umpan balik yang dapat ditindaklanjuti untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

3. Buat citra merek yang unik

Cara yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan organik adalah dengan membedakan suara dan citra merek perusahaan Anda dari pesaing. Pembeda merek yang unik membedakan bisnis Anda dari pesaing melalui produk, layanan, fitur, atau manfaat yang berbeda.

Citra unik memungkinkan perusahaan Anda mengembangkan suara merek berbeda yang menyoroti nilai yang hanya dapat diperoleh klien dari perusahaan Anda. Ini dapat menempatkan Anda di depan persaingan dan meningkatkan pangsa pasar Anda, meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Agar pembeda merek Anda memberikan peningkatan pertumbuhan organik, itu harus faktual, dapat dibuktikan, dan relevan dengan target pasar. Pesan Anda akan memberikan bukti yang dapat diverifikasi tentang nilai yang akan diperoleh pelanggan dari produk atau layanan Anda. Ini juga akan menunjukkan bagaimana keahlian Anda memecahkan masalah klien dan fitur lain yang menjadikan Anda solusi terbaik untuk tantangan mereka.

Baca juga: 20 Taktik Pemasaran yang Bisa Anda Gunakan Untuk Meningkatkan Profit

4. Berinvestasi dalam aktivitas yang memiliki keuntungan tinggi

Salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan organik adalah dengan mengalokasikan kembali sumber daya dari berbagai aspek bisnis ke aktivitas yang  memberikan pengembalian lebih tinggi. Ini dapat melibatkan investasi di pabrik yang lebih besar untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang diterima secara luas di antara pelanggan.

Perusahaan juga dapat mengalihkan sumber daya dari pemasaran tradisional ke periklanan digital untuk menargetkan pelanggannya dengan lebih baik di jaringan media sosial pilihan mereka. Agar strategi ini menghasilkan hasil yang positif, organisasi perlu menganalisis operasinya dan mengidentifikasi operasi yang akan memberikan hasil yang lebih baik dengan peningkatan investasi.

5. Buat penawaran baru

Strategi lain yang efektif untuk meningkatkan organic growth adalah dengan menciptakan produk, layanan, atau model bisnis baru. Ini membutuhkan pemahaman mendalam tentang pasar sasaran perusahaan, kebutuhan, preferensi, dan minat mereka. Data dari riset klien akan membantu mengidentifikasi berbagai segmen pasar yang menggunakan produk perusahaan dan kesenjangan dalam harapan pelanggan.

Anda dapat menggunakan masukan ini untuk merancang dan mengembangkan produk dan layanan yang ditingkatkan yang memenuhi kebutuhan unik segmen pelanggan tertentu, mendapatkan lebih banyak pembeli, dan meningkatkan pendapatan.

Pertumbuhan organik juga bisa datang dari model bisnis baru. Perbaikan teknologi dan perilaku konsumen memberikan lebih banyak cara untuk melayani pasar. Cobalah untuk mengidentifikasi atau membuat model bisnis baru dan mendapatkan pangsa pasar yang signifikan sebelum kompetisi.

6. Tingkatkan kinerja

Jika Anda telah mengidentifikasi basis pelanggan Anda dan mengembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan dan harapan mereka, peningkatan kinerja juga dapat menghasilkan pertumbuhan organik.

Perusahaan dapat menghidupkan kembali strategi penjualannya untuk meningkatkan bisnis yang berulang dan memperoleh pangsa pasar yang lebih tinggi di wilayah lain. Anda juga dapat membuat sistem penetapan harga baru yang lebih sesuai dengan kebiasaan belanja pelanggan, status keuangan, dan periode hidup.

Pertumbuhan organik juga bisa datang dari memikirkan kembali strategi pemasaran Anda. Ini dapat melibatkan pemotongan sumber daya dari metode pemasaran klasik dan pengeluaran lebih banyak untuk iklan digital yang memungkinkan Anda menargetkan kelompok pelanggan tertentu dengan tepat.

7. Buat KPI

Mengukur KPI merupakan aspek penting dari pertumbuhan organik. Aktivitas ini memungkinkan Anda mengidentifikasi kampanye, produk, layanan, dan model bisnis yang berhasil dan berkinerja buruk. Anda dapat menskalakan penawaran berkinerja tinggi dan menghentikan atau menyesuaikan penawaran lain untuk meningkatkan hasil.

Fungsi utama metrik kinerja adalah analisis data. Anda perlu tahu cara mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk menilai kesehatan perusahaan Anda. Organisasi juga harus mampu menganalisis data dan menarik wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang akan meningkatkan pengambilan keputusan dan pencapaian tujuan bisnis.

8. Identifikasi kekuatan inti Anda.

Sebuah perusahaan dapat menggunakan satu jalur atau beberapa strategi untuk mencapai pertumbuhan organik. Beberapa industri memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan ekspansi internal dengan realokasi sumber daya, penciptaan penawaran baru dan peningkatan kinerja.

Orang lain mungkin hanya memilih satu metode untuk mendorong pertumbuhan organik. Untuk menciptakan pertumbuhan berkelanjutan dari dalam, identifikasi kekuatan terbaik organisasi Anda dan terus tingkatkan hingga Anda menjadi pemimpin pasar.

Baca juga: 41 Istilah Dalam Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Contoh pertumbuhan organik

Pertumbuhan organik dapat dihasilkan dari aktivitas investasi perusahaan, upaya penciptaan, dan metrik kinerja. Berikut adalah contoh pertumbuhan organik:

Investasi:

Peningkatan 10% dalam investasi dalam upaya penelitian dan pengembangan pada paruh kedua tahun fiskal perusahaan adalah contoh pertumbuhan organik. Perusahaan akan sering memberikan alasan untuk membenarkan alokasi lebih banyak sumber daya ke sebuah divisi. Ini juga akan memberikan perincian tentang bagaimana investasi telah membantu organisasi bergerak lebih dekat ke tujuannya.

Upaya penciptaan:

Contoh lain dari pertumbuhan organik adalah pengembangan produk baru. Sebuah perusahaan di industri makanan dapat menciptakan pertumbuhan organik dengan memproduksi berbagai jenis pengganti daging vegan untuk memasuki pasar yang berkembang untuk alternatif protein hewani nabati. Ini akan memberikan angka tentang pertumbuhan basis pelanggan dan pendapatan melalui produk baru.

Peningkatan kinerja:

Peningkatan 25% dalam penjualan online adalah contoh pertumbuhan organik jika perusahaan mencapai prestasi ini melalui upaya internal.

Baca juga: ATL, BTL, & TTL Marketing: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai pertumbuhan organik atau organic growth dan cara meningkatkannya dalam bisnis. Pastikan Anda memantau pertumbuhan bisnis Anda dengan cermat melalui data keuangan usaha. Data keuangan adalah data penting sebagai indikator perkembangan bisnis Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan mendapatkan keuaangan yang praktis, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi bisnis Anda.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap, harga terjangkau, dan cocok untuk semua jenis bisnis. Dengan menggunakan Accurate Online, Anda bisa dengan mudah membuat laporan keuangan, memantau kesehatan finansial dan melakukan proses pencatatan transaksi dimanapun dan kapanpun Anda mau.

Tertarik? Anda bisa menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan