Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Instagram Reels adalah salah satu fitur terbaru dari Instagram yang sudah bisa dinikmati oleh para pengguna di Indonesia.

Sebenarnya, fitur baru ini sudah rilis di 50 negara lain sejak tanggal 5 Agustus 2020 lalu. Pada hari Rabu, tanggal 23 Juni 2021, fitur Instagram Reels ini akhirnya secara resmi rilis di Indonesia. Nah, apakah Anda sudah mencoba fitur terbaru dari Instagram ini?

Sejak awal diciptakan, yakni pada tanggal 6 Oktober 2010, aplikasi ini memang langsung memiliki tempat tersendiri di hari para pengguna media sosial di seluruh dunia. Dilansir dari laman statista di tanggal 18 Mei 2021, pengguna aktif Instagram di Indonesia sudah sebanyak 87,8 juta.

Untuk itu, tidak heran jika banyak pebisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media promosi online nya.

Fitur terbaru yang memiliki nama Reels ini juga mempunyai potensi yang sangat besar untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. bagaimana caranya? Yuk baca artikel tentang Instagram Reels ini hingga selesai.

Apa itu Instagram Reels?

Pada dasarnya, Instagram Reels adalah fitur terbaru yang dirilis oleh Instagram agar bisa membuat video secara menarik dengan durasi waktu yang sangat singkat.

Video Instagram Reels bisa dibuat dengan durasi waktu minimal 3 detik sampai 30 detik lamanya. Kehadiran fitur ini adalah suatu resolusi yang mampu memberi ruang secara eksklusif untuk video pendek. Dengan adanya fitur ini, maka video pendek Anda akan tampil di halaman feed dan juga lebih mudah untuk dijangkau banyak orang.

Selain itu, Instagram Reels video juga memiliki kesempatan untuk tampil di halaman Reels Explore Feed yang secara konsep sama dengan For Your Page (FYP) pada aplikasi TikTok.

Baca juga: Facebook Pixel Adalah Serangkaian Kode yang Berguna untuk Marketer

Instagram Reels untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Fitur Instagram Reels yang diklaim menjadi tren baru ini sudah jelas bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Instagram Reels memiliki peluang besar untuk dijadikan sebagai tempat dalam mengembangkan berbagai macam bisnis, bahkan untuk Anda yang baru mulai berbisnis dengan akun bisnis yang jumlah followersnya masih rendah.

Anda mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk bisa berkembang dan juga memperkenalkan brand bisnis Anda dengan cara membuat konten Instagram Reels yang menarik.

Terlebih lagi, Instagram Reels juga memiliki halaman insight yang bisa menjadi salah satu faktor pertimbangan Anda dalam membuat konten menarik selanjutnya.

Sampai dirilisnya aritkel ini, Instagram Reels tercatat sudah hadir di 80 negara di dunia. Sehingga, setiap pebisnis bisa mempromosikan bisnisnya di level internasional. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat Instagram Reels untuk para pebisnis.

1. Boost Post Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, postingan video Instagram Reels akan tampil pada halaman feed dan juga explore Instagram. Untuk itu, Anda bisa membuat suatu konten Reels yang menarik dan sesuai dengan tema Instagram ataupun bisnis yang Anda jalankan.

Konten menarik yang Anda ciptakan akan membuat banyak orang penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang bisnis yang Anda jalankan. Pada akhirnya, para pengguna Instagram pun akan mengunjungi halaman profil Anda dan melihat-lihat berbagai postingan lain Anda yang menarik.

Berangkat dari hal ini, insight Anda nantinya akan meningkat dan kemungkinan besar akan ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan pembelian dan juga menggunakan jasa layanan bisnis Anda.

2. Meningkatkan Follower

Akun Instagram Anda akan memperoleh traffic yang tinggi karena memperoleh eksposur dari halaman Instagram Reels explore. Jika Anda mampu menyuguhkan konten yang sangat menarik dan ekstraordinary, maka para audiens pun tidak akan ragu lagi untuk mengikuti akun Instagram Anda. Tujuannya adalah agar mereka bisa mengikuti konten yang berkualitas ataupun menunggu berbagai promo tertentu.

Dengan bertambahnya follower Instagram, maka bisa disimpulkan akan semakin banyak juga orang yang mengenal bisnis Anda. Bila target audiens sudah mengenal brand Anda dengan sangat baik, maka umumnya tingkat kepercayaan mereka pada brand Anda pun akan meningkat.

Ketika tingkat kepercayaan mereka sudah meningkat, maka mereka akan tertarik untuk melakukan pembelian ataupun menggunakan layanan jasa yang Anda tawarkan.

Cara ini sangat berguna, khususnya untuk Anda yang memang belum maksimal dalam memanfaatkan golden moment di Tiktok pada tahun 2020 lalu. Anda bisa memulainya dengan membuat suatu konten secara konsisten dan juga menarik agar audiens Instagram viewer tidak bosan dengan konten yang Anda tawarkan.

3. Alternatif dari Facebook Ads

Fitur Instagram Reels bisa Anda gunakan sebagai alternatif pengganti ataupun tambahan ketika menggunakan layanan Facebook Ads. Untuk para pebisnis yang sedang merintis dan juga belum memiliki biaya yang besar untuk beriklan di Facebook Ads, maka Anda bisa menggunakan fitur terbaru ini.

