Facebook Shop: Cara Menggunakannya untuk WooCommerce Bagi Pemula

Bila Anda sudah mempunyai website online shop WooCommerce namun belum menggunakan platform lain untuk melakukan pemasaran, maka kami sarankan untuk memanfaatkan Facebook Shops.

Tampilan pada Facebook Shop sama seperti toko online pada umumnya. Setiap pelanggan bisa melakukan transaksi secara langsung di dalamnya. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda dalam mempromosikan dan juga menjual produk atau layanan jasa Anda.

Anda juga bisa menghubungkan website online shop WooCommerce Anda ke Facebook Shop secara langsung. Lalu, Anda bisa mengunggah katalog produk secara cepat.

Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat yang bisa Anda rasakan saat menggunakan platform ini, apa saja? Simak artikel tentang Facebook Shop ini hingga selesai.

Apa itu Facebook for WooCommerce?

Facebook for WooCommerce adalah salah satu plugin yang mampu mengintegrasikan website WooCommerce di halaman Facebook Shop Anda. Harus Anda garis bawahi bahwa Facebook Shop adalah salah satu fitur dari Facebook yang sudah diluncurkan sejak tahun 2016 lalu. Fitur ini akan memberikan kemudahan pada para pebisnis dalam menampilkan produk katalog di halaman Facebook.

Tentunya Facebook Shop mampu memberikan peluang besar untuk Anda yang ingin menjangkau target audiens di Facebook dengan cara yang mudah. Dilansir dari laman marketingdive, sebanyak 57% pelanggan mengatakan media sosial mampu memberikan pengaruh yang besar pada keputusan mereka dalam membeli produk.

Facebook Shops dengan tampilan seperti toko inilah yang menjadi keunggulan utamanya. Facebook Shop tidak hanya mampu menampilkan informasi seperti harga dan produk saja, tapi juga bisa langsung melakukan pembelian di halaman Facebook Shop secara mudah.

Namun, akan lebih baik lagi bila Anda mempunyai website online sendiri. Kenapa? karena Anda bisa mengarahkan setiap pelanggan dari Facebook Shops untuk langsung melakukan proses pembelian di website utama Anda. Sehingga, Anda bisa memperoleh data calon pembeli secara lengkap dan bisa secara leluasa melakukan remarketing agar bisa mempengaruhi mereka lagi.

Sekarang, dengan adanya plugin Facebook for WooCommerce, Anda tidak perlu lagi capek-capek mengunggah produk di Facebook Shop. Kenapa? karena plugin ini akan membantu Anda dalam mensinkronisasikan semua isi katalog produk dari website WooCommerce ke halaman Facebook Shop milik Anda.

Baca juga: Apa itu RSS Feed dan Bagaimana Cara Kerja RSS Feed?

Manfaat menggunakan Facebook for WooCommerce?

WooCommerce mampu memberikan fitur Facebook for WooCommerce agar bisa melakukan integrasi website dengan halaman Facebook Shop. Lalu, apa saja manfaat menggunakan Facebook for WooCommerce?

1. Tidak Repot untuk Uupload Katalog Produk

Dengan menggunakan fitur ini, Anda sudah tidak perlu lagi repot-repot mengunggah katalog produk di Facebook Shop. Seluruh produk dan kategori yang terdapat di halaman website WooCommerce Anda akan tampil secara otomatis di Facebook Shops.

Bila Anda melakukan perubahan di website, maka nantinya perubahaan tersebut pun akan tampil secara otomatis di halaman Facebook Shops. Contohnya, bila Anda melakukan update persediaan produk di website, maka info tersebut juga akan langsung tampil di Facebook Shops secara otomatis.

2. Gratis

Mempunyai toko online di Facebook dan juga website akan membantu Anda untuk mendapatkan penjualan yang banyak dengan tanpa mengeluarkan biaya investasi. Kenapa? karena Facebook for WooCommerce bisa Anda manfaatkan secara gratis.

