Insight Instagram: Ini Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Hampir semua brand di era digital saat ini mempunyai akun media sosial, salah satunya platform Instagram. Instagram sendiri memiliki fitur yang bisa dibilang lengkap untuk kebutuhan kegiatan pemasaran, yaitu dengan tersedianya Insight Instagram.

Insight Instagram adalah suatu fitur yang mampu memberikan penjelasan tentang perkembangan post dan akun kita.

Dengan mengubah akun Instagram Anda menjadi business, Anda dapat memonitor strategi pemasaran dengan mudah melalui Insight Instagram. Berdasarkan jenis postingan feed maupun postingan story, Anda bisa menjangkau orang-orang demi melakukan promosi bisnis.

Bagaimanakah Insight Instagram dapat membantu Anda dalam menjalankan bisnis? Lantas, apa itu Insight Instagram? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang Insight Instagram pada artikel di bawah ini.

Apa itu Insight Instagram?

Perlu Anda pahami bahwa Insight Instagram adalah salah satu fitur yang tersedia di Instagram sebagai alat untuk menganalisis serta menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut, juga konten Anda.

Dengan adanya Insight Instagram, maka akan memudahkan Anda untuk membandingkan konten, mengukur kampanye (campaign), dan melihat bagaimana kinerja masing-masing postingan.

Fitur ini hanya tersedia untuk akun bisnis. Untuk bisa menggunakan fitur Insight Instagram ini, Anda harus merubah akun Anda dari personal menjadi akun bisnis.

Tak hanya itu, fitur ini akan menampilkan kumpulan data yang dapat dimanfaatkan untuk mengetahui informasi agar bisa digunakan dalam optimalisasi akun.

Data yang terdapat di dalam Insight Instagram tersebut berisi tentang berbagai informasi mengenai konten yang Anda posting, serta mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram Anda, serta mengetahui data diri (jenis kelamin, usia, dan geografi) followers.

Insight Instagram merupakan fitur bawaan Instagram yang disediakan secara cuma-cuma. Instagram Insight akan memberikan informasi dalam sebuah grafik mengenai performa strategi marketing yang Anda jalankan dan pengaruhnya terhadap pengikut (followers).

Hampir sama halnya dengan strategi bisnis secara offline, Anda pasti membutuhkan laporan yang berisi tentang analisis pencapaian sebelumnya dan perencanaan bisnis untuk kedepannya.

Informasi yang disediakan oleh Insight Instagram seperti apakah postingan feed atau story Anda bisa menarik followers baru? Apakah followers Anda tertarik untuk mengunjungi profil Anda?

Baca juga: Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

Fitur-fitur Insight Instagram

Setelah Anda mengetahui apa itu Insight Instagram, perlu Anda pahami juga bahwa Insight Instagram memiliki beberapa fitur, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Content

Menu pertama yaitu content. Pada menu content, Anda dapat menemukan informasi konten yang telah diunggah.

Content ini biasanya memuat informasi mengenai ada berapa banyak akun yang melihat postingan tersebut sejak diunggah. Tidak cuma itu, Anda dapat melihat informasi jumlah berapa orang yang sudah membagikan postingan feed atau story tersebut, serta berapa jumlah akun yang menyimpan postingan tersebut.

Pada menu content ini, terdapat pula informasi mengenai frekuensi postingan Anda dalam sepekan. Lalu, bisa Anda bandingkan frekuensi jumlah postingan dengan pekan sebelumnya.

2. Feed Post

D dalam fitur feed post akan menampilkan Insight konten Instagram Anda sejak diubah ke akun bisnis. Rentang waktu terjangkau dalam data ini diperkirakan mencapai dua tahun.

Sayangnya, Anda tidak dapat melihat Insight Instagram dari postingan yang diunggah saat menggunakan akun personal. Data yang ditampilkan biasanya akan diurutkan dari konten dengan performa paling baik ke paling buruk.

Bagusnya pada Insight Instagram, Anda dapat memfilter informasi tersebut berdasarkan foto, video, carousel, ataupun keseluruhan postingan. Sehingga, akan lebih mudah untuk menemukan informasi yang Anda ingin cari.

