20 Taktik Pemasaran yang Bisa Anda Gunakan Untuk Meningkatkan Profit

Taktik pemasaran membantu Anda menjalankan strategi mempromosikan produk Anda dan mendorong kesadaran merek yang terhubung dengan audiens target Anda. Rencana strategis yang Anda tetapkan untuk strategi pemasaran Anda harus memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang memperluas organisasi Anda. Oleh karena itu, Anda harus memiliki taktik yang digariskan, sehingga Anda memiliki visibilitas untuk melacak kemajuan penyelesaian strategi Anda.

Pada artikel ini, kita berbicara tentang apa itu taktik pemasaran, mana yang berhasil dan memberikan contoh taktik pemasaran yang dapat membantu meningkatkan kinerja kampanye pemasaran dan meningkatkan profit bisnisAnda.

Apa itu Taktik Pemasaran?

Taktik pemasaran adalah teknik berbeda yang digunakan untuk memasarkan produk atau layanan Anda kepada audiens yang kemungkinan besar akan membeli dari perusahaan Anda.

Taktik ini meningkatkan peluang pelanggan membeli dari Anda di masa mendatang, mengingat Anda telah membangun hubungan yang stabil dengan mereka melalui beberapa pembelian dan interaksi.

Agar taktik pemasaran menjadi efektif, itu perlu ditargetkan ke pasar yang tepat, yang membutuhkan riset pelanggan yang komprehensif. Jika Anda mengetahui audiens target Anda, pastikan untuk menggunakan taktik pemasaran yang berpusat di sekitar layanan pelanggan untuk mengidentifikasi tuntutan apa yang perlu Anda penuhi dalam pasar itu.

Contoh Taktik Pemasaran

Anda dapat menggunakan berbagai taktik pemasaran untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan bagi bisnis Anda. Sebelum membuat taktik pemasaran, buatlah analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats) untuk melihat mana yang bisa berhasil dan menarik perhatian calon pelanggan.

Lihatlah daftar 20 taktik pemasaran ini yang dapat digunakan untuk beresonansi dengan audiens target Anda:

1. Pay-per-click

Pay-per-click atau PPC, adalah cara untuk mengiklankan produk Anda dengan membayar mesin pencari untuk setiap kali prospek mengklik konten merek Anda. Iklan dapat muncul di bagian atas hasil mesin pencari, tetapi itu tergantung pada kata kunci yang berperingkat tinggi sesua yang Anda targetkan,  jadi Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan taktik tambahan untuk meningkatkan hasil pencarian Anda dan meminta lebih banyak pembelian dari prospek.

2. Influencer

Influencer adalah seseorang yang memberikan umpan balik positif tentang produk dan layanan Anda, yang dapat memengaruhi persepsi pengguna lain yang Anda targetkan.

Selebriti dapat menjadi pemberi pengaruh yang kuat jika mereka selaras dengan audiens target Anda dan dapat menghasilkan lebih banyak penjualan. Anda dapat menjadikan influencer sebagai titik fokus upaya pemasaran Anda di halaman web, iklan, dan email Anda kepada pelanggan, sehingga meningkatkan loyalitas merek.

3. Testimonial

Testimoni mirip dengan influencer karena mereka juga memberikan umpan balik positif pada produk dan layanan Anda. Namun, perbedaannya adalah testimonial harus dari pengguna sebelumnya.

Ini bisa lebih berharga karena mereka dapat memberikan lebih banyak detail di berbagai platform tentang bagaimana produk Anda memengaruhi mereka dan mengapa itu dapat membantu orang lain. Testimonial juga dapat diposting di situs web Anda, selain disertakan dengan signage dan posting media sosial.

4. Studi kasus

Studi kasus menjelaskan pengalaman pengguna dengan produk Anda dan bagaimana produk tersebut memecahkan masalah yang mereka hadapi. Video adalah saluran media yang paling tepat karena Anda dapat menggabungkan visual dan teks untuk menjelaskan cerita mereka secara menyeluruh.

5. Referensi

Referensi adalah pesan yang Anda berikan kepada pelanggan yang memotivasi mereka untuk merujuk Anda, dan sebagai hasilnya mereka akan mendapatkan hadiah. Anda harus membangun pengikut fanatik untuk mendukung keberhasilan pendekatan ini dan mengatur diri Anda untuk bekerja dengan merek yang lebih besar yang mengenali potensi Anda.

6. Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah ketika Anda memberi kompensasi kepada influencer untuk mendukung merek atau produk Anda di platform digital. Ini mirip dengan referensi dan testimonial, tetapi Anda membayar influencer untuk setiap kali mereka mendukung produk Anda.

Misalnya, pembawa acara podcast dapat mempromosikan merek Anda di acara mereka dan mendapatkan bayaran untuk setiap kali mereka melakukannya.

7. Crowdsourcing

Crowdsourcing adalah proses brainstorming konsep baru dengan pelanggan setia untuk menghasilkan konten baru yang menarik bagi audiens target Anda. Anda dapat meminta penelepon di podcast Anda atau tamu dari webinar memberikan pendapat mereka tentang konten tambahan yang dapat Anda gunakan dalam kampanye pemasaran di masa mendatang.

8. Engagement

Engagement atau keterlibatan mengacu pada percakapan terencana yang Anda lakukan dengan audiens target Anda. Tujuannya adalah untuk memupuk hubungan jangka panjang dengan pelanggan untuk menarik mereka melakukan pembelian terus menerus.

Umumnya, anggota staf dari departemen pemasaran Anda dapat berinteraksi dengan prospek di media sosial, blog, atau hasil survei yang diposting di situs web Anda.

