Facebook Live Streaming: Pengertian dan Pentingnya Untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

Saat kita berbicara tentang bisnis, media sosial Facebook memang kerap digunakan oleh berbagai brand untuk memperkenalkan produknya sekaligus melakukan interaksi dengan para audiens. Nah, salah satu fitur yang terdapat di dalam media sosial ini adalah Facebook Live Streaming.

Facebook Live Streaming adalah salah satu fitur yang memungkinkan para pengguna untuk bisa melakukan siaran video secara real-time. Pada mulanya, fitur ini dibuat hanya untuk kalangan artis ataupun kalangan tertentu saja. Tapi saat ini, fitur Facebook Live Streaming juga bisa digunakan oleh semua orang.

Apa itu Facebook Live Streaming?

Facebook Live Streaming adalah fitur streaming yang mana setiap penggunanya bisa melakukan live video secara langsung dengan menggunakan kamera smartphone atau dengan menggunakan perangkat laptop/komputer.

Tentunya hal ini akan sangat membantu para marketer dalam membangun hubungan dengan para audiensnya secara langsung. Sehingga, potensi dalam memperkenalkan ataupun menawarkan produk atau layanan jasanya menjadi sangat besar.

Selain itu, hal ini juga memungkinkan mereka untuk melakukan dan memperoleh angka penjualan secara real time. Namun, belum banyak dari mereka yang menggunakan fitur ini untuk memaksimalkan penjualannya. Bila Anda adalah salah satu dari mereka, maka ada baiknya untuk segera mempelajari fitur Facebook Live Streaming ini.

Baca juga: Facebook Shop: Cara Menggunakannya untuk WooCommerce Bagi Pemula

Mengapa Bisnis Membutuhkan Facebook Live Streaming ?

Bila dilihat secara statistik, Facebook Live Streaming terbilang cukup sukses. Berdasarkan data yang dilansir dari laman wired, video pada Facebook Live Streaming ditonton sebanyak 10 kali lebih banyak daripada video pada umumnya. Untuk itu, Anda harus segera memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

Facebook Live Streaming pada dasarnya mampu memberikan kesan yang mendalam pada para audiens. Nah, berikut ini adalah beberapa alasan lain kenapa Anda harus menggunakan fitur Facebook Live Streaming.

1. Menghubungkan Brand dengan Audiens

Fitur Facebook Live Streaming bisa Anda gunakan untuk melakukan interaksi secara langsung dengan para audiens. Sehingga, mereka akan merasa menjadi salah satu dari komunitas besar yang Anda bangun.

Selain itu, Fitur Facebook Live Streaming juga mampu memberikan dampak yang sangat besar dalam menciptakan engagement yang autentik secara real time.

Ketika Anda sedang live, maka para audiens bisa langsung melakukan permintaan, mengajukan pertanyaan, ataupun memberikan kritik serta sarannya secara langsung. Tentunya hal ini mampu memberikan insight yang baik terkait persepsi audiens pada brand Anda.

Untuk itu, cobalah untuk memberikan tanggapan yang tepat atas respon yang diberikan oleh audiens. Tujuannya adalah agar proses engagement bisa berjalan lebih efektif.

2. Tidak Membutuhkan Budget yang Besar

Anda tidak memerlukan budget dana yang terlalu besar untuk bisa langsung menikmati fitur Facebook Live Streaming. Anda hanya harus menggunakan smartphone dengan kualitas kamera yang baik. Tapi, hal ini tergantung pada konsep yang tengah Anda lakukan.

3. Time-Sensitive

Keunggulan lainnya dari fitur Facebook Live Streaming adalah mampu memberikan kesan darurat. Hal ini akan membuat para audiens untuk segera menonton agar tidak melewatkan informasi penting yang ingin Anda sampaikan pada mereka.

Selain itu, fitur ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan live video dan bisa Anda tampilkan di lain kesempatan. Sehingga, audiens yang belum sempat menonton siaran live Anda bisa menontonnya lagi di lain kesempatan. Tapi, suasananya tentu akan berbeda seperti menonton secara langsung.

4. Kemampuan untuk Memilih Audiens

Dengan menggunakan fitur Facebook Live Streaming , Anda diberikan kesempatan untuk memilih siapa saja audiens yang bisa menonton video live Anda. Sehingga, Anda bisa menargetkan segmen pasar tertentu dan membuat konten yang unik pada segmen tersebut.

5. Data yang Lengkap

Fitur Facebook Live Streaming akan menyediakan berbagai data yang Anda perlukan untuk mengetahui apakah siaran langsung yang Anda lakukan cukup efektif atau tidak.

Berbagai data tersebut mencakup total jumlah penonton, demografis audiens, rata-rata waktu menonton, komentar, dan berbagai hal lainnya. Berbagai data ini tentunya sangat berguna untuk melakukan pemetaan rencana branding di masa depan.

Cara Menggunakan Fitur Live Streaming Facebook

1. Klik Siaran Langsung

Silahkan Anda buka aplikasi Facebook pada smartphone atau perangkat laptop/komputer Anda. selanjutnya, klik siaran langsung yang terdapat pada beranda Facebook. Jangan lupa untuk memberikan akses izin video dan juga audio pada Facebook agar Anda bisa menikmati fitur tersebut.