Feed Post juga akan menampilkan data-data yang lebih spesifik lagi seperti:

  • Comments atau jumlah komentar yang Anda terima
  • Follow atau jumlah pengguna yang mengikuti akun Anda setelah melihat postingan Anda
  • Like atau jumlah like Anda dapat dalam satu konten
  • Saved atau jumlah akun yang menyimpan postingan Anda
  • Engagement atau jumlah akumulasi dari like, komentar, serta menyimpan suatu postingan
  • Calls atau jumlah akun yang meng-klik tombol telepon di profil setelah melihat dalam postingan Anda
  • Emails atau jumlah akun yang menekan tombol email di profil setelah melihat postingan atau profil Anda
  • Get direction atau jumlah pengguna yang menekan tombol get direction setelah melihat isi konten Anda.
  • Impressions dan View merupakan jumlah penayangan konten Anda
  • Profile visit atau berapa kali profil Anda dikunjungi setelah melihat postingan Anda
  • Reach atau jumlah jangkauan seberapa banyak pengguna yang melihat postingan Anda
  • Texts atau jumlah para pengguna yang mengirim Anda SMS setelah melihat isi konten Anda
  • Website clicks atau banyaknya jumlah pengguna yang menekan tombol tautan link website di profil Anda setelah melihat postingan.

3. Stories

Setelah memahami feed, Insight Instagram tersedia pada Story yang Anda unggah. Bedanya dengan postingan feed, Insight yang ditampilkan pada Story hanya tersedia dalam jangka waktu 24 jam, 7 hari, dan 14 hari.

Detail Stories tidak berbeda jauh dengan Feed Post. Hanya saja ada beberapa detail yang berbeda seperti:

  • Back atau berapa kali pengunjung mengetuk layar untuk melihat kembali unggahan Story Anda
  • Exited atau jumlah klik sebelum pengguna meninggalkan story unggahan Anda
  • Forwards atau jumlah ketukan layar yang dilakukan pengguna untuk melihat story Anda selanjutnya
  • Link Opens atau berapa jumlah banyak link yang disematkan pada story tersebut dibuka
  • Next Story atau jumlah pengguna yang dapat langsung berpindah ke story akun lain
  • Replies atau jumlah balasan yang diterima dari story yang Anda unggah

4. Promotion

Sub-menu promotion ini dapat digunakan untuk melihat performa dari postingan feed atau story yang Anda iklankan. Tapi, detail data yang disajikan tidak sebanyak pada Feed Post atau stories.

  • Audience Demographic berisikan data gender, usia dan lokasi akses iklan tersebut dapat dilihat
  • Engagement yaitu akumulasi dari jumlah like, komentar, serta penyimpanan post pada postingan
  • Impression yaitu total jumlah penayangan konten tersebut
  • Reach yaitu seberapa banyak akun yang melihat postingan Anda
  • Profile Visit yaitu jumlah pengguna mengunjungi akun Anda setelah melihat postingan Anda.

5. Activity

Pada menu activity ini, Anda dapat melihat berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Anda. Kemudian, terdapat pula seputar informasi mengenai berapa akun yang telah dijangkau oleh postingan Anda. Pada activity ini juga terdapat dua sub-menu yaitu Interactions dan juga discovery.

6. Interactions

Sub-menu interactions ini dapat menampilkan jumlah interaksi yang dilakukan pengikut (followers) terhadap akun Instagram Anda dalam satu minggu. Disini Anda dapat membandingan data-data yang dikumpulkan dalam tujuh hari.

Fungsi Interactions yaitu agar Anda dapat mengetahui grafik engagement pada akun Anda. Contohnya, pada hari apa engagement paling tinggi? Mengapa engagement pada hari Rabu lebih rendah dibandingkan dengan hari Jumat?

Disini Anda juga dapat menemukan solusi meningkatkan konten Anda dan mengetahui waktu-waktu terbaik untuk mempromosikan sesuatu.

7. Discovery

Pada menu discovery, Anda dapat menampilkan performa akun dengan menggunakan matriks marketing yaitu reach dan impression. Fungsinya yaitu dapat melihat perbandingan antara jumlah pengunjung dan jumlah impresi.

Reach adalah jumlah akun yang mengunjungi atau melihat postingan Anda. Sedangkan Impression adalah jumlah berapa kalinya postingan Anda dilihat oleh audiens.