9. Events

Events atau acara adalah interaksi langsung yang dimiliki merek Anda dengan audiens target Anda. Acara memberi mereka paparan nyata terhadap bisnis Anda dengan meminta mereka menggunakan produk Anda di forum terbuka. Ini dapat terjadi secara langsung atau melalui sarana digital melalui konferensi atau webinar.

10. Live streaming

Live streaming adalah rekaman juru bicara atau pembawa acara perusahaan Anda yang membagikan informasi langsung tentang topik industri yang relevan. Setelah rekaman selesai, itu diposting ke situs web Anda dan saluran media sosial untuk didengarkan oleh publik.

Ini bisa datang dalam bentuk podcast streaming langsung di saluran media sosial, tetapi podcast harus sering dilakukan untuk menciptakan basis penggemar setia di belakang merek Anda.

11. Otomatisasi

Otomatisasi pemasaran adalah proses mendistribusikan konten ke audiens target Anda yang disesuaikan dengan minat mereka dan situs web yang mereka kunjungi.

Perusahaan menggunakan perangkat lunak untuk mengotomatiskan proses tertentu seperti menerbitkan konten dan email, sehingga Anda dapat meningkatkan arus keluar dan jangkauan konten Anda. Pastikan Anda menargetkan penerima yang benar dan tetap waspada saat memperbarui informasi tentang prospek Anda.

12. Kurasi konten

Kurasi konten adalah saat Anda mengumpulkan konten menggunakan sumber eksternal yang dapat dibagikan dengan audiens target Anda. Konten biasanya berkaitan dengan satu topik, seperti dampak media sosial atau daftar lagu-lagu top tahun 90-an. Anda perlu  menggunakan sumber yang kredibel untuk menunjukkan di mana Anda menemukan informasi Anda jika Anda perlu mempresentasikannya kepada manajer atau klien Anda.

13. Sindikasi konten

Sindikasi konten adalah publikasi konten yang Anda izinkan digunakan oleh perusahaan dan organisasi lain untuk keuntungan mereka. Artikel dan video dapat bersumber dari jaringan berita untuk membicarakan topik tertentu.

14. SEO

Optimisasi mesin pencari adalah tindakan membuat konten dan metode web, sehingga konten Anda dapat ditemukan di mesin pencari. Prosedur ini juga membantu pelanggan dalam menemukan perusahaan Anda dan belajar lebih banyak tentangnya untuk melihat bagaimana produk Anda berarti bagi mereka.

15. Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat dapat digunakan sebagai taktik pemasaran untuk menjangkau wartawan untuk melihat apakah mereka tertarik untuk menulis tentang organisasi Anda.

Ini dimaksudkan untuk mengumpulkan liputan positif yang dapat memberi Anda kredibilitas pihak ketiga, yang dapat menarik audiens target Anda. Rilis berita dan kit media terdiri dari beberapa contoh yang mengemas informasi yang layak diberitakan dan menghemat waktu mereka, sehingga mereka dapat menerbitkan berita dengan cepat dan efisien.

16. Blog

Blog berisi berbagai bentuk media untuk berinteraksi dengan audiens target Anda dan meminta pelanggan untuk melakukan ajakan bertindak Anda. Disarankan agar Anda memiliki audio atau video di atas konten tertulis, sehingga mereka dapat diinvestasikan dalam pesan yang Anda coba gambarkan. Infografis juga merupakan tambahan yang bagus jika Anda memiliki statistik yang patut diperhatikan untuk melengkapi konten Anda.

Baca juga: 12 Tips Untuk Membuat Blog Anda Sukses

17. Media sosial

Media sosial berkaitan dengan forum online yang berkomunikasi dan berbagi informasi terkait dengan berita terkini. Perusahaan Anda harus aktif terlibat di media sosial untuk berbicara dengan prospek, bergabung dalam percakapan industri, dan berbagi wawasan baru yang membawa nilai bagi publik. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk menggunakan kembali konten yang awalnya diposting di situs web Anda.

18. Email marketing

Email adalah teknik utama untuk meminta pelanggan Anda bertindak berdasarkan pesan yang ditampilkan dalam konten. Email dapat datang dalam bentuk posting blog yang menautkan kembali ke situs web Anda untuk mengirimkan informasi kontak Anda atau dapat menautkan ke survei tentang produk yang baru saja Anda beli.

19. Sponsor

Sponsor dapat serupa dengan pemasaran afiliasi, tetapi perbedaannya adalah bahwa perusahaan Anda membayar orang lain untuk mewakili diri mereka sendiri di acara yang Anda selenggarakan. Mereka dapat meja dan mempromosikan produk mereka di acara Anda, tetapi mereka juga mendiskusikan kemitraan mereka dengan organisasi Anda.

20. Survei

Survei adalah mekanisme pembuatan prospek yang memberikan umpan balik langsung tentang pengalaman yang mereka miliki dengan merek Anda dan penggunaan produk Anda. Anda dapat meminta survei melalui email setelah mereka mengisi formulir kontak di situs web Anda.

Kesmpulan

Itulah pembahasan lengkap dan contoh taktik pemasaran yang berguna bagi jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang melakukan kampanye pemasaran melalui media digital atau konvensional. Hal penting lainnya yang perlu dalam membangun bisnis selain proses pemasaran adalah proses perencanaan keuangan untuk pengembangan bisnis.

Pastikan Anda menggunakan software akuntansi terbaik untuk proses pembukuan dan pengelolaan data keuangan bisnis yang lebih baik. Salah satu software akuntansi yang bisa Anda gunakan adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 350 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 3 banner bawah