41 Istilah Dalam Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Dalam hal  digital marketing, ada istilah khusus yang harus diketahui oleh setiap pemasar. Bahkan jika Anda tidak dalam kegiatan pemasaran, istilah ini dapat membantu Anda memahami analisis penjualan dan bagaimana Anda dapat menjangkau konsumen Anda.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan 41 istilah dalam digital marketing yang akan membantu untuk memahami setiap proses pemasaran digital secara keseluruhan.

Istilah Dalam Digital Marketing yang Harus Anda Tahu

Daftar berikut mencakup beberapa istilah pemasaran yang paling umum dan artinya:

1. A/B Testing

Analis pemasaran menggunakan AB testing untuk melihat opsi mana yang berfungsi lebih baik dalam kampanye. Sering digunakan dalam kampanye email, tim pemasaran dapat menguji variasi baris subjek untuk melihat mana yang membuat lebih banyak orang membuka atau menghapus email sebelum membaca.

2. Analisis

Bukan hanya digunakan dalam istilah digital marketing, analitik digunakan untuk menemukan tren saat ini dalam suatu industri dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis Anda. B

iasanya ada grafik dan bagan yang menunjukkan titik data berbeda untuk membandingkan industri, produk, layanan, dan jenis data lainnya yang membantu tim pemasaran menentukan bagaimana mereka dapat membelanjakan anggaran iklan secara strategis di tahun mendatang.

3. Business to business

Ditulis sebagai B2B, business-to-business berarti perusahaan yang menjual ke perusahaan lain. Misalnya, sebuah firma arsitektur yang mengkhususkan diri pada bangunan komersial menjual layanannya kepada penyewa di ruang bangunan tersebut.

4. Business to consumer

Pemasar sering menulis B2C ketika menggambarkan perusahaan yang menjual kepada konsumen individu. Misalnya, sebagian besar toko ritel adalah B2C karena mereka menjual produk mereka langsung ke pelanggan untuk dikonsumsi.

5. Blogging bisnis

Blogging bisnis digunakan untuk menjangkau audiens tertentu secara online. Dengan menggunakan kata kunci tertentu yang mungkin digunakan konsumen untuk mencari bisnis yang menyediakan produk atau layanan tertentu, pemasar mencoba mengarahkan lalu lintas online ke blog bisnis mereka untuk melakukan penjualan baru.

6. Bounce rate

Ada dua jenis rasio pentalan atau bounce rate. Tingkat bouncing situs web mengacu pada persentase orang yang masuk ke situs web Anda tetapi tidak mengklik atau menavigasi ke area lain dari situs web.

Ini berarti bahwa mereka tidak melihat apa yang mereka cari dalam beberapa detik pertama, sehingga mereka pergi dan tidak menjadi pelanggan. Jenis lain dari rasio pentalan mengacu pada email. Tingkat bouncing email berarti email yang dikirim tidak dapat dikirimkan ke penerima.

7. Buyer persona

Pemasar mengembangkan buyer persona berdasarkan riset dan data. Persona ini adalah konsumen tipikal atau ideal yang akan menggunakan produk atau layanan Anda. Ini membantu pemasar mengembangkan strategi untuk mencapai target pasar.

8. Call to action

Call to action atau ajakan bertindak adalah tautan, gambar, atau tombol yang memikat calon konsumen untuk membeli, berlangganan, atau melakukan tindakan lain yang mengubah pengunjung situs web Anda menjadi prospek penjualan. Beberapa contoh CTA termasuk “berlangganan sekarang” atau “unduh laporan gratis Anda”.

9. Rasio klik-tayang

Rasio klik-tayang adalah persentase pengunjung ke situs web Anda yang berpindah dari satu area situs web Anda ke yang lain. Konsumen ini mengklik berbagai area situs web Anda, biasanya berdasarkan kampanye pemasaran strategis yang membantu memandu pengunjung ke area spesifik tersebut.

10. Closed-loop marketing

Jenis pemasaran ini mencakup pelaksanaan dan pelacakan upaya pemasaran dan mampu menunjukkan bagaimana hal itu memengaruhi pertumbuhan bisnis atau penjualan. Perusahaan menggunakan ini untuk menentukan apakah investasi pemasaran mereka berhasil dan membantu memandu strategi pemasaran ke depan.

11. Konten

Konten adalah apa yang ada di situs web Anda, posting media sosial, blog, video, podcast, atau cara lain yang Anda gunakan untuk menjangkau konsumen. Bisnis menggunakan konten sebagai cara untuk terlibat dengan konsumen mereka dengan maksud agar informasi dibagikan dengan pelanggan potensial lainnya.

12. Tingkat konversi

Tingkat konversi adalah persentase orang yang mengambil tindakan dari halaman arahan. Misalnya, jika Anda bermaksud membuat daftar kontak melalui tawaran laporan gratis dan 25 dari 100 orang memberi Anda informasi kontak mereka, maka tingkat konversi Anda adalah 25%.

