Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

Beriklan di Instagram Ads adalah salah satu hal yang harus Anda lakukan bila target audiens Anda rata-rata berasal dari Instagram. Kenapa? karena sebagai pebisnis, Anda bertugas dalam menjangkau konsumen di berbagai tempat yang sering konsumen Anda kunjungi di dunia maya.

Lalu, apa itu Instagram Ads? bagaimana cara membuatnya? tenang, pada kesempatan kali ini kami akan membahas Instagram Ads secara lengkap khusus untuk Anda.

Apa itu Instagram Ads?

Jadi, Instagram Ads adalah sebuah platform iklan di media sosial. Instagram Ads akan memungkinkan Anda untuk membuat iklan di feed Instagram dan Instagram stories. Bila sebelumnya Anda sudah familiar dengan Facebook Ads, maka Instagram Ads akan sangat mudah untuk Anda.

Sejak diakuisisi oleh Facebook di tahun 2012 lalu, platform antar keduanya disatukan dengan Facebook Ads manager. Sehingga, setiap tahapan dalam membuat iklan di Instagram hampir serupa dengan cara membuat iklan di Facebook. Namun, Anda harus membuat halaman Facebook terlebih dahulu sebelum Anda membuat Instagram Ads.

Baca juga: 10+ Instagram Tools Terbaik Untuk Para Pebisnis

Kenapa Harus Menggunakan Instagram Ads?

Perlu Anda ketahui bahwa indonesia menjadi pengguna Instagram terbanyak nomor 4 di dunia. Bersumber dari laman napoleoncat, Per bulan November 2018 lalu jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 60 juta pengguna.

Pengguna paling banyak berasal dari generasi mudah berusia 18 hingga 34 tahun, dan para pria menjadi yang paling mendominasi sebanyak 50,4%.

Selain itu, Tech In Asia juga turut melaporkan bahwa sebanyak 45% pengguna di Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di media sosial Instagram. Sehingga, akan sangat berguna sekali untuk mengembangkan bisnis lewat Instagram Ads.

Cara Membuat Instagram Ads

Sekarang, mari kita mempelajari bersama cara membuat Instagram Ads. Tapi sebelum itu, Anda harus memastikan akun Instagram Anda sudah berstatus Instagram bisnis agar proses pengelolaan iklan bisa jadi lebih mudah.

1. Buka Facebook Ads Manager

Silahkan masuk ke laman Facebook Ads Manager. Pastikan Anda sudah masuk ke akun yang Anda gunakan untuk halaman Facebook Anda.

2. Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Selanjutnya, silahkan buka menu kampanye dan mulai pilih buat iklan. Nantinya, Facebook akan menampilkan dua pilihan, pembuatan iklan terpandu atau pembuatan iklan cepat. Kami menyarankan untuk pilih pembuatan iklan terpandu agar iklan yang Anda buat bisa lebih spesifik.

3. Tentukan Tujuan Iklan

Tahap ketiga dalam membuat Instagram Ads adalah menentukan tujuan iklan yang ingin Anda tuju. Terdapat tiga kategori yang bisa Anda pilih, yakni Pertimbangan, Kesadaran, dan juga Konversi.

4. Klik Tujuan Iklan Anda

Langkah keempat yang harus Anda lakukan saat membuat Instagram Ads adalah mempertimbangkan tujuan iklan yang paling sesuai untuk Anda.

5. Pilih Jenis Iklan

Facebook menyediakan dua jenis iklan untuk Anda, yakni Pengoptimalan Anggaran dan juga Uji Split. Anda harus bisa memilih salah satunya. Kedua jenis iklan tersebut juga tidak bisa Anda gunakan dalam satu waktu secara bersamaan.

Dalam melakukan uji split, Anda akan diminta untuk membuat dua jenis iklan dengan konten yang hampir sama, yaitu konten A dan juga konten B. Target audiens Anda nantinya akan terbagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda-beda.

Sehingga, Anda bisa melihat iklan mana yang lebih menarik dan menghasilkan keuntungan. Namun, jenis iklan ini memerlukan dana dua kali lipat lebih besar daripada jenis pengoptimalan anggaran.

6. Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Silahkan isi nama iklan Anda agar nantinya Anda bisa memantau kinerja kampanye iklan Instagram Ads Anda. lalu, pilihlah tujuan traffik Anda. Anda bisa mengarahkannya ke aplikasi, website, messenger, ataupun whatsapp.

7. Tampilkan Promo

Bila Anda sedang menjalankan kampanye promo, maka Anda bisa mencentang opsi promo agar bisa memunculkan promo tersebut.

8. Tentukan Target Audience

Dengan Instagram Ads, Anda bisa menentukan spesifikasi target audiens berdasarkan ke tujuh faktor di bawah ini.