Selain itu, layanan ini juga akan menambahkan Facebook Pixel di dalam website Anda. sehingga, Anda bisa melakukan pelacakan setiap pembelian, mengontrol kinerja Facebook Ads, mengetahui perilaku konsumen ANda, serta menargetkan audiens secara lebih spesifik di kampanye iklan Anda selanjutnya.

3. Mobile Friendly

Mobile friendly adalah keunggulan lain yang bisa Anda rasakan pada Facebook Shop. Fitur ini akan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan menyenangkan di seluruh device. Sehingga, setiap tampilan halamannya juga kan menyesuaikan berbagai ukuran layar device penggunanya, baik itu tablet, smartphone, atau laptop.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Menjaga kualitas hubungan dengan setiap pelanggan sangat penting untuk bisnis apapun. Khususnya bila eksistensi bisnis yang Anda jalankan sudah menyasar ke lebih dari satu jenis platform. Uniknya, Facebook diklaim sebagai salah satu platform yang ideal dalam mempererat hubungan bisnis dengan para konsumen.

Pasalnya, setiap postingan yang Anda unggah akan muncul akan memudahkan para konsumen untuk melakukan like, komentar dan juga membagikannya di platform lain.

Lebih dari itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur messenger melalui Facebook for WooCommerce ini. Sehingga, kolom chat messenger Anda nantinya akan tampil pada halaman utama website dan pada halaman Facebook Shop, para pelanggan pun akan lebih mudah dalam menjangkau Anda.

5. Mudah Menganalisa Data

Facebook mampu memberikan fitur Facebook insight agar Anda mampu memantau setiap kegiatan pelanggan yang sudah berkunjung ke halaman Facebook Shop Anda.

Beberapa data yang akan ditampilkan adalah jumlah like, share, klik, engagement, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya data ini, Anda akan mendapatkan banyak insight yang bernilai agar bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam membuat strategi pemasaran yang efektif. Seperti menargetkan waktu posting yang tepat, ataupun mengetahui jenis konten apa yang sangat disukai oleh para pelanggan.

Cara Menggunakan Facebook for WooCommerce

Mengintegrasikan Facebook Shops dengan website WooCommerce sebenarnya cukup mudah. Karena, seluruh prosesnya sudah difasilitasi lewat bantuan plugins.

Terdapat banyak sekali plugin Facebook for WooCommerce, seperti  Facebook for WooCommerce (By Facebook), Facebook for WooCommerce (By WooCommerce), StoreYa’s Shop to Facebook for WooCommerce atau WooCommerce to Facebook Shop.

Tapi pada kesempatan kali ini, kami akan memilih salah satu plugin saja, yakni plugin StoreYa’s Shop.  Berikut ini adalah caranya.

1. Membuat Facebook Page (Halaman Facebook)

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat Facebook page atau halaman Facebook adalah sebagai berikut:

  • Silahkan login di akun Facebook bisnis Anda.
  • Lalu klik option yang berada di pojok kanan atas layar, lalu pilih create page.
  • Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih salah satu jenis page yang ingin Anda buat. Terdapat suatu halaman untuk membuat local business, brand, organization, entertainment, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini akan kami pilih brand or product.
  • Selanjutnya, pilihlah kategori bisnis yang Anda miliki lalu tambahkan nama di sana. Dalam hal ini kami akan memilih nama My Shop dengan kategori Clothing.
  • Lalu, Anda bisa melengkapi berbagai jenis elemen di halaman Facebook page Anda seperti foto profil Anda, cover berbentuk foto atau video, mengisi halaman about, dll. Jika sudah, silahkan klik tombol save changes dan Facebook page lalu Anda sudah siap untuk menggunakannya.

