Facebook Marketing: Ini Pengertian dan Strategi Ampuhnya

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa facebook adalah salah satu media sosial populer dengan pengguna yang sangat banyak. Untuk dunia bisnis, potensi tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan produknya. Dalam zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, Facebook Marketing sudah menjelma menjadi suatu strategi pemasaran yang wajib, khususnya untuk bisnis online.

Lalu, apa itu Facebook Marketing? apa kelebihan dari Facebook Marketing? bagaimana strategi ampuh dalam menjalankannya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang Facebook Marketing ini hingga selesai.

Apa itu Facebook Marketing?

Jadi, Facebook Marketing adalah berbagai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan akun Facebook untuk bisa memasarkan produk dan menjalin komunikasi yang intens dengan para konsumen.

Facebook Marketing adalah salah satu bagian dari inbound marketing, yakni suatu strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan cara menarik perhatian konsumen menggunakan beragam informasi produk yang unik.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sangat besar. Platform ini bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi ataupun untuk tujuan bisnis, seperti untuk membantu kegiatan promosi.

Bahkan, beberapa perusahaan besar seperti Microsoft pun memanfaatkan Facebook sebagai salah satu cara untuk memasarkan produk mereka.

Selain itu, Facebook Marketing adalah sosial media marketing yang memiliki potensi tinggi. Kenapa? karena pengguna Facebook sangat besar dan terus meningkat setiap harinya. Dilansir dari laman Perusahaan Facebook, mereka sudah berhasil memiliki pengguna hingga 2 miliar banyaknya.

Dalam segi fitur, Facebook menyediakan banyak sekali fitur yang berguna untuk kegiatan pemasaran. Salah satunya adalah fitur posting terjadwal atau scheduled post. Fitur ini akan membantu Anda dalam membagikan konten produk pada jam-jam tertentu saat audiens Anda sedang online.

Selain itu, ada juga Facebook 360. Dengan adanya fitur ini, setiap postingan Anda akan terlihat lebih menarik dengan foto, ilustrasi ataupun video panorama yang sifatnya lebih interaktif.  Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur iklan dari Facebook yang di sebut dengan Facebook Ads.

Baca juga: Facebook Live Streaming: Pengertian Dan Pentingnya Untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

Kelebihan Facebook Marketing

Bila Anda masih ragu untuk menggunakan Facebook Marketing, maka kami akan lebih meyakinkan Anda dengan menjelaskan beberapa kelebihan dari Facebook Marketing di bawah ini.

1. Kemudahan Penggunaan

Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sangat ramah pengguna. Facebook Marketing mampu menawarkan kemudahan untuk setiap penggunanya.

Untuk mulai melakukan pemasaran lewat Facebook, Anda bisa terlebih dahulu membuat Facebook Page. Facebook page adalah suatu halaman publik Facebook yang dibuat secara khusus untuk brand terkenal, selebriti, bisnis, dan juga organisasi.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Anda cukup masuk saja ke link Facebook Page, lalu tentukan kategori bisnis Anda, dan lengkapi berbagai informasi profil yang dibutuhkan.

2. Jangkauan Audiens yang Luas

Dengan menggunakan Facebook Marketing, proses pemasaran Anda akan mampu memberikan hasil yang lebih baik. Kenapa? karena tingkat jangkauan audiens di dalamnya yang lebih luas.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Alexa, Facebook adalah salah satu situs yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet dari berbagai belahan dunia. dengan jangkauan audiens yang luas ini, maka target pemasaran Anda akan lebih mudah untuk dicapai.

Selain itu, laman resmi napoleoncat  pun menjelaskan bahwa lebih dari setengah penduduk Indonesia saat ini adalah pengguna Facebook aktif. Itu artinya, bila Anda menargetkan konsumen Indonesia sebagai sasaran pasar bisnis Anda, maka memanfaatkan Facebook adalah pilihan yang tepat.

3. Menciptakan Brand Awareness

Sebagai salah satu platform media sosial yang terkenal, Facebook mampu membantu Anda dalam membangun brand awareness produk secara baik. Namun, tentunya harus Anda iringi dengan strategi yang tepat. Misalnya dengan membuat konten menarik untuk target audiens Anda. Bila target audiens Anda adalah anak mudah, maka buatlah postingan yang menarik untuk mereka.

Strategi Ampuh dalam Melakukan Facebook Marketing

1. Mulai dengan Tujuan yang Jelas

Suatu proses kegiatan pemasaran harus bisa diawali dengan membuat tujuan yang jelas, termasuk dalam menjalankan Facebook Marketing. Hal ini nantinya akan mempermudah Anda dalam mengukur tingkat keberhasilan pemasaran Anda.

Berdasarkan laman SproutSocial sebanyak hampir 80% tujuan dari Facebook Marketing adalah untuk membangun brand awareness. Selain itu, tujuan lain Facebook Marketing adalah untuk meningkatkan engagement (65%), traffic website (54%), dan meningkatkan konversi (30%).

Bila Anda masih kesulitan untuk menentukan tujuan, Anda bisa memulainya dengan melemparkan survey ke pelanggan Anda sebagai langkah awal yang ideal. Jadi, nantinya Anda akan mendapatkan gambaran strategi yang tepat untuk dijalankan.