  • Pemirsa Khusus: Anda harus mengatur jangkauan mereka yang pernah berinteraksi dengan Anda secara online atau offline. Anda bisa mengarahkan iklan Anda pada mereka yang pernah mampir di website Anda, di konten Facebook page Anda, atau yang pernah menelepon Anda.
  • Lokasi: Anda bisa menentukan lokasi target. Anda hanya harus memasukkan satu atau lebih negara, wilayah, kota, kode pos, dan alamat agar bisa menampilkan ataupun tidak menampilkan iklan Anda pada mereka yang berada di lokasi tersebut.
  • Umur: Bila produk yang ingin Anda iklankan ternyata hanya bisa dikonsumsi atau digunakan oleh usia tertentu, maka Anda bisa memilih target berdasarkan usia, seperti mereka yang berusia 18 hingga 35 tahun.
  • Jenis Kelamin: Dalam hal ini, Anda bisa menentukan iklan yang akan Anda tampilkan sesuai dengan jenis kelamin, jika memang khusus untuk pria, Anda tinggal pilih untuk pria juga. Atau bisa juga memilih keduanya bila produk Anda bisa digunakan oleh pria dan wanita.
  • Bahasa: bila Anda sudah memilih suatu lokasi dengan bahasa yang sama, kosongkanlah kolom ini. kecuali, jika audiens Anda menggunakan bahasa yang tidak umum digunakan pada lokasi yang sudah Anda pilih.
  • Penargetan Terperinci: Tahap ini harus Anda isi lebih detail, seperti minat, lokasi, perilako, dll. Silahkan pilih sesuai dengan produk yang nantinya ingin Anda promosikan.
  • Koneksi: Pilihan ini hanya akan berguna bila Anda ingin menampilkan iklan Anda pada mereka yang sudah terhubung ke dalam suatu acara ataupun aplikasi Anda.

9. Tentukan Penempatan

Bila Anda memilih penempatan otomatis, maka iklan Anda akan tampil di Instagram, Facebook, dan seluruh aplikasi yang sudah bekerjasama dengan pihak Facebook. Bila Anda ingin menampilkan iklan tersebut di IG, maka Anda bisa memilih edit penempatan dan hanya ceklis Instagram saja.

10. Pilih Jadwal

Anda harus menentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan, satu minggu, dua minggu, satu bulan, atau enam bulan.

11. Hubungkan dengan Akun Instagram

Pada tahap ini, Anda harus menambahkan akun Instagram yang ingin Anda hubungkan dengan halaman Facebook Anda. Kami sarankan untuk menambah akun Instagram khusus agar bisa mempromosikan bisnis Anda.

12. Pilih Format Iklan

Ada lima jenis format iklan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Karosel: tampilan iklan dengan dua atau lebih gambar ataupun video yang bisa digeser oleh audiens
  • Gambar Tunggal: suatu tampilan iklan dengan 1 gambar saja
  • Video Tunggal: Iklan dengan satu video.
  • Tayangan slide: Iklan dengan gambar ataupun video yang bisa digeser hingga 10 gambar.
  • Koleksi: Iklan bisa berbentuk gabungan gambar ataupun video

12. Buat Teks

Pada tahap ini, Anda harus menulis deskripsi iklan Anda, buatlah deskripsi yang menarik dan juga singkat agar setiap audiens bisa langsung mengerti tujuan Instagram Ads Anda.

13. Pilih Gambar, Tulis Judul, dan Masukkan Link Website Anda

Pilihlah desain gambar yang sesuai dengan penjelasan deskripsi iklan Anda. setiap format FB Ads memerlukan ukuran gambarnya tersendiri. Tambahkanlah judul iklan yang menarik agar bisa mencuri perhatian target audiens Anda. masukan juga link ataupun tautan yang ingin Anda tuju.

14. Lakukan Pembayaran

Pada tahap terakhir ini, Anda bisa melakukan pembayaran lewat kartu debit ataupun kartu kredit. Jika sudah selesai melakukan pembayaran, maka nantinya pihak pihak Facebook akan mereview iklan Anda dan akan segera menampilkannya bila memang sudah memenuhi seluruh syarat dan ketentuan dari Facebook.

Baca juga: Instagram Reels: Fitur Terkini dari Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang Instagram Ads. Jadi, Instagram Ads adalah sebuah platform iklan di media sosial. Instagram Ads akan memungkinkan Anda untuk membuat iklan di feed Instagram dan Instagram stories.

Bila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik dan dilengkapi dengan strategi digital marketing yang tepat, maka keuntungan bisnis yang sangat banyak kemungkinan besar bisa Anda dapatkan.

Namun, jangan lupa untuk terus mencatat keuntungan bisnis tersebut pada laporan laba rugi. Kenapa? karena laporan inilah yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam menentukan keputusan bisnis dan posisi keuangan bisnis Anda.

Untuk mempermudah Anda dalam membuat laporan tersebut, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis cepat dan akurat. Accurate Online juga sudah dipercaya oleh lebih dari 300 ribu pebisnis di Indonesia karena mampu membantu mengelola bisnis secara lebih efisien.

Uniknya lagi, seluruh layanan dan fitur menarik dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi senilai 200 ribuan saja perbulannya.

Tertarik? Anda bisa coba Accurate Online terlebih dahulu dengan klik tautan gambar di bawah ini.

accurate1