13. Pengoptimalan tingkat konversi

Ini adalah proses menggunakan teknik pemasaran seperti desain web dan kampanye media sosial untuk meningkatkan tingkat konversi Anda.

14. Biaya per lead

Ini adalah jumlah yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan satu petunjuk. Ini adalah indikator yang baik apakah strategi pemasaran Anda efektif.

15. Manajemen hubungan pelanggan

Manajemen hubungan pelanggan mengacu pada bagaimana perusahaan melacak pelanggan mereka yang sudah ada dan potensial. Ada program perangkat lunak yang melacak informasi ini dan memberikan dukungan, seperti mengirim email, menjadwalkan janji temu, dan melacak setiap interaksi dengan pelanggan.

16. Kalender editorial

Kalender editorial adalah cara untuk menguraikan kapan konten tertentu harus dibuat dan ke mana harus pergi. Misalnya, pada hari Jumat setelah Thanksgiving, kalender editorial mungkin menampilkan konten yang diposting di media sosial serta email yang dikirim ke pelanggan untuk berbelanja di Black Friday untuk penawaran hebat.

17. Tingkat keterlibatan

Istilah tingkat keterlibatan dalam digital marketing digunakan di media sosial untuk menggambarkan interaksi pengguna dengan konten Anda. Suka, bagikan, dan komentar di pos media sosial Anda digunakan untuk mengukur bagaimana pengguna menerima konten Anda

18. Tagar

Hashtag atau tagar adalah kata kunci atau frasa yang memiliki # dan rangkaian kata tanpa spasi setelahnya. Hashtag digunakan di media sosial untuk memulai percakapan atau interaksi tentang konten tertentu. Pengguna kemudian dapat mengikuti tagar itu untuk melihat apa yang telah diposting dan dibagikan orang lain.

19. Inbound marketing

Pemasaran masuk melibatkan aktivitas pemasaran yang membawa calon pelanggan ke situs web Anda. Pemasar menggunakan minat pelanggan untuk mempublikasikan konten yang akan menarik pelanggan potensial ke situs web mereka dan mudah-mudahan mengubahnya menjadi pelanggan dari waktu ke waktu.

20. Infografis

Infografis adalah bagian dari konten visual yang digunakan untuk membuat konsep lebih mudah dipahami.

21. Key performance indicator

Key performance indicator (KPI) merupakan cara bagi perusahaan untuk mengukur aktivitas karyawan atau jenis aktivitas pemasaran yang dilakukan di pasar. KPI adalah cara bagi pemasar untuk melihat bagaimana kinerja mereka terhadap metrik standar industri dan bagaimana kemajuan mereka menuju tujuan mereka.

22. Kata Kunci

Kata kunci adalah kata atau frasa yang mungkin digunakan calon pelanggan untuk menelusuri situs web Anda. Mesin pencari mencari kata kunci ini untuk membawa situs web, posting, artikel berita, dan lainnya yang paling relevan ke bagian atas halaman pencarian.

23. Landing page

Landing page adalah tempat tautan masuk untuk menghasilkan prospek atau pelanggan potensial.

24. Prospek atau lead

Prospek adalah pelanggan potensial untuk bisnis Anda. Perusahaan menggunakan halaman arahan, ajakan bertindak, dan alat lain untuk menghasilkan arahan.

25. Lead nurturing

Lead nurturing adalah saat perusahaan mengembangkan serangkaian komunikasi untuk menghasilkan prospek dan membuat mereka tetap terlibat untuk mengubahnya menjadi pelanggan.

Melalui penggunaan email, pesan media sosial, atau saluran lainnya, perusahaan dapat memperoleh konten yang berharga bagi pelanggan potensial dan mengarahkan mereka melalui saluran penjualan untuk melakukan penjualan pada akhirnya dan semoga menjadi pelanggan yang kembali.

26. Tahap siklus hidup

Tahapan siklus hidup adalah tahapan berbeda yang dilalui calon pelanggan Anda. Tahapan ini dibagi menjadi kesadaran, evaluasi dan pembelian. Tahap Anda berada di dengan memimpin Anda akan menentukan jenis konten yang relevan untuk konsumen itu.

27. Otomatisasi pemasaran

Ini adalah platform, alat, dan analitik khusus yang digunakan untuk mengotomatiskan pemeliharaan prospek. Misalnya, jika Anda ingin menghasilkan prospek melalui halaman arahan Anda, platform atau alat apa pun yang Anda gunakan dapat memicu email tertentu untuk mengarah ke prospek itu. Bahkan mungkin diatur untuk mengirim email tindak lanjut dalam beberapa hari jika petunjuk itu tidak mengambil tindakan. Ini disebut otomatisasi pemasaran.

28. Pemasaran seluler

Ini adalah istilah digital marketing yang khusus terkait perangkat seluler, pemasar menggunakan strategi untuk berinteraksi dengan konsumen berdasarkan lokasi mereka untuk mempromosikan barang atau jasa tertentu kepada pengguna yang menelusuri dari ponsel cerdas mereka.