Ketika menggunakan Facebook Ads, maka Anda harus mengeluarkan uang setidaknya 20 ribu hingga 25 ribu rupiah setiap 1000 viewer iklan. Dengan menggunakan Instagram Reels, maka Anda bisa lebih mudah untuk memperoleh banyak viewer tanpa harus mengeluarkan uang dari anggaran bisnis Anda.

Terlebih lagi jika postingan Anda tampil di Reels Explore Page, maka dijamin Anda akan memperoleh puluhan ribu viewer secara cuma-cuma. Nah, bayangkan lah bila Anda bisa menggabungkan efek luar biasa dari Instagram Reels dengan Facebook Ads.

4. Media Kolaborasi Bisnis

Fitur terbaru dari Instagram ini juga sudah dilengkapi dengan tools “remix this video” yang akan membantu Anda dalam menjalankan kerjasama dengan mitra bisnis Anda. Misalnya, Anda adalah pebisnis konveksi. Nah, Anda bisa melakukan kerjasama dengan seseorang yang memang memiliki profesi sebagai ilustrator.

Video yang berisi proses produksi Anda dan juga mitra bisnis Anda mampu menghasilkan kaos menarik yang sudah tentu akan sangat keren.

Selain bisa digunakan sebagai media promosi produk, video ini juga akan memberi arti yang lebih dalam pada penonton, karena mereka mengetahui proses di balik layar dari suatu produk yang luar biasa bagusnya.

Hal tersebut akan meningkatkan traffic pengunjung profil Instagram Anda, dan tentunya calon konsumen Anda. Nah, bila Anda berbisnis sebagai seorang konten kreator, maka tentangnya tools ini memiliki manfaat yang sangat besar.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengang konten kreator lain ataupun merespon suatu video viral dengan menggunakan konsep duet.

Cara Mudah Menggunakan Instagram Reels

Cara untuk menggunakan Instagram Reels itu sangatlah mudah, Anda akan langsung menguasainya dalam sekali percobaan saja.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pembaruan aplikasi Instagram ke versi terbaru. Bila sudah, masuk ke halaman feed, dan pilih ikon Reels yang berada diantara ikon Shop dan Search.

Sedangkan bila Anda ingin membukanya pada halaman story, maka fitur Reels akan tersedia di antara fitur story dan fitur live.

Setelah berhasil masuk ke fitur Reels, maka Anda bisa memilih duras waktu maksimal video yang Anda ingin gunakan, 15 detik atau 30 detik.

Selanjutnya, Anda bisa memilih Effect, Audio, Layout dan berbagai hal lainnya secara bebas sesuai kebutuhan Anda. Lalu, agar bisa mulai merekam video Reels, Anda tinggal menekan tombol icon Reels secara terus menerus atau dengan menggunakan fitur timer hitung mundur di dalamnya.

Dalam tahap pengambilan video, Anda bisa melakukannya secara bertahap. Jadi, bisa dengan tidak langsung memenuhi durasi 15 detik atau 30 detik. Anda bisa merekam video selama 10 detik terlebih dahulu untuk berhenti. Lalu Anda bisa pindah posisi, ganti objek, atau menyisipkan foto lainnya.

Jika sudah siap, Anda tinggal menekan icon Reels untuk meneruskan proses perekaman video. Bila proses perekaman sudah selesai, maka klik pilihan preview untuk melihat hasil video Anda secara menyeluruh. Bila ada yang dirasa kurang puas, Anda tinggal kembali saja pada halaman sebelumnya.

Di tahap selanjutnya, Anda bisa menambahkan berbagai jenis doodle, sticker, atau teks sesuai dengan keinginan dan juga selera Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tingkat ketinggian volume audio, sampai menambahkan rekaman suara baru dengan menggunakan konsep voiceover.

Jika proses editing sudah selesai, maka selanjutnya Anda bisa tekan opsi next dan masuk ke halaman baru. Dalam halaman ini, Anda bisa menulis caption video, mengatur cover video Anda, menyisipkan tag, sampai memotong foto profil Anda.

Setelah itu, Anda tinggal pilih untuk langsung membagikan video atau menyimpannya terlebih dahulu di draft Anda. Video yang tersimpan di draft akan berada pada halaman profil dan Anda bisa edit video tersebut kapan saja di lain waktu.

Baca juga: Instagram Shopping: Pengertian dan Cara Menggunakannya Untuk Tingkatkan Penjualan Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Instagram Reels, manfaatnya untuk mengembangkan bisnis Anda, dan juga cara menggunakannya. Tools yang ada pada fitur inipun terbilang sangat lengkap.

Bila Anda bisa memanfaatkannya secara maksimal, maka bisnis Anda bisa berkembang dengan cepat dan keuntungan yang bisa Anda raih pun akan perlahan meningkat.

Tapi jangan lupa untuk mencatat setiap keuntungan bisnis Anda pada laporan laba rugi, karena laporan ini akan membantu Anda dalam mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini, dan menentukan kebijakan bisnis di masa depan.

Bila Anda tidak memiliki waktu atau kesulitan untuk mencatat laporan keuangan tersebut, maka gunakanlah software akuntansi dari Accurate Online.

Accurate Online akan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat, tepat, cepat, dan bisa Anda akses dimana saja dan kapan saja. Pengelolaan bisnis yang Anda lakukan juga akan lebih mudah karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, pembukuan, kas dan bank, serta fitur menarik lainnya.

Tertarik? Anda bisa mencoba seluruh kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan klik tombol tautan di bawah ini.accurate berhenti membuang waktu