Contohnya, misalkan postingan Anda dilihat sebanyak 100 kali oleh akun A dan 200 kali oleh akun B. Jumlah total reach yang didapatkan yaitu 2, sedangkan impresinya mencapai 300 lebih. Data ini seolah-olah menunjukkan seberapa tertariknya pengguna lain dengan postingan Anda. Apabila angka impresi Anda tinggi, bisa dikatakan konten tersebut menarik juga membuat orang-orang melihatnya berulang kali.

8. Audience

Bagaimana cara mengetahui data followers untuk menyesuaikan konten? Anda Tidak perlu khawatir, Insight Instagram menyediakan informasi ini pada menu audience.

Sub-menu audience menampilkan jenis kelamin, usia, dan letak geografis followers Anda. Tak cuma itu, Anda juga dapat mengetahui rata-rata waktu followers Anda mengakses akun Instagram.

Data tersebut akan ditampilkan secara otomatis dalam info grafik. Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih detail, Anda cukup menekan grafik yang ingin Anda ketahui saja.

Informasi tersebut akan berguna bagi Anda dalam menyesuaikan konten berdasarkan followers. Pada audience ini, Anda dapat mencari topik yang relevan dengan rentang usia audiens, atau topik yang sedang hangat pada lokasi geografis audiens.

Manfaat Insight Instagram Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Insight Instagram dapat memberikan kita gambaran pada kondisi yang sebenarnya, sehingga Anda bisa melakukan analisis, evaluasi, serta perencanaan strategi marketing yang lebih matang ke depannya. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Insight Instagram.

1. Karakteristik Followers

Mengenal karakteristik followers Anda adalah hal paling krusial. Anda akan mengetahui jenis konten seperti apa yang paling disukai, produk apa yang cocok untuk dapat dijual, serta bagaimana strategi yang paling tepat.

Misalnya, jika audiens Anda adalah wanita, maka akan lebih baik jika Anda mendistribusikan lebih banyak konten-konten seputar wanita. Begitu juga sebaliknya.

2. Efektivitas Konten

Pada umumnya, tidak semua konten disukai oleh audiens. Maka dari itu, cobalah Anda memperhatikan konten-konten seperti apa yang dapat memiliki performa terbaik ataupun engagement paling tinggi.

Instagram dapat memberikan data yang sangat detail, sehingga kita bisa mengambil kebijakan tepat terkait konten-konten yang ada.

3. Sebagai Bahan Evaluasi Instagram Marketing

Dengan Insight Instagram, Anda bisa melakukan pengukuran efektivitas konten, dari mulai skala mingguan ataupun bulanan. Sehingga, Anda akan mengetahui sejauh mana target pemasaran yang telah dicapai. Jika hasilnya tidak memuaskan, artinya Anda harus melakukan evaluasi besar-besaran untuk mengetahui di mana letak kesalahannya.

Baca juga: Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Penutup

Itulah penjabaran lengkap tentang Insight Instagram, fitur-fiturnya serta manfaat dari Insight Instagram. Bisa disimpulkan bersama bahwa Insight Instagram sangat berguna untuk Anda, terutama pelaku bisnis untuk dapat mengembangkan bisnis melalui social media seperti Instagram Bisnis yang juga bisa diintegrasikan dengan Facebook Bisnis.

Perlu diketahui juga bahwa Instagram mulai mengembangkan sistem periklanan pada tahun 2015 lalu setelah diakuisisi oleh Facebook inc. Lalu, iklan Instagram dengan cepat berkembang serta dilirik sebagai tujuan untuk iklan.

Pengelolaan iklan Instagram dikelola dan dikaitkan dengan pengelolaan iklan Facebook, dengan begitu sangat memungkinkan membuat iklan di dua platform tersebut. Untuk pilihan jenis iklan, seperti Facebook, Instagram dapat menawarkan pilihan beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Jadi, sangat mudah bukan untuk menggunakan Insight Instagram? Yang terpenting adalah bila Anda pelaku bisnis, Anda harus mengelola keuangan dengan sangat baik.

Saat ini banyak pelaku bisnis yang mulai memanfaatkan software akuntansi yang terintegrasi dengan berbagai lini bisnis. Salah satu software akuntansi yang banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia adalah Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan, seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan lainnya, secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang mampu membuat berbagai lini industri bergerak lebih efisien dan efektif.

Anda bisa mencoba semua kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online tersebut dengan hanya klik banner di bawah ini.accurate 2 banner bawah