JIka produk atau brand Anda sudah berhasil dikenal oleh masyarakat, maka selanjutnya Anda bisa mulai menggunakan Facebook Marketing untuk meningkatkan engagement bisnis.

2. Kenali Target Pasar Anda

Langkah selanjutnya dalam menjalankan Facebook Marketing adalah mengenali target pasar Anda. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan anggaran iklan sampai menentukan jenis konten yang tepat untuk di posting. Dalam menentukan target pasar, Anda harus memulainya dengan melakukan riset, membangun buyer persona, dan lanjut dengan menentukan brand positioning yang ingin Anda buat.

Facebook Marketing mampu memberikan kemudahan pada Anda dalam menentukan target pasar. Bila Anda menggunakan Facebook Ads, maka Anda bisa menggunakan fitur custom audience. Di dalamnya, Anda bisa membuat target audiens yang lebih detail dengan berdasarkan data pelanggan yang sudah dimiliki, pengunjung website, dll.

3. Buatlah Konten yang Menarik

Cara ini berlaku dalam setiap postingan Facebook Page atau ketika Anda beriklan dengan menggunakan Facebook Ads. Dalam hal format gambar, usahakanlah untuk tidak memposting gambar berupa teks saja. Lengkapilah dengan foto serta video.

Laman resmi Wordstream melaporkan bahwa penggunaan video untuk kegiatan promosi mampu menarik 46% konsumen dalam melakukan pembelian produk atau berlangganan jasa layanan.

Dalam hal ide, terdapat banyak sekali jenis konten yang bisa Anda ciptakan. Anda bisa membuat tata cara penggunaan produk, pembaruan fitur produk, sampai testimoni dari konsumen. Anda juga bisa membuat sebuah konten yang ringan namun mampu menggambarkan bisnis Anda.

4. Jadwalkan Posting Konten dengan Baik

Membuat jadwal posting konten memiliki peran penting dalam menentukan kapan suatu postingan harus di publish dan tingkat intensitasnya.

Terlalu sering melakukan posting hanya akan memberikan lebih sedikit waktu bagi Anda untuk membuat konten. Sehingga, kualitas konten berpotensi kurang maksimal dan akan memberikan kesan yang kurang baik untuk audiens. Sebaliknya, terlalu lama melakukan update posting juga akan menurunkan engagement follower Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa waktu ideal untuk setiap bisnis dalam melakukan posting sangat berbeda, tergantung pada target audiensnya. Tapi, Sproutsocial mengeluarkan data yang menunjukkan bahwa waktu posting konten yang ideal secara global adalah dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

5. Aktif Menjalin Komunikasi dengan Audiens

Membangun channel komunikasi yang baik dengan audiens adalah salah satu tujuan utama dari Facebook Marketing. Untuk itu, usahakanlah untuk melakukan komunikasi dengan para konsumen secara baik. Itu artinya, Anda tidak boleh hanya fokus dalam membuat konten saja. Anda juga harus menjawab setiap komentar dari audiens.

Dengan begitu, maka kegiatan komunikasi akan terjalin secara dua arah. Semakin sering Anda melakukan diskusi dengan audiens di kolom komentar dan menyebut nama bisnis Anda secara personal, maka tingkat engagement Anda juga akan terbentuk dengan sendirinya.

6. Tentukan Budget yang Sesuai

Strategi selanjutnya dalam menjalankan Facebook Marketing adalah dengan menentukan budget iklan yang baik. Proses pembuatan suatu konten Facebook Marketing seringkali memerlukan biaya. Untuk pelaku bisnis kecil yang baru memulainya, disarankan untuk membuat konten yang gratis atau yang murah. Sehingga, anggaran bisnisnya bisa digunakan untuk kegiatan yang lain.

Di dalam Facebook Marketing, terdapat berbagai pilihan penggunaan anggaran biaya yang bisa Anda gunakan, mulai dari page like ads, boosted posts, sampai lead generation ads. Dengan menentukan budget, maka Anda akan lebih mudah dalam mengukur tingkat keberhasilan dalam kegiatan marketing Anda.

Baca juga: Facebook Shop: Cara Menggunakannya untuk WooCommerce Bagi Pemula

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Facebook Marketing. Jadi, Facebook Marketing adalah berbagai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan akun Facebook demi memasarkan produk dan menjalin komunikasi yang intens dengan para konsumen.

Anda bisa mengikuti ke enam strategi Facebook Marketing di atas untuk meningkatkan brand awareness Anda agar produk atau bisnis Anda bisa dikenal oleh audiens dan membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat setiap pemasukan ataupun pengeluaran bisnis Anda pada laporan arus kas secara tepat dan akurat. Karena, laporan keuangan inilah yang nantinya sangat Anda perlukan untuk menentukan keputusan bisnis di masa depan.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, maka gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, tepat, dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam menjalankan iklan di Facebook Marketing Anda saja.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakkan, manufaktur dan banyak fitur lainnya untuk mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!accurate 2 banner bawah