29. Pengoptimalan seluler

Desainer web menggunakan pengoptimalan seluler untuk memformat situs web perusahaan sehingga pengguna dapat dengan mudah menavigasi menggunakan perangkat seluler mereka. Pengoptimalan seluler dibangun di sebagian besar platform yang digunakan untuk mengelola situs web.

30. Net promoter score (NPS)

Menggunakan skala nol hingga 10, skor promotor bersih adalah metrik yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan pelanggan merekomendasikan perusahaan Anda kepada orang lain. Skor NPS membantu perusahaan menentukan cara mereka dapat meningkatkan produk atau layanan mereka.

31. Newsfeed

Newsfeed menunjukkan berita, posting, gambar, dan lainnya terbaru di beranda atau sumber online lainnya. Sebagian besar platform media sosial memiliki umpan berita.

32. Page view

Page view adalah satu halaman web yang dikunjungi pengguna di situs web Anda. Pemasar dapat menggunakan tampilan halaman untuk memahami halaman web mana yang lebih sering dilihat dan cara meningkatkan tampilan halaman pada halaman yang lebih jarang dilihat daripada halaman lain.

33. Pay-per-click

Pay-per-click adalah jenis iklan digital yang didasarkan pada pengguna unik yang mengklik iklan yang masuk ke situs web Anda. Perusahaan membayar perusahaan mesin pencari sehingga iklan untuk perusahaan mereka muncul di bagian atas pencarian kata kunci.

Melalui iklan PPC, perusahaan hanya akan membayar tarif tetap atau jumlah tawaran untuk setiap klik dari iklan ke situs webnya. PPC adalah cara yang bagus untuk menentukan seberapa efektif iklan dalam strategi pemasaran.

34. Qualified lead

Qualified lead atau prospek yang memenuhi syarat adalah calon pelanggan yang telah meminta informasi lebih lanjut tentang produk atau layanan perusahaan Anda.

35. Kode QR

Pemasar menggunakan kode QR untuk mengarahkan konsumen ke situs web mereka, langganan teks, formulir, atau alat pengumpulan informasi lainnya. Dengan menggunakan kode batang unik, pelanggan dapat menggunakan ponsel cerdas mereka untuk memindai kode melalui aplikasi atau kamera mereka dari iklan cetak.

36. Desain responsif

Desainer web menggunakan desain responsif untuk membuat situs web yang dapat beradaptasi dengan layar apa pun. Terlepas dari apakah konsumen menggunakan komputer, tablet, smartphone, atau perangkat tampilan lain, situs web akan dioptimalkan untuk layar tertentu. Alih-alih harus memiliki situs terpisah yang dioptimalkan untuk seluler, desain responsif akan beradaptasi dengan layar apa pun, memungkinkan pengguna untuk bernavigasi dengan mudah.

37. Return on investment

Return on investment atau ROI digunakan untuk mengetahui kinerja perusahaan berdasarkan investasi tertentu. Misalnya, jika perusahaan Anda menjalankan serangkaian iklan di berbagai platform, ROI menentukan berapa banyak penjualan yang Anda lakukan berdasarkan iklan tersebut.

Jika Anda mendapat untung dari iklan tersebut, maka Anda mendapatkan pengembalian atau pendapatan dari investasi Anda dalam periklanan.

38. Search engine optimization

Search engine optimization atau SEO berarti menggunakan kata kunci, frasa, judul, tag, tag gambar, tautan internal, dan lainnya yang spesifik untuk menyempurnakan situs web sehingga muncul di atau di dekat bagian atas hasil pencarian.

Baca juga: Apa itu Search Engine Marketing? Berikut Pengertian, Jenis dan Strateginya

39. Unique visitor

Pengunjung unik adalah seseorang yang belum pernah mengunjungi situs web Anda sebelumnya. Pengunjung unik yang terlibat dengan konten Anda dapat menjadi prospek yang berkualitas. Pemasar dapat menggunakan metrik dari pengunjung unik untuk menentukan seberapa efektif iklan tertentu dalam mendapatkan prospek potensial.

40. URL

Kependekan dari Uniform Resource Locator, URL adalah alamat unik yang mengarahkan ke situs web atau halaman web tertentu.

41. Pengalaman pengguna

Pengalaman pengguna, atau UX, adalah pertemuan keseluruhan pelanggan dengan bisnis tertentu. Perusahaan menggunakan UX sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan orang lain berdasarkan pengalaman hebat.

Kesimpulan

itulah pembahasan lengkap mengenai beberapa istilah dalam digital marketing yang akan berguna jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang berencana dalam memasarkan bisnis melalui kanal digital.

Hal lain yang diperlukan binis dalam melakukan proses pengelolaan bisnis yang lebih baik adalah dengan melakukan pembukuan untuk memastikan kondisi keuangan bisnis Anda berjalan optimal.

Untuk mempermudah proses tersebut, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online untuk proses pembukuan yang lebih baik.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudah digunakan dan sesuai dengan kebutuhan bisnis di Indonesia. Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate berhenti membuang waktu