2. Memilih Audiens

Tahap selanjutnya, Anda harus memilih audiens yang bisa melihat siaran langsung yang Anda lakukan. Entah itu untuk publik ataupun orang tertentu saja. Anda bisa memilih audiens dengan klik “to” terlebih dulu, lalu setelahnya tinggal pilih audiens yang Anda inginkan.

3. Tulis Deskripsi Live

Deskripsi adalah poin penting atas kegiatan siaran langsung yang Anda lakukan. Selain itu, deskripsi juga akan menentukan kegiatan live streaming Anda. untuk itu, cobalah untuk membuat deskripsi yang unik dan juga baik, sehingga akan membuat siapa saja untuk tertarik menonton live streaming Anda.

Pastikanlah untuk menggunakan teknik copywriting yang menarik dalam membuat deskripsi agar mampu menarik dan menarik audiens yang lebih banyak.

4. Tambahkan Tag Orang, Lokasi, dan Filter

Tambahkan juga tag untuk mereka yang berada di dalam live streaming Anda. Selain itu, penggunaan lokasi juga harus Anda pertimbangkan. Agar lebih baik lagi, Anda juga bisa menggunakan filter yang terdapat di dalam aplikasi Facebook Anda.

5. Klik Start Live Video

Bila seluruh poin di atas sudah Anda lakukan dengan baik, saat ini Anda bisa langsung memulai streaming bisnis Anda dengan cara klik “Start Live Video”. Anda sudah bisa memulai live dan melakukan interaksi dengan para audiens Anda secara langsung.

Jika sudah selesai, Anda bisa mendownload dan memposting video live streaming Anda di beranda akun facebook bisnis.

Tips Melakukan Facebook Live Streaming

Melakukan live streaming dengan cara yang tepat sangatlah penting. Tujuannya agar engagement bisnis Anda bisa meningkat secara maksimal. Selain itu, gunakanlah beberapa tips berikut ini agar kegiatan live streaming Anda berjalan dengan sukses.

1. Rencanakan dengan Baik

Agar kegiatan live streaming berjalan dengan lancar, susunlah rencana streaming dengan baik dari awal. Anda harus menentukan apa saja yang nantinya ingin Anda bahas serta bagaimana Anda akan memulai dan juga mengakhiri pembicaraan. Seluruh hal tersebut bisa Anda buah di dalam catatan kecil agar Anda bisa dengan mudah melihatnya.

2. Cek Koneksi Internet

Sebelum memulai kegiatan live streaming, jangan lupa untuk mengecek koneksi internet Anda terlebih dahulu. Pastikanlah koneksi internet Anda berjalan dengan stabil ketika siaran berjalan.

3. Perkenalkan Diri

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah memperkenalkan diri. Anda bisa menggunakan 1 hingga 2 menit pertama ini untuk melakukan perkenalan dan dilanjutkan dengan tujuan utama Anda melakukan acara live streaming tersebut.

4. Tak Perlu Takut Salah

Pastikanlah diri untuk tetap tenang dan nyaman walau ini adalah kegiatan live streaming pertama untuk bisnis Anda. Jangan pernah takut untuk salah atau kaku, karena hal ini akan membuat audiens Anda menjadi tidak nyaman. Buatlah diri senyaman dan setenang mungkin sampai acara live streaming Anda selesai.

5. Ajak Audiens Membagikan Video

Ajaklah audiens yang sedang menonton video Anda di halaman Facebook mereka. Hal ini akan membuat Anda memperoleh banyak pengunjung dan mendapatkan peluang dalam mencapai hasil yang lebih maksimal.

Baca juga: Facebook Pixel Adalah Serangkaian Kode yang Berguna untuk Marketer

Penutup

Anda bisa menggunakan fitur live streaming yang disediakan oleh facebook ini untuk menjangkau audiens yang lebih banyak. Terdapat banyak sekali keuntungan dan juga kemudahan yang bisa Anda peroleh dari fitur ini. untuk itu, gunakanlah fitur Facebook Live Streaming, saat ini juga untuk memperoleh angka penjualan yang banyak.

Setelah itu, jangan lupa untuk mencatat setiap keuntungan dari angka penjualan tersebut di dalam laporan keuangan Anda. nantinya, laporan keuangan ini bisa Anda gunakan untuk menentukan keputusan bisnis yang tepat dan mengetahui kondisi keuangan Anda pada saat ini.

Namun, kita tahu bahwa membuat laporan keuangan secara manual hanya akan membuang banyak waktu. Terlebih lagi bila ada kesalahan, waktu yang diperlukan untuk memperbaikinya akan lebih lama. Sehingga, waktu yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis jadi tersita.

Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online. Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja secara otomatis, cepat, dan mudah.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur persediaan, pembelian, penjualan, perpajakan, manufaktur, dan beragam fitur lainnya yang mampu memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. Dengan Accurate, bisnis jadi lebih mudah.

Penasaran? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.accurate1

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.