2. Menginstall Facebook Shop for WooCommerce Plugin by StoreYa

Bila Anda memang sudah berhasil membuat Facebook Page, selanjutnya Anda bisa langsung menginstall plugin StoreYa. Berikut ini adalah caranya:

  • Silahkan login ke akun wordpress Anda
  • Lalu masuk ke halaman dashboard wordpress dan lanjut pilih plugins pada tampilan sidebar menu yang ada di bagian kiri lalu klik add new.
  • Di kolom search yang berada di sisi kanan atas, ketik keyword WooCommerce Shop to Facebook by StoreYa lalu klik activate
  • Bila sudah berhasil teraktivasi, nantinya tab plugin StoreYa Facebook Store akan secara otomatis tampil pada menu dashboard wordpress Anda.

3. Buat Akun di StoreYa

Jika sudah berhasil menginstall plugin wordpress, Anda harus membuat akun di StoreYa sebelum dihubungkan ke Facebook Shop.

  • Masuk ke halaman website StoreYA di http://www.storeya.com/
  • Klik pilihan Get Started Now.
  • Selanjutnya pilih sign up dengan menggunakan email atau login menggunakan akun Facebook bisnis Anda.
  • Jika sudah terdaftar dan sudah berhasil masuk ke halaman dashboard StoreYa, lalu klik pilihan Read More pada kategori Facebook Shop.
  • Klik pilihan Klik Get App Now.
  • Selanjutnya, pilihlah salah satu ecommerce platform yang bisa Anda gunakan. Dalam kesempatan kali ini kita akan pilih WordPress with WooCommerce.
  • Masuk ke halaman website WooCommerce Anda lalu pilih continue. Klik pilihan preview dan nantinya Anda akan menemukan suatu pop up yang bertulisan: “Please log in, and choose the Facebook fan page you wish to connect your store to.” Selantunya klik continue.
  • Silahkan pilih halaman Facebook page yang sebelumnya sudah Anda buat lalu klik add page tab.
  • Nantinya Anda akan dibawa masuk ke halaman dashboard StoreYa dan  akan memperoleh pesan yang artinya bahwa website Anda sudah berhasil terkoneksi dengan Facebook Shop Anda.
  • Bila sudah berhasil terhubung, maka secara otomatis katalog produk akan tampil di halaman Facebook Shop Anda, seperti gambar di bawah ini: facebookshop1

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

Penutup

Menjalankan bisnis di era digital seperti saat ini memang sudah menjadi kewajiban untuk menggunakan platform media sosial sebagai media promosi dan pemasaran. Facebook adalah salah satu platform media sosial yang sangat laris untuk melakukan kedua hal tersebut.

Kenapa? karena terdapat jutaan pengguna yang terus meningkat di setiap harinya, dan ada banyak sekali fitur yang terdapat di dalam Facebook. Salah satunya adalah Facebook Shops, yang memungkinkan Anda untuk mengunggah katalog produk dan informasi lengkap terkait produk Anda.

Untuk Anda yang sudah memiliki website WooCommerce, Anda bisa melakukan integrasi secara langsung ke Facebook Shop tanpa perlu mengunggahnya secara manual lagi. Cukup dengan menginstall plugin, maka seluruh produk Anda akan terupload secara otomatis di Facebook Shop, dan omset Anda pun akan meningkat.

Tapi, jangan lupa untuk mencatat setiap omset atau pemasukan tersebut di dalam laporan keuangan Anda secara rapi dan tepat, agar nantinya bisa Anda jadikan bahan dalam menentukan kebijakan bisnis dan mengetahui posisi keuangan Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam mencatat laporan keuangan, gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online. Software akuntansi ini akan membuat setiap kegiatan akuntansi menjadi lebih cepat dan mudah dilakukan. Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur lain, seperti fitur pembelian, penjualan, persediaan, perpajakan, manufaktur, dan fitur lainnya yang akan mempermudah Anda dalam mengelola bisnis.

Penasaran? Anda bisa mencobanya terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tombol tautan di bawah ini.

cinthya

Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.